Selasa, 17 Januari 2012

Tips Menyetel Kopling pada Motor Bebek

Tips Menyetel Kopling pada Motor Bebek - Biasanya saat persneling sepeda di rasa sudah tidak enak kita akan terburu - buru mengganti kampas kopling. Normalnya umur kampas kopling ini 24.000 km. Agar menghemat biaya sekitar 60.000, alangkah baiknya kita tahu cara menyetel nya agar pas. Untuk motor Yamaha letaknya da di kiri, untuk Honda dan Suzuki, dll. ada di kanan.

Berikut tips menyetel kopling pada motor bebek.
Peralatan:
1. Kunci 10-14 (karena tiap merek ada yg berbeda)
2. obeng + atau Obeng -

Langkah penyetelan:
1. Kendorkan Mur pengunci baut setelan kopling dengan kunci ring ke arah kiri hingga kendor.
letak setelan kopling
2. Putar baut penyetel kearah kanan (searah jarum jam) hingga terasa ada sentuhan, lalu putar kembali kearah kiri hingga mentok (terasa ada sentuhan) dan berhenti.
diputar dengan obeng
3. Putar kembali baut penyetel kearah kanan sebanyak 1/4 – 1/8 putaran.

4. Kencangkan Mur pengunci kearah kanan hingga baut penyetel terkunci.

5. Periksa hasil penyetelan, dengan cara: 
  • Hidupkan mesin
  • Masukkan persneling pada gigi 1 dan tahan pedal persneling 
  • Putar gas hingga seperempat putaran atau kurang lebih 1000-2000 RPM 
  • Perhatikan roda belakang, apabila diam atau bebas, artinya penyetelan berhasil, apabila terus berputar, berarti penyetelan belum tepat, maka harus diulang langkah diatas.

    11 komentar:

    1. Info menarik mas bro.
      Tp pas ane praktekin kok muter terus ya pada saat pedal persneling diinjek terus? Padahal ane udh nyeting 1/8 - 1/4 putaran ke kanan (gas juga 1/4 putaran pada saat injek pedal persneling), tp tetep aja masih muter....

      BalasHapus
      Balasan
      1. Punyaku aku puter kekiri malah bautnya lepas...

        Hapus
      2. Trus bautnya stelah lepas bisa dipasang lgi gak bro

        Hapus
    2. kalo di pakek pas ban nempel ke tanah jalan nggk?
      jangan di standar tengah biar terasa, terkadang ban juga ikut berputar kok..motor gw gt juga tapi dah pas setelan segitu..
      haha
      ok gt ajah, n terima kasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. iya kang,di mx saya jg gitu,klo di standar tengah.masuk gigi 1 pedal msh di injek ke bawah..roda belakang msh mutar..walau pas di jalan ga ada masalah..tp apa ga apa2 tuh kang buat motor,thx

        Hapus
      2. ga masalah kok bro..
        yang penting bisa free kalau pedal diinjek penuh..

        Hapus
    3. Jupiter z punyaku. Sudah aku putar ke kanan mentok. Dan aku putar kekiri gak mentok-mentok. Yang ada malah baut yang pake obeng lepas. Gimana mas

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ehh iya maaf habis revisi artikel malah salah.. kecampur sama punya Suzuki Honda..
        Nanti saya benerin, terima kasih koreksi nya

        Setelah kanan mentok pada Jupiter tinggal putar kori sedikit saja, diatur sesuai selera

        Hapus
      2. Pantesan saya puter ke kiri gak mentok mentok😂

        Hapus