Senin, 04 Juni 2012

Cara Jetting dan Menyetel karburator

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Jadi yang mau nambah top speed, ganti main jet. Tinggal beli main jet baru yang ukurannya lebih besar, terus pasang menggantikan yang lama. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.

Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.


Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau terlalu kering, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipakai ngebut. Kecuali dipakai ibu - ibu yang jarang ngebut, bolehlah di-setel irit habis .

Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata (pembakaran hampir sempurna).

Cara penyetelan bukaan udara karburator konvensional:
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi (± 2500 rpm).
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
searah jarum jam → RPM naik
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.

2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup).
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
searah jarum jam → campuran bahan bakar menjadi kaya
tandanya RPM turun dengan cepat
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok, tetapi jangan dikencangkan.

3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
putar berlawanan arah jarum jam hingga RPM tertinggi
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.

Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarum nya menggantung. Biasanya disebabkan setting jarak main kabel gas tidak ada.

Kabel gas dapat diatur untuk jarak main bebas grip gas di setir. Usahakan kira - kira ada 2-10 mm jarak main bebas nya. Kalau tidak ada jarak bebas nya khawatir RPM mesin tidak turun meski putaran sekrup stasioner nya sudah mentok ke kiri. Kalau sampai terjadi rawan kecelakaan nanti nya.

37 komentar:

Konyil mengatakan...

Thanks gan infonya. sangat membantu dan detil bagi saya yang masih pemula.

Novanda S.T. mengatakan...

kalau ada yang bingung komentar aja ya? biar nanti di balas hehe

Obat Keputihan Herbal mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

pututprasetyo mengatakan...

Yang nomer tiga itu belum faham gan ,katanya bukaan udara suruh putar berlawanan jarum jam kok suruh putar searah jarum jam lagi 1/4 putaran sih?

Novanda S.T. mengatakan...

kan sudah dapet setelan yang pas..di kembalikan 1/4 putaran biar campuran lebih pekat sedikit..biar tarikan dapat sama mesin ga cepat panas..

kalo ga ya gpp kok bro..hehe

pututprasetyo mengatakan...

terima kasih atas penjelasannya gan.

Anonim mengatakan...

gan...
mtor mio ane
saat kcptn 60an , d gas lagi malah turun kcptnnya...
sprti bedenyut, g mw lbh lbh dr kcptn tersbut..
t trjadi sat ane ganti saringan udara racing...
pntup penghisap,n pembuang saluran udarany ane biaran trbuka
kira2.. apa mslh ny t gan
mklumi, msh pmula

Novanda S.T. mengatakan...

ndut2an? udah setel ulang karbu belum?
bisa jadi kurangnya bahan bakar yang masuk..

cek busi dulu, kalo putih kurang banyak setelan bensinnya..atau malah main jet minta gedean..

kalo ndut2an busi hitam brarti kebanyakan bensin yang masuk..

cek busi dulu bro

Hendro Aries mengatakan...

gan yg nomer 3 itu... kan kalo stasionernya udah gk mau naik lagi.kan... di suruh mutar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran... nah yg.q mau tanya.i 1/4 putaran.i berapa.i.. gan soale q gk ngerti 1/4 putaran...

Novanda S.T. mengatakan...

biar gak kering campuran bahan bakarnya..
mesin lebih awet tapi bensin rada boros dkit hehe
kalau mesin da rpm tertinggi busi jd merah bata
kalau dibalikin 1/4 putaran jadi coklat hehe

Anonim mengatakan...

gan mau nanya ni kalo mau setelan basah gimana?mksdny kayak settingan korek harian suara nalpotny pokk pokk pokk gitu gan?

Novanda S.T. mengatakan...

setting basah maksudnya AFR nya lebih kecil lagi..
caranya angin2 karburator dibuat lebih menutup agar bensin yang masuk menjadi lebih banyak..

rifiandika arief mengatakan...

Kalo nyetting karbu itu harus mendengarkan suara apa ada puteran khusus gan buat stel anginnya?
Matic ane kenalpotnya pedes bangeet uda gitu boros
Nah ane udah nyiba setting,stelan angin dari yang ane tutup ga brebet sampe ane buka pun ga brebet
Soak x yak

Novanda S.T. mengatakan...

@rifiandika
maaf untuk matic yang menganut karburator vakum cara menyetelnya terbalik dr karburator konvensional..
coba untuk mio Anda, putar angin2 kekanan mentok trus balik ke kiri 3 putaran bro.. cari di sekitar itu sampe RPM paling tinggi..
kalau mau tau dari suara mesin yang meninggi atau pakai tachometer liat jarumnya sampe putaran tertinggi ga bisa naik lagi..

Eko Y mengatakan...

Gan, shogun 125 saya kok ga pernah pas ya settingan langsamnya. Naik turun & ga bisa stabil, padahal sy sudah setting karburator berkali2, service, ganti busi & kabel busi. Masalah ini baru beberapa bulan lalu aja. Tapi masalahnya tetep ga ketemu. Mohon infonya ya. tks

Novanda S.T. mengatakan...

@Eko Y
udah dicek coasting enricher nya?
ada di bagian dket langsam nya yang bundar ditutup 2 baut.. tutupnya plastik hitam ada pernya d dalam.. hehe
itu kalau dah rusak pasti knalpot meledak2 dan ga langsam sama skali.. lari motor ga enak hehe

Anonim mengatakan...

gan,,nanya,,mx ane ganti knalpot racing,,pj ma mj dah naik satu step tapi knalpot masih nembak,,knapa ya gan

Novanda S.T. mengatakan...

setting angin2 karbunya lg bro.. yg bener hehe
22.5/110 aja dah hehe

roNi za mengatakan...

bro motor jupiterku juga ndut2n, udah service berkali" sama aja, kalau pas posisi gas di turunin kaya mau mati, dan kadang malah mati, itu kenpa ya, apa cuma karbunya aja,atau ada masalah lain?? nuwun

Novanda S.T. mengatakan...

di karbunya ada namanya coasting enricher..
semacam membran karet di dket stelan langsamnya..
cek aja barangkali bocor, sekitar 250rb an tuh.. haha
dimatikan aja fungsinya kalau mepet dana

tri mengatakan...

mohon penjelasan gan,shogun sp knalpot racing ditarik gas nembak dibawa pelan ndut ndutan padahal dah servis trus yang namanya coasting enricher sudah tidak ada

Novanda S.T. mengatakan...

coastin enricher kalau ga ada n ga di tutup pasti ndut2an n ga bisa langsam..
ckck
harus dimatikan atau diganti baru bro..
aplg skrng pkai knalpot freeflow, jd tmbh ga karuan tuh haha

Anonim mengatakan...

saya set bukaan udara 2 1/2 untuk vario techno 110
kondisi karbu standard & filter udara dilepas/diilangain kertasnya aja, posisi masih ada boxnya
hasil karbu kering merah bata
BBM: Premium 1:1 Pertamax/Plus

Novanda S.T. mengatakan...

ya mantep brarti bro..
pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

Novanda S.T. mengatakan...

ya mantep brarti bro..
pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

Rommy mengatakan...

Tks De Novan, blog anda sangat membantu, teruslah menulis karena sangat bermanfaat buat orang seperti saya,btw kenapa ngga baut website nya aja biar ga abnyak di ganggu iklan

Campus cooy mengatakan...

saya sertaka web empu saya biar makin nambah ilmunya cara puter skrup carbu hehe

http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1277-tips-setting-karbu-motor-pasang-kenalpot-racing-harian

Anonim mengatakan...

Mas...saya mw tanya. Kalo settingan karburator Supra X 125 2006/2007 tp knalpotnya bobokan gmana caranya?

Mohon penjelasannya ya :-) hehehe...

Novanda S.T. mengatakan...

tinggal seberapa ngeplong bobok'annya? hehe
coba putar angin2 karbu semakin ke kanan hingga rpm terasa lebih tinggi
jika knalpot timbul ledakan, perbesar pilot jet nya dg membeli ukuran 38 - 40
kalau terasa lambat alias ga cepat akselerasi motor, main jet perbesar
coba beli ukuran 80 - 85

siswanto hadisantoso mengatakan...

mas brow saya mw tanya. kalo setingan karburator smash 110 2004 gmana caranya

Novanda S.T. mengatakan...

untuk motor standar, pilot jet dan main jet menggunakan 15/92.5
angin" karbu kira" sekitar 1 putaran..

siswanto hadisantoso mengatakan...

waduh mas bro yang di maksud mj dan pj menggunakan 15/92.5 angin. itu maksudnya apa tlong di bantu

Novanda S.T. mengatakan...

pj itu pilot jet, alias spuyer yg kecil.. kan ada nomer pada spuyer nya bro,,

mj itu main jet, alias spuyer besar yg terhubung ma jarum skep..
ada nomer nya jg bro..

standar nya smash 15/92.5
dengan angin" sekitar 1-1.5 putaran

Yohan Septian mengatakan...

Untuk agan novan sya mau nanya soal karbu jupiter z yg sudah makai knalpot racing bagusnya pilot jetnya ukurn brp mainjetnya ukurn brp?

Novanda S.T. mengatakan...

pilot jet standar aja..
yang perlu penyesuaian main jet nya..
ya tergantung knalpotnya sendiri sama mesinnya..
full standar pakai knalpot racing freeflow full bisa main jet #115 hehe

aswanto mengatakan...

makasih sob...blog yg sangat bagus..sob maren kan aq coba" seting karbu jupiz burhanku ku ganti busi iridium denso...lha setelah kupake kan enteng banget tuh tarikannya...tp ku setel kering karbunya..n irit lagi..tp ko ky gejala ngelitik ya n setelah ku buka businya yg warnanya ga putih" amat tp napa spt ada kotoran residu aluminium apa mungkin ngelitiknya menghajar piston ya?sebaiknya dibuat brp putaran ya setelan anginnya biar ga ngelitik?makasih sob

Novanda S.T. mengatakan...

sampai stationer mesin tertinggi tanpa mengubah setelan idle skep..
busi bisa merah bata

kira" 1-1,5 putaran