Rabu, 30 Mei 2012

Trik Kabel Gas Satria FU Karbu PE28

Trik Kabel Gas Satria FU Karbu PE28 - Masih utak atik dan posting seputar Satria FU, Maklum buat membuaang kebosanan.. Langsung tancap gas.. Kali ini saya mau berbagai cara pasang kabel gas standar untuk karburator PE 28 dengan throttle/pemutar gas standarnya juga. Awal saat mau pakai Karburator PE 28 di Den Bei Satria FU, sempet bingung mau pakai kabel gas apa yah?? Jelas tidak bisa Plug and Play dengan kabel gas untuk Karbu Mikuni BS 26 tapi kalo pakai gas spontan, berarti elektrik starter di pensiunkan. Akhirnya saya cari akal dan putar otak dan.. tarrraaa... PE 28 bisa dipasang dengan kabel gas standar. Gini step-stepnya...


  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan. Kabel gas standar, Tang potong, penggaris, Solder dan Timahnya dan kawat halus (serat kabel).
  2. Kabel gas disini telah terlepas dari throttle (pemutar gas) dan ulir setelan pengatur jarak main gas diposisikan paling pendek/dekat/paling mentok
  3. Setelah alat dan bahan disiapkan langkah selanjutnya memodifikasi timah bandul penarik skep karburator. Bandul kabel gas Satria FU standar tidak cocok digunakan untuk skep Karburator PE 28 karena bandulnya terlalu besar, dan jarak mainnya terlalu pendek. Jadi prinsif modifnya yaitu dengan membuat bandul baru yang ukuran lebih kecil dan mempunyai jarak main kabel sesuai dengan Karbu PE 28. Caranya buang bandul timah standar bagian bawah (penarik skep) dengan menggunakan tang potong tepat pada ujungnya.
  4. Tarik ujung kabel yang dipotong hingga mentok dan ukur dari ujung kabel yang dipotong sepanjang 11-12 cm. kemudian Potong Selang kabel gasnya saja. Ingat jangan sampai Kabelnya ikut terpotong.
  5. Bikin bandul baru yang cocok untuk Karbu PE 28, caranya lilit ujung kabel gas dengan kawat halus. Kemudian perkuat dengan mensoldernya. Pastikan ukurannya bisa masuk ditutup atas karburator. Pasang kembali kabel gas ke throttle gas dan pasang ke karburator. dan atur jarak main gas di ulir pengatur. Dan kabel gas siap digunakan.

Hmm.. lalu bagaimana untuk motor-motor lain yang tetep mau mempertahankan gas standar tetapi pengen mencoba merasakan PE 28? Gampang saja... prinsipnya sama saja... menyesuaikan bandul dan membikin jarak main kabel. Ukurannya sekitar 5-6 cm, dalam keadaan kabel gas terpasang di throttle gas dan posisi mentok. Semoga bermanfaat buat para PE 28 User.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar