Minggu, 15 April 2012

Ciri Komponen Pengapian Mati

percikan api lemah
Sistem pengapian bertugas menyediakan kilatan api untuk membakar bensin yg telah terkompresi. Syaratnya, waktu pengapian harus tepat dan power apiharus kuat. Pengapian lama dikenal tipe platina (konvensional) dan yg modern sudahelektronik (CDI).

Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).

Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.

KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”

Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “pertanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang banget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.

CDI
Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.

Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, ada perangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.

Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.

SPUL PENGAPIAN

Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.

Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

PULSER
Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.

Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.

BUSI
Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api

250 komentar:

  1. @shogun125
    aki sudah tidak lagi terisi dengan baik.. juga antara spul dan kiprok bermasalah
    tentu kondisi aki sekarang sudah hampir kosong, makanya didobel starter yg butuh arus besar malah motor e mati (CDI nggk kebagian jatah >.<)

    BalasHapus
  2. Mas motor saya honda cs1 2010 kelistrikan sudah fullwave
    Aki, kiprok, spul baru 1th lalu ganti
    Masalahnya :
    1. Ketika mesin panas, posisi lampu nyala mesin jd brebet tp pas lampu dimatiin mesin normal, spedometer jg ikut mati tp lama2 nyala lg spedometernya.
    2. Kejadian ke1 td, terjadi sekarang ketika mesin dingin jg..

    Pengecekan cuma sampai pengapian doang soalnya bener2 ga ngerti mesin & listrik, api dari kabel mas7h warna biru ada putihnya..

    Mohon pencerahannya mas, trimss..

    BalasHapus
  3. kalau memang fullwave, lampu depan ikut aki ya?
    akinya sehat?
    kalau tidak sehat, maka arus dr kiprok akan tersedot ke lampu semua..
    jadi ketika menyala malah brebet karena CDI tidak menerima asupan listrik yg ckup

    BalasHapus
  4. Bro mau nanya..motorku supra x 125 yg mana
    Mtor sering mengalami mati mndadak. Pas d nyalakan d coba tes jalan bisa tiba2 brpa meter bgtu dia mati sndri..kalau d matikan kontak n d nyalakan lagi dia hdup lagi sprti biasa pdhal coil smua udah d ganti ..itu brmslahx d mana bro..mksih sebelumnya

    BalasHapus
  5. mungkin kabel e putus atau pengisian ke aki (dari spul &kiprok) perlu dicek lg.

    BalasHapus
  6. Misi mas mau tanya..motor fixion new saya kok.. Masuk gigi 2 kok brebet ya dan tiba tiba mati total..

    BalasHapus
  7. motor standar?
    bisa minta d yamaha dicek bro, ntar dibaca gejala nya.
    ada kemungkinan saluran bensin tersumbat

    BalasHapus
  8. Mau nanya mas , motor saya beat . Saya punya masalah pengapian motor saya hilang . Pertama saya kirain cdi nya yg rusak tp saya pasang dimotor teman cdi nya bagus trus saya pasang cdi teman dimtor saya motornya langsung normal . Lalu saya kembalikan cdi saya kemotor , motornya kembali normal . Kata teman kiproknya yg bermasalah tp saya masih bingung mas apanya yg rusak . Mohon bantuannya mas ?

    BalasHapus
  9. seperti nya kabel yg jd mslah.
    ada yg mau putus.

    kiprok ga pengaruh ke pengapian, selama aki kuat melayani cdi.

    BalasHapus
  10. Misi gan numpang tanyak,, saya punyaa motor scorpio z2009 , Kalo mesin nyaa udah agak dingin truss susah hidupnyaa kira kiraa apnya ya?? Soalnya saya udah ganti aki busi dan servise karbunyaa ,, tolong bantuannya

    BalasHapus
  11. kalau dirasa karbu masih oke mgkn sudah waktu nya servis blok kop klep.
    cek kompresi

    BalasHapus
  12. Mau tanya mas .spul ninja r saya tmbaganya putus terkena sesuatu😊.itu kalo disolder tembaganya masih bsa gk mas. Normal lg gk kereta saya ntar.thz

    BalasHapus
  13. dicoba saja.. masih bisa dipake tp tentu ada bedanya hehehe

    BalasHapus
  14. Misi mas,mau tanya tentang motor nouvo lele saya,kenapa ya kalau di stater nyala,tapi giliran di gas ndut ndut an,terkadang mati, itu apa penyebab nya ya mas,
    Makash mas ,saya tunggu jawaban nya

    BalasHapus
  15. Gan tolong di bantu
    Motor saya mau mati bila gas mau pol(putaran atas)Tapi bila gas diturunkan laju normal kembali.karbu,busi normal,pengapian normal,jadi apa kabel dari spul yang ada masalah dan cara memperbaiki nya gimana??tolong infonya

    BalasHapus
  16. @nouvo
    bisa jadi tuh masalah mesin/karbu.
    misal karbu skep nya nggk mau mengangkat

    @im ron
    bisa jadi pasokan bahan bakar di rpm tinggi kurang..
    cek busi nya, kalau putih tengah nya brarti emg kurang besar main jet nya atau jarumnya nggk pas

    BalasHapus
  17. mas numpang nanya....
    kalo jupiter z di gass kisaran 40km/j itu tiba" kaya abis bensin trus modar...
    kenapa ya mass.. mohon jawabannya.

    BalasHapus
  18. bisa lebih detail lg kasus nya?
    mgkn ditunggu agak dingin menyala lg → koil minta ganti
    atau bensin nggk turun → cek kondisi tutup tangki/filter kalau ada

    karburator ada membran nya dicek jg

    BalasHapus
  19. bro, mau nany inih. motor aku spin 125 th 2008. untuk normalny biasa motor sy tanpa aki pun bisa nyala nah sekarang klo aki sy lepas trus sy stater, mesin nyala tp klo udh d gas tinggi malah kyak batuk2 trus malah gk bsa d pke jalan. kiprok udh sy ganti. kendala dimana ya kira2

    BalasHapus
  20. coba cek dlu kondisi selain pengapian nya.
    kalau rpm tinggi batuk2 dicek voltase nya berapa? di atas 15VDC jelas batuk karena overcharge

    BalasHapus
  21. Numpang tanya broo...ane punya motor suzuki spin klo spol pungisian d colok ke kiprok sepeda nx langsung mati n kadang masa nx keliar api...it apa masalah nx broo..tq

    BalasHapus
  22. bisa jadi kiprok nya sudah rusak..
    mending dicek AVO biar pasti

    BalasHapus
  23. Sorry gan ane mau nanya nih, ane punya Nouvo 2007, belakangan ini kok kalo dibuat boncengan mati terus ya, tapi kalo buat sendiri lancar" aja, kira" knp ya ?

    Mohon bantuannya gan. Terima kasih (Y)

    BalasHapus
  24. seperti nya ada kabel yg tertekan sewaktu boncengan.

    BalasHapus
  25. Mas mau tanya motor ninja saya kalo di bwa jln sntai bgus aja pas di bawa ngebut tiba2 mati trus saya tarik2 kabel yg dri mesin itu bru mau hdup lagi msalah nya apa yah....?

    BalasHapus
  26. Gan mau tanya,, saya punya king.. Cdi pakai brt, spull udah di tambah lilitan nya.. Cman waktu koil saya ganti pakai yz125 kok mesin malah terasa berat ya?

    BalasHapus
  27. awalnya berat memang, kalau sudah naik rpm nya ngisi..
    koil kapasitas besar memang gitu

    BalasHapus
  28. Om saya pubya ninja r,tapi aki yg tadinya normal tiba2 mati total,dan strum dari kuil kadang ada kadang ga ada. Bantu solusi dong

    BalasHapus
  29. Misi Om, apa masih bisa nanya., Motor saya Ninja ss2013, untuk di rpm bawah aman, ketika udah di rpm 6000+, mesin langsung mati, nunggu bbrapa menit, di kick stater, idup, tp klo buat jalan rpm bawah/nyantai, gak ada kendala. Itu aki apa coilnya ya broo, mohon bantuannya. Trimakasih

    BalasHapus
  30. kalau koil cuma waktu panas mati.. bukan lihat rpm..
    itu spertinya kurang bahan bakar
    bisa saja kalau udah ganti knalpot, karbu, spuyer, part karbu yg lain atau setelan angin2 ga tepat..

    BalasHapus
  31. Asalamualaiqum gan motor sya satria fu gejala pertama brebed di gas mati dan sekarang mati ga ad pengapian tpi koncinkontak hidup spedo ,. Kira2 apanya ya yg inti nya soallnyabusah di ck pada bagus mhon bntuannny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dari koil atau pulser.. paling enak pinjam punya teman yg motornya sama

      Hapus
  32. Bg saya mw tanyak lampunya hidup tapih motor gk bisa di hidupkan api dari sipul untuk penerangan ada tpih untuk CDI atau Kiprok nya gk ada
    Mohon solusinya bg . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalur lampu dan jalur pengisian aki memang berbeda jalur
      Berarti tiada suplai aki motornya, pengapian mati total..
      Bisa jadi spul atau kabel ada yg rusak

      Hapus
  33. Mohon pencerahan bosku. Ini satria Fu saya tidak mengeluarkan percikan api pada kabel output dari CDI ke kabel busi.padahal CDI koil sama pulser masih bagus dan kabel tersebut setelah di isi aliran listrik ga ad yg putus.. ini masalahnya di mana yah kok ga keluar percikan api di kabel tersebut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungan kabel sudah dicek pakai avo meter?
      Bisa jadi massa/negatif tidak tersambung

      Hapus
  34. Permisi mas minta pencerahanya ,mtor saya satria fu cdi diganti pake rextor,tapi udah panas malah mati ga ada setrumnya,tapi diganti sama cdi orsinil nyala lagi,itu gmna minta pencerahanya,apakah cdi rextornya bakalan kepake lagi atau ngga?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada komponen elektronik dalam CDI yang aus

      Hapus
  35. nanya bang, motor mio smile,, aki bagus, cdi bagus coil bagus, spul oke,, saya mau nanya bang, daerah pulser, , dari koil mercikin api bang, tapi kayak gak normal, apa lagi kalo akinya tekor apinya kadang ada kadang tidak, pertanyaanya gini bang, kira" kalo pulser mati atau rusak, si coil masih bisa mercikan api gak bang,, sapa tau apinya cuman suplai dari aki, soalnya apinya ada, tapi gak normal tadi, motor gak mau hidup bang, kalo spul apinya gede bang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aki tekor? Berarti kiprok dong bermasalah kalau spul normal.. pulser mati itu brebet parah bahkan mogok walau ada percikan api..

      Hapus
  36. mau tanya bang soal yamaha nouvo, kejadian nya motor awal nya nyala dan tiba-tiba mati setelah di cek kabel yg dri spul yg warna putih putus tidak sampai ke soket isi 3 sudah coba di sambung tapi tetep motor tidak mau menyala , apa nya kira kira gan yang kena apakah semua pengapian rusak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kabel putih menuju kiprok untuk pengisian aki yg putus

      Otomatis aki tidak ada pengisian Akibat kiprok tidak mendapatkan suplai dari spul = pengapian, lampu sein, klakson, dsb mati

      Percuma dibelikan aki, hanya sesaat sebulan 2 bulan mati lagi kalau penyebab ga diselesaikan

      Hapus
  37. Kalo motor cs.1...hilang pengapian busi awalnya kehujanan sempat nyalah lalu mati mendadak pas di cek hilang pengapian ..kiranya. CDI atau koil. Atau kiprok sebabnya dari 2bulan yg lalu terus berjalan tanpa adanya aki...Terimakasih. Mohon info ya agar ga banya yg di beli
    .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya pinjam aki.. kalau pakai aki nyala normal, ketika nyala aki dilepas mesin mati, ada indikasi kiprok mati.. dicek antara kiprok dan spul..

      Hapus
  38. Apa solusinya bos motor saya pengapian ilang sedangkan komponen semuanya udah di ganti tapi tetep ga ada api tapi kalo di kasih groun dari groun CDI ke bodi.keluar api tpi tetep ga nyala gimana solusinya bos motor nya Mio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyakit Mio ini.. bukan dari komponen pengapian melainkan kabel negatif aki dan hubungan grounding rangka ke mesin dan kabel negatif aki buruk..

      Jumper aja pakai kabel besar

      Hapus
  39. Mas motor saya satria fu, saat mesin menemph 1-2km(mesin panas) mati/pengapian hilang. Akan tetapi saat mesin dingin nyala lagi begitu seterusnya. Itu kira2 penyebabnya apanya mas??

    BalasHapus