Home » , » Ciri Komponen Pengapian Mati

Ciri Komponen Pengapian Mati

Written By Novanda S.T. on Sunday, April 15, 2012 | 9:25 AM

percikan api lemah
Sistem pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg modern sudahelektronik (CDI).

Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).

Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.

KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”

Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “pertanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang banget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.

CDI
Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.

Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, ada perangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.

Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.

SPUL PENGAPIAN

Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.

Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

PULSER
Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.

Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.

BUSI
Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api

231 komentar:

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 231   Newer›   Newest»
wajit eka said...

motor saya ninja RR,motor saya sering mengalami panas yang berlebihan pada aki,yang menyebabkan aki dan CDI mati,trus lampu nya cepat mati.saya mohon petunjuk nya barangkali tau..??

Novanda S.T. said...

mungkin tegangan dan arus berlebih jadi cepat panas dan mati..
mending bawa ke bengkel suruh cek kelistrikan di pengisian sama pembakaran..
biar di cek juga nilai nya pakek AVO meter

warnet murah said...

bos mohon bantuan...
motor saya shogun 125 spul sering terbakar penyebabnya kira2 apa yah... kabel dah saya cek semua mulus sesuai jalurn dan gk cacat...
dan jg spul sudah saya gulung 3x masih saja terbakar...

Novanda S.T. said...

terbakar kan namanya gulungan punya resistor..
uda dihitung belum tahanannya? harus sama dengan standarnya..
trus pelumasan oli bwt pendinginannya gmn? lancar?

mungkin kurang pendinginan dan nilai resistor gulungan belum di cek..

Idham Khalik said...

bang mohaon bantuannya ya
motor ane ni susah banget hidup nya kalo udh lebih dari 2 hari gk dipake

Novanda S.T. said...

kalo udah lama ga di pakek otomatis mesin kan dingin..
nyalakan dengan menggunakan choke yang ada di tuas kiri atau langsung di karbunya..

kalo tetap ga bisa menyala mungkin ada kerusakan di dalam

adiet song said...

bos ane punya motor F1,tp itu spul pengapian sering mati trus, padahal CDI nya ori , tp tetep aja makan spul..
mau ori ato local,tetep aja jd korban....
setiap mesin panas...
coba mohon di bantu,,

Novanda S.T. said...

karena yamaha 2 tak dulu spul & magnetnya ga ada pendinginnya, jadi cepet panas..pendinginnya cuma mengandalkan angin doang..

hal tsb da normal kalo 2 tak dulu..
cara satu2nya ya harus cek ulang rangkaian kelistrikan..biar g cpet mati spulnya..
bahaya F1 kalo mati spul..ga bakal nyala mesinnya cz CDI AC

immanuel manopo said...

bro mau tanya ,, ane pemakai fxr , kadang si motor suka mau mati pas jalan ,, akir nya gas di buka full ,, tp malah jadi endut"an .. kayak habis bensin .. tapi cek tanki ga bermasalah ., ada yg bilang kampas kopling habis ,, apa betul bro ?

Novanda S.T. said...

kampas kopling habis sih bukan ndut2an..tapi telat terus larinya..stabil kok cuma telat banget

kalo ndut2an bisa dari pembakaran, komponen pengapian, kelistrikan, bahan bakar.

busi wajib dilihat merah atau coklat dulu..jadi bisa tau diagnosa kira2 apa..
kalo misal putih atau hitam ya tinggal setel karbunya aja da bisa..

kalo blom bisa coba cek voltase aki baik nggak? pakek AVO sekitar 12.3>13.0 volt

lanjut ke koil, bunga api dari kabel busi dekatkan ke mesin sambil starter. Kalo biru sampe ungu ya baik.. Kalo merah bahkan hampir ga ada ya mulai ada yg lemah entah koil atau spul. coba jauhkan sampe 2cm aja..kalo bisa brarti sip koil nya

Anonymous said...

spul f1z emang gak bisa awet ya, rencana mau pakai inverter yang biasa di pakai pada monitor LCD laptop, jadi sumber tegangan bukan dari spul tapi dari aki kemudian di rubah tegangan dari DC ke CD melewati Inverter tadi, kira kira bisa gak ya

Novanda S.T. said...

wah saya bukan jago elektronika mas..
tapi setahu saya kalau melewati inverter bakal ada arus yang dikorbanin alias ada kehilangan power tegangan..

ya kemungkinan bisa tapi lari motornya kurang sip

Anonymous said...

trus keluaran tegangan dari spul itu brapa volt ac sih normalnya?
jadi gak takut kebesaren output inverter yg kisaran 220v ac

Novanda S.T. said...

untuk nilai sendiri belum pernah mengukur..
coba pinjem sepeda teman atau tanya ke bengkel resmi, karena di bengkel resmi terdapat daftar tabel kondisi standar

Anonymous said...

Mas, motor saya kalo kondisi mesin hangat habis di pake kok ga bisa hidup ya hrs nunggu dingin dulu? Satria fu..


Novanda S.T. said...

@anonim FU
kalo mesin hangat g mau nyala berarti koil dong...

mesin std ga nih?

Anonymous said...

Bro mau nanya, motor gua Ninja RR 2010. Sekarang kok motor ane gak bisa nyala ya ?cuma kayak kunci kontak off trus disela" padahal kunci udah on. Cuma dredegdeg dredegdeg gitu doang. Itu kenapa ya bro ?

Novanda S.T. said...

Kalau dibuat jalan trus mesin panas mati, setelah mesin dingin bisa nyala lagi itu koil yg bermasalah

Kalau sama sekali ga menyala cek spul dan CDI.. harus dituntun sepedanya cz ga bakal nyala kalau spul sama CDI mati..

kalau kiprok mati, lampu ga menyala baik..

Anonymous said...

Mas bro...mo nanya mtr ane fizr 2002 os 50 ...knp ea busix cpt mati plg lm 3 hari...dah ganti carbu imitasi std ganti coil koq msh sm ea mhn bantuanx thx

Novanda S.T. said...

@fizr 2002
busi cepat mati kira2 karena tertutup kotoran2 sisa pembakaran oli samping..
oli samping keluarnya boros ga?
kalau terlalu boros bisa jadi penyebabnya
trus cdi koil spul standar smua? kalau tidak ada kemungkinan penyebab hehe
pastikan api busi nya kuat bro..
jadi pembakaran di mesin bagus dan busi tetap awet..
motor V80 ku dulu juga gt bro.. busi cepat mati, ternyata koil dan lemah syahwat! ehh
wkwk

adir iswanto said...

mas bro motor ane suzuki smash.mesin kagak ada api kalo kagak pake aki.gara2 ane salah pasang aki.positif jadi negatif.awalnxa masih bisa hidup walaupun kagak pake aki.tp sekarang harus pake aki baru muncul apinya.itu apanya yg kena mas.cdi kah atau spulnya mas.

Novanda S.T. said...

@adir iswanto
cdi mati walau pakai aki ga bakal nyala, cdi mati ya udah ga bakal ada api
sepertinya kiprok nya..
dah di cek pakai avo meter?
spul nggk ada hubungannya sama aki kok

Anonymous said...

gan motor gue shogun 125 udah lama gk dipake pas mau gue pake kaga bisa nyala , udah gue coba busi gue copot di tempelin ke cop busi gue tempelin di blok gk ada letikan sama sekali . knp ya?? tolong gan bantuanx gan....??

Novanda S.T. said...

aki nya kosong ya?? cas dlu tuh aki..

yoyok korniawan said...

bos ane punya F1Z R 2001. motor na persis kya ente bilang pas gas d tekan setngah itu brebet jadi lama naek nya mlah klo udah lama bwat naek tanjak an pke gigi 3 malah ga kuat hrus d oper ampe gigi 1.. mohon info na Gan bsa d email ke yoyokkorniawan@yahoo.co.id sya pengen ganti CDI racing takut na sia sia ?? gmana gan.. d tunggu info na ya..

ika said...

Bro, mohon bantuannya.
Saya pake FXR150. Barusan habis ganti kiprok dan aki. Udah bolak balik ganti aki, tapi aki sering meleleh kepanasan. akhirnya disaranin ganti kiprok. Setelah ganti kiprok, sekarang bukan aki yg kepanasan, tapi malah kiprok yg panasnya kayak kebakar. padahal baru dikendarai sekitar 20-30 menit.
Apakah itu normal ya Bro?
Kalo tidak normal, kira2 masalahnya dimana ya?
Apakah saya harus gulung ulang spul ato bagaimana?
Mohon pencerahannya ya Bro...

Novanda S.T. said...

cek aja besaran tahanannya.. ga hfal sya hehe
atau tnya ke suzuki aja spya lbh pasti

Anonymous said...

Gan ane pake ninja rr.
Kok di slah berkali2 gak nyala ya? Pdhl udah di choke sama engine cut. Paling cuma bunyi dregdreg pas ngengkol.
Cek tangki sama karbu masih bagus. Kenapa ya gan?Mohon jawaban :(

Novanda S.T. said...

dicek saluran bhan bakar, api busi, dsb..
g slalu komponen pengapian mati total, bisa juga sambungan kotor hehe

adir iswanto said...

mas bro motor ane suzuki smash.mesin kagak ada api kalo kagak pake aki.gara2 ane salah pasang aki.positif jadi negatif.awalnxa masih bisa hidup walaupun kagak pake aki.tp sekarang harus pake aki baru muncul apinya.itu apanya yg kena mas.cdi kah atau spulnya mas.nanya lg mas.logikanya kan ni mtor pengapian ac dc.jadi ketika spul rusak pengapian diambil alih oleh aki.jadi gimana kok bisa ke kiprok.ni mtor kalau diengkol tanpa aki kagak ada api di kuil tp lampu nyala nyala.jadi statusnya gimana mas.apakah kiprok atau spul.soalnya kalau kiprok kena lampu pasti mati kan

Novanda S.T. said...

CDI rusak itu ga bakal menyala sama skali motornya..
kiprok pengisian sama lampu juga beda bro.. menurut saya kiproknya
spul ga bkal korsleting kalau kebalik kutub akinya..

Irene Kartika Susanti said...

mas bro mau nanya dong,motor ane mio soul baru ane naikin mesin sendiri karena saya suka bongkar mesin sendiri dirumah untuk pengetahuan,nah motor saya hidup normal,karbu saya pake 28 dengan spek klep sonic seher 58,5 sama cam racing pico,tapi pas di gas normal,waktu saya tes dijalan motor di putaran bawah tersendat namun mesin mau masih ngelaju begitu pun di putaran bawah tersendatnya,soalnya tersendatnya ga tentu condong bawah brebet terus untuk ujung motor pun sperti brebet nahan,mohon bantuannya suhu.sepertinya pulsernya bermasalah?

Irene Kartika Susanti said...

mohon bantuannya nih motor saya mio soul saya suka utK tik mesin motor saya sendiri,nah pas pemasangan mesin sudah hidup dan normal nih,di gas pun mau pas saya coba jalan keluar dan saya geber motor seperti ngadet terus motor lari dan di putaran mau ke atas sperti ngadet lagi mesin tersebut.nah saya check massa koil,namun saya sudah pasang.gejala nya makin berkurang tapi tetap masih begitu saja,apakah pulsernya?mohon bantuannya suhu

Novanda S.T. said...

bukan pulser, tp setting karbu kurang pas..
setting lg aja, pilot jet diperkecil lg.. hehe
bukan mslah kelistrikan kalau gejalanya gitu..
pulser itu jarang bgt rusak bro..

Maniez said...

Mas tolong bantuannya.
Motor saya NOUVO Z th 2006 dibuat boncengan dalam jarak awal 5 KM tiba2 mati tidak ada tenaga, dibiarkan sebentar hidup kembali tapi hanya 10 mtr mati kembali. apabila dipakai sendirian dengan kecepatan rendah motor tidak terjadi apa2...kira2 apa yang harus bdibenahi ? terima kasih banyak atas bantuannya

Novanda S.T. said...

ciri koil bermasalah bro.. hehe
monggo dicek dah dari koil hingga cop busi nya

adir iswanto said...

Mas bro spul udah saya cek.kan ada 2 soket tu.soket yg nyambung ke gulungan masih ada tegangan.tp yg soket kabel fulser kagak ada tegangan sama sekali.apakah bisa ganti fulser aja dan gak perlu beli spul komplit.soalnya mahal bgt 300.000 perset

Novanda S.T. said...

pulser nya aja ada kok bro.. hehe

adir iswanto said...

Berapaan mas bro.

Novanda S.T. said...

untuk harga maaf bro.. ga tau harga hehe

adir iswanto said...

Mas bro cara ngecek cdi dan spul yg masi fungsi gimana.ane pake multitester.cdi ane ada 6 kaki.yang 2 kabel masuk dri spul trus disalurkan ke 1 kabel keluar.tp kagak konek pas ane tes.yg 3 lg api dari aki.gimana cara cek nya mas bro.trus ngecek pulser yg masi fungsi jg gmn cranya.

Novanda S.T. said...

nih motor apa dlu ya?
untuk pengetesan cek dlu tiap pin/kaki nya fungsinya apa dlu..
bru nanti muncul kontinuitas tegangannya..

adir iswanto said...

Motos smash suzuki

adir iswanto said...

Pulser bisa diperbaiki gak mas bro.kagak ada jual pulser.adanya komplit ama splul

Novanda S.T. said...

coba tnya ke dealer nya bro..
pulser ga bisa d bner'in bro hehe
pin nya 6 kaki tp hanya ada 5 yg ada isinya bro
1. ke koil
2. massa
3. pulser
4. massa
5. kosong
6. + aki

sun-gokong said...

Bro mw tanya.. Motor ane scorpio, kunci kontak on tp klistrikan mati, udah ganti sekring tp msh mati jg dan motor klo abis di matiin di engkol lg susah nyala. Kira" apanya yg rusak? Thx

ivan irawan said...

Mas bro..ane mau tanya..ane punya problem ma motor ane sob..motor ane mega pro thn 2001..motor ane kalo panas ngempos di gas mati..trus ke bengkel di ganti cdi nya..tp cuma tahan 2 hari ngempos lagi..malah cdi nya rusak..udah ganti 5 cdi masih gak beres juga..malah yg ane gak abis pikir setiap di mandi'in atau kena air hujan malah mati total..sampe bengkel kepuyengan sob..masalah nya udah keluar masuk bengkel 10 kali masih gak beres2..malah sekarang mati total pengapian gak ada sama sekali..
Tolong kasih tau problem nya di mana sob..apa yg harus ane ganti?cdi nya kurang bagus apa karburator nya kotor apa spul nya rusak?
Tolong bantuan nya sob..thx

Novanda S.T. said...

@sun-gokong
aki nya gmn? sehat nggk?
trus kondisi mesin harus sehat, kompresi ga bocor, piston ga baret, busi ga mati hehe

@ivan irawan
menurut saya kiproknya bro..
lampu penerangan nyala nggk? hehe

Anonymous said...

bos.. numpang tanya
motor ane shogun 2002
1 masalah pertama dulu motor kalo di bawa jalan lurus gas panteng jalanya kaya mengenyot - ngenyot, kaya dimainin gasnya
diganti otomatisnya sekalian servis cuma bertahan sebulan sekarang sedikit - sedikit udah mulai terasa, apanya gear rante atau

plat koplingnya?
2 udah seminggu ini motor sering mati sendiri waktu jalan, gejalanya kaya keabisan bensin tapi di sela pake kik stater sampe cape

nyala lagi, saya pikir kabulator kotor makanya ane bongkar + kabel busi udah saya perbaiki + soket kabel udah dibersiin semua.
baru dipake jalan + - 5 km mulai lagi matinya. apa itu masalah perapian, busi atau kabel bodi yang bermasalah
3 mas bro klo shogun 2002 pake CDI apa pake koil, CDI atau spool?
4 lampu motor tiba - tiba menjadi redup, klo sen ama lampu rem terang normal kenapa yah?
mohon infonya pertanyaan no 2 dan 4 cos dana lagi terbatas alias cekak.

tengkiyu

Novanda S.T. said...

1. cek aja keausan rantai dan gearnya.. hehe kopling ga segitunya

2. koil itu bro.. waktu panas mati mendadak.. waktu dingin nyala lagi.. starter susah banget..

3. Semua motor itu pakai spul, kiprok, cdi/platina, dan koil.. itu komponen utama sistem pengapian bro..

4. ya aki nya normal nggk hehe

dhaa said...

Bro .. Κ̲̅‎​ã̬̩̊‎​L̲̅‎​o̲̅‎​ motor satria R 02 pake CDI shogun itu Ά̲̣ϑά̲̣ kendala'y gak ? Kog jalan'y pas di gas awal grebed gtu,tpi tarikan atas'y bagus .. Apa Ά̲̣ϑά̲̣ masalah di karbu ? Cek busi bagus coz baru ganti 2 mnggu pake busi racing .. Mhon saran'y .. Mksih

Novanda S.T. said...

@dhaa
karakter busi racing hanya buat 1x pakai aja alias 1 kali race..
percuma dong mahal" tp cpet mati busi nya cz elektroda nya mudah aus.. hehe
wah kok malah ganti CDI Shogun nih? ckck
karakter pengapiannya memang seperti itu, yaitu percikan bunga api yang maju di putaran tinggi..
coba cek tonjolan pulser nya, harus sama sprti shogun hehe

ricky setiawan said...

Bro klo pengapian di gl max ga ada sama.sekali gmn bro?coil+cdi n spul udah dipriksa g ada yg putus ama gosong...tp tetep g ada pengapianya jg bro dr coil...tolong pencerahnya...mksh

Novanda S.T. said...

gl max tipe pengapian AC.. kalau spul, magnet, cdi udah sip ya tinggal busi atau koil..
koil sih paling2 susah starter nya aja..
spul walau ga gosong kadang ada yg terputus d dalam lo..

Anonymous said...

Mas tolong masukan'y dong..ane punya motor f1 93 udah kopling f1zr..nah penyakit motor ane sh tadi'y cuma gas n kopling kurang enak rada berat,seret dan kalo mau d'nyalain harus d'sela berkali2 sambil tahan gas trus ane bawa kebengkel dengan tujuan biar enak lagi kopling dan gas'y sekalian ganti oli mesin..eh pas udah beres motor baru keluar bengkel malah mati tengah jln seperti abis bensin..pada'hal bensin,oli samping masih ada..d'coba sela trus ane cek jg busi tetep ga bisa nyala..trus pas balik lagi kebengkel trnyata pengapian ga ada harus ganti spul jg cdi yang ori..gimana nih mas bantu ane..kan ganti spul sama cdi ori lumayan mahal..

Novanda S.T. said...

kalau f1zr mending spul dan cdi harus ori..
kalau emg harus ganti ya ganti.. coba bengkel resmi deh..
untuk kopling berat dan susah starter cek penyetelannya dulu..
untuk gas berat bisa jadi karena pengapian.. hehe

kalau dilihat kasusnya sih koil aja yg mati..

Anonymous said...

Gan minta pencerahannya
Motor satria fu
mesin klo di sela susah,udah gitu klo nyala selang beberapa meter mesin mati,sela-nyala-jalan bentar mati lg,sela-nyala-jalan dikit mati lg,kejadian berulang minimal 3x mati baru normal jalanya..

Kata orang bengkel karbunya,tapi karbu udah di ganti pake punya temen tetep aja begitu..

Kira2 itu knp ya..??
Makasih

Novanda S.T. said...

kalau itu sih koil nya yg bermasalah hehe

Alvian Arbi said...

Met mlm Mas tadi sy make btrai basah di mtr mx sya karna rusak sy ganti batre kering 3 hari pake spul nya rusak n lampu2nya pada redup ga terang speeti biasa.. Mhon msukan nya mas mkasi

Novanda S.T. said...

pengisian kurang bagus..
bisa akibat dari spul yg udh rusak dan kiprok yg aus

Ragil Ghoniu said...

Bro gua mau nanya ni gua punya mio 2006 pengapiannya ga ada sama sekali padahal koil busi kiprok udh di ganti baru masih ga nyala juga itu kira2 apanya yh yg rusak?

Oiya kiproknya ane pke yg merek brt dan kondisi aki emang ga ada setrum/ lemah
hari ini lagi di cas dulu



pertanyaa ke dua
apakah motor mio ane yg pengapiannya DC tetap bisa nyala dengan kondisi aki yg bagus tanpa spul/spul rusak/sepul lemah?


Terimakasih

Novanda S.T. said...

Pengapian DC muncul dari sumber tegangan DC yaitu aki..
aki sendiri di cas melalui kiprok yg bersumber dari spul..
apabila aki soak, dan spul tidak ada, maka motor tidak akan menyala..
tanpa aki asal kiprok dan spul sehat masih menyala normal

Ragil Ghoniu said...

akinya baru saya cas dan kiprok brtnya baru saya beli jga hari ini tapi tetap ga ada pengapiannya gan
itu kenapa yh?

kan kalo aki bagus dan kiproknya masi baru akan tetap ada pengapiannya walaupun spul rusak atau lemah, bener ga?

Novanda S.T. said...

salah satu aja antara spul atau aki sehat, akan menyala kok pengapiannya..

klakson, sein menyala nggk?
cek sekring deh hehe

Ragil Ghoniu said...

1 . aki dan kiprok dan koil baru di ganti jga tadi tapi tetap ga ada pengapiannya
kenapa yh itu?


2. kalo aki dan kiprok bagus bukannya akan tetap ada apinya walaupun spulnya rusak atau lemah karna sistem pengapiannya DC,selama akinya belum tekor atau kekurangan tegangan listrik. bener ga stetmen itu gan?

3. apa kah cdi rusak apa spul yg harus di gantinya?

terimakasih

Ragil Ghoniu said...

nyala gan klakson sen dll sikring jga bagus
cuman starter aj klo di pencet cmn bunyi tek... tek... an itu karna dynamo staternya yh yg rusak

jadi intinya kalo aki sehat walaupun spul jelek mesin akan menyala kan yh gan?

jadi ini mtr saya apa yh yg harus saya ganti?
apakah cdinya?

Novanda S.T. said...

statemen aki oke spul rusak masih menyala kok pengapian DC..
kalau masih ga menyala bisa dicek posisi top magnet nya dulu bro..
ada ubahan nggk pada pulser?

Anonymous said...

om mu tanya..
motor sya RR
kalo ganti knalpot resing emang wajib ganti pilot main jet ya ?
tpi sya kan udah lama gonta ganti pke knalpot resing. ga pernah ada masalah yang gimanaaa gitu.
tpi bbrapa forum nyaranin wajib ganti main pilot jet.
apa dngan setting langsam sma angin bisa ke handle ??
mohon sarannya om.. thanks

Novanda S.T. said...

tergantung knalpotnya sendiri bro..
kalau RR ninja tmen ku ganti knalpot R9 bro..
ga ingin ganti spuyer cz gmau boros..
tp y g ada mslah, walaupun memang terasa main jet nya aja yg minta gede an..
jadi lari motor terasa masih kurang efeknya..
untuk piston sendiri masih aman

Anonymous said...

Mas saya punya jupi 2001 batre yg cocok buat jupi saya merek apa dan kodeny apa? Trus kalo pake kiprok brt yg jupiter z bisa ga? Bermasalah ga mas? Makasih ban yak

Novanda S.T. said...

jupiter 2001 sama aja kok ke jupiter z..
aki basah YBL 5V
aki MF YTC 7C

kiprok mio pun sama, pakai BRT spul standar bro hehe

Anonymous said...

Mio ny mio lama atau yg mana mas? Oh kalo brt pake spul standar ya?

Novanda S.T. said...

mio karbu, jupiter mx, jupiter z, jupiter, nouvo sama aja hehe

Ipoel said...

Mas mhon bantuan.a
motor ane satria fu
kalau aki g mw mengisi itu masalah.a apa ??
Ane dah ganti kiprok bru spul baru tp sama aja ,kalau d pake jalan aki dah drop trus ane ksh nyla lampu mtr normal lg tp cma sesaat aja .mohon bantuan.a

Novanda S.T. said...

sudah benar antara kiprok dan spul bro, tp ada yg kurang, yaitu kabel..

cek kabel dan sekring.. smoga ga ada yg bocor arus nya hehe

Anonymous said...

Mas bro permisi , mau nanya kuda ane nininRR ,ane pakai kiprok mio/F1 ,kira" dampaknya apa ya ?thanks

Novanda S.T. said...

gpp lah brom yg penting soket jgn salah hehe
efek mungkin masa pakai kiprok nya sendiri.. kan input arus nya beda hehe

Anonymous said...

bro, motor matic ber-karburator ane hari ini bermasalah. kalo di putaran rendah, mesin brebet terus mati. kalo dinaikkan gas, kadang mau jalan normal lagi, kadang malah mati.
kalo sudah di putaran tinggi, lancar jaya. tenaga ada, lari normal.
barusan udah bawa ke bengkel. ganti busi (sebab sebelumnya setelah mati, start tangan susah, tp kalo kick start gampang, langsung hidup), terus bersihin karbu. di-start tokcer, jalan normal. Nah malemnya, ane bawa jalan, timbul lagi tuh problem di putaran bawah selalu gejala mau mati. Berhenti di lampu merah, langsam 10 detik, mesin mati. Tapi di-start lagi gampang, baik start electric maupun kick start.
kira2 problemnya apa ya bro? bahan bakar kotor? tangki perlu dikuras? atau problem lainnya. trims sebelumnya.

Novanda S.T. said...

mungkin kompresi ada yg bocor.. hehe
loyo nggk tenaga nya? atau mungkin ada selang vakum yg minta ganti

Kemal Fauzi said...

Mas broo..mohon pencerahannya,ane pake scorpio th 2008,sdh 2hari dibengkel,sdh ganti CDI Baru yg originak yamaha,tapi kata tekhnisi CDI barunya msh mati jg,ane gak percaya ane cb discorpio tmn ternyata cdi gak ada mslh,tapi dicoba lg dimotor ane tetep gak bs,dicek pengapian dari spul ada,dicoba pake cdi imitasi mlh ada pengapian,cm mesin tdk normal alias berat,apakah penyebabnya suplai dari spul tdk bs ngangkat keCDI yg baru ane beli apa dari yg lain ya? mohon pencerahannya ya bro...terimakasih

Novanda S.T. said...

scorpio menganut pengapian DC..
jd input cdi dari aki bro, cek aki dan kiprok..
aki mjd sumber utama
kiprok menjadi alat bantu charge aki..

tanpa aki msh bisa, asal spul dan kiprok sehat..

saran:
1. cek aki, pnjm pnya tmen dlu jd bs
2. cek spul, bongkar bak magnet buat melihat kondisi spul, kalau terbakar ganti
3. kiprok, pinjem tmen jg cz diukur outputnya pakai voltmeter harus di atas 12V saat rpm >3rb

Anonymous said...

bro.motor smash NR sy kalw di gas larinya ngak bertambah justru tambah lambat.motor aq udah overzise 200.

Novanda S.T. said...

ada kemungkinan setting karbu tidak tepat..
cek

Adityo's mind said...

Mau tanya om bro, nouvo 2004 saya, kok cdinya sering mati/rusak/ retak dekat soket (3hal itu yg sering) bisa kira kira 3 -4 bulan ganti cdinya, kira kira knapa ya? Padahal kelistrikan sudah diganti baru smua

Novanda S.T. said...

blm ada kejadian nih bro.. awet kok..
mungkin korsleting kena air, cek jg tegangan yang masuk maupun keluar.. perlu dicermati ulang tuh

Anonymous said...

MOHON PENCERAHAN GAN... motor saya satria hiu 2005, baru beli second sekitar 2 minggu,, dari beli tuh motor nyala tanpa aki,, larinya maknyus,,(maklum baru pegang 2 tak),, hehe..
ini masalahnya,, 4 hari lalu tuh mototr mogok,, saya bawa ke bengkel katanya harus pake aki,, ternyata bener pake aki langsung nyala seperti sedia kala,, eh kemarin tuh motor jd brebet di putaran bawah, bahkan sering mati mendadak,, tapi sekali engkol langsung nyala lagi,, yg saya heran tadinya tanpa aki nyala normal,, trus mogok,,pake aki nyala normal lagi,, trus sekarang malah brebet terus,, kalo langsam kadangb mati sendiri, tapi sekali engkol nyala,, dibawa lari juga gak nampol kayak biasanya,, putus2 gitu,, mohon pencerahan kepada para master dan suhu,, kalo ada rekomendasi bengkel di sekitar pondok gede,, boleh kabari saya di 0821 1135 1214,, trims

Novanda S.T. said...

ada kemungkinan ga ada suplai listrik itu, bisa dr spul atau kiprok jg... saya cek lg deh jalur listrik nya cz saya ga hafal hehhe

Anonymous said...

Mau nanya nihh bro ...motor ane ninja r 2012 kalo dibawa santai enak2 aja (normal) .tapi pas di betot putaran tinggi langsung ndut-ndutan brebeet gak enak ...begitu turun gas normal lagi ...itu kenapa ya bro ,mohon pencerahannya .

Novanda S.T. said...

itu kondisi std apa nggk?
ganti knalpot pun btuh setting karbu hehe

cb setting ulang karbunya..

Anonymous said...

gan motor saya absolute revo pernah sekali mati mendadak saya cek pengapianya kadang ada kadang gx saya diemin semaleman gx bisa nyala juga saya bongkar body api apa lagi itu kenapa ya gan ?

Novanda S.T. said...

ngeceknya gmn tuh? lewat busi atau lewat kabel langsung ke mesin?

busi sehat nggk? kalau udah jelek ganti aja

Arry Sartanto said...

Gan .. Ane pengguna pulsar 180 ug3. Mau tny kl motor saat di geber tp ga lari itu knp ya? Ky nahan (tp bkn brebet). Ane dah ganti aki. Koil. Spull. Kanvas kop tp troublenya ga hilang jg. Lampu utama jg sering putus. Itu bs disebabkan dr cdi ga gan? Trs trg cdi blm pernh ganti..info trkhir dr montir pengapian pd cdi mati sebagian. Mohon pencerahannya gan sblm memastikan bl cdi. Tks

Novanda S.T. said...

cdi mati motor ga bakal nyala bro.. ga mungkin..

bisa jd kiprok itu bro..
alangkah baiknya cek output kiprok apakah range 12-15 volt outputnya?
kalau kurang atau lebih ada yg error bro, minta ganti hehe

CDI ga berhubungan sama sekali dengan lampu putus

Arry Sartanto said...

Kl motor ga da lari itu bkn krn cdi jg ya gan? Tp itu yg sy jlsin diatas. Spull. Aki. Busi. Kanv kop dah dignt. Aplg motor jg br serv besar. Tp kok bs ga da tarikan saat di geber.

Arry Sartanto said...

Kl pd pulsr khan ada 2 busi..mnrt montir busi knan yang mati. Sehingga ga maks pengapiannya

Novanda S.T. said...

ya silahkan ganti busi bro.. wong cm 15rb hehe

Anonymous said...

Permisi mas, numpang berkeluh kesah. Motor saya br beli Vespa PX 94 spul pengapiannya udah kebakar 2 kali. Baru banti spul bertahan cuma 2 hari. Kenapa ya? Saya cek CDI udah ganti punya astrea Grand. Apa dari situ ya?

Novanda S.T. said...

ketika motor nyala apa diukur output voltase nya? bisa sampai 400volt AC biasanya.. atau tahanan antara 150 - 200 ohm

lebih dari itu bakal cepet kebakar, atau cdi cepat jebol.. hehe

Anonymous said...

Alo mas bro, maaf ni saya mengganggu mas bro. saya pengguna ninja rr tahun 2012. kebetulan ni motor sudah retrofit lampu. pakai HID dan sudah fullwave. lampu sein depan belakang sdh LED. saya di sarankan untuk menggunakan kiprok motor tig*r. setelah 1 tahunan saya pakai. ni ninin gak pernah bermasalah. tetapi sudah 3 bulan terakhir ini, motornya selalu brebet kalo saya bawa jalan dan pada saat saya geber, selalu aja brebet di 6000 rpm. mau pada posisi gigi 1 sampai gigi 6 juga sama. saya coab service ke bengkel, kata muntirnya ada kendala dengan kelistrikan. saya sudah coba mengganti kiprok dan aki, ternyata masalah tidak kunjung selesai. saya coba ukur pengisian aki, pada saat motor nyala dan lampu nyala menunjukkan angka 12.5. pada saat motor saya gas sampai 5000rpm menunjukan 13.5. mohon saran dari mas bro, apa yang harus saya cek. dan kira2, apa sih masalah yang di alami oleh ninja saya. saya mohon bantuan dari mas bro. terima kasih mas bro. saran mas bro sungguh sangat saya nantikan.

Novanda S.T. said...

kiprok dan aki sudah bagus itu bro..
gejala brebet ga selalu dr pengapian jg..
pd rpm segitu biasanya kips terlambat membuka, bs karena kotor..
oh ya apakah selalu pd rpm menengah ke atas brebet nya?

Anonymous said...

Terima kasih banyak atas respons nya mas bro. Brebet selalu pada 6000rpm keatas bro. Kalo kips sdh kita bersihkan. Karbu jg sdh di bersihkan. Kira2 apa lagi ya kendala nya tu motor.

Novanda S.T. said...

untuk kualitas pembakaran sendiri gmn bro?
apakah busi kurang rapat?
atau sudah minta ganti?
saya blm ngalami nih bro.. biasanya emg kips haha

Anonymous said...

bro motor ane yamaha new jupiter z,lampu rem belakang mati..udh tekan pedal rem kaki n rem depan gk mau nyala.ane stel switch rem jg gk mau nyala..lampu blkng/rem gk ptus,sekering jg ok.
mslah nya dimana ya bro??

Novanda S.T. said...

bs dr kabel, bs jg rumah soket lampunya aus..
lampu mati ga selalu dari lampu dan saklar bro..

Anonymous said...

Misi bang,saya mau nanya motor saya yamaha vega r 03 mesin sudah korekan piston pake 58 klep sonik noken as udah d sesuain&lubang in ex nya udah d porting,tapi kaya nya ada masalah dalam pengapian nya,pertama gejala nya brebet kaya yg salah jalur pengapian nya,tapi saya cek gaada masalah,udah d coba ganti spul,cdi,kiprok,koil tapi masih tetep brebet,terus rpm nya ga naik cuman nyampe tengah2 aja bang,kira2 apa penyakit nya&apa saja yg harus d ganti,mohon pencerahan nya bang ,, terimakasih!!

Anonymous said...

Busi malah sdh ganti 2x mas bro. Kalo cdi rusak, tanda2 nya apa ya mas?

Novanda S.T. said...

kalau cdi rusak motor ga bakal nyala..
kata om kepala mekanik Yamaha mah ninja ga ada cdi nya.. cdi gabung ke koil..

Anonymous said...

Nah. Kalo coil nya rusak. Apa mungkin berakibat spt motor saya mas bro? memang hanya coil yg blm pernah saya sentuh. Terakhir di cek api nya warna merah. Apa ada kendala dengan itu?

Novanda S.T. said...

nah itu dia.. kurangnya tegangan untuk membakar bahan bakar di dalam mesin..
cek spul apakah gosong? atau diubah?
koil sih jrg rusak bro hehe

Anonymous said...

Waduhhh. Kacau. Kalo spul emang ada perubahan mas bro. Krn kan kmrn di rubah jd fullwave. Emang spul ada di utak atik sih. Gmn cara ngechek spul rusak atau nggak bro? Please. Bantu ya mas bro. Thx mas bro.

Novanda S.T. said...

pakai avometer, ukur tegangan output spul apakah mencapai tegangan standar? kalau tidak spul bermasalah..
untuk output spul ke kiprok antara 20-100 volt AC..
kalau spul ke cdi AC lebih dr itu..

enncup marucup said...

Gan motor ane spr x125 2006. Tuh motor klo laju pelan & kenceng suka endut2an seperti pengapian putus2 apalagi sehabis oper gigi keadaan putaran mesin rendah sering banget tuh penyakit keluar. Trus keadaan gigi netral klo digeber gasnya mesin gak mau langsung muter seperti ada sela waktu berhenti mesin.

Spefec motor yang diubah koil (blue thander), busi ngk (recing), cdi brt dual-band (power max), noken as (cld) pa2san harian, kupas kulit in & ex head, karbu baru (ori), naik main zet & pilot zet.

o iya, klo stang seher rusak terutama dibagian pen as crankshaft itu efec kemotor gmna ??? Dalam hal laju juga brmasah tidak

Novanda S.T. said...

stang rusak biasanya setelah digas dan dilepas bunyi ctak..
cm getar aja tp laju motor ga maslah..

brebet" mati bisa jd busi udah mati..
cepat mati akibat setting terlalu basah, cek deh warna busi apa?

Novanda S.T. said...

klep kurang besar..
pakai klep sonic jg dah biar pas..
brebet" bs karena kurang nya bahan bakar yg masuk

Anonymous said...

salam buat mas Novanda ST (Sarjana Tehnik), langsung ke TKP. Gini lo mas Aku Punya motor smash tua bin ojor + Manula (pikun). Permasalahannya :
1. motor stabil di putaran rendah.
2. motor ndut-ndutan di putaran tinggi
3. kalau di nyalakan lampu jalan, motor stabil di putaran tinggi
4. sekring pada jalir pengisian di aki dilepas kembali motor ndut-ndutan di putaran tinggi walau lampu jln dlm keadaan hidup.
5. kalau banyak pertanyaan, takutnya kaga di jawab' he he he.
makasih dulu kalau mau merespon pertanyaan saya

Novanda S.T. said...

maaf bru bls, mudik bro..
itu gejala krg nya tegangan listrik yg masuk cdi.. apakah aki sehat?
kiprok jg kyk nya yg bermaslah,,

Opal Putri said...

Mas bro minta tolong motor saya smash tiba tiba mati ga ada percikan apinya di busi pdahal busi udah ganti baru..tapi setelah beberapa jam kemudian nyala lagi dan setelah jalan beberapa km mati lagi apanya ya mas bro tolong bantuanya tanks

Anonymous said...

Mas mau minta tolong motor saya nouvo lele 2002 .. lampu sen nyala dan klakson nyala .. tpi di stater susah ga idup bunyi ck ck ck ck .. dan kalo di selah juga ga hidup2 .. kira2 apa yg harus di gnti mas ? Makasih mas

Novanda S.T. said...

itu koil minta ganti bro..

Novanda S.T. said...

bukan lagi komponen stater nya itu bro..
servis karbu nya bro, sama setel klep..
cek vakum karbu nya rusak nggk..

Anonymous said...

mas mau mintak tolong ne,motor saya yang mio soul sering mati,padahal karbu sama busi udah di ganti baru,tapi kok masih sering mati jugak kalau motor nya panas.
tolong mas apa penyebab nya mas??

jOel said...

Assalamualaikum
mohon bantuannya gan, ane punya motor shogun 125 sp, punya masalah ketika jalan di kecepatan 50 k/j +. tu motor tersendat - sendat, trus jarum spidometernya goyang2 terkadang restart sendiri,
ketika motor dlm keadaan Netral, di gas ampe mentok keadaan normal, nmu ketika di msukkan persneling mulai tu penyakit amper spido goyng,di bwa jaln motor tersendat,
hal yg udah ane lakuin ganti aki. masalah tetap,
ganti kiprok, comot punya shogun temen maslh tetap, pernah ganti kiprok merk thailand tambah aneh, spido padam ketika jalan, berhenti pelan, nyala lagi.
ganti koil, masalah tetap,
ganti busi cr6sha, jarum spido mulai tdk terasa goyang,namun jika diamati tetap goyang sedikit,
yg belum di gnti cdi, berhubung blum ada dana, hihihi....
mohon bantuannya, apakah munkin ada hal sepele yng terlupakan hingga motor ane nyendat2 gini,
trims,
wassalam

Novanda S.T. said...

cdi shogun menganut tipe DC, itu kasus terjadi penyebabnya karena input setrum kurang..
apakah aki sehat?
kiprok usahakan ori, spul jg mohon dicek..
percuma ganti kiprok, dll kalau spull yg rusak

CDI mati ga bakal menyala motornya bro, CDI hanya tahu menyala atau mati

Novanda S.T. said...

koil nya minta adik..

donia said...

Mau tanya neh gan ttg sikuda putih ane fd125xrm yg 2 hr yg lalu tiba2 mati g ada pengapian sma sekali. Jls g bsa nyala.
1.kondisi awal emg g pke aki alias sdh tekor dibiarkan sja d tempatnya, tp g ad masalah n biasa aja klo untk hidup mesin, cma lampu² meredup.

2.setelah 2 tahunan lebih g ganti aki bru 3 bln ini merasakan ad yg aneh.
Gejalanya di saat idle klo narik tuas rem depan or nginjek rem belakang mesin mati seolah pasokan listriknya habis tersedot lampu² itu. kecuali d putaran tinggi. Saya berasumsi mngkin konsleting, atau CDI nya kah yg lemah? Sehingga gejalanya seperti itu.
Skr kondisinya mati total benar² gada apinya. Apakah CDI nya bener² sdh mati? Atau ada kemungkinan lain mas bro?
"Skr sdh ganti aki yg ad strumnya" tetep gada apinya apakah dri kabel²? Mohon pencerahannya terima kasih.

Novanda S.T. said...

itu tandanya udah ga ada lg setrum yg masuk ke CDI..
bukan cdi, koil, maupun busi lg melainkan kiprok udah koit..

perlu diketahui bahwa input listrik CDI shogun dari sumber DC (aki) dan juga kiprok
jika keduanya sudah rusak ya motor ga menyala, menyala pun sprti motor agan..
hidup segan mati tak mau

donia said...

Berati jika salah satu d antara aki dan kiprok msh oke mesin bsa menyala y gan?
Skr ini kondisi aki bgs namun blm diketahuai apakah kiprok mati cz g pya multi tester saya,
Skr mesin bisa hidup dgn adanya aki yg bermuatan setrum namun lampu utama g menyala apakah itu kiproknya gan? Jika demikian diagnosa telah diketahuai n selesai " tinggal ganti kiprok"
Mohon penjelasannya gan. Thk.

Novanda S.T. said...

lepas aki nya nyalakan, kalau menyala kiprok oke.. kalau di gas ga sanggup, aplg semua part listrik menyala, spul yg minta ganti..
hehe

Anonymous said...

Mas brow mohon bantuannya
Motor ane ninja r 2011 ada kendala sedikit pada mesin motor ane saat putaran atas selalu mbrebet dan saat gas diturun kan motor normal kembali
Udah dibawa kebengkel kata mekanik nya mainjet terlalu besar dan habis itu dikecilin motor pun normal tapi
Ga' selang lama +- 1minggu motor penyakit nya kembali lagi
Motor karbu nya ane stell lg kok masih sama aja
Mohon saran nya mas brow apa yg terjadi pada motor ane

Novanda S.T. said...

itu bukan spuyer MJ nya yg kebesaran, tp pengapiannya ga sanggup..
coba celah busi dibuat lbh rapat aja..

IQBAL Rofik said...

siang gan mohon bantuan nya .. motor ane shogun sp fl. 2008 . kmarin pas pagi2 ane manasin motor mau brangkat kerja.ehh tiba2 mesin motor mati gan. dan d stater g nyala2. ane cek klistrikannya dari koil ke busi g ada gan, tapi kalo dari spull ke CDI ada gan. nahh dari CDI ke koil g ada sma skli gan. ane coba ganti CDI nya pake yg ori lagi. sma gan ga nyala ... tapi klo dari pulser g ada listriknya gann.. dan apakah aki dan kiprok berpengaruh g gan. soalnya aki sma kiproknya udh loyo. pdhal aki bru ganti 2blan lalu. mhon pencrahan nya gan apakah yg hrus d benahi atw d ganti gann??? sma ane pake cdi BRT gan trims

Anonymous said...

mas bro mau tnya mtor saya shogun sp gk keluar api.nya padahl udh di cek semua spul.cdi.kiprok.aki. udh d cek pkek avo msh normal tpi api gk mau kluar dari coil jika kntak on ada api kecil sbelum masuk ke coil mohon bntuan.nya mas bro

andry said...

Mas sya 5u tny.sya pnya motor smesh 2004.klau pagi pz d panasin motor brebet d putaran bwah mz.tp low d tarik tuas gasny smpai pool normal mz.truz kdang mtor low d buat jlan mgok mas.stelah 30menit nyala lgie mz.cdiny jg bru gnti mz.koilny jg udah sya cekpercikan apiny wrnany putih biru mz.apkah penyakitny d pulser ap spulny yaw mz

Novanda S.T. said...

kalau sprti itu mah mnrut saya bukan pengapian, tp kondisi mekanis mesin seperti setelan klep, kebocoran klep, top piston..
cb lbh detail bro gejala nya

Novanda S.T. said...

sudah jelas kiprok koit, jd aki walau baru pun jd cepat habis..
ganti kiprok bro..

pulser memang ga keliatan listriknya, wong voltase nya cm 1-2 volt aja

sumber tegangan CDI shogun dr DC alias aki.. aki dicas oleh kiprok.. jd kiprok yg sehat tanpa aki pun oke..

Novanda S.T. said...

kalau boleh tw besaran nya setelah dicek avo tertera berapa?
krg detail bro

Rizky Earlyawan said...

Mas , mau tanya , supra saya udah gw set karbunya bolak balik .. kering - basah- kering- basah ... tapi tetep aja rpm tinggi gejalanya kaya bensin abis ... kaya mbrebet trus knalpotnya meletup letup ... udah saya ganti busi baru .. filter bensin baru .. tetep aja .. kira-kira kena apanya ya ?

Novanda S.T. said...

itu mah dr sisi pengapian bro..
cek lg aja mulai kabel busi ada yg retak nggk? spul msh bgus apa nggk dicek lg hehe

Anonymous said...

MAAF MAS ,MAU TANYA ,KLO MIO SPORTY PENGAPIANNYA TIDAK ADA,KIRA2 APANYA YANG HARUS DIGANTI YA MAS...,OH IYA ACCU NYA JUGA SEPERTINYA UDH SOAK MAS,APAKAH ACCU SOAK BERPENGARUH PADA PENGAPIAN MIO KARBURATOR YA MAS...?TRIMS

Novanda S.T. said...

mio menganut CDI DC, jd pasokan utama dari aki bro..
aki yg soak membuat pengapian hilang..

sbenarnya kalau kiprok masih sehat msh muncul pengapian namun kurang stabil..
cek lg spul dan kiprok selain ganti aki..

paijo paijan said...

selamat malam mas..
mau tanya mas seputar motor smash sr 2005. motor sy klo saya pakai jln beberapa kilo meter tiba2 pengapian hilang dan klo di diamkan sekitar 20 menit an bisa lagi itu apa nya ya mas..soal nya tadi sdh masuk bengkel ke 3 dr gejala yg sama. dan waktu pulang mau sampai rmh mati lagi, jd besok mau tak balikin ke bengkel lagi mas. info dr bengkel td siang sdh di cek semua kata nya normal semua cm ada kotoran di pulsher kata bengkel nya. tp kembali lagi ternyata msh blm bs, klo melihat uraian di atas mirip kerusakan koil mas. apa bsk saya minta ke bengkel nya tuk ganti koil atau gmn mas. o ya kondisi aki saya normal ( sehat) makasih sebelum nya mas.

Novanda S.T. said...

gejala koil itu bro, cb dicek kabelnya dlu sendiri sblum ke bengkel..
apakah berkarat? kotor? longgar?

Antho Pudu said...

mas mau nanya, motor sy FU 2009, masalahnya setiap di gas di rpm rendah antara 2-4 gas motor putus2 tenaga motor jg hilng, kalo sdh di rpm 5 keatas gasnya normal n tenagax motor sdh ada. jadinya motor sy tidak bsa di pakai jalan pelan soalnya tenaga motor tdak normal kalau pelan... sy sdh coba ganti busi koil n cdi tpi hasilnya nihil

Novanda S.T. said...

yg error bkn kelistrikan tp malah diganti semua..
error gitu ada pada karbu bro..

Anonymous said...

kalo mio 07 ane suka brebet diputaran atas, busi baru, karbu bersih, filter bersih, tangki baru nguras, cuman belum sempet tes koil sama CDI, apa mungkin umur CDI yg udah 7 taun ini perlu diganti? ato mungkin koilny? cara cek ny gimana? mohon bantuanny, makasih

Novanda S.T. said...

ada ubahan spuyer gak nih?
brebet bisa juga bukan dr pengapian bro..
aki normal?

ikhwani saputra said...

mas mohon nanya suzuki spin saya betmasalah, baik diawal maupun di tengah perjalanan. padahal aki sama busi baru. , ketika narik gas serasa abis bensin. malah pernah mogok di belokan. mohon jawabannya . makasih

Novanda S.T. said...

vakum karbu nya udah aus ? skep nya beret ga nih?

Budi said...

Mas motor ane khan mati, alias ga ada api, cek koil pake multitester antara gulungan skunder sama primer sesuai aturan pabrik, nah pas cek cdi mtr d stater tapi ga ada arus yang keluar dari cdi k koil. Kalo begitu apa cdi yang mati... oh ya tambahan, kelistrikan dah d rubah, kiprok pake punya tiger, kadi dah fullwave hasil modifikasi. Mohon pencerahannya....

Novanda S.T. said...

ini motor apa sih? haha
rasa"nya pengapian DC ya?
cdi mati ya total mati ga ada output dr CDI..
mati nya CDI bisa karena input tidak ada, massa tidak ada, pulser tdk bekerja, dan terakhir cdi nya sendiri yg mati

Riki Pahrian said...

Mas, ane pengen nanya ni.
Motor ane shogun 125 2005.
Kmrem ane ganti aki baru, blm 1 bln udah soak lg. Diganti karna kalo dah soak motor bakal brebet dan susah nyalanya.
Kira2 apa kerusakannya motor ane mas?
Apa yg mesti ane ganti/perbaiki? Thanks mas solusinya.

Novanda S.T. said...

tidak ada nya pengisian.. antara spul dan kiprok yg rusak..
biasanya sih spul nya minta glung ulang

ibnu suhada said...

mas, mau tanya motor jupiter z ane pengapian tipe AC (ga pake aki). pas ane cek dari busi pengapiannya ga ada sama sekali,, sebelumnya pengapian kadang ada kadang enggak. kira kira apanya yg bermasalah ??

Novanda S.T. said...

udah ubahan berarti ya..
cek dlu sambungan2 kabel mgkn ada yg lepas..
spul api sendiri terbakar nggak?

kemal said...

Mas saya mw nany donk. Saya liat d voltmeter cs1 saya kok tiap nyentuh 14v selalu brebet ya klo dh panas?
Tapi dibawah 14v malah lancar/sehat.
Cs1nya dh d fullwave.
Itu knp ya?

Novanda S.T. said...

batas kemampuan part standar 15 volt.
ya brarti itu gejala over voltage.
dalam mesin jalan memang pengisian hampir 12 volt.
coba cek koil km error nggk?

kemal said...

Koil msh bgs. Apinya biru.
Klo over voltage brrti dr aki donk?

Novanda S.T. said...

tegangan aki 12-13 volt. ketika mesin menyala di rpm 5rb an sekitar 14 volt memang.
pengisian aki mu normal brarti.
yg mslah mgkn posisi pulser di dlm magnet, cdi, atau koil..

Novanda S.T. said...

inti nya sumber tegangan normal, tp beban kelistrikan yg trouble.

Dielo Har said...

Tanya mas, suzuki spin sy saat akan di nyalakan posisi gas harus tinggi, kalau smp mati saat dinyalakan akan susah hidup kmbali. Dijeda sekitar 5-10 mnt baru akan hidup kembali itu pun posisi gas hrs ttp tinggi, kalao pun hidup sy hrs tunggu mtr betul2 panas baru dibawa jalan, posisi mtr tdk langsam, aki+busi bagus,,,, mohon pencerahannya mas

Novanda S.T. said...

antara klep bocor, karet membran trouble, intake bocor, maupun setting karbu nggk pas.

Fendi said...

Mas mau nanya motor saya cb 82.knp kok setiap dilampu merah mau jalan kok digas kyk habis bensin ngadat brebet tapi klo jslan lurus kenceng normal.kendala nya tial berhenti.uda ganti karbu tetep aja and klo pagi hidupin mesin susah klo ganti busi langsung hidup.tapi klo uda dingin susah hidup lg.kira2 rusak apanya koil apa cdi mohon bantuanya mas terima kasih

Novanda S.T. said...

ubahan motor apa saja?
karbu pakai apa dan pengapian sprti apa? hehe

m hisyam said...

Mau nanya nih mas, ,satria fu saya mati...aliran listriknya hilang..
Aki nya udah mati sekitar 2 bulanan tapi tetep terpasang, motor saya normal" ajja waktu itu.
Setelah aki nya saya bukak berselang 5 hari aliran listriknya hilang total,,
Kira" apanya ya maz..

Novanda S.T. said...

coba pakai aki normal nyala ndak motor nya hehe
kalau ia menyala silahkan cek tegangan spul (VAC) dan output kiprok ke aki (VDC).
VAC nya rentang 12-100 Volt di 2000 - 6000 rpm
VDC nya rentang 12 - 15 volt.

Mohamad Walid Anshar Ichsan Shahib said...

Om mau nanya , saya punya motor GL100 taun 80 masih platina saya ubah jadi cdi , tapi boros busi banget , baru ganti busi bentar eh pas dinyalain , si busi lsg item alhasil motor mati dan gabisa dinyalain . Kira kira dipake 6km busi gosong total dan motor gabisa nyala? Mohon bantuannya :(

Novanda S.T. said...

timing nya nggk pas tuh..
makanya cepet mati haha
juga pengapian nya melemah bisa jadi

Mohamad Walid Anshar Ichsan Shahib said...

Timing apanya ya om? kata montir di bengkel mah pengapiannya lemah , nah cara besarinnua gmn ya ?

Novanda S.T. said...

blm tentu semua..
aku nggk ikut ngecek, jd perkiraan timing nggk pas atau input tegangan cdi kurang

yudi ardina said...

saya mau tanya gan soal kelistrikan gl pro series...jadi gini gan motor saya mogok abis perjalan truss tak cek listrik koilnya kok g ada...saya cek dari kontaknya itu ada lalu masuk ke cdi nya kok g ada padahal cdinya uda saya ganti...mohon arahannya mksh

Novanda S.T. said...

pro series ini CDI AC ya?
spul sehat nggk?

captain.tumbas said...

misi gan butuh pencerahan dari suhu ,
motor ane jupiter z 2007
gini gan , saat jalan di atas 60 km/h motor ane tersendat sendat trus modyarrrr.
habis itu susah hidup ...
busi ganti tetep aje ...
cdi ganti punya temen sama aja ... '

kira2 apanya ya ?

Novanda S.T. said...

bensin e telat turun ke karburator..
atau tangki kotor bisa juga

Rahmat Dwi said...

Pagi mas bro..ane butuh pencerahan ni.....
1. Cara ukur output dari spul gmn? , mesin distater?
2. Cara ukur output dari cdi.
3. Perbedaan spull Dc dan Ac itu terletak dmn?
Makasih mas bro seblumnya

Novanda S.T. said...

1. pakai voltmeter AC, mesin posisi nyala..
2. agak susah karena tegangan nya tinggi. mirip sprti di atas
3. spul itu sudah pasti AC semua, DC itu aki/baterai

amjad said...

mas Novanda saya mo nanya,supra x 125 thn 2006 saat putaran tinggi tersendat2 kemungkinan apa ya penyakitnya,posisi aki mati dan kemaren sy kira businya yang brmasalah tp ternyata stlah sy ganti tetep aja msh ndut2an

Novanda S.T. said...

bukan boss..
HSX 125 biasa nya kalau ndak filter kotor, ruang bakar kotor, kopling nya sudah selip

Vie Viekan said...

Mas numpang tny,ane pny ninja rr 2012.pengapian ane kk kadang hilang" knp eaw.pdhl cdi msh bagus.udh dbnetin n dh normal, ntr gtu lg.kira" apa eae mas.ttim

Novanda S.T. said...

yg dibenerin apa nya itu?
ya kira2 disana itu toh..

Unknown said...

Mas, motor saya supra x lama, awalnya saya ganti aki karna saya pikir akinya sudah jelek, karna sudah gak bisa stater, lampu agak mlmpm,sen kalo gas kendur tak berkedip dll. Udah dua kali ganti aki tapi jarak dua hari akinya soak lagi-soak lagi... mohon penjelasannya apa penyakitnya mas?

rizal nyun said...

Saya sudah 2 kali ganti aki, tapi akinya soak terus dalam jangka sua hari,,, mohon penjelasannya tentang penyakitnya!?

Novanda S.T. said...

beli aki merk YUASA aja..
oh ya itu berarti pengisian ke aki kurang
mohon dicek spul atau kiprok nya juga sekring nya.
ada kemungkinan aki 2x tsb ga apa2 semua.

ibarat hp lek charger nya jelek apa iya batere hpnya terisi?

andar beos said...

Assalamualaikum mas...mohon bantuanx..motor suzuki TRS saya mati ga bisa hidup.padahal saya sudah ganti sil kruk as kiri kanan.karburator standar.pengapianx ada..tpibkalo saya kick starter dia malah tendang balik dan tidak mau hidup..mohon bantuangx mas..makasi banyak wassalamualaikum wr wb

Novanda S.T. said...

bisa jadi timing pengapian e nggk pas
spi magnet nya nggk aus?

Kandel said...

Mas motor spin th 2006,knp kalau jalan pas digas jd lambat seperti ada yg nahan. Udah ganti cvt,belt. Trims sblm nya

Novanda S.T. said...

yg pasti nahan gitu bukan dr area CVT.
cvt cm ga lancar aja jalannya

coba cek secara menyeluruh, cz biasanya dr daleman mesin.
1. kualitas pengapian
2. tekanan kompresi
3. karburator

Anonymous said...

Assalamualaikum mas ada kendala niih di Nouvo Mx,motor seblumnya lancar pas ganti aki jarak 2 hari motornya kok jadi kaya kekurangan listrik gitu ndutt"an,apa lagi kaloo di gas langsung mati
Terus saya ke bengkel temen katanya karbu terus sama saya di ganti pake karbu yang lain tetep aja gitu di cek busi bagus ,pas di ganti aki eh nyala lancar,tapi kalo ga pake aki ndut"an apa lagi kalo di gas langsung mati
Kira" apa masalahnya ya bang ada yang bilang spulnya

Novanda S.T. said...

sudah jelas antara kiprok dan spul bro..
nouvo pengapiannya DC, jadi sumber listrik harus stabil.
kiprok kemaren beli 170 rb (kiprok nouvo sama dengan scorpio)
dengan aki sebesar 7 Ah
spul jg bisa jadi penyebab

zezen 86 said...

hello mas Novanda S.T, salam kenal dari saya. Langsung aja, saya punya motor smash thn 2005 akhir-akhir ini motor saya ada masalah dengan bunyi mesin. kalau mesin dlm keadaan stasioner suara mesin stabil, tapi kalu gas dinaikin suara endut-endutan, udah cek cdi ok, Koil api biru, busi,ok (api merah kekuning-kuningan),apa yang salah yaaa...?" apa harus cek saku baju atau celana heheheheh, itu aja mas. sebelum dan sesudahnya diucipin makasi. Wasam..

Novanda S.T. said...

cek tensioner, rantai timing, dan kebersihan ruang bakar..
sama siap2 kantong baju sama celana yang masih oke :D

Satria Surya said...

Asslamualaikum.
nuhun mas sblumnya mau tanya motor sya mio soul, mesin 54 klep std pendem, kem bubut,
1.kenapa ya mas cepet banget panas baru 5 menit di idupin?
trus
2. dibagian cvt depan bunyi kletek kletek? (stang sher laher udah diganti )
trus
3. Pengapian gaada sama sekali? (kalo pake aki motor nyalah, kalo gapake ga nyalah mas)
trus
4. kalo pagi motor susah hidup, busi becek, tapi pas businya saya di bersihin/keringin,, motor nyala mas?
5. stang bergetar saat tensioner? kalo udah jalan ga geter:)
Terimakasih sbelumnya mas :)

Novanda S.T. said...

1. spuyer karburator setel lg..
2. mgkn dr cvt nya sendiri minta dicek total
3. brarti pengisian ga ada, antara spul dan kiprok
4. lek basah oli ada yg bocor, lek basah bensin bisa jd karburator bener2 minta setel. bisa jg klep IN bocor
5. kualitas noken nya saya gtw hahaha klep di pendem motor mio itu performa turun

Satria Surya said...

oh iya, terimakasih banyak mas informasinya :)

Luster Nainggolan said...

Salam...
Sy pny jupiterz cw 2009. Stlh dua hri bingung dgn kondisi jika panas mesin mati, dingin mesin hidup, panas mati lagi....sya bwa k bgkel mrka suruh ganti spull. Setelah ganti spull dgn 8 kumparan(spull bawaannya 12 kumparan) motor bisa hidup dan dites ampe panas bisa bertahan, tapi lampu depan, l.sein tidak hidup,klakson juga tidak hidup. Akhirnya sya putuskan untuk membeli spull ori. Stlah saya bli yg ori sya buka blog nya mas Novanto ternyata (mgkin) koilnya yg masallah. Sya jdi ragu jgn2 spull saya yg lama msh bagus. Mas tolong penjelasannya...apa koil yg rusak? Apa betul spull orinya yg rusak. Bagaimana cra cek koil pada motor saya? Apakah ada pengaruh spull baru aki mesti baru, atau kiproknya jg mesti baru? Trims...

Novanda S.T. said...

kalau spul rusak itu tentu pengisian ke aki tidak lancar.
kalau kiprok rusak itu antara tidak ada pengisian ke aki atau over volt.
bila aki sehat motor nggk gangguan, tp tanpa aki motor ga bisa nyala, ada kemungkinan spul/kiprok yg rusak. salah satu.
tentu nya harus dicek pakai voltmeter biar jelas

diganti spul 8 kern ya gangguan lah,, voltase kurang bagus cz bawaan e 12.
lek koil, kelistrikan lain2 normal dengan adanya aki, motor jd mati hidup mati hidup.
Novanda namaku :D

Lutfi Yazid said...

Mas nova numpang nanya nih, motor saya mogok mas, sebelumnya sih masih bisa diidupin walaupun kadang tiba2 suka mati mendadak, yg bkin saya heran, pnyebab motor mati itu awalnya tiap saya ngidupin head lamp atau lampu sein, kalo saya mau nyebrang terus ngidupin lampu sein, itu motor langsung mati di tempat, yg salah apanya ya mas? Aki atau CDI mas kira2? Thanks

Novanda S.T. said...

aki nya hampir kosong..
penyebab utama adalah antara spul dan kiprok..
monggo dicek pengisian di motor nya

Benya Bulu said...

Mas mtor sy jupiterZ 2007,,awalnya aki drop,sy lepas aki,motornya sy pakai,mesinnya nyala,trus pinjem aki teman slama 1 bulan ,akinya ta lepas lagi motor udah gk mau hidup mas,gk ada api,..mohon masukannya mas,,mksh😃

Bambang Guntoro said...

misi mas mau tanya motor saya shogun 125 aki gx bisa keisi dan kalau di stater pas keadaan motor hidup malah motor jadi mati.... apanya ya mas ???

Novanda S.T. said...

antara spul atau kiprok yg bermasalah..
untung dibantu aki temen jadi nggk mogok hehe

«Oldest ‹Older   1 – 200 of 231   Newer› Newest»
Custom Search