Rabu, 14 Maret 2012

Efek Stang Piston yang Panjang dan Pendek

Efek Stang Piston yang Panjang - Banyak perubahan dilakukan oleh industri sepeda motor dengan menambah panjang dari langkah seher dan juga panjang stang seher nya. Tujuannya adalah mencapai performa mesin yang lebih baik. Ditambah dengan tuntutan pasar sepeda motor saat ini yang menuntut penghematan bahan bakar, guna mengatasi krisis energi global.


Penambahan panjang stang seher pada sepeda motor bertujuan untuk mengurangi gaya ke samping serta demi keawetan mesin. Dengan berkurangnya tekanan di piston, maka keawetan nya akan lebih baik. Langkah piston dari TMA menuju TMB menjadi halus, sehingga pergerakan naik turun piston menjadi lebih singkat, yang akan berpengaruh juga pada kecepatan putaran dari poros engkol atau kita sebut dengan rpm mesin. Keuntungan lain yang didapatkan adalah hematnya bahan bakar. Dengan semakin lancar nya seher/piston, maka proses terdorongnya piston menjadi usaha semakin tinggi alias power dan efisiensi.

Untuk kasus stroke up, biasanya terjadi pergeseran posisi big end untuk menambah langkah piston. Agar bisa menggunakan packing standar, stang piston akan diganti yang pendek. Tentu pemotongan panjang stang seher ini memiliki kekurangan.


Masih ingatkah Anda dengan prinsip pengungkit pada pelajaran fisika. Jika kita mau meringankan tenaga mengungkit suatu benda, maka tangkai pengungkit dibuat lebih panjang. Dan sebaliknya, jika pengungkit ini semakin pendek maka tenaga ungkit yang dibutuhkan semakin besar. Karena itu kerja dari si pengungkit akan semakin berat.

Lalu apa hubungannya dengan panjang stang seher? Dengan panjangnya stang seher, sama saja dengan membuat perbedaan sudut tangkai pengungkit. Dan hal ini membuat semakin berat tenaga dari hasil pembakaran pada ruang bakar.

2 komentar:

  1. setau ane stang panjang tu lebih baik dari stang pendek
    stang panjang
    keuntunganya
    daya usahanya gak banyak kebuang sia2 untuk memutar bandul jadi bisa lebih kencang (contoh moto gp stangnya panjang2 langkahnya pendek2)
    kelemahanya
    buat motor korekan mesin cepat panas kalo tidak mengupgrade pompa oli
    paking bawah jadi tebal ketahuan strukan
    keteng jadi panjang.

    stang pendek kelebihanya
    bisa pake paking standar
    piston lebih adem karna oli yg melumasi piston lebih banyak
    kelemahanya
    daya usaha piston banyak yg kebuang untuk menggerakan bandul jadi berkurang tenaganya dibandikan dengan stang panjang.
    Maaf gan kalo ada yg salah, ni ilmu berdasarkan logika ane yg ga semena2 ane berfikirnya.

    BalasHapus
  2. Pengalaman saya dimotor minerva x road dari pergantian stang seher aslinya yg rusak, karena saya nyari stang aslinya didaerah perdesaan gk ada yg jual kecuali onlin sprti shoppy atau lazada itu ada, mamun karena motor hanya 1 karena butuh buat kerja maka saya ganti dengan stangnya tiger dan al uasil saya pakek jalan dari desa kekota yg kurang lebih jaraknya sekitara antara 90km an disitu ada terjadi seher lengket atau ceket istilah bahasa jawanya.
    Jadi disini saya memahami perbedaan stang pendek dan stnang panjang.
    Kalau asalnya makek stang asoinya, tarikan lenih enteng dan tak ada kendalah sama sekalih meksipun motor saya makek seher megapro jenong.

    BalasHapus