percikan api lemah |
Selanjutnya kita kupas khusus pengapianCDI, baik sumber arusnya searah (…aki/DC) maupun bolak-balik (AC/spul).
Komponenya mulai dr spul atau aki, CDI, KOIL, pulser dan busi. Bila terjadi kerusakan mendeteksinya pakai alat khusus, misalnya pakai multitester, spark plug tester atau ignition tester. Sayangnya tidaksemua bengkel memiliki alat ini, apalagi perorangan yg hobi utak-atik dirumah. Nah, ini sedikit berbagi cara mengetahui ciri-ciri kerusakannya.
KOIL
Fungsi koil menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt, dalemannya berisi kumparan primer dan sekunder. “menurut petunjuk buku manual kerusakan koil terdeteksi lewat besarnya tahanan kumparan. Bila menyimpang dari spesifikasi artinya rusak ”
Lalu, apaciri khas koil sudah wajib ganti.? “pertanda koil rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan beberapa kilometer tiba-tiba api hilang” bila koil bermasalah jarang banget apinya langsung hilang, kebanyakan busi masih memeletikkan api, tapi lompatannya kecil dan berwarna merah dan yg bagus berwarna putih kebiru-biruan. Enggak heran kalau mesin susah hidup.
CDI
Ada dua ciri khas bila capasitor discharge ignition (CDI) wajib ganti “percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet diputaran tinggi”.
Bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor ngak bisa dinyalakan, ada perangkat elektronik dalam CDI yg mati/putus, bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan multitester , tegangan kabel yg mrnuju koil hilang sama sekali.
Berbedabila putaran mesin tersendat diputaran atas, menurut tuner mesin. “koil masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi” jd lompatan apinya terputus-putus, begitu puntiran gas diturunkan mesin normal kembali.
SPUL PENGAPIAN
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak-balik (AC), komponen ini khusus untuk pengapian CDI AC. Funsinya sama seperti aki Cuma bedanya tegangannya searah (DC). Spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum ”makanya bila komponen ini troble mesin mati total” pertanda spul terbakar secara fisik nampak gosong.
Berbeda pada CDI DC yg sumber tegangannya aki, bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan “asal sistem pengisian masih jalan, sebab suolai mesin digantikan oleh kiprok”, perlu diwaspadai bila aki tidak segera diganti sangatberbahayaterhadap CDI. Soalnya output kiprok tidak murni arus searah. Bila dideteksi dengan osciloscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.
PULSER
Gejala pulser problem mirip dengan CDI. “bila belum parah mesin masih menyala tetapi endut-endutan”. Munculnya bisa diputaran bawah juga di rpm atas.
Bila kumparan didalam pulser putus maka tidak keluar tegangan samasekali, sehingga listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dalam CDI terputus, setrum dalam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok.
BUSI
Busi yg mendekati kematian cirinya saat di starter muncul letupan dimoncong knalpot, mesin juga sulit dihidupkan, tetapi bila isolator dalam busi putus maka mesin mati total. Meskipun koil memproduksi tegangan tinggi akan terhambat. Alhasil, elektroda busi tak ada letikan bunga api
@shogun125
BalasHapusaki sudah tidak lagi terisi dengan baik.. juga antara spul dan kiprok bermasalah
tentu kondisi aki sekarang sudah hampir kosong, makanya didobel starter yg butuh arus besar malah motor e mati (CDI nggk kebagian jatah >.<)
Mas motor saya honda cs1 2010 kelistrikan sudah fullwave
BalasHapusAki, kiprok, spul baru 1th lalu ganti
Masalahnya :
1. Ketika mesin panas, posisi lampu nyala mesin jd brebet tp pas lampu dimatiin mesin normal, spedometer jg ikut mati tp lama2 nyala lg spedometernya.
2. Kejadian ke1 td, terjadi sekarang ketika mesin dingin jg..
Pengecekan cuma sampai pengapian doang soalnya bener2 ga ngerti mesin & listrik, api dari kabel mas7h warna biru ada putihnya..
Mohon pencerahannya mas, trimss..
kalau memang fullwave, lampu depan ikut aki ya?
BalasHapusakinya sehat?
kalau tidak sehat, maka arus dr kiprok akan tersedot ke lampu semua..
jadi ketika menyala malah brebet karena CDI tidak menerima asupan listrik yg ckup
Bro mau nanya..motorku supra x 125 yg mana
BalasHapusMtor sering mengalami mati mndadak. Pas d nyalakan d coba tes jalan bisa tiba2 brpa meter bgtu dia mati sndri..kalau d matikan kontak n d nyalakan lagi dia hdup lagi sprti biasa pdhal coil smua udah d ganti ..itu brmslahx d mana bro..mksih sebelumnya
mungkin kabel e putus atau pengisian ke aki (dari spul &kiprok) perlu dicek lg.
BalasHapusMisi mas mau tanya..motor fixion new saya kok.. Masuk gigi 2 kok brebet ya dan tiba tiba mati total..
BalasHapusmotor standar?
BalasHapusbisa minta d yamaha dicek bro, ntar dibaca gejala nya.
ada kemungkinan saluran bensin tersumbat
Mau nanya mas , motor saya beat . Saya punya masalah pengapian motor saya hilang . Pertama saya kirain cdi nya yg rusak tp saya pasang dimotor teman cdi nya bagus trus saya pasang cdi teman dimtor saya motornya langsung normal . Lalu saya kembalikan cdi saya kemotor , motornya kembali normal . Kata teman kiproknya yg bermasalah tp saya masih bingung mas apanya yg rusak . Mohon bantuannya mas ?
BalasHapusseperti nya kabel yg jd mslah.
BalasHapusada yg mau putus.
kiprok ga pengaruh ke pengapian, selama aki kuat melayani cdi.
Misi gan numpang tanyak,, saya punyaa motor scorpio z2009 , Kalo mesin nyaa udah agak dingin truss susah hidupnyaa kira kiraa apnya ya?? Soalnya saya udah ganti aki busi dan servise karbunyaa ,, tolong bantuannya
BalasHapuskalau dirasa karbu masih oke mgkn sudah waktu nya servis blok kop klep.
BalasHapuscek kompresi
Mau tanya mas .spul ninja r saya tmbaganya putus terkena sesuatu😊.itu kalo disolder tembaganya masih bsa gk mas. Normal lg gk kereta saya ntar.thz
BalasHapusdicoba saja.. masih bisa dipake tp tentu ada bedanya hehehe
BalasHapusMisi mas,mau tanya tentang motor nouvo lele saya,kenapa ya kalau di stater nyala,tapi giliran di gas ndut ndut an,terkadang mati, itu apa penyebab nya ya mas,
BalasHapusMakash mas ,saya tunggu jawaban nya
Gan tolong di bantu
BalasHapusMotor saya mau mati bila gas mau pol(putaran atas)Tapi bila gas diturunkan laju normal kembali.karbu,busi normal,pengapian normal,jadi apa kabel dari spul yang ada masalah dan cara memperbaiki nya gimana??tolong infonya
@nouvo
BalasHapusbisa jadi tuh masalah mesin/karbu.
misal karbu skep nya nggk mau mengangkat
@im ron
bisa jadi pasokan bahan bakar di rpm tinggi kurang..
cek busi nya, kalau putih tengah nya brarti emg kurang besar main jet nya atau jarumnya nggk pas
mas numpang nanya....
BalasHapuskalo jupiter z di gass kisaran 40km/j itu tiba" kaya abis bensin trus modar...
kenapa ya mass.. mohon jawabannya.
bisa lebih detail lg kasus nya?
BalasHapusmgkn ditunggu agak dingin menyala lg → koil minta ganti
atau bensin nggk turun → cek kondisi tutup tangki/filter kalau ada
karburator ada membran nya dicek jg
bro, mau nany inih. motor aku spin 125 th 2008. untuk normalny biasa motor sy tanpa aki pun bisa nyala nah sekarang klo aki sy lepas trus sy stater, mesin nyala tp klo udh d gas tinggi malah kyak batuk2 trus malah gk bsa d pke jalan. kiprok udh sy ganti. kendala dimana ya kira2
BalasHapuscoba cek dlu kondisi selain pengapian nya.
BalasHapuskalau rpm tinggi batuk2 dicek voltase nya berapa? di atas 15VDC jelas batuk karena overcharge
Numpang tanya broo...ane punya motor suzuki spin klo spol pungisian d colok ke kiprok sepeda nx langsung mati n kadang masa nx keliar api...it apa masalah nx broo..tq
BalasHapusbisa jadi kiprok nya sudah rusak..
BalasHapusmending dicek AVO biar pasti
Sorry gan ane mau nanya nih, ane punya Nouvo 2007, belakangan ini kok kalo dibuat boncengan mati terus ya, tapi kalo buat sendiri lancar" aja, kira" knp ya ?
BalasHapusMohon bantuannya gan. Terima kasih (Y)
seperti nya ada kabel yg tertekan sewaktu boncengan.
BalasHapusKiproknya sd lemah gan
BalasHapusMas mau tanya motor ninja saya kalo di bwa jln sntai bgus aja pas di bawa ngebut tiba2 mati trus saya tarik2 kabel yg dri mesin itu bru mau hdup lagi msalah nya apa yah....?
BalasHapusGan mau tanya,, saya punya king.. Cdi pakai brt, spull udah di tambah lilitan nya.. Cman waktu koil saya ganti pakai yz125 kok mesin malah terasa berat ya?
BalasHapusawalnya berat memang, kalau sudah naik rpm nya ngisi..
BalasHapuskoil kapasitas besar memang gitu
Om saya pubya ninja r,tapi aki yg tadinya normal tiba2 mati total,dan strum dari kuil kadang ada kadang ga ada. Bantu solusi dong
BalasHapusMisi Om, apa masih bisa nanya., Motor saya Ninja ss2013, untuk di rpm bawah aman, ketika udah di rpm 6000+, mesin langsung mati, nunggu bbrapa menit, di kick stater, idup, tp klo buat jalan rpm bawah/nyantai, gak ada kendala. Itu aki apa coilnya ya broo, mohon bantuannya. Trimakasih
BalasHapuskalau koil cuma waktu panas mati.. bukan lihat rpm..
BalasHapusitu spertinya kurang bahan bakar
bisa saja kalau udah ganti knalpot, karbu, spuyer, part karbu yg lain atau setelan angin2 ga tepat..
Asalamualaiqum gan motor sya satria fu gejala pertama brebed di gas mati dan sekarang mati ga ad pengapian tpi koncinkontak hidup spedo ,. Kira2 apanya ya yg inti nya soallnyabusah di ck pada bagus mhon bntuannny
BalasHapusBisa dari koil atau pulser.. paling enak pinjam punya teman yg motornya sama
HapusBg saya mw tanyak lampunya hidup tapih motor gk bisa di hidupkan api dari sipul untuk penerangan ada tpih untuk CDI atau Kiprok nya gk ada
BalasHapusMohon solusinya bg . . .
Jalur lampu dan jalur pengisian aki memang berbeda jalur
HapusBerarti tiada suplai aki motornya, pengapian mati total..
Bisa jadi spul atau kabel ada yg rusak
Mohon pencerahan bosku. Ini satria Fu saya tidak mengeluarkan percikan api pada kabel output dari CDI ke kabel busi.padahal CDI koil sama pulser masih bagus dan kabel tersebut setelah di isi aliran listrik ga ad yg putus.. ini masalahnya di mana yah kok ga keluar percikan api di kabel tersebut..
BalasHapusHubungan kabel sudah dicek pakai avo meter?
HapusBisa jadi massa/negatif tidak tersambung
Permisi mas minta pencerahanya ,mtor saya satria fu cdi diganti pake rextor,tapi udah panas malah mati ga ada setrumnya,tapi diganti sama cdi orsinil nyala lagi,itu gmna minta pencerahanya,apakah cdi rextornya bakalan kepake lagi atau ngga?makasih
BalasHapusSepertinya ada komponen elektronik dalam CDI yang aus
Hapusnanya bang, motor mio smile,, aki bagus, cdi bagus coil bagus, spul oke,, saya mau nanya bang, daerah pulser, , dari koil mercikin api bang, tapi kayak gak normal, apa lagi kalo akinya tekor apinya kadang ada kadang tidak, pertanyaanya gini bang, kira" kalo pulser mati atau rusak, si coil masih bisa mercikan api gak bang,, sapa tau apinya cuman suplai dari aki, soalnya apinya ada, tapi gak normal tadi, motor gak mau hidup bang, kalo spul apinya gede bang,
BalasHapusAki tekor? Berarti kiprok dong bermasalah kalau spul normal.. pulser mati itu brebet parah bahkan mogok walau ada percikan api..
Hapusmau tanya bang soal yamaha nouvo, kejadian nya motor awal nya nyala dan tiba-tiba mati setelah di cek kabel yg dri spul yg warna putih putus tidak sampai ke soket isi 3 sudah coba di sambung tapi tetep motor tidak mau menyala , apa nya kira kira gan yang kena apakah semua pengapian rusak??
BalasHapusBerarti kabel putih menuju kiprok untuk pengisian aki yg putus
HapusOtomatis aki tidak ada pengisian Akibat kiprok tidak mendapatkan suplai dari spul = pengapian, lampu sein, klakson, dsb mati
Percuma dibelikan aki, hanya sesaat sebulan 2 bulan mati lagi kalau penyebab ga diselesaikan
Kalo motor cs.1...hilang pengapian busi awalnya kehujanan sempat nyalah lalu mati mendadak pas di cek hilang pengapian ..kiranya. CDI atau koil. Atau kiprok sebabnya dari 2bulan yg lalu terus berjalan tanpa adanya aki...Terimakasih. Mohon info ya agar ga banya yg di beli
BalasHapus.
Ya pinjam aki.. kalau pakai aki nyala normal, ketika nyala aki dilepas mesin mati, ada indikasi kiprok mati.. dicek antara kiprok dan spul..
HapusMau tanya bos..
BalasHapusApa solusinya bos motor saya pengapian ilang sedangkan komponen semuanya udah di ganti tapi tetep ga ada api tapi kalo di kasih groun dari groun CDI ke bodi.keluar api tpi tetep ga nyala gimana solusinya bos motor nya Mio
BalasHapusPenyakit Mio ini.. bukan dari komponen pengapian melainkan kabel negatif aki dan hubungan grounding rangka ke mesin dan kabel negatif aki buruk..
HapusJumper aja pakai kabel besar
Mas motor saya satria fu, saat mesin menemph 1-2km(mesin panas) mati/pengapian hilang. Akan tetapi saat mesin dingin nyala lagi begitu seterusnya. Itu kira2 penyebabnya apanya mas??
BalasHapusKoil mati
BalasHapus