Home » » Menyetel Celah Klep Yamaha Jupiter

Menyetel Celah Klep Yamaha Jupiter

Written By Novanda S.T. on Sunday, August 19, 2012 | 1:28 PM

Hampir semua mesin 4-tak punya masalah seperti ini. Suatu ketika terdengar suara kasar, tapi teratur pada kepala silinder. Terutama setelah menempuh jarak lumayan jauh atau dari 2.000 sampai 3.000 km. Contohnya: Yamaha Jupiter. Solusinya? Disarankan agar menyetel ulang klep demi kenyamanan berkendara. 

Jika dilihat dari segi pemakaian, tiap konsumen berbeda-beda. Bagi yang sudah menempuh batas sebagaimana disebut di atas, pasti merasakan keluhan serupa. Jangan khawatir. Setelah di setel, bunyi berisik bisa hilang. Lha, nyetelnya gimana gan? Kerjain sendiri saja saat mesin masih dingin. 

1. Parkir motor di tempat rata.


2. Buka sayap samping kiri-kanan pakai obeng plus (+). Tujuannya agar, agar aktivitas lebih gampang.

3. Bawa obeng minus (-) ke sisi sebelah kiri mesin. Buka penutup lubang kruk-as, berikut lubang pengintipnya.

4. Buka penutup klep masuk dan buang dengan kunci ring 24 mm.

5. Agar klep bisa disetel, kondisi piston harus pada Titik Mati Atas (TMA), atau biasa disebut TOP. Yaitu, pada langkah kompresi. Caranya, putar krus-as menggunakan kunci T atau Y berukuran 17 mm, hingga saat dilihat pada lubang intip, garis I pada magnet sejajar dengan tanda pada lubang 

Saat menentukan langkah kompresi, jangan hanya berpatokan pada tanda I. Perhatikan juga posisi pada platuk katup masuk dan katup buang, posisi keduanya harus dalam keadaan bebas tidak menekan katup masuk dan katup buang. Jika kedua platuk masuk dan buang belum bebas, putar lagi kruk-as satu putaran.

6. Sudah dapat posisi Top-nya, longgarkan mur tapet (platuk) pakai kunci ring 8 mm. Jangan terlalu longgar, cukup di buka sedikit. Terpenting baut setelan katup bisa digerakkan. Sekarang caranya, selipkan feeler gauge di celah antara pelatuk dengan katup. Aturan ukuran ideal pelat feeler gauge-nya 0,05 - 0.10 mm untuk katup masuk, sedangkan buangnya lebih tebal 0,08 - 0.13 mm.

7. Jika feeler sudah diselipkan, kencangkan baut tapet pakai kunci tapet atau tang lancip. Agar bisa tahu celahnya sudah tepat, tarik feeler pelan-pelan sambil mengencangkan baut tapetnya. kalau ditarik sudah agak seret, berarti ukuran sudah pas. Kemudian kencangkan mur tapet menggunakan kunci 8 mm.

0 komentar:

Custom Search