Jumat, 14 September 2012

Bahan Bakar Racing for Competition Only

Motor road race dengan kompresi tinggi, butuh nenggak bahan bakar dengan oktan tinggi. Bahan bakar berkategori racing fuel dengan penggunaan For Competition Only alias untuk kompetisi.

Di Indonesia ada beberapa produsen yang menyediakan bahan bakar khusus ini. Yakni Pertamina dan Elf. Keduanya menjual dengan eceran. Bahkan Pertamina menjual lewat SPBU alias pengisian bahan bakar biasa. Yuk lihat spesifikasi bahan bakar ini, berapa harganya dan cara membelinya.


PERTAMAX RACING
PT Pertamina (Persero) menambah metode penjualan Pertamax Racing melalui penjualan dengan outlet dispenser di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).
Direktur Marketing & Trading Pertamina Hanung Budya mengatakan Pertamax Racing outlet ini didesain sesuai pertumbuhan penyelenggaraan balapan. Memerlukan dukungan bahan bakar berkualitas tinggi dengan standar internasional.

Di Jabodetabek bahan bakar dengan RON minimal 100 tersebut kini disediakan melalui outlet dispenser di dua SPBU. Yaitu SPBU COCO 31.129.02 Kuningan dan SPBU COCO 31.122.40 Pertamax Series di Pondok Indah.

Pertamax Racing Fuel sebagai Bahan bakar balap mampu menghasilkan daya dan torsi tinggi tanpa menimbulkan detonasi bersifat ramah lingkungan. Didesain untuk kompresi mesin di atas 10:1. Pertamax Racing ini dibanderol dengan harga Rp 35.000 per liter. Harga Pertamax Racing bersifat tentative sesuai perkembangan harga minyak dunia.

AVGAS 
Avgas merupakan bahan bakar yang biasanya digunakan untuk pesawat terbang, Avgas biasa dikenal dengan sebutan bensol. Kadar oktan bensol biru 102 dan bensol hijau 104 ini juga digunakan untuk motor yang sudah spek up alias motor balap.

Namun, pemakaian bensol tidak akan berpengaruh terhadap motor yang kompresinya masih dibawah 11 : 1. Bila kompresi engine tidak tinggi, malah tenaga bisa drop. Tapi bila digunakan di engine yang memiliki kompresi tinggi, bensol menjadi doping yang paling ampuh bagi motor spek balapan. 

Tapi ingat, karena kadar timbal yang terdapat di bensol sangat tinggi jadi jangan digunakan terlalu sering, akibatnya bisa timbul kerak di dalam ruang silinder. Bayangkan saja, pesawat yang sudah jelas menggunakan bensol saja musti tempuh perawatan pembersihan engine dari kerak menggunakan bahan aditif.


ELF RACING FUEL 
Produsen ELF memiliki 5 kategori racing fuel. Pertama LMS dengan oktan 101,2, WRF dengan angka oktan 101,6, Turbo Evo berangka 102, AVSP oktannya 107 dan paling tinggi Turbo Boost 115. Dari kelima varian itu, 4 unleaded. Sedangkan satunya Turbo Boost masih menggunakan leaded (bertimbal). Yang biasa digunakan untuk balap road road race adalah WRF dan LMS dan AVSP.

Pabrikan sendiri bisa membuat bahan bakar dengan nilai oktan yang sangat tinggi. Namun demikian hal ini akan mubazir, karena terkait dengan kebutuhan akan sirkuit juga daya tahan material motor. Pernah di tes ELF Racing Fuel dengan oktan sangat tinggi di salah satu motor road race. Mesinnya rontok.

Untuk membeli ELF Racing Fuel memang tidak mudah. Sebab, bahan bakar ini diperuntukan khusus. Harganya Rp 85 ribu per liter. Untuk ELF Racing Fuel dijual dengan satu drum berukuran 50 liter lewat distributor tunggal, Rizal Sungkar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar