Jumat, 20 Januari 2012

Tutorial Pasang Kampas Kopling Sendiri Motor Bebek Jupiter

Tutorial Pasang Kampas Kopling Sendiri Motor Bebek Jupiter - Jika kopling terasa selip, ada kemungkinan kampas kopling atau per kopling aus. Biasanya mekanik akan menyarankan mengganti salah satu dari kedua komponen (kampas dan per kopling). Bisa memakai produk dengan performa lebih tinggi dari bawaan motor.

Contohnya per diganti yang lebih keras dari standar dengan tujuan supaya kampas lebih menekan pada pelat rumah kopling sehingga cengkraman kopling lebih kuat. Hasilnya diharapkan saat gas dibuka untuk berakselerasi, power loss akibat kopling selip bisa diminimalkan. Lalu kampas kopling biasanya menggunakan kampas yang bahannya lebih kuat mencengkram pelat gesek agar tidak mudah selip. Tentu penggantian tersebut ada konsekuensinya!

Biasanya kampas kopling racing menganut bahan lebih lembut yang menyebabkan kampas lebih cepat habis ketimbang standarnya. Untuk per kopling aftermarket yang umumnya lebih keras dari standar, akan membuat angkatan kopling jadi sedikit lebih keras. Untuk motor penganut kopling manual, untuk yang belum terbiasa akan membuat tangan cepat lelah. Tentunya menggunakan jenis per dan kampas yang sesuai selera akan lebih nyaman.

Di pasaran, kampas dan perkopling racing tersedia TDR, CLD, TK, Daytona, Kitaco dan Kawahara. Harga juga bervariatif, dari Rp 88-250 ribuan. Sedang untuk per kopling dibanderol Rp 70-250 ribuan/set.

Cara Pasang
Untuk praktiknya kita coba di Yamaha Jupiter Z 2008.
1. Tap oli alias keluarkan oli mesin dengan membuka baut pembuangan oli pakai kunci 17 mm (gbr.1). Lalu buka baut kick starter dengan kunci 10 mm dan gunakan kunci ring 12 mm untuk membuka 4 baut footstep di kolong mesin.

2. Buka semua baut bak kanan mesin sebelah kanan pakai kunci T8 (gbr.2) diikuti menarik keluar bak itu secara perlahan. Dari sini, akan terlihat rumah kampas kopling dan perangkat lainnya.

3. Buka 4 baut penahan per kopling dengan kunci T10 secara menyilang dan perlahan (gbr.3). Awas, per kopling loncat! Cukup sampai di sini bagi yang hanya mau ganti per koplingnya saja.

4. Yang mau sekalian ganti kampas kopling, lanjut buka tutup kopling pada (gbr.3) lalu keluarkan seluruh plat dan kampas kopling (gbr.4). Rakit dengan selang-seling dimulai kampas plat dan seterusnya. Pada Jupiter, sisi tajam dari plat gesek menghadap keluar! Selesai? Sekarang rakit lagi seperti semula dengan kebalikan dari tahap pembongkaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar