Siap Menerima Order Anda

Siap Menerima Order Anda
Jasa modif noken as motor. Domisili di Jember, Jawa Timur.
Home » » Cara Jetting dan Menyetel karburator

Cara Jetting dan Menyetel karburator

Written By Novanda S.T. on Senin, 04 Juni 2012 | 18.01

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Jadi yang mau nambah top speed, ganti main jet. Tinggal beli main jet baru yang ukurannya lebih besar, terus pasang menggantikan yang lama. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.

Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.


Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau terlalu kering, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipakai ngebut. Kecuali dipakai ibu - ibu yang jarang ngebut, bolehlah di-setel irit habis .

Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata (pembakaran hampir sempurna).

Cara penyetelan bukaan udara karburator konvensional:
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi (± 2500 rpm).
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
searah jarum jam → RPM naik
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.

2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup).
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
searah jarum jam → campuran bahan bakar menjadi kaya
tandanya RPM turun dengan cepat
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok, tetapi jangan dikencangkan.

3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
putar berlawanan arah jarum jam hingga RPM tertinggi
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.

Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarum nya menggantung. Biasanya disebabkan setting jarak main kabel gas tidak ada.

Kabel gas dapat diatur untuk jarak main bebas grip gas di setir. Usahakan kira - kira ada 2-10 mm jarak main bebas nya. Kalau tidak ada jarak bebas nya khawatir RPM mesin tidak turun meski putaran sekrup stasioner nya sudah mentok ke kiri. Kalau sampai terjadi rawan kecelakaan nanti nya.

151 komentar:

Konyil mengatakan...

Thanks gan infonya. sangat membantu dan detil bagi saya yang masih pemula.

Novanda S.T. mengatakan...

kalau ada yang bingung komentar aja ya? biar nanti di balas hehe

Obat Keputihan Herbal mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

pututprasetyo mengatakan...

Yang nomer tiga itu belum faham gan ,katanya bukaan udara suruh putar berlawanan jarum jam kok suruh putar searah jarum jam lagi 1/4 putaran sih?

Novanda S.T. mengatakan...

kan sudah dapet setelan yang pas..di kembalikan 1/4 putaran biar campuran lebih pekat sedikit..biar tarikan dapat sama mesin ga cepat panas..

kalo ga ya gpp kok bro..hehe

pututprasetyo mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya gan.

Anonim mengatakan...

gan...
mtor mio ane
saat kcptn 60an , d gas lagi malah turun kcptnnya...
sprti bedenyut, g mw lbh lbh dr kcptn tersbut..
t trjadi sat ane ganti saringan udara racing...
pntup penghisap,n pembuang saluran udarany ane biaran trbuka
kira2.. apa mslh ny t gan
mklumi, msh pmula

Novanda S.T. mengatakan...

ndut2an? udah setel ulang karbu belum?
bisa jadi kurangnya bahan bakar yang masuk..

cek busi dulu, kalo putih kurang banyak setelan bensinnya..atau malah main jet minta gedean..

kalo ndut2an busi hitam brarti kebanyakan bensin yang masuk..

cek busi dulu bro

Hendro Aries mengatakan...

gan yg nomer 3 itu... kan kalo stasionernya udah gk mau naik lagi.kan... di suruh mutar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran... nah yg.q mau tanya.i 1/4 putaran.i berapa.i.. gan soale q gk ngerti 1/4 putaran...

Novanda S.T. mengatakan...

biar gak kering campuran bahan bakarnya..
mesin lebih awet tapi bensin rada boros dkit hehe
kalau mesin da rpm tertinggi busi jd merah bata
kalau dibalikin 1/4 putaran jadi coklat hehe

Anonim mengatakan...

gan mau nanya ni kalo mau setelan basah gimana?mksdny kayak settingan korek harian suara nalpotny pokk pokk pokk gitu gan?

Novanda S.T. mengatakan...

setting basah maksudnya AFR nya lebih kecil lagi..
caranya angin2 karburator dibuat lebih menutup agar bensin yang masuk menjadi lebih banyak..

rifiandika arief mengatakan...

Kalo nyetting karbu itu harus mendengarkan suara apa ada puteran khusus gan buat stel anginnya?
Matic ane kenalpotnya pedes bangeet uda gitu boros
Nah ane udah nyiba setting,stelan angin dari yang ane tutup ga brebet sampe ane buka pun ga brebet
Soak x yak

Novanda S.T. mengatakan...

@rifiandika
maaf untuk matic yang menganut karburator vakum cara menyetelnya terbalik dr karburator konvensional..
coba untuk mio Anda, putar angin2 kekanan mentok trus balik ke kiri 3 putaran bro.. cari di sekitar itu sampe RPM paling tinggi..
kalau mau tau dari suara mesin yang meninggi atau pakai tachometer liat jarumnya sampe putaran tertinggi ga bisa naik lagi..

Eko Y mengatakan...

Gan, shogun 125 saya kok ga pernah pas ya settingan langsamnya. Naik turun & ga bisa stabil, padahal sy sudah setting karburator berkali2, service, ganti busi & kabel busi. Masalah ini baru beberapa bulan lalu aja. Tapi masalahnya tetep ga ketemu. Mohon infonya ya. tks

Novanda S.T. mengatakan...

@Eko Y
udah dicek coasting enricher nya?
ada di bagian dket langsam nya yang bundar ditutup 2 baut.. tutupnya plastik hitam ada pernya d dalam.. hehe
itu kalau dah rusak pasti knalpot meledak2 dan ga langsam sama skali.. lari motor ga enak hehe

Anonim mengatakan...

gan,,nanya,,mx ane ganti knalpot racing,,pj ma mj dah naik satu step tapi knalpot masih nembak,,knapa ya gan

Novanda S.T. mengatakan...

setting angin2 karbunya lg bro.. yg bener hehe
22.5/110 aja dah hehe

roNi za mengatakan...

bro motor jupiterku juga ndut2n, udah service berkali" sama aja, kalau pas posisi gas di turunin kaya mau mati, dan kadang malah mati, itu kenpa ya, apa cuma karbunya aja,atau ada masalah lain?? nuwun

Novanda S.T. mengatakan...

di karbunya ada namanya coasting enricher..
semacam membran karet di dket stelan langsamnya..
cek aja barangkali bocor, sekitar 250rb an tuh.. haha
dimatikan aja fungsinya kalau mepet dana

tri mengatakan...

mohon penjelasan gan,shogun sp knalpot racing ditarik gas nembak dibawa pelan ndut ndutan padahal dah servis trus yang namanya coasting enricher sudah tidak ada

Novanda S.T. mengatakan...

coastin enricher kalau ga ada n ga di tutup pasti ndut2an n ga bisa langsam..
ckck
harus dimatikan atau diganti baru bro..
aplg skrng pkai knalpot freeflow, jd tmbh ga karuan tuh haha

Anonim mengatakan...

saya set bukaan udara 2 1/2 untuk vario techno 110
kondisi karbu standard & filter udara dilepas/diilangain kertasnya aja, posisi masih ada boxnya
hasil karbu kering merah bata
BBM: Premium 1:1 Pertamax/Plus

Novanda S.T. mengatakan...

ya mantep brarti bro..
pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

Novanda S.T. mengatakan...

ya mantep brarti bro..
pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

Rommy mengatakan...

Tks De Novan, blog anda sangat membantu, teruslah menulis karena sangat bermanfaat buat orang seperti saya,btw kenapa ngga baut website nya aja biar ga abnyak di ganggu iklan

Campus cooy mengatakan...

saya sertaka web empu saya biar makin nambah ilmunya cara puter skrup carbu hehe

http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1277-tips-setting-karbu-motor-pasang-kenalpot-racing-harian

Anonim mengatakan...

Mas...saya mw tanya. Kalo settingan karburator Supra X 125 2006/2007 tp knalpotnya bobokan gmana caranya?

Mohon penjelasannya ya :-) hehehe...

Novanda S.T. mengatakan...

tinggal seberapa ngeplong bobok'annya? hehe
coba putar angin2 karbu semakin ke kanan hingga rpm terasa lebih tinggi
jika knalpot timbul ledakan, perbesar pilot jet nya dg membeli ukuran 38 - 40
kalau terasa lambat alias ga cepat akselerasi motor, main jet perbesar
coba beli ukuran 80 - 85

siswanto hadisantoso mengatakan...

mas brow saya mw tanya. kalo setingan karburator smash 110 2004 gmana caranya

Novanda S.T. mengatakan...

untuk motor standar, pilot jet dan main jet menggunakan 15/92.5
angin" karbu kira" sekitar 1 putaran..

siswanto hadisantoso mengatakan...

waduh mas bro yang di maksud mj dan pj menggunakan 15/92.5 angin. itu maksudnya apa tlong di bantu

Novanda S.T. mengatakan...

pj itu pilot jet, alias spuyer yg kecil.. kan ada nomer pada spuyer nya bro,,

mj itu main jet, alias spuyer besar yg terhubung ma jarum skep..
ada nomer nya jg bro..

standar nya smash 15/92.5
dengan angin" sekitar 1-1.5 putaran

Yohan Septian mengatakan...

Untuk agan novan sya mau nanya soal karbu jupiter z yg sudah makai knalpot racing bagusnya pilot jetnya ukurn brp mainjetnya ukurn brp?

Novanda S.T. mengatakan...

pilot jet standar aja..
yang perlu penyesuaian main jet nya..
ya tergantung knalpotnya sendiri sama mesinnya..
full standar pakai knalpot racing freeflow full bisa main jet #115 hehe

aswanto mengatakan...

makasih sob...blog yg sangat bagus..sob maren kan aq coba" seting karbu jupiz burhanku ku ganti busi iridium denso...lha setelah kupake kan enteng banget tuh tarikannya...tp ku setel kering karbunya..n irit lagi..tp ko ky gejala ngelitik ya n setelah ku buka businya yg warnanya ga putih" amat tp napa spt ada kotoran residu aluminium apa mungkin ngelitiknya menghajar piston ya?sebaiknya dibuat brp putaran ya setelan anginnya biar ga ngelitik?makasih sob

Novanda S.T. mengatakan...

sampai stationer mesin tertinggi tanpa mengubah setelan idle skep..
busi bisa merah bata

kira" 1-1,5 putaran

ade rukmana mengatakan...

gan klw tutup karbu yg diatas tempat keluarnya kabel gas ga tertutup rapat apa itu juga bikin ga bisa langsam?... soalnya ane tadi pasang karbu ko gamau langsam rpm tinggi terus di atur2 screw udara sama bukaan skep tetep aja gamau turun... apa itu penyebabnya?... atau pilot jet nya terlalu besar?... saya baru pasang tapi di tutup karbu sebelah atas ada ubahan pas dipasang emang ga rapet... cuma kabel nya aja yg keluar tapi ga dipasang penutup karet nya... mohon bantuan gan... maaf rada bawel... bls ke nomer ane aja gan 08979184105 makasih

Aditya Penyot mengatakan...

Gan kalo dari knalpot standart trus mau ganti knalpot racing itu setelan yg di tambah apaya gan. ?? Klx

Novanda S.T. mengatakan...

main jet nya ganti yg lbh besar.. hehe
setel angin" aja, slesai

haryanto singgih mengatakan...

gan ane mau nanya nih,kan ane punyajupiz bore up+pake karbu RXking utk ukuran MJ,PJ,posisi klip needle jet,stelan angin"nya brp bro?

trus pas bukaan gas 3/4 kok akselerasi jadi lemah ya?
pas bukaan gas 3/4 jadi kayak kebasahan gitu campurannya?
apa ane tinggal naekin klip needle jet kedua dari atas?

makasih gan,mohon infonya ya!

Novanda S.T. mengatakan...

karbu rx king di jupiter z bore up 130 cc cocok pakai spuyer karbu rx s..
17.5/130 dg klip jarum d atas..

pkok busi berwarna coklat bro hehe
atasnya lemah krn main jet krg besar

haryanto singgih mengatakan...

tapi gan jupiz punya ane CCnya 150
pake MJ 150 PJ 22.5 trus jarum skepnya agak tebel,
apa MJnya kurang gede?
atau skepnya aja yg d ganti?

thanks gan infonya!

Novanda S.T. mengatakan...

pake piston apa bro? kok bore up 150 cc?
std king 22.5/150
jelas kebesaran klau blm di ganti..
cek busi, kalau hitam brarti terlalu besar..

klip jarum taruh d paling atas, pj mj coba 17.5 dan 130 deh

haryanto singgih mengatakan...

ane pake piston sonic gan over size 300,
nanti ane coba gan MJ PJnya,

gan klo mau bore up 130CC pake piston apa gan?

makasih gan infonya!

Novanda S.T. mengatakan...

itu motor pakai piston sonic os 300 jd 158 cc bro..
coba deh klip jarum taruh pas di tengah"..
pj tetap standar 22.5 dan main jet dan klip jarum yg diubah"..
ingat angin" karbu setting lg..
cari sampai busi berwarna coklat/merah bata..
hhehe

perkiraan sih spuyer std sudah pas, hehe

Mulyadi mengatakan...

Mohon bantuannya Bro..jupi burhan ane bore up piston sonic os 0+karbu ori+knalpot standar.
1. Berapa PJ/MJ yg pas agar tarikan mtr enteng n top speed optimal?
2. Msh amankah bila pakai knalpot stndar?

Novanda S.T. mengatakan...

1. kapasitas mesin 143 cc sudah ga bisa pakai karbu standar.. silahkan reamer hingga 23 mm atau ganti karbu rx king (26 mm). kalau mengandalkan karbu standar ga bakal enteng tarikan dan top speed ga bisa optimal..
2. knalpot standar dibobok sarangannya udah aman kok

Mulyadi mengatakan...

Trus kalau sdh di reamer brp ukuran pj & mj-nya bro? Atau kalau pakai karbu shogun 125 yg kw brp ukuran pj & mj-nya? Matur suwun ya bro atas bantuannya..

Novanda S.T. mengatakan...

karbu standar 17 mm, shogun 125 cm 18 mm,
kurang mencukupi sbenarnya..
beli karbu king kw aja nanti sekitar pj #17.5 dan mj #130

Paul T. mengatakan...

Saya pake PWL 26 d honda blade std..tp koq selalu ngok ato ngempos...apa karbu terlalu besar yach?....

Novanda S.T. mengatakan...

karbu ninja ya bro? seharusnya kebesaran spuyer..
cek warna elektroda busi, lepas dlu busi nya..
kalau hitam cb setting pj/mj karbu hehe

Dansnea Nea mengatakan...

gan saya mau tany shogun r puny ku saringan aku copot mj dan pj udah aku gnti diatasny standr bila jarum skep aku taruh ditengah bsa langsam tpi kalau ditarikkin brebet bila aku truni skepny kebwah 1 tahap tidak bsa langsam tpi buat tarikan enak gmana gan solusiny

Novanda S.T. mengatakan...

pj mj standar dlu aja..
jarum skep taruh tengah..
coba keadaan standar dlu, kalau kurang main jet aja yg diganti, pj tetap
coba mainjet ukuran 105 jupiter z, kan shogun 97.5

Novanda S.T. mengatakan...

pj mj standar dlu aja..
jarum skep taruh tengah..
coba keadaan standar dlu, kalau kurang main jet aja yg diganti, pj tetap
coba mainjet ukuran 105 jupiter z, kan shogun 97.5

aditya eka mengatakan...

misi gan mau tanya, motor ane supra x 125 2009 udah ganti piston kaze os 200 + noken as pakai kawahara k1.karburator standar filter saringan udara udah dicopot, tapi box tetep dipasang.kira-kira jetting yang pas gmna ya gan?soalnya motor ane terasa ndut2an di rpm atas.
mkasih pencerahannya :)

Novanda S.T. mengatakan...

ya begitulah efek lepas filter, asupan bahan bakar sangat kurang hehe

naikkan main jet nya, standar kan #75.. beli lagi yg variasi ukuran #85.. kalau terlalu basah beli yg lbh kecil, kalau masih kering beli yg lebih besar.. cek elektroda busi nya..

hitam → spuyer kebesaran
putih → spuyer kekecilan

tp tiap ganti spuyer jngan lupa setel dlu angin" karbu nya

Anonim mengatakan...

mau nanya nih gan, kalo satria fu mau pake karbu PE 26, ukuran PJ/MJ nya pake ukuran berapa ya yg pas.
tp mau tetep mau pakai filter udara standart gan. mesin juga masih std gan. mkasih sbelumnya

Novanda S.T. mengatakan...

ga ada di pasaran pe 26..
adanya karbu ninja pwl 26 bro hehe
kira" sih pj mj nya pakai 38/130
coba setel sendiri aja hehe

marten hendrik mengatakan...

Mas mohon bantuannya.
Saya baru ganti karbu yang biasanya vacuum. Motornya satria f. Pas di gas skitar RPM 7000 ke atas kadang mbrebet kadang lancar. dan juga minumnya sekarang neh motor dah boros banget. Apa perlu di setting lagi?atau penggantian Main jetnya?trima kasih

Novanda S.T. mengatakan...

ganti karbu apa ni? pertanda spuyer kebesaran..

Wahyu Atmaja mengatakan...

Gan mau nanya, motor saya vega r, knapa kecepatan motornya ga bisa lebih dari 60km, mohon bantuannya ...

Novanda S.T. mengatakan...

gejala nya apa?
apakah mesin ga bs teriak atau malah mesin teriak ga mau jalan?
atau motor brebet?

ubahan motor apa aja?

sofyan poseidon mengatakan...

Gan motor ane jupiter mx th 2007,udah ganti boring vxion sama sehernya,cdi brt,karbu pwl 26 ninja ori tapi kadang masih kerasa ngok waktu di gas padahal mainjet udah ganti yang 120 pilot jetnya masih ori,,, udah beberapa kali seting karbu tapi masih juga ngok lagi ngok lagi....makasih,,,,

Novanda S.T. mengatakan...

langsamnya brebet nggk?
berarti main jet krg gede..
kalau nggk setelan jarumnya dipindah..

Anonim mengatakan...

Bang,,mx ane rpm nya susah turun,,,ada hubungannya gk sama posting nmr 4,,,soalnya bagian skrup stasionernya pernah ane puter2,,,,,atau ada sebab lain yg bikin rpm susah turun,,,,terutama du gigi2 rendah,,,mohon pencerahannya,,,,

leonardo resta mengatakan...

bro motor ane pas digas pul..ditengah" dia ngempos..trus udah pul malah brebet..kenapa ya bro makasih

Novanda S.T. mengatakan...

klip jarum karbu udah bner?
itu pertanda kurang pengapian atau jg keborosan setting karbu..

Novanda S.T. mengatakan...

kalau rpm stationer rendah nggk?
kalau rendah ya berarti ada kebocoran di intake manifold..

apta nirbaya mengatakan...

air screw putar kanan brarti campuran makin kaya ,ke kiri campuran makin miskin ya mas?supra x 125 punyaku tak naikin MJ nya dari 75 ke 88 gak masalah ya,karena kalo siang panas tarikannya kempos,itu aku pake kit nya absolut revo yang mj nya 88,tanya dong..kenapa ya selain supra x 125, revo blade dan helm in supra x hj nya lebih gede di banding supra x secara supra x lebih besar cc nya di banding revo ,blade ,thanks ya terus berbagi ilmu mas bro..smoga jadi amal sholeh

Novanda S.T. mengatakan...

beda gede jarum nya bro.. yg ngatur lubang jg jarum skep..
kalau jarum skep hsx125 kecil.. jd semburan bensin lbh banyak
kalau jarum revo gede..

apta nirbaya mengatakan...

trus sarannya gimana bro?abis tak gedein mj nya askselerasinya ringan,tapi agak boros,apa di balikin lagi standar ya??...eh punya tips tutorial kohar honda grand legenda?di share dong thanks yaa

Novanda S.T. mengatakan...

terserah.. lha wong standar nya sudah enak bro hehe
korek motor d blog sya satu nya bro.. banyak

Blognya Hendy Seftiawan mengatakan...

bro mau tanya nih , Jupiter Mx 2010 cocok nya ukuran pj mj nya berapa dan posisi klip nya bagaimana ?

keadaan mesin ,karbu , knalpot standar hanya leher knalpot nya yang diperbesar ,

karburator sudah tanpa box dan filter udara

, Cuma Cdi ganti pakai BRT dan Busi Platinum

mohon saran nya bro

Novanda S.T. mengatakan...

tetap standar aja bro..
kalau berkenan ya mj aja beli yg lbh besar.. std 105 kan, coba 110 atau 115..

Anonim mengatakan...

oke bro terimakasih atas informasi nya

Anonim mengatakan...

gan kalo nyetel stasionernya tinggi gimana?

Novanda S.T. mengatakan...

efeknya ya ibaratkan motor digas dkit walau ga dibuat jalan.. bensin lbh rakus, mesin cepat panas
disetel sekitar 1200 rpm bro biar ga mati dan jg ga terlalu tinggi

Zie Ri mengatakan...

Wah Masnya banyak nih ilmu dan pengalamannya.
Mau ikutan nanya nih mas, motor ane absolute revo 110cc.
Agak banyak nih nanyanya hehe.
1. Bisa gak busi iridium di motor saya jadi merah bata?Soalnya saya tanya setiap teknisi kalo mau servis selalu jawab gak bisa.
2. Seting Needle Clip Position itu dibagian mana ya di karbu revo?
3. Ada bengkel gak Mas biar tak bawa aja motornya langsung hehe...

Terimakasih Mas sebelumnya buat jawabannya dan maklum aja masih pemula hehe...

Novanda S.T. mengatakan...

1. gak bisa cz suhu mesin gak tinggi, beda ma motor balap yg kompresi tinggi dan bersuhu tinggi
2. itu klip di jarum skep, bongkar skep nya, keluarkan jarumnya
3. rmh saya di Jember bro, haha

Anonim mengatakan...

Tes

Cecep mengatakan...

Gan mau tanya, saya pake karbu PWL KL 26. Buat Vespa. Mj & PJ nya masih bawaan, kalau di gas agak loding dulu. Busi warnanya coklat. Kira2 seting nya harus gimana biar gak loding.?

Novanda S.T. mengatakan...

sepertinya main jet kurang besar.. hehe

Romi Wicaksono mengatakan...

Misi Mas Bro, mau nanya nih motor ane vega r new dan sudah ganti karburator dengan shogun sp 125 dan rubah leher kenalpot standar dengan yang lebih besar sedikit, PJ / MJ pakai standar bawaan vega r 17.5 / 115 nya tapi dirasa masih kurang optimal kecepatan. minta pencerahannya kira-kira pj / mj nya sudah tepat atau kuran pas untuk mendapatan speed yang optimal??? hehe

Novanda S.T. mengatakan...

karbu shogun 125 pj mj bawaannya adalah 15 dan 97.5
kalau pakai bawaan vega r new jadi 17.5 dan 105 bro..
dan kalau pakai mj 115 jelas terlalu besar bro, shg motor malah tidak lari..

mending spuyer bawaan karbu shogun aja 15 97.5 nya..
itu sudah enak buat vega..

lubang porting diperbesar sedikit agar nafas lbh panjang

imam mengatakan...

kalo vega r (103cc) saya mau saya tukar karbu dengan karbu rx king,nah itu ngaruh ga ke akselerasi?terus kalo sudah ditukar karbu ada yg harus ditukar lagi ga biar maksimal?apa karbu saja sudah cukup mksih

Novanda S.T. mengatakan...

jelas terlalu besar untuk vega std pakai karbu king..
pemasangan dapat menggunakan manifold mio, spuyer bawaan rxs, tp tetap saja terlalu basah..

akselerasi pasti lebih kuat, akibat venturi yg lebih besar.. namun akan boros akibat krg maksimal..

cecep mengatakan...

Gan jupiter mx cw saya mesin standar, knalpot udah pake yang kaya di sirkuit, karbu udah diganti punyanya rx king/26mm, biar motor gak mati di saat ditarik spontan gasnya itu gimnana, trus badan karbu biar gak dingin saat mesin hidup/jalan itu gimna dan saat putaran tinggi mesin gak mau di poollin gasnya itu gimna ya?
Maap nih nanyanya banyak. :D pemula gan
Makasih

Novanda S.T. mengatakan...

itu karena setting spuyer ga tepat..
pilot jet dan main jet terlalu besar itu..

cecep mengatakan...

Biasanya pekenya punya apa gan yang di bawah karbu rx king?

Novanda S.T. mengatakan...

punya rx s,, coba aja ntar krg apa atau gmn lagi
hehe

cecep mengatakan...

Ok gan atas sarannya
Makasih

Sariaman Siringo Ringo mengatakan...

Gan, motor gua shoter F1 suzuki, ketika motornya hidup, gak bisa di gas,, gmna solusinya ?

Novanda S.T. mengatakan...

untuk solusi saya blm mengerti betul..
tp itu tanda kurangnya pasokan bahan bakar, ibarat karburator perlu di choke terlebih dahulu..

Anonim mengatakan...

Numpang tanya ya, itu maksudnya 1 putaran itu 360 derajad atau cuma 180 derajad? soalnya ada yang bilang maksudnya 1 putaran itu 180 derajad. Makasih sebelumnya.

Novanda S.T. mengatakan...

yang namanya 1 putaran secara matematika 360º bro..
orang hebat tuh yg nemuin 1 putaran 180º
:D

Riadi Akbar mengatakan...

mau tanya master, kawasaki athlete karbu pb 18, setel angin ke kanan tuh nutup kan? artinya nutup udara bukan? shingga bensin yg bnyak tersedot saat langkah hisap, dan artinya lbih kaya.. (nambah bensin) atau kebalikannya ke kanan itu nutup bensin? mohon pencerahannya..

Novanda S.T. mengatakan...

semakin ke kanan semakin nutup ke dlm.. berarti angin ditutup = bensin doang yg masuk.. kaya bensin..

kalau ke kiri semakin terbuka hingga baut lepas = angin terbuka → bensin dicampur udara yg banyak dan miskin

Eko Wahyu Hannibal Pricahyo mengatakan...

mau tanya nih. vario 110 karbu masih std. baru ganti knalpot racing tsuk**i. namun tarikan terasa ngempos di jalan datar dan tanjakan. kira2 kenapa ya mas? apa yang perlu di sesuaikan biar seimbang baik akselerasi dan topspeednya? terima kasih mas...

Novanda S.T. mengatakan...

main jet nya krg besar.. beli 108 atau 110

Semar Inside mengatakan...

Sebelumnya maaf kalau saya pengen curhat sedikit....
Saya mau nanya buat para master roda 2 yang terhormat,
Saya beli karburator PWL 28 ori punya ninja yang skepnya di lapis teflon (beli di dealer resmi kawasaki) Harga Rp. 1.200.000 yang saya pake buat Honda mega pro tahun 2005 tapi sudah jadi 200cc CDI racing dan Koil Racing (Merk BRT) dan busi masih standard, awal dipake karbunya tidak ada masalah tetapi setelah dipakai 1 bulan timbul masalah yaitu saat malam atau cuaca dingin gas lambat turun dan terkadang RPM naik dengan sendirinya (masalah ini cuman muncul saat malam atau siang hari saat cuaca dingin karena hujan tetapi kalau cuaca panas tidak ada masalah walau gas di betot full untuk kenceng2 an) kemudian saat malam saya stel karbu menjadi basah masalah akan hilang hanya saja stelan basah tidak nyaman buat berkendara karena suara yang nembak2 dan naik motor serasa naik kuda terus menurut saya itu bukan solusi kalau harus stel kering untuk siang dan stel basah untuk malam.
Saya sudah cek skep tidak ada masalah masih mulus tanpa beret.. coba gonta ganti manipol punya tiger sama scorpio tapi tetep aja penyakitnya gk hilang, gonta ganti pilot jet main jet dari mulai yang kecil sampe besar juga penyakitnya belum hilang, saya lubangi skep dan nambah per juga penyakit masih ada, menutup lubang choke juga penyakit masih belum sembuh.
Kemudian saya juga sempet terfikir namun belum saya aplikasikan yaitu menarik kawat dari mesin yang tujuan saya mengalirkan panas dari mesin ke karbu (karena saat malam karbu terasa dingin dan terkadang sampai berembun)

Saya mohon bantuan dari para master kalau saja ada yang pernah mengalami masalah seperti saya dan tolong berbagi informasi...
sementara karbu tidak saya pake karena belum ketemu cara memperbaikinya...
maaf kalau tulisan saya terlalu panjang

Novanda S.T. mengatakan...

mikuni VM28 kalau Ninja RR
keihin PWL 26 kalau Ninja R

bawaan yg skep teflon memang begitu, ketika hujan macet..
sering dibersihkan pakai kain kering atau tisu tanpa dilumasi skep ataupun dinding skep nya..
http://motor.otomotifnet.com/read/2012/11/23/336354/235/27/Cara-Atasi-Skep-Karburator-Kawasaki-Ninja-150RR-Nyangkut

kalau berembun itu mah pasti terlalu basah setelannya, oh ya noken as standar nggk?

Anonim mengatakan...

Gan,mau tanya setelan angin karbu mikuni vm 28 ninja rr berapa putaran ya biar pas?? PJ:27.5 MJ:270 knalpot sudah racing,, masih pakai filter ferrox. Mohon pencerahan nya gan y?? Thanks.

Novanda S.T. mengatakan...

untuk putaran angin" sendiri kalau nggk nyetel langsung susah.. =D
caranya stationer di besarkan dlu
angin" diputar kanan mentok trus balik kiri hingga rpm tertinggi.
apabila rpm tinggi saat angin" ke kanan mentok, brarti PJ kurang gede
kalau balik kiri jauh baru rpm naik brarti PJ kebesaran.

tapi biasa nya Ninja RR ganti knalpot racing pj standar bisa kok, main jet yg di setel dlu hehe

PANGKAS RAMBUT BISMILLAH mengatakan...

ijin copy paste. terima kasih

ibnu mengatakan...

bro caranya supaya suara motor brebet gimana ?

Novanda S.T. mengatakan...

kalau mau brebet bisa naikkan pilot jet 1 step..

Mulky Setyadi mengatakan...

Mau tanya bro, saya pake pwl 26 di jupie mx,. Pertama pasang wkt gas dipelintir koq malah turun ya rpm nya & ada "tembakan" jg di knalpot. utak atik spuyer & jarum skep sama saja. Terakhir bs normal karena lubang di mangkuk karbu yg ke choke saya tutup. Jadi skrg klo choke ditarik cuma angin saja yg masuk. Kira2 knapa ya..

Novanda S.T. mengatakan...

karbu ne rusak opo piye?
haha
masih standar karbu nya?
tentu setting spuyer nya butuh kesabaran cz kombinasi kan spuyer memang harus peka

aditya rohmawan mengatakan...

Kak, kalo stelan kaburasi buat jupiter mx yg cocok, juga biar lebih irit gmna kak..?
minta solusinya y kak...

Novanda S.T. mengatakan...

irit nggk nya ga cuma karburator bro. hehe
pastikan kondisi motor sehat,
kalau dr karburator sendiri kondisi bersih
pj 20 mj 103.8 atau 105
angin2 kira" 2 putaran

aditya rohmawan mengatakan...

Hla kalo caranya bikin biar mx saya itu irit trus peforma lari tidak turun, tanpa ganti karburassi gmna mas bro...?

Hudiy Tryaton mengatakan...

Gan mohon info ukuran diameter botol skep+cut away-nya karbu VM28 sama PE28 brp ya?
Terima kasih sebelumnya...

Novanda S.T. mengatakan...

diameter skep tentu sama 28 mm.
kode 28 yg dimaksud adalah diameter skep itu.
tinggi venturi belum tentu segitu hehe
untuk cutaway skep maaf saya tidak hafal.

Anonim mengatakan...

mksudnya niddle clip itu apakah jarum skep gan ??? trus klo iya gmna cara nyetel supaya posisinya ada di tgh2 (nomor 3)

Novanda S.T. mengatakan...

needle clip itu kancingan jarum skep broh.
cara pasang nya tinggal tekan aja ke jarum nya di posisi coakan tengah
lepas nya cabut pakai tang atau tekan aja jarum skep d lantai.

Anonim mengatakan...

posisi clip itu sndiri pengaruhnya sbenernya untuk pa ya gan :o
sy jg msih dlm thp blajar otak atik krbu :D. skrang ini sya pke pwk sudco di ninin

biasanya konsumsi bbm nya pke karbu ini brapa ya.. apa suhu ada reviewnya..kyaknya sih emng lbh bros dibandingkan krbu bawaan..tp sesuai lah sama tenaganya. thanks suhuu penejlasannya
.. :D

Novanda S.T. mengatakan...

posisi klip itu berpengaruh terhadap setting mesin juga
kan fungsi jarum nya sendiri adalah menutup/membuka saluran bensin main jet.
apabila klip ada di plg atas, tentu setting menjadi kering karena jarum semakin ke bawah (semakin menutup saluran bensin)
yg lebih terasa adalah di posisi saat kemiringan jarum skep berada dimana.
biasa nya ciri" setting klip ga as itu bukaan gas setengah ngempos atau brebet

awal imc mengatakan...

Kalau Mio Sporty biar kencang apanya yang di putar, di putar kmana, dan lokasinya di mana mas? Mohon tipsnya.

Novanda S.T. mengatakan...

kalau mau kencang nggk bukan hanya dari karburator bro hehe
kalau putar apanya itu angin2?
letaknya dr motor sblh kiri, di luar bodi karbu dket manifold.
diputar sesuai permintaan mesin, sampe rpm mesin plg tinggi dan stationer
hehe

daraz mengatakan...

Maaf gan saya mau tanya motor saya blade saya bobok knalpotny untuk seting mj\pj nya ukuran brp ya terus jarum skep perlu baik ga kira2 soalnya warna busi agak keputihan kering.makasih gan

Novanda S.T. mengatakan...

pj dan mj standar blade 35/80
coba pj 38 dan mj 85 dengan setting angin" kembali

Melki Sedek mengatakan...

mau tanya gan, saya baru ganti knalpot racing...untuk setting karbu yg ideal bagaimana ya gan.? motor saya honda absolute revo...makasih gan

Novanda S.T. mengatakan...

ckup naik pilot jet dan main jet 1 step lebih besar saja.
motor standar ckup kok

Melki Sedek mengatakan...

kalau pakai PJ dan MJ supra cocok ga gan.? trus apakah perlu setel angin lagi.? trims...maklum masih pemula gan...hehehe...thanks buat jawabannya

Novanda S.T. mengatakan...

absolute revo spuyer standar nya 35/88
nyari PJ 38 bisa ambil punya supra x 100
nyari MJ 90 beli variasi/racing punya supra (standar supra 72, 75)

Agustri Handono, A.Md mengatakan...

Maaf gan,mau tanya,bsakah agan kirimkan sistem pengapian vega zr,ke email agustri_ 81@yahoo.co.id,maaf kalau di luar diskusi karbur,masalahya saya kesulitan alur kabel kabelya....uda pada di ganti mau rakit ulang,,kbel bdy ga ada...thaks

''

Novanda S.T. mengatakan...

santai aja bro hehehe
yg km maksud ini bngung merangkai komponen apa?
kabel vega zr simpel kok
nggk punya skema nya aku hehe

Syafriadi 1234 mengatakan...

Gan master yg terhormat, mohon pencerahan...
Motor ane kharisma, naik stroke 2mm, OS100, karbu PWL26, sering mbrebet, padahal sdh stel jarum skep....masih ngeyel mbrebetnya, mj pj masih bawaannya...

Novanda S.T. mengatakan...

jelas spuyer nya terlalu besar.. beli ukuran yg lebih kecil..
coba beli ukuran 40 dan 125

Anonim mengatakan...

Gan...mohon bantuannya...
motor saya spacy, baru ganti karbu pe24 scarlet, tapi setelah dipasang knalpotnya jadi berasap dan bau bensin...gimana gan cara mengatasinya...sudah setting karbu kebengkel belum hilang juga asapnya...apa gan yang slah..sya ngak paham soalnya gan...

Dominic mengatakan...

Bos mau tanya ukuran PJ sama MJ karbu PE28 yang cocok buat KLX 150 standard gak ada pergantian apapun kecuali knalpot bobokan
Tolong saranya ya bos

Novanda S.T. mengatakan...

setelannya terlalu basah masih. setting nya kurang tepat

Novanda S.T. mengatakan...

@dominic
38 120

Anonim mengatakan...

Mksih gan atas jawabannya untuk motor spacy td...
jadi ukuran PJ sama MJ nya yang tepat kira2 brp gan...yang lain msih standar...

Novanda S.T. mengatakan...

wah kalau ukurannya kurang tahu bro..
soalnya karbu jarang pe24 itu :D
pasti nya kecil sekali minta nya..
bisa jadi antara 42-100 atau 40-100
spuyer bawaan angka nya brapa?

Anonim mengatakan...

Oo...gitu ya gan...
saya ngak tau gan bawaan nya berapa...mau tanya yg jual dlu gan.hehe...

Anonim mengatakan...

Gan..maaf ggu, saya yg tnya ttg krbu pe 24 mtr spacy kmrn...
ngak dijwb lgi gan sama yg jual krbu brp ukrn pj & mj nya...sya ngk tau gan, gk brni bongkar.hehe...
jdi...klau ditarik ksimpulan gmna ya gan...apa pj & mj nya kekecilan / kebesaran klau mnrt prkiraan agan...

Novanda S.T. mengatakan...

kebesaran bro, dan lg ingetku spuyer pe24 itu beda bentuk dan susah nyari nya :D

Anonim mengatakan...

Oo...susah ya gan nyari nya..gimana jd solusinya ya gan...apa ganti knalpot standar racing aja ya gan..hehe

Novanda S.T. mengatakan...

ndak menyelesaikan mslah ntar :D
disumpel serabut aja pilot jet nya..

Anonim mengatakan...

Saya ngak berani gan, tkut serabut nya ptus, trus msuk ke mesin nanti.hehe...
Btw mksih ya gan atas jwbannya...

Anonim mengatakan...

Gan..maaf ggu lgi, saya yg tnya ttg krbu pe 24 mtr spacy kmrn...
setelah saya bongkar karbu pe24 nya ternyata pj mj nya 35-110 gan...jd brp gan ukurn pj mj yg tepat klau mnrut agan...

Novanda S.T. mengatakan...

cari jarum nya yg gendut aja..
susah juga nyari main jet kecil..

Anonim mengatakan...

Oo...gitu ya gan...berarti pj mj nya ngak usah di ubah...jarum nya aja ya gan yg di ubah...

agung hadiyono mengatakan...

mas mau nanya. Motor saya jupiter z burhan tahun 2009, motor saya kalau di jalan larinya tidak bisa cepat dan bengsinya boros? Gimana tusolusinya? Apakah setelan karburator nya atau bagaimana?

Novanda S.T. mengatakan...

mohon servis besar, meliputi
1. cek filter
2. cek karburator
3. cek kebersihan porting, ruang bakar, & klep
4. cek kompresi dari ring piston, kerapatan klep
5. kualitas pembakaran

kalau sudah servis masih nggk lari, motor mu standar apa nggk? hehe

danny bahar mengatakan...

Gan motor ane vario 110 , knalpotnya bobokan, pake karbu pe 24 pj 35 mj 90 putaran bawahnya enak tapi pas tengah ke atas kaya ketahan gtu , ada solusi gan ?

Novanda S.T. mengatakan...

cek warna pembakaran busi nya,, kalau putih tentu saja main jet terlalu kecil

Anonim mengatakan...

gan, mau tanya nih.

ane punya motor new supra fit.
masalahnya ketika dipake nanjak motor kerasa gak ada tenaga walau digigi 1 tanpa boncengan.
nah kalo tuh jarum skepnya diturunin apa ngaruh ya ke akselerasi waktu ditanjakan walau tanpa jetting pilot jet?

maklum dulu pake shogun 125 hajar gigi 1 gasspol pake rpm tinggi bisa tega. tapi kalo pake supra fit ane kurang tega coz rasio gigi 1 nya pendek sekali. hehehe..... trimakasih :D

Novanda S.T. mengatakan...

itu memang dari karakter noken as nya (karakter bawaan mesin motor e)
shogun kuat rpm tinggi
supra rpm rendah

jelasnya jarum skep diturunkan jd berat bro..
seperti di cekik bensin nya..
susah nafas haha

Custom Search