Senin, 04 Juni 2012

Cara Jetting dan Menyetel karburator

Karena masih ada dan malah banyak yang tidak tahu tentang jetting karburator, saya coba ulas lebih lengkap.
Setting karburator dilakukan dengan melakukan adjustment pada :
1. Ukuran pilot jet
2. Ukuran main jet
3. Posisi klip needle jet
4. Setelan bukaan udara
5. Setelan stasioner

Pada bukaan gas 3/4 hingga full yang berperan adalah jarum skep dan main jet. Ukuran dratnya dan bentuk harus sama, yang beda adalah ukuran lubang di tengahnya. Jadi tak ada masalah gonta-ganti MJ/PJ asal bentuk dan dratnya sama.

Untuk setting air-screw/angin2, fungsinya untuk mengatur perbandingan bahan bakar dengan udara yang masuk. Semakin kering campuran maka bisa lebih irit. Namun, konsekuensi nya mesin cepat panas. Kalau terlalu kering motor malah tidak bisa jalan. Setting yang optimum ditunjukkan dengan warna busi merah bata. Itu berarti setting sudah pas dah hasilnya pasti irit dan bertenaga. Kalau mau akselerasi cepat, setting dibuat kaya. Efeknya boros dan caranya dengan menggeser posisi klip ke bawah.


Jadi tetapkan dulu MJ, PJ dan posisi klip. Posisi klip standard adalah ditengah. Kalau mau irit, clip bisa naik ke posisi kedua dari atas. Kalau paling tinggi, khawatir terlalu irit. Kalau terlalu kering, blok gampang overheat dan piston-ring bisa macet saat dipakai ngebut. Kecuali dipakai ibu - ibu yang jarang ngebut, bolehlah di-setel irit habis .

Selanjutnya melakukan penyetelan bukaan udara agar campuran bensin-udara hasilnya optimum. Tanda campuran optimum adalah warna busi merah bata (pembakaran hampir sempurna).

Cara penyetelan bukaan udara karburator konvensional:
1. Putaran sekrup stasioner searah jarum jam hingga stasionernya tinggi (± 2500 rpm).
Memutar spekrup stasioner searah jarum jam menyebabkan skep terangkat. Sama dengan membuka gas, membuka gas menyebabkan venturi semakin besar dan putaran mesin naik. Kenapa harus tinggi dulu? Karena nanti bukaan udara akan ditutup habis, kalau skep tidak cukup terangkat maka mesin jadi mati. Jadi skep harus cukup terangkat dulu.
searah jarum jam → RPM naik
Sekrup stasioner. Putaran searah jarum jam menyebabkan stasioner semakin tinggi. Putaran arah sebaliknya menyebakan langsam/stasioner makin rendah.

2. Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok(menutup).
Selama diputar, langsam/stasioner akan menurun. Bila mesin jadi mati, buka sekrup udara 2 putar, kembali ke langkah pertama dan tambahkan langsamnya.
searah jarum jam → campuran bahan bakar menjadi kaya
tandanya RPM turun dengan cepat
Putar sekrup bukaan udara searah jarum jam hingga masuk mentok, tetapi jangan dikencangkan.

3. Putar sekrup bukaan udara berlawanan jarum jam(membuka), secara perlahan-lahan.
Amati suara stasioner nya (suara knalpot/mesin), stasioner akan semakin tinggi seiring sekrup udara dibuka secara perlahan. Putar terus secara perlahan-lahan, dan berhenti saat stasioner tidak mau naik lagi. Untuk kondisi standar rata - rata berada 1.5 - 2 putaran. Jika ingin akselerasi lebih dan mesin awet, buat campuran bahan bakar lebih kaya sedikit. Caranya putar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak ¼ putaran lagi.
putar berlawanan arah jarum jam hingga RPM tertinggi
4. Putaran sekrup stasioner berlawanan jarum jam hingga stasionernya turun.
Pilih stasioner yang cocok. Stasioner yang cukup/tinggi menyebabkan mesin responsif tapi boros bensin, stasioner yang kurang/rendah menyebabkan bensin irit tapi jadi kurang resposif (kurang tenaga). Selesai sudah jetting karburator-nya.

Kalau sekrup stasioner sudah dibuka banyak atau sampai habis tapi idle-nya ngga mau turun2, itu tandanya jarum nya menggantung. Biasanya disebabkan setting jarak main kabel gas tidak ada.

Kabel gas dapat diatur untuk jarak main bebas grip gas di setir. Usahakan kira - kira ada 2-10 mm jarak main bebas nya. Kalau tidak ada jarak bebas nya khawatir RPM mesin tidak turun meski putaran sekrup stasioner nya sudah mentok ke kiri. Kalau sampai terjadi rawan kecelakaan nanti nya.

223 komentar:

  1. Thanks gan infonya. sangat membantu dan detil bagi saya yang masih pemula.

    BalasHapus
  2. kalau ada yang bingung komentar aja ya? biar nanti di balas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mio Sporty biar kencang apanya yang di putar, di putar kmana, dan lokasinya di mana mas? Mohon tipsnya.

      Hapus
    2. kalau mau kencang nggk bukan hanya dari karburator bro hehe
      kalau putar apanya itu angin2?
      letaknya dr motor sblh kiri, di luar bodi karbu dket manifold.
      diputar sesuai permintaan mesin, sampe rpm mesin plg tinggi dan stationer
      hehe

      Hapus
  3. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  4. Yang nomer tiga itu belum faham gan ,katanya bukaan udara suruh putar berlawanan jarum jam kok suruh putar searah jarum jam lagi 1/4 putaran sih?

    BalasHapus
  5. kan sudah dapet setelan yang pas..di kembalikan 1/4 putaran biar campuran lebih pekat sedikit..biar tarikan dapat sama mesin ga cepat panas..

    kalo ga ya gpp kok bro..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas penjelasannya gan.

      Hapus
    2. Cba sya perjelas lgi hehe...
      Ketika Bukaan setln angin sdh pas sekitar di 1,5 bukaan dari posisi tertup tdi.kemudian kembalikan lagi putaran(searah jarum jam) sekitar 1/4 putaran agar mesin ga cepat panas ( seting boros).

      Hapus
  6. gan...
    mtor mio ane
    saat kcptn 60an , d gas lagi malah turun kcptnnya...
    sprti bedenyut, g mw lbh lbh dr kcptn tersbut..
    t trjadi sat ane ganti saringan udara racing...
    pntup penghisap,n pembuang saluran udarany ane biaran trbuka
    kira2.. apa mslh ny t gan
    mklumi, msh pmula

    BalasHapus
  7. ndut2an? udah setel ulang karbu belum?
    bisa jadi kurangnya bahan bakar yang masuk..

    cek busi dulu, kalo putih kurang banyak setelan bensinnya..atau malah main jet minta gedean..

    kalo ndut2an busi hitam brarti kebanyakan bensin yang masuk..

    cek busi dulu bro

    BalasHapus
  8. gan yg nomer 3 itu... kan kalo stasionernya udah gk mau naik lagi.kan... di suruh mutar sekrup bukaan udara searah jarum jam sebanyak 1/4 putaran... nah yg.q mau tanya.i 1/4 putaran.i berapa.i.. gan soale q gk ngerti 1/4 putaran...

    BalasHapus
  9. biar gak kering campuran bahan bakarnya..
    mesin lebih awet tapi bensin rada boros dkit hehe
    kalau mesin da rpm tertinggi busi jd merah bata
    kalau dibalikin 1/4 putaran jadi coklat hehe

    BalasHapus
  10. gan mau nanya ni kalo mau setelan basah gimana?mksdny kayak settingan korek harian suara nalpotny pokk pokk pokk gitu gan?

    BalasHapus
  11. setting basah maksudnya AFR nya lebih kecil lagi..
    caranya angin2 karburator dibuat lebih menutup agar bensin yang masuk menjadi lebih banyak..

    BalasHapus
  12. Kalo nyetting karbu itu harus mendengarkan suara apa ada puteran khusus gan buat stel anginnya?
    Matic ane kenalpotnya pedes bangeet uda gitu boros
    Nah ane udah nyiba setting,stelan angin dari yang ane tutup ga brebet sampe ane buka pun ga brebet
    Soak x yak

    BalasHapus
  13. @rifiandika
    maaf untuk matic yang menganut karburator vakum cara menyetelnya terbalik dr karburator konvensional..
    coba untuk mio Anda, putar angin2 kekanan mentok trus balik ke kiri 3 putaran bro.. cari di sekitar itu sampe RPM paling tinggi..
    kalau mau tau dari suara mesin yang meninggi atau pakai tachometer liat jarumnya sampe putaran tertinggi ga bisa naik lagi..

    BalasHapus
  14. Gan, shogun 125 saya kok ga pernah pas ya settingan langsamnya. Naik turun & ga bisa stabil, padahal sy sudah setting karburator berkali2, service, ganti busi & kabel busi. Masalah ini baru beberapa bulan lalu aja. Tapi masalahnya tetep ga ketemu. Mohon infonya ya. tks

    BalasHapus
  15. @Eko Y
    udah dicek coasting enricher nya?
    ada di bagian dket langsam nya yang bundar ditutup 2 baut.. tutupnya plastik hitam ada pernya d dalam.. hehe
    itu kalau dah rusak pasti knalpot meledak2 dan ga langsam sama skali.. lari motor ga enak hehe

    BalasHapus
  16. gan,,nanya,,mx ane ganti knalpot racing,,pj ma mj dah naik satu step tapi knalpot masih nembak,,knapa ya gan

    BalasHapus
  17. setting angin2 karbunya lg bro.. yg bener hehe
    22.5/110 aja dah hehe

    BalasHapus
  18. bro motor jupiterku juga ndut2n, udah service berkali" sama aja, kalau pas posisi gas di turunin kaya mau mati, dan kadang malah mati, itu kenpa ya, apa cuma karbunya aja,atau ada masalah lain?? nuwun

    BalasHapus
  19. di karbunya ada namanya coasting enricher..
    semacam membran karet di dket stelan langsamnya..
    cek aja barangkali bocor, sekitar 250rb an tuh.. haha
    dimatikan aja fungsinya kalau mepet dana

    BalasHapus
  20. mohon penjelasan gan,shogun sp knalpot racing ditarik gas nembak dibawa pelan ndut ndutan padahal dah servis trus yang namanya coasting enricher sudah tidak ada

    BalasHapus
  21. coastin enricher kalau ga ada n ga di tutup pasti ndut2an n ga bisa langsam..
    ckck
    harus dimatikan atau diganti baru bro..
    aplg skrng pkai knalpot freeflow, jd tmbh ga karuan tuh haha

    BalasHapus
  22. saya set bukaan udara 2 1/2 untuk vario techno 110
    kondisi karbu standard & filter udara dilepas/diilangain kertasnya aja, posisi masih ada boxnya
    hasil karbu kering merah bata
    BBM: Premium 1:1 Pertamax/Plus

    BalasHapus
  23. ya mantep brarti bro..
    pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

    BalasHapus
  24. ya mantep brarti bro..
    pkok nya sudah bisa pas setting nya menyesuaikan daerah setempat y sip dah

    BalasHapus
  25. Tks De Novan, blog anda sangat membantu, teruslah menulis karena sangat bermanfaat buat orang seperti saya,btw kenapa ngga baut website nya aja biar ga abnyak di ganggu iklan

    BalasHapus
  26. saya sertaka web empu saya biar makin nambah ilmunya cara puter skrup carbu hehe

    http://maniakmotor.com/index.php/tips-s/1277-tips-setting-karbu-motor-pasang-kenalpot-racing-harian

    BalasHapus
  27. Mas...saya mw tanya. Kalo settingan karburator Supra X 125 2006/2007 tp knalpotnya bobokan gmana caranya?

    Mohon penjelasannya ya :-) hehehe...

    BalasHapus
  28. tinggal seberapa ngeplong bobok'annya? hehe
    coba putar angin2 karbu semakin ke kanan hingga rpm terasa lebih tinggi
    jika knalpot timbul ledakan, perbesar pilot jet nya dg membeli ukuran 38 - 40
    kalau terasa lambat alias ga cepat akselerasi motor, main jet perbesar
    coba beli ukuran 80 - 85

    BalasHapus
  29. mas brow saya mw tanya. kalo setingan karburator smash 110 2004 gmana caranya

    BalasHapus
  30. untuk motor standar, pilot jet dan main jet menggunakan 15/92.5
    angin" karbu kira" sekitar 1 putaran..

    BalasHapus
  31. waduh mas bro yang di maksud mj dan pj menggunakan 15/92.5 angin. itu maksudnya apa tlong di bantu

    BalasHapus
  32. pj itu pilot jet, alias spuyer yg kecil.. kan ada nomer pada spuyer nya bro,,

    mj itu main jet, alias spuyer besar yg terhubung ma jarum skep..
    ada nomer nya jg bro..

    standar nya smash 15/92.5
    dengan angin" sekitar 1-1.5 putaran

    BalasHapus
  33. Untuk agan novan sya mau nanya soal karbu jupiter z yg sudah makai knalpot racing bagusnya pilot jetnya ukurn brp mainjetnya ukurn brp?

    BalasHapus
  34. pilot jet standar aja..
    yang perlu penyesuaian main jet nya..
    ya tergantung knalpotnya sendiri sama mesinnya..
    full standar pakai knalpot racing freeflow full bisa main jet #115 hehe

    BalasHapus
  35. makasih sob...blog yg sangat bagus..sob maren kan aq coba" seting karbu jupiz burhanku ku ganti busi iridium denso...lha setelah kupake kan enteng banget tuh tarikannya...tp ku setel kering karbunya..n irit lagi..tp ko ky gejala ngelitik ya n setelah ku buka businya yg warnanya ga putih" amat tp napa spt ada kotoran residu aluminium apa mungkin ngelitiknya menghajar piston ya?sebaiknya dibuat brp putaran ya setelan anginnya biar ga ngelitik?makasih sob

    BalasHapus
  36. sampai stationer mesin tertinggi tanpa mengubah setelan idle skep..
    busi bisa merah bata

    kira" 1-1,5 putaran

    BalasHapus
  37. gan klw tutup karbu yg diatas tempat keluarnya kabel gas ga tertutup rapat apa itu juga bikin ga bisa langsam?... soalnya ane tadi pasang karbu ko gamau langsam rpm tinggi terus di atur2 screw udara sama bukaan skep tetep aja gamau turun... apa itu penyebabnya?... atau pilot jet nya terlalu besar?... saya baru pasang tapi di tutup karbu sebelah atas ada ubahan pas dipasang emang ga rapet... cuma kabel nya aja yg keluar tapi ga dipasang penutup karet nya... mohon bantuan gan... maaf rada bawel... bls ke nomer ane aja gan 08979184105 makasih

    BalasHapus
  38. Gan kalo dari knalpot standart trus mau ganti knalpot racing itu setelan yg di tambah apaya gan. ?? Klx

    BalasHapus
  39. main jet nya ganti yg lbh besar.. hehe
    setel angin" aja, slesai

    BalasHapus
  40. gan ane mau nanya nih,kan ane punyajupiz bore up+pake karbu RXking utk ukuran MJ,PJ,posisi klip needle jet,stelan angin"nya brp bro?

    trus pas bukaan gas 3/4 kok akselerasi jadi lemah ya?
    pas bukaan gas 3/4 jadi kayak kebasahan gitu campurannya?
    apa ane tinggal naekin klip needle jet kedua dari atas?

    makasih gan,mohon infonya ya!

    BalasHapus
  41. karbu rx king di jupiter z bore up 130 cc cocok pakai spuyer karbu rx s..
    17.5/130 dg klip jarum d atas..

    pkok busi berwarna coklat bro hehe
    atasnya lemah krn main jet krg besar

    BalasHapus
  42. tapi gan jupiz punya ane CCnya 150
    pake MJ 150 PJ 22.5 trus jarum skepnya agak tebel,
    apa MJnya kurang gede?
    atau skepnya aja yg d ganti?

    thanks gan infonya!

    BalasHapus
  43. pake piston apa bro? kok bore up 150 cc?
    std king 22.5/150
    jelas kebesaran klau blm di ganti..
    cek busi, kalau hitam brarti terlalu besar..

    klip jarum taruh d paling atas, pj mj coba 17.5 dan 130 deh

    BalasHapus
  44. ane pake piston sonic gan over size 300,
    nanti ane coba gan MJ PJnya,

    gan klo mau bore up 130CC pake piston apa gan?

    makasih gan infonya!

    BalasHapus
  45. itu motor pakai piston sonic os 300 jd 158 cc bro..
    coba deh klip jarum taruh pas di tengah"..
    pj tetap standar 22.5 dan main jet dan klip jarum yg diubah"..
    ingat angin" karbu setting lg..
    cari sampai busi berwarna coklat/merah bata..
    hhehe

    perkiraan sih spuyer std sudah pas, hehe

    BalasHapus
  46. Mohon bantuannya Bro..jupi burhan ane bore up piston sonic os 0+karbu ori+knalpot standar.
    1. Berapa PJ/MJ yg pas agar tarikan mtr enteng n top speed optimal?
    2. Msh amankah bila pakai knalpot stndar?

    BalasHapus
  47. 1. kapasitas mesin 143 cc sudah ga bisa pakai karbu standar.. silahkan reamer hingga 23 mm atau ganti karbu rx king (26 mm). kalau mengandalkan karbu standar ga bakal enteng tarikan dan top speed ga bisa optimal..
    2. knalpot standar dibobok sarangannya udah aman kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus kalau sdh di reamer brp ukuran pj & mj-nya bro? Atau kalau pakai karbu shogun 125 yg kw brp ukuran pj & mj-nya? Matur suwun ya bro atas bantuannya..

      Hapus
  48. karbu standar 17 mm, shogun 125 cm 18 mm,
    kurang mencukupi sbenarnya..
    beli karbu king kw aja nanti sekitar pj #17.5 dan mj #130

    BalasHapus
  49. Saya pake PWL 26 d honda blade std..tp koq selalu ngok ato ngempos...apa karbu terlalu besar yach?....

    BalasHapus
  50. karbu ninja ya bro? seharusnya kebesaran spuyer..
    cek warna elektroda busi, lepas dlu busi nya..
    kalau hitam cb setting pj/mj karbu hehe

    BalasHapus
  51. gan saya mau tany shogun r puny ku saringan aku copot mj dan pj udah aku gnti diatasny standr bila jarum skep aku taruh ditengah bsa langsam tpi kalau ditarikkin brebet bila aku truni skepny kebwah 1 tahap tidak bsa langsam tpi buat tarikan enak gmana gan solusiny

    BalasHapus
  52. pj mj standar dlu aja..
    jarum skep taruh tengah..
    coba keadaan standar dlu, kalau kurang main jet aja yg diganti, pj tetap
    coba mainjet ukuran 105 jupiter z, kan shogun 97.5

    BalasHapus
  53. pj mj standar dlu aja..
    jarum skep taruh tengah..
    coba keadaan standar dlu, kalau kurang main jet aja yg diganti, pj tetap
    coba mainjet ukuran 105 jupiter z, kan shogun 97.5

    BalasHapus
  54. misi gan mau tanya, motor ane supra x 125 2009 udah ganti piston kaze os 200 + noken as pakai kawahara k1.karburator standar filter saringan udara udah dicopot, tapi box tetep dipasang.kira-kira jetting yang pas gmna ya gan?soalnya motor ane terasa ndut2an di rpm atas.
    mkasih pencerahannya :)

    BalasHapus
  55. ya begitulah efek lepas filter, asupan bahan bakar sangat kurang hehe

    naikkan main jet nya, standar kan #75.. beli lagi yg variasi ukuran #85.. kalau terlalu basah beli yg lbh kecil, kalau masih kering beli yg lebih besar.. cek elektroda busi nya..

    hitam → spuyer kebesaran
    putih → spuyer kekecilan

    tp tiap ganti spuyer jngan lupa setel dlu angin" karbu nya

    BalasHapus
  56. mau nanya nih gan, kalo satria fu mau pake karbu PE 26, ukuran PJ/MJ nya pake ukuran berapa ya yg pas.
    tp mau tetep mau pakai filter udara standart gan. mesin juga masih std gan. mkasih sbelumnya

    BalasHapus
  57. ga ada di pasaran pe 26..
    adanya karbu ninja pwl 26 bro hehe
    kira" sih pj mj nya pakai 38/130
    coba setel sendiri aja hehe

    BalasHapus
  58. Mas mohon bantuannya.
    Saya baru ganti karbu yang biasanya vacuum. Motornya satria f. Pas di gas skitar RPM 7000 ke atas kadang mbrebet kadang lancar. dan juga minumnya sekarang neh motor dah boros banget. Apa perlu di setting lagi?atau penggantian Main jetnya?trima kasih

    BalasHapus
  59. ganti karbu apa ni? pertanda spuyer kebesaran..

    BalasHapus
  60. Gan mau nanya, motor saya vega r, knapa kecepatan motornya ga bisa lebih dari 60km, mohon bantuannya ...

    BalasHapus
  61. gejala nya apa?
    apakah mesin ga bs teriak atau malah mesin teriak ga mau jalan?
    atau motor brebet?

    ubahan motor apa aja?

    BalasHapus
  62. Gan motor ane jupiter mx th 2007,udah ganti boring vxion sama sehernya,cdi brt,karbu pwl 26 ninja ori tapi kadang masih kerasa ngok waktu di gas padahal mainjet udah ganti yang 120 pilot jetnya masih ori,,, udah beberapa kali seting karbu tapi masih juga ngok lagi ngok lagi....makasih,,,,

    BalasHapus
  63. langsamnya brebet nggk?
    berarti main jet krg gede..
    kalau nggk setelan jarumnya dipindah..

    BalasHapus
  64. Bang,,mx ane rpm nya susah turun,,,ada hubungannya gk sama posting nmr 4,,,soalnya bagian skrup stasionernya pernah ane puter2,,,,,atau ada sebab lain yg bikin rpm susah turun,,,,terutama du gigi2 rendah,,,mohon pencerahannya,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rpm stationer rendah nggk?
      kalau rendah ya berarti ada kebocoran di intake manifold..

      Hapus
  65. bro motor ane pas digas pul..ditengah" dia ngempos..trus udah pul malah brebet..kenapa ya bro makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. klip jarum karbu udah bner?
      itu pertanda kurang pengapian atau jg keborosan setting karbu..

      Hapus
  66. air screw putar kanan brarti campuran makin kaya ,ke kiri campuran makin miskin ya mas?supra x 125 punyaku tak naikin MJ nya dari 75 ke 88 gak masalah ya,karena kalo siang panas tarikannya kempos,itu aku pake kit nya absolut revo yang mj nya 88,tanya dong..kenapa ya selain supra x 125, revo blade dan helm in supra x hj nya lebih gede di banding supra x secara supra x lebih besar cc nya di banding revo ,blade ,thanks ya terus berbagi ilmu mas bro..smoga jadi amal sholeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda gede jarum nya bro.. yg ngatur lubang jg jarum skep..
      kalau jarum skep hsx125 kecil.. jd semburan bensin lbh banyak
      kalau jarum revo gede..

      Hapus
    2. trus sarannya gimana bro?abis tak gedein mj nya askselerasinya ringan,tapi agak boros,apa di balikin lagi standar ya??...eh punya tips tutorial kohar honda grand legenda?di share dong thanks yaa

      Hapus
    3. terserah.. lha wong standar nya sudah enak bro hehe
      korek motor d blog sya satu nya bro.. banyak

      Hapus
  67. bro mau tanya nih , Jupiter Mx 2010 cocok nya ukuran pj mj nya berapa dan posisi klip nya bagaimana ?

    keadaan mesin ,karbu , knalpot standar hanya leher knalpot nya yang diperbesar ,

    karburator sudah tanpa box dan filter udara

    , Cuma Cdi ganti pakai BRT dan Busi Platinum

    mohon saran nya bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap standar aja bro..
      kalau berkenan ya mj aja beli yg lbh besar.. std 105 kan, coba 110 atau 115..

      Hapus
  68. oke bro terimakasih atas informasi nya

    BalasHapus
  69. gan kalo nyetel stasionernya tinggi gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. efeknya ya ibaratkan motor digas dkit walau ga dibuat jalan.. bensin lbh rakus, mesin cepat panas
      disetel sekitar 1200 rpm bro biar ga mati dan jg ga terlalu tinggi

      Hapus
  70. Wah Masnya banyak nih ilmu dan pengalamannya.
    Mau ikutan nanya nih mas, motor ane absolute revo 110cc.
    Agak banyak nih nanyanya hehe.
    1. Bisa gak busi iridium di motor saya jadi merah bata?Soalnya saya tanya setiap teknisi kalo mau servis selalu jawab gak bisa.
    2. Seting Needle Clip Position itu dibagian mana ya di karbu revo?
    3. Ada bengkel gak Mas biar tak bawa aja motornya langsung hehe...

    Terimakasih Mas sebelumnya buat jawabannya dan maklum aja masih pemula hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. gak bisa cz suhu mesin gak tinggi, beda ma motor balap yg kompresi tinggi dan bersuhu tinggi
      2. itu klip di jarum skep, bongkar skep nya, keluarkan jarumnya
      3. rmh saya di Jember bro, haha

      Hapus
  71. Gan mau tanya, saya pake karbu PWL KL 26. Buat Vespa. Mj & PJ nya masih bawaan, kalau di gas agak loding dulu. Busi warnanya coklat. Kira2 seting nya harus gimana biar gak loding.?

    BalasHapus
  72. Misi Mas Bro, mau nanya nih motor ane vega r new dan sudah ganti karburator dengan shogun sp 125 dan rubah leher kenalpot standar dengan yang lebih besar sedikit, PJ / MJ pakai standar bawaan vega r 17.5 / 115 nya tapi dirasa masih kurang optimal kecepatan. minta pencerahannya kira-kira pj / mj nya sudah tepat atau kuran pas untuk mendapatan speed yang optimal??? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. karbu shogun 125 pj mj bawaannya adalah 15 dan 97.5
      kalau pakai bawaan vega r new jadi 17.5 dan 105 bro..
      dan kalau pakai mj 115 jelas terlalu besar bro, shg motor malah tidak lari..

      mending spuyer bawaan karbu shogun aja 15 97.5 nya..
      itu sudah enak buat vega..

      lubang porting diperbesar sedikit agar nafas lbh panjang

      Hapus
  73. kalo vega r (103cc) saya mau saya tukar karbu dengan karbu rx king,nah itu ngaruh ga ke akselerasi?terus kalo sudah ditukar karbu ada yg harus ditukar lagi ga biar maksimal?apa karbu saja sudah cukup mksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas terlalu besar untuk vega std pakai karbu king..
      pemasangan dapat menggunakan manifold mio, spuyer bawaan rxs, tp tetap saja terlalu basah..

      akselerasi pasti lebih kuat, akibat venturi yg lebih besar.. namun akan boros akibat krg maksimal..

      Hapus
    2. Gan jupiter mx cw saya mesin standar, knalpot udah pake yang kaya di sirkuit, karbu udah diganti punyanya rx king/26mm, biar motor gak mati di saat ditarik spontan gasnya itu gimnana, trus badan karbu biar gak dingin saat mesin hidup/jalan itu gimna dan saat putaran tinggi mesin gak mau di poollin gasnya itu gimna ya?
      Maap nih nanyanya banyak. :D pemula gan
      Makasih

      Hapus
    3. itu karena setting spuyer ga tepat..
      pilot jet dan main jet terlalu besar itu..

      Hapus
    4. Biasanya pekenya punya apa gan yang di bawah karbu rx king?

      Hapus
    5. punya rx s,, coba aja ntar krg apa atau gmn lagi
      hehe

      Hapus
  74. Gan, motor gua shoter F1 suzuki, ketika motornya hidup, gak bisa di gas,, gmna solusinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk solusi saya blm mengerti betul..
      tp itu tanda kurangnya pasokan bahan bakar, ibarat karburator perlu di choke terlebih dahulu..

      Hapus
  75. Numpang tanya ya, itu maksudnya 1 putaran itu 360 derajad atau cuma 180 derajad? soalnya ada yang bilang maksudnya 1 putaran itu 180 derajad. Makasih sebelumnya.

    BalasHapus
  76. yang namanya 1 putaran secara matematika 360º bro..
    orang hebat tuh yg nemuin 1 putaran 180º
    :D

    BalasHapus
  77. mau tanya master, kawasaki athlete karbu pb 18, setel angin ke kanan tuh nutup kan? artinya nutup udara bukan? shingga bensin yg bnyak tersedot saat langkah hisap, dan artinya lbih kaya.. (nambah bensin) atau kebalikannya ke kanan itu nutup bensin? mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semakin ke kanan semakin nutup ke dlm.. berarti angin ditutup = bensin doang yg masuk.. kaya bensin..

      kalau ke kiri semakin terbuka hingga baut lepas = angin terbuka → bensin dicampur udara yg banyak dan miskin

      Hapus
  78. mau tanya nih. vario 110 karbu masih std. baru ganti knalpot racing tsuk**i. namun tarikan terasa ngempos di jalan datar dan tanjakan. kira2 kenapa ya mas? apa yang perlu di sesuaikan biar seimbang baik akselerasi dan topspeednya? terima kasih mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. main jet nya krg besar.. beli 108 atau 110

      Hapus
  79. Sebelumnya maaf kalau saya pengen curhat sedikit....
    Saya mau nanya buat para master roda 2 yang terhormat,
    Saya beli karburator PWL 28 ori punya ninja yang skepnya di lapis teflon (beli di dealer resmi kawasaki) Harga Rp. 1.200.000 yang saya pake buat Honda mega pro tahun 2005 tapi sudah jadi 200cc CDI racing dan Koil Racing (Merk BRT) dan busi masih standard, awal dipake karbunya tidak ada masalah tetapi setelah dipakai 1 bulan timbul masalah yaitu saat malam atau cuaca dingin gas lambat turun dan terkadang RPM naik dengan sendirinya (masalah ini cuman muncul saat malam atau siang hari saat cuaca dingin karena hujan tetapi kalau cuaca panas tidak ada masalah walau gas di betot full untuk kenceng2 an) kemudian saat malam saya stel karbu menjadi basah masalah akan hilang hanya saja stelan basah tidak nyaman buat berkendara karena suara yang nembak2 dan naik motor serasa naik kuda terus menurut saya itu bukan solusi kalau harus stel kering untuk siang dan stel basah untuk malam.
    Saya sudah cek skep tidak ada masalah masih mulus tanpa beret.. coba gonta ganti manipol punya tiger sama scorpio tapi tetep aja penyakitnya gk hilang, gonta ganti pilot jet main jet dari mulai yang kecil sampe besar juga penyakitnya belum hilang, saya lubangi skep dan nambah per juga penyakit masih ada, menutup lubang choke juga penyakit masih belum sembuh.
    Kemudian saya juga sempet terfikir namun belum saya aplikasikan yaitu menarik kawat dari mesin yang tujuan saya mengalirkan panas dari mesin ke karbu (karena saat malam karbu terasa dingin dan terkadang sampai berembun)

    Saya mohon bantuan dari para master kalau saja ada yang pernah mengalami masalah seperti saya dan tolong berbagi informasi...
    sementara karbu tidak saya pake karena belum ketemu cara memperbaikinya...
    maaf kalau tulisan saya terlalu panjang

    BalasHapus
    Balasan
    1. mikuni VM28 kalau Ninja RR
      keihin PWL 26 kalau Ninja R

      bawaan yg skep teflon memang begitu, ketika hujan macet..
      sering dibersihkan pakai kain kering atau tisu tanpa dilumasi skep ataupun dinding skep nya..
      http://motor.otomotifnet.com/read/2012/11/23/336354/235/27/Cara-Atasi-Skep-Karburator-Kawasaki-Ninja-150RR-Nyangkut

      kalau berembun itu mah pasti terlalu basah setelannya, oh ya noken as standar nggk?

      Hapus
  80. Gan,mau tanya setelan angin karbu mikuni vm 28 ninja rr berapa putaran ya biar pas?? PJ:27.5 MJ:270 knalpot sudah racing,, masih pakai filter ferrox. Mohon pencerahan nya gan y?? Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk putaran angin" sendiri kalau nggk nyetel langsung susah.. =D
      caranya stationer di besarkan dlu
      angin" diputar kanan mentok trus balik kiri hingga rpm tertinggi.
      apabila rpm tinggi saat angin" ke kanan mentok, brarti PJ kurang gede
      kalau balik kiri jauh baru rpm naik brarti PJ kebesaran.

      tapi biasa nya Ninja RR ganti knalpot racing pj standar bisa kok, main jet yg di setel dlu hehe

      Hapus
  81. bro caranya supaya suara motor brebet gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau brebet bisa naikkan pilot jet 1 step..

      Hapus
  82. Mau tanya bro, saya pake pwl 26 di jupie mx,. Pertama pasang wkt gas dipelintir koq malah turun ya rpm nya & ada "tembakan" jg di knalpot. utak atik spuyer & jarum skep sama saja. Terakhir bs normal karena lubang di mangkuk karbu yg ke choke saya tutup. Jadi skrg klo choke ditarik cuma angin saja yg masuk. Kira2 knapa ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. karbu ne rusak opo piye?
      haha
      masih standar karbu nya?
      tentu setting spuyer nya butuh kesabaran cz kombinasi kan spuyer memang harus peka

      Hapus
  83. Kak, kalo stelan kaburasi buat jupiter mx yg cocok, juga biar lebih irit gmna kak..?
    minta solusinya y kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. irit nggk nya ga cuma karburator bro. hehe
      pastikan kondisi motor sehat,
      kalau dr karburator sendiri kondisi bersih
      pj 20 mj 103.8 atau 105
      angin2 kira" 2 putaran

      Hapus
  84. Hla kalo caranya bikin biar mx saya itu irit trus peforma lari tidak turun, tanpa ganti karburassi gmna mas bro...?

    BalasHapus
  85. Gan mohon info ukuran diameter botol skep+cut away-nya karbu VM28 sama PE28 brp ya?
    Terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. diameter skep tentu sama 28 mm.
      kode 28 yg dimaksud adalah diameter skep itu.
      tinggi venturi belum tentu segitu hehe
      untuk cutaway skep maaf saya tidak hafal.

      Hapus
    2. Ooo... brati kode ukuran di nama karburator itu bukan ukuran venturi ya? Tp ukuran diameter skep... yayayaa.. baru tau...
      Makasih gan infonya...

      Hapus
  86. mksudnya niddle clip itu apakah jarum skep gan ??? trus klo iya gmna cara nyetel supaya posisinya ada di tgh2 (nomor 3)

    BalasHapus
    Balasan
    1. needle clip itu kancingan jarum skep broh.
      cara pasang nya tinggal tekan aja ke jarum nya di posisi coakan tengah
      lepas nya cabut pakai tang atau tekan aja jarum skep d lantai.

      Hapus
    2. posisi clip itu sndiri pengaruhnya sbenernya untuk pa ya gan :o
      sy jg msih dlm thp blajar otak atik krbu :D. skrang ini sya pke pwk sudco di ninin

      biasanya konsumsi bbm nya pke karbu ini brapa ya.. apa suhu ada reviewnya..kyaknya sih emng lbh bros dibandingkan krbu bawaan..tp sesuai lah sama tenaganya. thanks suhuu penejlasannya
      .. :D

      Hapus
    3. posisi klip itu berpengaruh terhadap setting mesin juga
      kan fungsi jarum nya sendiri adalah menutup/membuka saluran bensin main jet.
      apabila klip ada di plg atas, tentu setting menjadi kering karena jarum semakin ke bawah (semakin menutup saluran bensin)
      yg lebih terasa adalah di posisi saat kemiringan jarum skep berada dimana.
      biasa nya ciri" setting klip ga as itu bukaan gas setengah ngempos atau brebet

      Hapus
  87. Maaf gan saya mau tanya motor saya blade saya bobok knalpotny untuk seting mj\pj nya ukuran brp ya terus jarum skep perlu baik ga kira2 soalnya warna busi agak keputihan kering.makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pj dan mj standar blade 35/80
      coba pj 38 dan mj 85 dengan setting angin" kembali

      Hapus
  88. mau tanya gan, saya baru ganti knalpot racing...untuk setting karbu yg ideal bagaimana ya gan.? motor saya honda absolute revo...makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ckup naik pilot jet dan main jet 1 step lebih besar saja.
      motor standar ckup kok

      Hapus
    2. kalau pakai PJ dan MJ supra cocok ga gan.? trus apakah perlu setel angin lagi.? trims...maklum masih pemula gan...hehehe...thanks buat jawabannya

      Hapus
    3. absolute revo spuyer standar nya 35/88
      nyari PJ 38 bisa ambil punya supra x 100
      nyari MJ 90 beli variasi/racing punya supra (standar supra 72, 75)

      Hapus
  89. Maaf gan,mau tanya,bsakah agan kirimkan sistem pengapian vega zr,ke email agustri_ 81@yahoo.co.id,maaf kalau di luar diskusi karbur,masalahya saya kesulitan alur kabel kabelya....uda pada di ganti mau rakit ulang,,kbel bdy ga ada...thaks

    ''

    BalasHapus
  90. santai aja bro hehehe
    yg km maksud ini bngung merangkai komponen apa?
    kabel vega zr simpel kok
    nggk punya skema nya aku hehe

    BalasHapus
  91. Gan master yg terhormat, mohon pencerahan...
    Motor ane kharisma, naik stroke 2mm, OS100, karbu PWL26, sering mbrebet, padahal sdh stel jarum skep....masih ngeyel mbrebetnya, mj pj masih bawaannya...

    BalasHapus
  92. jelas spuyer nya terlalu besar.. beli ukuran yg lebih kecil..
    coba beli ukuran 40 dan 125

    BalasHapus
  93. Gan...mohon bantuannya...
    motor saya spacy, baru ganti karbu pe24 scarlet, tapi setelah dipasang knalpotnya jadi berasap dan bau bensin...gimana gan cara mengatasinya...sudah setting karbu kebengkel belum hilang juga asapnya...apa gan yang slah..sya ngak paham soalnya gan...

    BalasHapus
  94. Bos mau tanya ukuran PJ sama MJ karbu PE28 yang cocok buat KLX 150 standard gak ada pergantian apapun kecuali knalpot bobokan
    Tolong saranya ya bos

    BalasHapus
  95. setelannya terlalu basah masih. setting nya kurang tepat

    BalasHapus
  96. Mksih gan atas jawabannya untuk motor spacy td...
    jadi ukuran PJ sama MJ nya yang tepat kira2 brp gan...yang lain msih standar...

    BalasHapus
  97. wah kalau ukurannya kurang tahu bro..
    soalnya karbu jarang pe24 itu :D
    pasti nya kecil sekali minta nya..
    bisa jadi antara 42-100 atau 40-100
    spuyer bawaan angka nya brapa?

    BalasHapus
  98. Oo...gitu ya gan...
    saya ngak tau gan bawaan nya berapa...mau tanya yg jual dlu gan.hehe...

    BalasHapus
  99. Gan..maaf ggu, saya yg tnya ttg krbu pe 24 mtr spacy kmrn...
    ngak dijwb lgi gan sama yg jual krbu brp ukrn pj & mj nya...sya ngk tau gan, gk brni bongkar.hehe...
    jdi...klau ditarik ksimpulan gmna ya gan...apa pj & mj nya kekecilan / kebesaran klau mnrt prkiraan agan...

    BalasHapus
  100. kebesaran bro, dan lg ingetku spuyer pe24 itu beda bentuk dan susah nyari nya :D

    BalasHapus
  101. Oo...susah ya gan nyari nya..gimana jd solusinya ya gan...apa ganti knalpot standar racing aja ya gan..hehe

    BalasHapus
  102. ndak menyelesaikan mslah ntar :D
    disumpel serabut aja pilot jet nya..

    BalasHapus
  103. Saya ngak berani gan, tkut serabut nya ptus, trus msuk ke mesin nanti.hehe...
    Btw mksih ya gan atas jwbannya...

    BalasHapus
  104. Gan..maaf ggu lgi, saya yg tnya ttg krbu pe 24 mtr spacy kmrn...
    setelah saya bongkar karbu pe24 nya ternyata pj mj nya 35-110 gan...jd brp gan ukurn pj mj yg tepat klau mnrut agan...

    BalasHapus
  105. cari jarum nya yg gendut aja..
    susah juga nyari main jet kecil..

    BalasHapus
  106. Oo...gitu ya gan...berarti pj mj nya ngak usah di ubah...jarum nya aja ya gan yg di ubah...

    BalasHapus
  107. mas mau nanya. Motor saya jupiter z burhan tahun 2009, motor saya kalau di jalan larinya tidak bisa cepat dan bengsinya boros? Gimana tusolusinya? Apakah setelan karburator nya atau bagaimana?

    BalasHapus
  108. mohon servis besar, meliputi
    1. cek filter
    2. cek karburator
    3. cek kebersihan porting, ruang bakar, & klep
    4. cek kompresi dari ring piston, kerapatan klep
    5. kualitas pembakaran

    kalau sudah servis masih nggk lari, motor mu standar apa nggk? hehe

    BalasHapus
  109. Gan motor ane vario 110 , knalpotnya bobokan, pake karbu pe 24 pj 35 mj 90 putaran bawahnya enak tapi pas tengah ke atas kaya ketahan gtu , ada solusi gan ?

    BalasHapus
  110. cek warna pembakaran busi nya,, kalau putih tentu saja main jet terlalu kecil

    BalasHapus
  111. gan, mau tanya nih.

    ane punya motor new supra fit.
    masalahnya ketika dipake nanjak motor kerasa gak ada tenaga walau digigi 1 tanpa boncengan.
    nah kalo tuh jarum skepnya diturunin apa ngaruh ya ke akselerasi waktu ditanjakan walau tanpa jetting pilot jet?

    maklum dulu pake shogun 125 hajar gigi 1 gasspol pake rpm tinggi bisa tega. tapi kalo pake supra fit ane kurang tega coz rasio gigi 1 nya pendek sekali. hehehe..... trimakasih :D

    BalasHapus
  112. itu memang dari karakter noken as nya (karakter bawaan mesin motor e)
    shogun kuat rpm tinggi
    supra rpm rendah

    jelasnya jarum skep diturunkan jd berat bro..
    seperti di cekik bensin nya..
    susah nafas haha

    BalasHapus
  113. Gan mau tanya lagi nih .
    Kenapa ya klx w di posisi rasio 1-4. Responnya cepet . Maksimal 100 km/h.
    Tp klo w over k posisi rasio ke 5 .. kok jadi lemot ya naiknya .
    Apa pengaruh MJ kekecilan
    Tolong bantuannya gan..
    Spek motor :
    Karburator PE 28, CDI Brt Dualband.
    Makasih

    BalasHapus
  114. seharusnya gigi 4 ke 5 motor klx 150 sangat rapat dan hampir tidak terjadi perubahan speed yg signifikan..
    mungkin lemot naiknya karena sudah limit rpm mesin nya

    BalasHapus
  115. Gan,ane punya revo 110cc tahun 2011,ane mau tanya nih kendala motor ane sma mau tanya tips agar motor ane bisa naek top speednya.
    1.waktu speed di kecepatan 60-65kpj body motor mulai mengeluarkan suara,setelah lepas dari kecepatan 65kpj suara knalpot ane jadi teriak,tenaga juga nambah,tpi bodynya masih geter gitu,apa harus digenti bautnya?mesin masih dengan kondisi std
    2.waktu saya tekan body dibawah stang motor sebelah tangan,motor jadi lebih gesit,gigi tiga bisa tembus 90kpj,tpi klo dilepas,bodynya geter lagi
    3.revo 110cc ane ntar mao ane genti ama knalpot fu std,kira kira enak nggk suaranya? Udah gitu aja maklum masi newbie,please fast respon mas novan 😊

    BalasHapus
  116. nggk pakai box filter tah?
    suara knalpot sih tergantung selera, standar e satria ya tergolong rata2.. sudah bnyak yg pake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Letaknya dimna ya?oh ya klo genti knalpot fu std tenaga ningkat nggk?

      Hapus
  117. kotak filter itu loh yg ada saringan di depan e karburator..
    kotak hitam

    ganti knalpot begitu tentu tarikan lebih enteng
    dengan setting yg tepat tenaga akan bertambah sedikit

    BalasHapus
  118. Om..mau tanya donk..
    Motor saya KSR 110..seher 54.
    Karbu dr pb18..
    Pb18 pj/mj nya 38/72 (std)..
    Ud boreup ke seher 58..mj/pj jd 40/75..
    Nah..skrg gnti pe24..kira" jd brp yah ukuran mj/pj nya..Skrg pke ukran 35/102..masih ad yg kurang rasanya..
    Tmbh cdi BRT..

    Trims om..

    BalasHapus
  119. beda karbu beda pula setting nya hihihi
    dengan spuyer segitu busi menghasilkan warna apa?
    kalau putih kurang bnyak bensin
    kalau hitam terlalu bnyak

    yg tengah itu indikasi ke MJ
    yg pinggir itu ke PJ
    kalau digas tengah2 brebet/ngok brarti posisi jarum skep nggk pas atau malah nggk cocok

    BalasHapus
  120. Satu putaran brp derajat?

    BalasHapus
  121. secara matematika 1 putaran selalu 360 derajat

    BalasHapus
  122. Suhu kasik pencerahan donk..
    Kalok karbu tiger biar ngk ngok dan ngasak kalok lepas filter gmana? Tiger ane 2004

    BalasHapus
  123. semua motor memang gitu suara nya kalau lepas box filter..
    ga bisa bro..
    biasa nya nggk terdengar karena knalpot freeflow yg bersuara keras

    BalasHapus
  124. Numpang curatcoret dong, setingan angin standar karbulator ninja rr(mikuni vm28 ) dengan knalpot racing. Yg aman ke mesin dan gk ada efek samping,

    BalasHapus
  125. ya sama seperti motor standar cara settingnya,
    posisi gas tertutup, langsam dinaikkan ke 3000 an aja
    angin2 ditutup trus dibuka sampe rpm tertinggi
    kecilkan lg langsam nya ke 1400-1600

    semisal hasil nya:
    angin2 tertutup rapat = rpm tertinggi, pilot jet beli yg gede 1 step (#30)
    1-2 putaran = rpm tertinggi, pas. mgkn kalau atasnya kurang narik main jet nya yg minta gedean.
    dst.

    BalasHapus
  126. Gan mau tanya motoor saya klx 150 pake karbu pwl 26 ori ninja saya ganti pj 38 mj 120 mj di sumpel pake se helai kabel tembaga kecil tp atas nya berebed yaa atas nya kurang lepas gitu bro cara ngatasin nya gmna ya minta resep yg enak dong skalian minta setingan angin nya bro makasih

    BalasHapus
  127. kebesaran main jet nya..
    coba 110 saja. inti nya kalau brebet dan busi hitam tengah nya = main jet terlalu besar

    BalasHapus
  128. Mas mau tanya, motor saya kurang lepas tenaganya pada putaran rendah seperti kurang bensin. Lalu Saya besarin MJ nya dengan di kilik, trus jadi enak. Tapi kalau ke esokan hari nya di pake motor kembali lagi ke semula seperti kurang bensin lagi, kira2 apa yang kurang dalam penyetelan Karbunya.??? Terimakasih atas jawaban nya

    BalasHapus
  129. setting karbu kembalikan ke standar pabrik nya
    itu dengan catatan mesin tidak bnyak ubahan

    problem sperti itu terjadi akibat adanya kebocoran, entah pada katup atau saluran nya.

    BalasHapus
  130. Oh jadi daripada di akalin pake serabut mending main jet nya ganti ke 110 aja gan ? Kirain di akalin pake serabut bakal pengaruh hhee

    BalasHapus
  131. Saya punya jupiter z burhan.. Saya punya 4 karburator, 1 asli sisanya tidak. 3 (termasuk yg asli) bisa langsam tp begitu di gas langsung mati, spuyer, per dan jarum keempat karbu sudah dikombinasikan, hasilnya tetap sama. satu lagi tidak bisa langsam (kalo digas, rpm lama turunnya). Mohon masukannya, sudah 2 setting, belum ada hasil.. Txs...

    BalasHapus
  132. coba dicek pada karbu yg bisa langsam tp ga bisa digas, bensin nya mau masuk di mangkuk karbu nggk?
    bs jadi setelan pelampung/kondisi jarum aus.

    kalau rpm lama turun bisa jadi ada kebocoran.
    coba cek Oring di intake msh bagus ga? miring nggk pasang manipol nya?

    BalasHapus
  133. bro...mau nanya.. Blade 110 saya habis ganti seher kaze 53mm, karbu masih standar, saya ganti seher bkn krn sehernya rusak tp power standarnya sering drop klo gas full, skrg power mulai ngisi tp dispeed 60 s/d 70 km/h mesin bergetar, setelah 70 km/h mulai hilang, diatas 90 km/h mesin berteriak power terus ngisi 100 km/h bisa lebih broo, tp sayangya di sby jalannya gk bisa nyaman diatas 100 km/h, blum sempat tes jalur luar kota... kira2 mj/pj nya diganti ukuran berapa ya?? thanks...

    BalasHapus
  134. pj naik 1 step
    mj 2 step.

    saya kira cukup

    BalasHapus
  135. setelan sudah pas tentu irit dan kenceng.
    setting kering malah mesin cepat aus dan performa loyo
    setting basah bensin lbh boros dikit

    tentu cara setting angin2 berpedoman pada rpm tertinggi pada bukaan screw tanpa mengubah bukaan throttle = setting pas

    BalasHapus
  136. Tuan rumah. Ane mo nanya nih.

    Kenapa klo gas gw tarik, jalan y motor jadi mati kadang malah pelan trus gatgot" gitu.

    Kenapa ya?

    BalasHapus
  137. sebelumnya motor apa tuh?
    kalau karbu vakum mgkn membran nya bocor
    kalau karbu yg ada ACV/CE mgkn sobek jg karetnya

    atau motor jadul mgkn pengapiannya hilang

    BalasHapus
  138. Mas Novanda, mtr sy ninja r, sdh tak ganti knlpot free flow, pj dan mj naik 1 step, utk setelan angin 1 seperempat putaran, tp saat gas diputar kira" 1/2 putaran motor mbrebet. Mohon solusinya, terima kasih.

    BalasHapus
  139. cek warna busi nya..
    lek putih = kurang bensin
    lek hitam = kebanyakan

    1. angin2 blm tepat
    2. spuyer kurang tepat

    BalasHapus
  140. Bro ini buat stelan irit bbm ngak bro

    BalasHapus
  141. mas....mo nanya.
    sy pake knalpot freeflow di klx.karbu pe 28.angin 1,5 putaran.mj 120 pj 40 ,filter ditutup.brebet di putaran atas.apakah mj sama pj nya perlu diubah? klo diubah ganti brp ya.

    BalasHapus
  142. main jet nya kebesaran. coba langsung 110

    BalasHapus
  143. Maaf mas mau tanya..ane pake DT 150 mesin bore up 61 noken as bubutan.cdi brt dual..karbu pwl26 keihin ori ninja r..tapi setingannya gak pernah nemu..selalu brebet di tgh..pj 40 mj 115..jadi kudu piye ya mas??hehe maaf nubi..makasih

    BalasHapus
  144. kalau busi nya hitam ya kebesaran spuyernya..
    lek tengah yg bermslah brarti posisi klip jarum skep nggk pas.

    BalasHapus
  145. Mas novan mau tanya dunk..
    Vega r new pakai piston sonic 58 klep sonic knalpot creampie
    Kalau pake karbu king pj mj dan jarum skep yg pas berapa ya..dan angin2 karbu kisaran di nerapa bukaan nya..
    Tq

    BalasHapus
  146. posisi spuyer standar dan angin2 1,5 putaran apa blm ckup?
    kalau belum ya setting lg bro haha

    BalasHapus
  147. Spuyer segitu knalpot adem banget mas..
    Gk ad basah2 nya..padahal busi item rada2 merah gitu..udah pas kek nya...

    BalasHapus
  148. Mas bro mau nanya, motorku vega r 2007 setelan udara karburatornya kalau diputar 1,5 putaran malah tidak stabil langsamnya / tersendat-sendat tapi kalau disetel 1 putaran malah stabil, apakah itu wajar?
    Semua onderdil masih standar pabrik mas bro.

    BalasHapus
  149. ya wajar aja. brarti di daerah mu minta segitu

    BalasHapus
  150. Mas mau nanya, motorku jupiter mx tahun 2010 karbu masih standar ukuran pj 22.5 dan mj 110. Masalahnya kalau di gas tiba2 atau di gas secara spontan langsung mati. Itu masalahnya dimana mas ? Tolong bantu mas apa masih perlu ubahan pada pj dan mj nya atau bagaimana. Thx

    BalasHapus
  151. rata2 semua motor gitu..
    digas mendadak mati
    dibuat jalan tp gitu juga ga? haha

    BalasHapus
  152. Cara setting basah gimana?setelan udaranya diputar ke kanan atau kekiri?dan kalau diputar ke kanan atau ke kiri fungsinya apa?

    BalasHapus
  153. tergantung tipe karbunya bro.
    kalau motor bebek yg non vakum putar ke kanan itu jd basah karena saluran udara semakin ditutup.
    kalau diputar ke kiri itu jd kering karena saluran udara semakin terbuka

    BalasHapus
  154. Selamat pagi bro, maaf mau tanya
    Rx king os150
    Cdi/Coil standar
    Karbu vm28 pj45/mj290
    Angin 1,5
    Tarikan bawah enak, RPM7000 ke atas brebet/endut2an kaya mau mati, kira2 pj/mj berapa yg pas?
    Trmksh sblmnya.

    BalasHapus
  155. cek busi nya hitam apa nggk?
    seperti nya terlalu besar main jet nya

    BalasHapus
  156. Mau tanya mas
    Vega 2005 seher kaze 100, klep shogun, cdi&koil mio 5tl, karbu pe24 ori thailand.
    Cocoknya pake kombinasi pj&mj ukuran berapa mas? Sekarang masih pake spuyer bawaan (pj 38 mj 112).
    Terima kasih

    BalasHapus
  157. Mas bro,saya mau tanya ni,
    Saya punya jupiter mx 2010,knalpot diganti menjadi knalpot vega tapi hanya ujung yg digunakan,
    Pertannyaan saya mas bro,kenapa ketika di gas kuat keluar asap warna hitam agak banyak dan asapnya bau oli,tolong infonya ya mas bro

    BalasHapus