Cara Jetting dan Menyetel karburator

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Jadi yang mau nambah top speed, ganti main jet. Tinggal beli main jet baru yang ukurannya lebih besar, terus pasang menggantikan yang lama. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.

Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.


Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau terlalu kering, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipakai ngebut. Kecuali dipakai ibu - ibu yang jarang ngebut, bolehlah di-setel irit habis .

Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata (pembakaran hampir sempurna).

Cara penyetelan bukaan udara karburator konvensional:
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi (± 2500 rpm).
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
searah jarum jam → RPM naik
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.

2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup).
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
searah jarum jam → campuran bahan bakar menjadi kaya
tandanya RPM turun dengan cepat
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok, tetapi jangan dikencangkan.

3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
putar berlawanan arah jarum jam hingga RPM tertinggi
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.

Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarum nya menggantung. Biasanya disebabkan setting jarak main kabel gas tidak ada.

Kabel gas dapat diatur untuk jarak main bebas grip gas di setir. Usahakan kira - kira ada 2-10 mm jarak main bebas nya. Kalau tidak ada jarak bebas nya khawatir RPM mesin tidak turun meski putaran sekrup stasioner nya sudah mentok ke kiri. Kalau sampai terjadi rawan kecelakaan nanti nya.

78 Responses to "Cara Jetting dan Menyetel karburator"

  1. Thanks gan infonya. sangat membantu dan detil bagi saya yang masih pemula.

    ReplyDelete
  2. kalau ada yang bingung komentar aja ya? biar nanti di balas hehe

    ReplyDelete
  3. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  4. Yang nomer tiga itu belum faham gan ,katanya bukaan udara suruh putar berlawanan jarum jam kok suruh putar searah jarum jam lagi 1/4 putaran sih?

    ReplyDelete
  5. kan sudah dapet setelan yang pas..di kembalikan 1/4 putaran biar campuran lebih pekat sedikit..biar tarikan dapat sama mesin ga cepat panas..

    kalo ga ya gpp kok bro..hehe

    ReplyDelete
  6. gan...
    mtor mio ane
    saat kcptn 60an , d gas lagi malah turun kcptnnya...
    sprti bedenyut, g mw lbh lbh dr kcptn tersbut..
    t trjadi sat ane ganti saringan udara racing...
    pntup penghisap,n pembuang saluran udarany ane biaran trbuka
    kira2.. apa mslh ny t gan
    mklumi, msh pmula

    ReplyDelete
  7. ndut2an? udah setel ulang karbu belum?
    bisa jadi kurangnya bahan bakar yang masuk..

    cek busi dulu, kalo putih kurang banyak setelan bensinnya..atau malah main jet minta gedean..

    kalo ndut2an busi hitam brarti kebanyakan bensin yang masuk..

    cek busi dulu bro

    ReplyDelete
  8. gan yg nomer 3 itu... kan kalo stasionernya udah gk mau naik lagi.kan... di suruh mutar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran... nah yg.q mau tanya.i 1/4 putaran.i berapa.i.. gan soale q gk ngerti 1/4 putaran...

    ReplyDelete
  9. biar gak kering campuran bahan bakarnya..
    mesin lebih awet tapi bensin rada boros dkit hehe
    kalau mesin da rpm tertinggi busi jd merah bata
    kalau dibalikin 1/4 putaran jadi coklat hehe

    ReplyDelete
  10. gan mau nanya ni kalo mau setelan basah gimana?mksdny kayak settingan korek harian suara nalpotny pokk pokk pokk gitu gan?

    ReplyDelete
  11. setting basah maksudnya AFR nya lebih kecil lagi..
    caranya angin2 karburator dibuat lebih menutup agar bensin yang masuk menjadi lebih banyak..

    ReplyDelete
  12. Kalo nyetting karbu itu harus mendengarkan suara apa ada puteran khusus gan buat stel anginnya?
    Matic ane kenalpotnya pedes bangeet uda gitu boros
    Nah ane udah nyiba setting,stelan angin dari yang ane tutup ga brebet sampe ane buka pun ga brebet
    Soak x yak

    ReplyDelete
  13. @rifiandika
    maaf untuk matic yang menganut karburator vakum cara menyetelnya terbalik dr karburator konvensional..
    coba untuk mio Anda, putar angin2 kekanan mentok trus balik ke kiri 3 putaran bro.. cari di sekitar itu sampe RPM paling tinggi..
    kalau mau tau dari suara mesin yang meninggi atau pakai tachometer liat jarumnya sampe putaran tertinggi ga bisa naik lagi..

    ReplyDelete
  14. Gan, shogun 125 saya kok ga pernah pas ya settingan langsamnya. Naik turun & ga bisa stabil, padahal sy sudah setting karburator berkali2, service, ganti busi & kabel busi. Masalah ini baru beberapa bulan lalu aja. Tapi masalahnya tetep ga ketemu. Mohon infonya ya. tks

    ReplyDelete
  15. @Eko Y
    udah dicek coasting enricher nya?
    ada di bagian dket langsam nya yang bundar ditutup 2 baut.. tutupnya plastik hitam ada pernya d dalam.. hehe
    itu kalau dah rusak pasti knalpot meledak2 dan ga langsam sama skali.. lari motor ga enak hehe

    ReplyDelete
  16. gan,,nanya,,mx ane ganti knalpot racing,,pj ma mj dah naik satu step tapi knalpot masih nembak,,knapa ya gan

    ReplyDelete
  17. setting angin2 karbunya lg bro.. yg bener hehe
    22.5/110 aja dah hehe

    ReplyDelete
  18. bro motor jupiterku juga ndut2n, udah service berkali" sama aja, kalau pas posisi gas di turunin kaya mau mati, dan kadang malah mati, itu kenpa ya, apa cuma karbunya aja,atau ada masalah lain?? nuwun

    ReplyDelete
  19. di karbunya ada namanya coasting enricher..
    semacam membran karet di dket stelan langsamnya..
    cek aja barangkali bocor, sekitar 250rb an tuh.. haha
    dimatikan aja fungsinya kalau mepet dana

    ReplyDelete
  20. mohon penjelasan gan,shogun sp knalpot racing ditarik gas nembak dibawa pelan ndut ndutan padahal dah servis trus yang namanya coasting enricher sudah tidak ada

    ReplyDelete
  21. coastin enricher kalau ga ada n ga di tutup pasti ndut2an n ga bisa langsam..
    ckck
    harus dimatikan atau diganti baru bro..
    aplg skrng pkai knalpot freeflow, jd tmbh ga karuan tuh haha

    ReplyDelete
  22. saya set bukaan udara 2 1/2 untuk vario techno 110
    kondisi karbu standard & filter udara dilepas/diilangain kertasnya aja, posisi masih ada boxnya
    hasil karbu kering merah bata
    BBM: Premium 1:1 Pertamax/Plus

    ReplyDelete
  23. ya mantep brarti bro..
    pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

    ReplyDelete
  24. ya mantep brarti bro..
    pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

    ReplyDelete
  25. Tks De Novan, blog anda sangat membantu, teruslah menulis karena sangat bermanfaat buat orang seperti saya,btw kenapa ngga baut website nya aja biar ga abnyak di ganggu iklan

    ReplyDelete
  26. saya sertaka web empu saya biar makin nambah ilmunya cara puter skrup carbu hehe

    http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1277-tips-setting-karbu-motor-pasang-kenalpot-racing-harian

    ReplyDelete
  27. Mas...saya mw tanya. Kalo settingan karburator Supra X 125 2006/2007 tp knalpotnya bobokan gmana caranya?

    Mohon penjelasannya ya :-) hehehe...

    ReplyDelete
  28. tinggal seberapa ngeplong bobok'annya? hehe
    coba putar angin2 karbu semakin ke kanan hingga rpm terasa lebih tinggi
    jika knalpot timbul ledakan, perbesar pilot jet nya dg membeli ukuran 38 - 40
    kalau terasa lambat alias ga cepat akselerasi motor, main jet perbesar
    coba beli ukuran 80 - 85

    ReplyDelete
  29. mas brow saya mw tanya. kalo setingan karburator smash 110 2004 gmana caranya

    ReplyDelete
  30. untuk motor standar, pilot jet dan main jet menggunakan 15/92.5
    angin" karbu kira" sekitar 1 putaran..

    ReplyDelete
  31. waduh mas bro yang di maksud mj dan pj menggunakan 15/92.5 angin. itu maksudnya apa tlong di bantu

    ReplyDelete
  32. pj itu pilot jet, alias spuyer yg kecil.. kan ada nomer pada spuyer nya bro,,

    mj itu main jet, alias spuyer besar yg terhubung ma jarum skep..
    ada nomer nya jg bro..

    standar nya smash 15/92.5
    dengan angin" sekitar 1-1.5 putaran

    ReplyDelete
  33. Untuk agan novan sya mau nanya soal karbu jupiter z yg sudah makai knalpot racing bagusnya pilot jetnya ukurn brp mainjetnya ukurn brp?

    ReplyDelete
  34. pilot jet standar aja..
    yang perlu penyesuaian main jet nya..
    ya tergantung knalpotnya sendiri sama mesinnya..
    full standar pakai knalpot racing freeflow full bisa main jet #115 hehe

    ReplyDelete
  35. makasih sob...blog yg sangat bagus..sob maren kan aq coba" seting karbu jupiz burhanku ku ganti busi iridium denso...lha setelah kupake kan enteng banget tuh tarikannya...tp ku setel kering karbunya..n irit lagi..tp ko ky gejala ngelitik ya n setelah ku buka businya yg warnanya ga putih" amat tp napa spt ada kotoran residu aluminium apa mungkin ngelitiknya menghajar piston ya?sebaiknya dibuat brp putaran ya setelan anginnya biar ga ngelitik?makasih sob

    ReplyDelete
  36. sampai stationer mesin tertinggi tanpa mengubah setelan idle skep..
    busi bisa merah bata

    kira" 1-1,5 putaran

    ReplyDelete
  37. gan klw tutup karbu yg diatas tempat keluarnya kabel gas ga tertutup rapat apa itu juga bikin ga bisa langsam?... soalnya ane tadi pasang karbu ko gamau langsam rpm tinggi terus di atur2 screw udara sama bukaan skep tetep aja gamau turun... apa itu penyebabnya?... atau pilot jet nya terlalu besar?... saya baru pasang tapi di tutup karbu sebelah atas ada ubahan pas dipasang emang ga rapet... cuma kabel nya aja yg keluar tapi ga dipasang penutup karet nya... mohon bantuan gan... maaf rada bawel... bls ke nomer ane aja gan 08979184105 makasih

    ReplyDelete
  38. Gan kalo dari knalpot standart trus mau ganti knalpot racing itu setelan yg di tambah apaya gan. ?? Klx

    ReplyDelete
  39. main jet nya ganti yg lbh besar.. hehe
    setel angin" aja, slesai

    ReplyDelete
  40. gan ane mau nanya nih,kan ane punyajupiz bore up+pake karbu RXking utk ukuran MJ,PJ,posisi klip needle jet,stelan angin"nya brp bro?

    trus pas bukaan gas 3/4 kok akselerasi jadi lemah ya?
    pas bukaan gas 3/4 jadi kayak kebasahan gitu campurannya?
    apa ane tinggal naekin klip needle jet kedua dari atas?

    makasih gan,mohon infonya ya!

    ReplyDelete
  41. karbu rx king di jupiter z bore up 130 cc cocok pakai spuyer karbu rx s..
    17.5/130 dg klip jarum d atas..

    pkok busi berwarna coklat bro hehe
    atasnya lemah krn main jet krg besar

    ReplyDelete
  42. tapi gan jupiz punya ane CCnya 150
    pake MJ 150 PJ 22.5 trus jarum skepnya agak tebel,
    apa MJnya kurang gede?
    atau skepnya aja yg d ganti?

    thanks gan infonya!

    ReplyDelete
  43. pake piston apa bro? kok bore up 150 cc?
    std king 22.5/150
    jelas kebesaran klau blm di ganti..
    cek busi, kalau hitam brarti terlalu besar..

    klip jarum taruh d paling atas, pj mj coba 17.5 dan 130 deh

    ReplyDelete
  44. ane pake piston sonic gan over size 300,
    nanti ane coba gan MJ PJnya,

    gan klo mau bore up 130CC pake piston apa gan?

    makasih gan infonya!

    ReplyDelete
  45. itu motor pakai piston sonic os 300 jd 158 cc bro..
    coba deh klip jarum taruh pas di tengah"..
    pj tetap standar 22.5 dan main jet dan klip jarum yg diubah"..
    ingat angin" karbu setting lg..
    cari sampai busi berwarna coklat/merah bata..
    hhehe

    perkiraan sih spuyer std sudah pas, hehe

    ReplyDelete
  46. Mohon bantuannya Bro..jupi burhan ane bore up piston sonic os 0+karbu ori+knalpot standar.
    1. Berapa PJ/MJ yg pas agar tarikan mtr enteng n top speed optimal?
    2. Msh amankah bila pakai knalpot stndar?

    ReplyDelete
  47. 1. kapasitas mesin 143 cc sudah ga bisa pakai karbu standar.. silahkan reamer hingga 23 mm atau ganti karbu rx king (26 mm). kalau mengandalkan karbu standar ga bakal enteng tarikan dan top speed ga bisa optimal..
    2. knalpot standar dibobok sarangannya udah aman kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus kalau sdh di reamer brp ukuran pj & mj-nya bro? Atau kalau pakai karbu shogun 125 yg kw brp ukuran pj & mj-nya? Matur suwun ya bro atas bantuannya..

      Delete
  48. karbu standar 17 mm, shogun 125 cm 18 mm,
    kurang mencukupi sbenarnya..
    beli karbu king kw aja nanti sekitar pj #17.5 dan mj #130

    ReplyDelete
  49. Saya pake PWL 26 d honda blade std..tp koq selalu ngok ato ngempos...apa karbu terlalu besar yach?....

    ReplyDelete
  50. karbu ninja ya bro? seharusnya kebesaran spuyer..
    cek warna elektroda busi, lepas dlu busi nya..
    kalau hitam cb setting pj/mj karbu hehe

    ReplyDelete
  51. gan saya mau tany shogun r puny ku saringan aku copot mj dan pj udah aku gnti diatasny standr bila jarum skep aku taruh ditengah bsa langsam tpi kalau ditarikkin brebet bila aku truni skepny kebwah 1 tahap tidak bsa langsam tpi buat tarikan enak gmana gan solusiny

    ReplyDelete
  52. pj mj standar dlu aja..
    jarum skep taruh tengah..
    coba keadaan standar dlu, kalau kurang main jet aja yg diganti, pj tetap
    coba mainjet ukuran 105 jupiter z, kan shogun 97.5

    ReplyDelete
  53. pj mj standar dlu aja..
    jarum skep taruh tengah..
    coba keadaan standar dlu, kalau kurang main jet aja yg diganti, pj tetap
    coba mainjet ukuran 105 jupiter z, kan shogun 97.5

    ReplyDelete
  54. misi gan mau tanya, motor ane supra x 125 2009 udah ganti piston kaze os 200 + noken as pakai kawahara k1.karburator standar filter saringan udara udah dicopot, tapi box tetep dipasang.kira-kira jetting yang pas gmna ya gan?soalnya motor ane terasa ndut2an di rpm atas.
    mkasih pencerahannya :)

    ReplyDelete
  55. ya begitulah efek lepas filter, asupan bahan bakar sangat kurang hehe

    naikkan main jet nya, standar kan #75.. beli lagi yg variasi ukuran #85.. kalau terlalu basah beli yg lbh kecil, kalau masih kering beli yg lebih besar.. cek elektroda busi nya..

    hitam → spuyer kebesaran
    putih → spuyer kekecilan

    tp tiap ganti spuyer jngan lupa setel dlu angin" karbu nya

    ReplyDelete
  56. mau nanya nih gan, kalo satria fu mau pake karbu PE 26, ukuran PJ/MJ nya pake ukuran berapa ya yg pas.
    tp mau tetep mau pakai filter udara standart gan. mesin juga masih std gan. mkasih sbelumnya

    ReplyDelete
  57. ga ada di pasaran pe 26..
    adanya karbu ninja pwl 26 bro hehe
    kira" sih pj mj nya pakai 38/130
    coba setel sendiri aja hehe

    ReplyDelete
  58. Mas mohon bantuannya.
    Saya baru ganti karbu yang biasanya vacuum. Motornya satria f. Pas di gas skitar RPM 7000 ke atas kadang mbrebet kadang lancar. dan juga minumnya sekarang neh motor dah boros banget. Apa perlu di setting lagi?atau penggantian Main jetnya?trima kasih

    ReplyDelete
  59. ganti karbu apa ni? pertanda spuyer kebesaran..

    ReplyDelete
  60. Gan mau nanya, motor saya vega r, knapa kecepatan motornya ga bisa lebih dari 60km, mohon bantuannya ...

    ReplyDelete
  61. gejala nya apa?
    apakah mesin ga bs teriak atau malah mesin teriak ga mau jalan?
    atau motor brebet?

    ubahan motor apa aja?

    ReplyDelete
  62. Gan motor ane jupiter mx th 2007,udah ganti boring vxion sama sehernya,cdi brt,karbu pwl 26 ninja ori tapi kadang masih kerasa ngok waktu di gas padahal mainjet udah ganti yang 120 pilot jetnya masih ori,,, udah beberapa kali seting karbu tapi masih juga ngok lagi ngok lagi....makasih,,,,

    ReplyDelete
  63. langsamnya brebet nggk?
    berarti main jet krg gede..
    kalau nggk setelan jarumnya dipindah..

    ReplyDelete
  64. Bang,,mx ane rpm nya susah turun,,,ada hubungannya gk sama posting nmr 4,,,soalnya bagian skrup stasionernya pernah ane puter2,,,,,atau ada sebab lain yg bikin rpm susah turun,,,,terutama du gigi2 rendah,,,mohon pencerahannya,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau rpm stationer rendah nggk?
      kalau rendah ya berarti ada kebocoran di intake manifold..

      Delete
  65. bro motor ane pas digas pul..ditengah" dia ngempos..trus udah pul malah brebet..kenapa ya bro makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. klip jarum karbu udah bner?
      itu pertanda kurang pengapian atau jg keborosan setting karbu..

      Delete
  66. air screw putar kanan brarti campuran makin kaya ,ke kiri campuran makin miskin ya mas?supra x 125 punyaku tak naikin MJ nya dari 75 ke 88 gak masalah ya,karena kalo siang panas tarikannya kempos,itu aku pake kit nya absolut revo yang mj nya 88,tanya dong..kenapa ya selain supra x 125, revo blade dan helm in supra x hj nya lebih gede di banding supra x secara supra x lebih besar cc nya di banding revo ,blade ,thanks ya terus berbagi ilmu mas bro..smoga jadi amal sholeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda gede jarum nya bro.. yg ngatur lubang jg jarum skep..
      kalau jarum skep hsx125 kecil.. jd semburan bensin lbh banyak
      kalau jarum revo gede..

      Delete
    2. trus sarannya gimana bro?abis tak gedein mj nya askselerasinya ringan,tapi agak boros,apa di balikin lagi standar ya??...eh punya tips tutorial kohar honda grand legenda?di share dong thanks yaa

      Delete
    3. terserah.. lha wong standar nya sudah enak bro hehe
      korek motor d blog sya satu nya bro.. banyak

      Delete
  67. bro mau tanya nih , Jupiter Mx 2010 cocok nya ukuran pj mj nya berapa dan posisi klip nya bagaimana ?

    keadaan mesin ,karbu , knalpot standar hanya leher knalpot nya yang diperbesar ,

    karburator sudah tanpa box dan filter udara

    , Cuma Cdi ganti pakai BRT dan Busi Platinum

    mohon saran nya bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap standar aja bro..
      kalau berkenan ya mj aja beli yg lbh besar.. std 105 kan, coba 110 atau 115..

      Delete
  68. oke bro terimakasih atas informasi nya

    ReplyDelete
  69. gan kalo nyetel stasionernya tinggi gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. efeknya ya ibaratkan motor digas dkit walau ga dibuat jalan.. bensin lbh rakus, mesin cepat panas
      disetel sekitar 1200 rpm bro biar ga mati dan jg ga terlalu tinggi

      Delete