Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner
Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.
Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.
Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau terlalu kering, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipakai ngebut. Kecuali dipakai ibu - ibu yang jarang ngebut, bolehlah di-setel irit habis .
Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata (pembakaran hampir sempurna).
Cara penyetelan bukaan udara karburator konvensional:
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi (± 2500 rpm).
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.
2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup).
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok, tetapi jangan dikencangkan.
3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.
Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarum nya menggantung. Biasanya disebabkan setting jarak main kabel gas tidak ada.
Kabel gas dapat diatur untuk jarak main bebas grip gas di setir. Usahakan kira - kira ada 2-10 mm jarak main bebas nya. Kalau tidak ada jarak bebas nya khawatir RPM mesin tidak turun meski putaran sekrup stasioner nya sudah mentok ke kiri. Kalau sampai terjadi rawan kecelakaan nanti nya.
bisa jadi setelan bensin terlalu banyak dan ada kebocoran oli tp ndak parah
BalasHapusMau tanya mio sporty kok pagi hari susah langsam apa nya ya mohon solusinya?
BalasHapusOm mau tanya juga nih,untuk Honda Revo Fit 2013 Cocoknya stelan gimana ya..basah atau kering,standarnya..;
BalasHapusKawasaki atlhete 125cc setelan angin karbulator yg normal kira2 berapa putaran ia
BalasHapus1.5 sampai 2 putaran
HapusKenapa motor saya pada saat rpm di tengah"brebet tapi kali gas poll gak brebet?
BalasHapusKarbu ga standar biasanya ga cocok jarum nya.. terlalu kurus
BalasHapusAku rasa menentukan besar kecil spuyer ada matematikanya , apakah masnya tahu rumusnya?
BalasHapusGa tau..
HapusYang pasti kalau dibayangkan luas permukaan antara jarum terhadap suling, tekanan, massa jenis bahan bakar, dsb
Ribet, mending stok spuyer dan cek warna busi.. bisa buat patokan naik/turun sekian step
Mau nnya,,,mas bro kenapa motor sudah di setel saat di gas kencang di jalan kenapa brebet banget minyak solusinya
BalasHapusPengapian lemah.. busi rapat baru enak cirinya.. kalau renggang brebet lagi..
HapusMau tanya kalo buat vega lama karbu standart kok di gas tuh ngook sama larinya terlambat itu kek mana?
BalasHapusKarbu sehat? Atau sudah dimodif?
HapusMungkin pengapian lemah atau kompresi bocor juga bisa jadi penyebab
PJ MJ 15/90 klip jarum d tengah posisi standar nya
Bg motor saya itu disaat dibuka gas dikit brebet baut langsam nya pun kalau di putar ke kiri gk mau turun rpm gas nya mohon pencerahannya
BalasHapusAngin palsu masuk.. ada kebocoran entah di intake manifold atau dimana.. jadi langsam nya tinggi, tapi digas brebet karena angin" minta tertutup
BalasHapusMas bro mau nanya mesin grand boreup 110 cc pakek garbu mp lama ori kira kira make pj mj uk berapa ya ,sama putaran angin angin kisaran berapa putaran ,soal nya mau nyetel gabisa ,stelanya di bawah mepet mesin
BalasHapusKarbu MP lama yg bawah bukan angin" itu, mirip karbu vakum nyetelnya.. semakin dibuka semakin banyak pasokan bahan bakar yg masuk..
BalasHapusPj mj standar aja
Angin" 2-3 putaran dari tertutup rapat
Motor astrea kalo di karbu nya saya coak holder neddle jet nya,coakan nya hadap ke manifold karbu,apakah aman dan bagus untuk performa mesin?
BalasHapusBensin lebih cepat naik dan terhisap.. minus nya proses pengkabutan bahan bakar kurang bagus, kualitas pembakaran menurun
HapusMisi mau nanya kenapa ninja rr saya kalau siang kurang enak dari malam ya bos tarikan nya
BalasHapusMesin karburator memang begitu..
Hapus2 tak sangat terasa..
Mobil dan motor sama saja begitu
Mas mawu nanya kalo karbu karisma di pke di motor supra 100, stelan angin nya berapa putaran
BalasHapusBisa kok saya pernah pakai dan enak
Hapus1.5-2.5 putaran menyesuaikan kebutuhan dan kondisi lingkungan