Kamis, 31 Mei 2012

Efek dari Jarak Renggang Klep


Setelan Klep Terlalu Rapat dari Standar (in 0,03 out 0,08)
1. Asupan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar menjadi lebih banyak, karena klep rapat sehingga pelatuk yang mendorong klep menjadi lebih jauh dan klep terbuka lebih besar sehingga bensin yang terhisap menjadi lebih banyak. efeknya ya jadi sedikit lebih boros 

2. Ketika motor dinyalakan dalam kondisi dingin, langsam sulit di dapat, jika ketika panas saya setel di 1500 rpm, maka ketika dinyalakan dingin, motor sulit hidup karena langsam berada dibawah 1000 rpm. ketika saya setel rapat langsam ketika panas saya setel sekitar 1800 rpm jadi ketika dingin ada di 1000 rpm.

3. Autochoke mudah aktif. mungkin ini dikarenakan motor menjadi cepat dingin karena banyaknya bensin yang masuk sehingga pembakaran kaya dan tidak kering.

4. Akselerasinya berkurang. putaran bawah terasa berat, ini ane rasain apalagi pas lagi bareng istri, kok rasanya ini motor berat banget tarikannya ya.

5. Suara putaran mesin lebih halus, mungkin karena bensin yang dihisap lebih banyak, jadi ruang bakar tidak terlalu kering


Setelan Klep Terlalu Renggang dari Standar (in 0,10 out 0,20)
1. Dikarenakan jarak pelatuk dengan klep menjadi lebih renggang, maka dorongan pelatuk ke klep menjadi lebih sedikit/kecil sehingga bukaan klep lebih kecil. So, asupan bensin menjadi sedikit yang dihisap ke ruang bakar, tentunya akan menjadi lebih irit toh

2. Mudah langsam. Mungkin ini dikarenakan ruang bakar tidak “dibanjiri” oleh bensin sehingga lebih kering dan motor lebih mudah langsam karena lebih mudah panas dibanding kaya bensin

3. Autochoke jarang hidup, bahkan ketika saya stel terlalu renggang tidak pernah hidup sama sekali. Ini bisa jadi dikarenakan mesin lebih mudah panas karena keringnya ruang bakar.

4. Suara mesin lebih kasar, mungkin karena hisapan bensin yang sedikit jadi ruang bakar menjadi lebih kering sehingga suara mesin terdengar kasar.

5. Akselerasi lebih cepat, putaran bawah enak dan gampang naiknya.

6. Overheat. Motor menjadi lebih cepat panas dan bisa menyebabkan overheat ketika digunakan lama dan terjebak macet. efek dari overhear yang saya rasakan ketika ke depok mengantar Ibu adalah rpm langsung drop sampai 1000 rpm dari yang awalnya 1500 rpm saat langsam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar