Minggu, 05 Agustus 2012

Fungsi Lubang pada Moncong Karburator

Di moncong karburator (biasanya menghadap ke luar) terdapat lubang. Masing-masing lubang itu memiliki fungsi yang berbeda. Yuk disimak lubang karburator JupiterZ.. ehehehe
Terlihat pada gambar di atas ada 4 lubang kecil dan 1 lubang venturi (tertutup skep). Pernakah kalian menganalisa fungsi dari lubang itu? Apakah hiasan atau kah berfungsi penting? Menganut prinsip dari ilmu fisika, yaitu manometer dengan venturi meter, lubang tersebut merupakan saluran udara agar tekanan di mangkuk karbu lebih tinggi dibanding di lubang venturi.
Hal ini menyebabkan cairan naik dan bercampur dengan udara lalu di hisap ke ruang bakar. Lubang tersebut ialah:
1. Menuju ACV.
2. Menuju piston choke/cuk.
3. Menuju Pilot Jet.
4. Menuju Main Jet.

9 komentar:

  1. Main jet itu ap harss ditutup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ditutup langsung brebet motornya malah mogok

      Hapus
  2. Tutup lubang main jet
    Dan pilot jet auto jadi helikopter

    BalasHapus
  3. Jadi lubang yang ke pj dan mj itu ngisep angin atau ngeluarin bahan bakar gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg di moncong itu jalur angin masuk menuju ke PJ/MJ

      Nanti tercampur antara bbm dan udara di tengah, lalu terhisap mesin dari lubang belakang

      Hapus
    2. 2bos ane mau nanya .yang deket pilter udar ada dua lubang yq bagian bawah lubang apa ya

      Hapus
    3. Maksud dua lubang di motor mio yang berdekatan pilter udara lubang apa ya bos

      Hapus
    4. Yg bawah jurusan main jet, atas ke vakum karbu

      Hapus
  4. Kalau lubang di venturi pj dan mj nya baru bisa spontan gasnya ( karbu PE26) di aplikasi ke skywave ( apakah berdampak buruk pada mesin, tks

    BalasHapus