Selasa, 25 September 2012

Memperpanjang Umur Camrat Jupiter


Awas ketika odometer mulai menginjak 60 ribu Km, rantai camrat mulai bikin ulah. Karena aus bagian pin bushingnya, kemudian menyebabkan tegangan camrat kendor. Saat berkendara jadi berisik, lantaran suara mesin tak bisa halus. Meskipun sudah dilengkapi dengan tensioner model automatis, tetap saja kemlitik.

Sebab, push rod tensioner sendiri memiliki limit batas tekanan ke karet tensioner untuk menstabilkan tegangan rantai camrat. Tapi sekarang entar dulu jangan keburu mengganti rantai camrat? sebab ada trik spesial buat pemilik Jupiter-Z. Lumayan, itung-itung untuk mengirit biaya maintenance.

Caranya mudah, pertama bongkar tensioner dari dudukannya. Kemudian ujung push rod tensioner tambahkan dengan mur baja (kunci 12) dan satukan dengan las listrik. Cara ini dilakukan untuk memperpanjang tonjokan puh rod ke karet tensioner.


Dan untuk karet tensionernya, ganti milik Crypton atau Vega lama yang masih 100 cc. Secara desain karet tensionernya sama, hanya saja di bagian tapak pijakan push rod lebih nonjol. Sehingga efektif menstabilkan tegangan rantai camrat, ketika ditekan push rod. Untuk karet tensioner milik Crypton kode nya 4ST. Cara ini sesuai dengan prakteknya, bisa memperpanjang umur camrat hingga 4 tahun lagi.


Keterangan: 
Karet tensioner Crypton 4ST : Rp. 132 ribu 
Mengelas push rod tensioner: Rp. 10 ribu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar