Jumat, 28 Februari 2014

Cara Kerja Mesin 4 tak

Cara kerja dari mesin 4 tak sendiri ada 4 tahap, yaitu:

  1. Langkah Hisap
    Piston yg memiliki tekanan negatif (bergerak dari atas ke bawah) menghisap kabut bensin ke ruang bakar.
  2. Langkah Kompresi
    Piston naik kembali ke atas dan membuat tekanan.
  3. Langkah Usaha
    Busi memercikkan api ketika tekanan udara mencapai syarat pembakaran.
  4. Langkah Buang
    Sisa pembakaran dibuang ke knalpot/exhaust..
Keuntungan:

  • Karena proses pemasukan, kompresi, kerja, dan buang prosesnya berdiri sendiri-sendiri sehingga lebih presisi, efisien dan stabil, jarak putaran dari rendah ke tinggi lebih lebar (500 - 10.000 rpm).
  • Kerugian langkah karena tekanan balik lebih kecil dibanding mesin dua langkah sehingga pemakaian bahan bakar lebih hemat.
  • Putaran rendah lebih baik dan panas mesin lebih dapat didinginkan oleh sirkulasi oli
  • Langkah pemasukan dan buang lebih panjang sehingga efisiensi pemasukandan tekanan efektif rata-rata lebih baik 
  • Panas mesin lebih rendah dibanding mesin dua langkah
Kerugian:

  • Komponen dan mekanisme gerak klep lebih banyak, sehingga perawatan lebih sulit
  • Suara mekanis lebih gaduh
  • Langkah kerja terjadi dengan 2 putaran poros engkol, sehingga keseimbangan putar tidak stabil, perlu jumlah silinder lebih dari satu dan sebagai peredam getaran
Ciri-ciri umum 4 TAK:

  • Gas buang tidak berwarna (kecuali ada kerusakan)
  • Bahan bakar lebih irit
  • Menggunakan satu minyak pelumas untuk melumasi ruang engkol, piston,dinding silinder dan transmisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar