Senin, 17 September 2012

Tips Untuk Kabel Koil

Koil merupakan salah satu komponen pengapian pada mesin sepeda motor. Fungsinya untuk menaikkan tegangan dari aki sebesar 12V menjadi ribuan volt. Tegangan tinggi ini yang nantinya disalurkan ke busi dan memercikkan api. Kabel koil merupakan penyalur tegangan tinggi tersebut. Kabel ini dilapisi oleh karet yang berfungsi mempertahankan arus agar tidak meloncat dari kabel. Kabel ini pun dapat aus dan pecah. Apa yang terjadi jika kabel tersebut pecah? Performa motor pasti turun karena terjadi miss-fire. Listrik akan meloncat ke ground terlebih dahulu sebelum mencapai busi (kebocoran listrik).

Ada beberapa penyebab terjadinya kebocoran listrik. Pertama bisa dari retakan pada kabel koil yang memiliki bahan kurang bagus. Kedua juga dapat dari usia pemakaian koil. Letak kabel ini berdekatan dengan mesin sehingga menerima panas secara terus menerus dan menyebabkan karet kabel pecah.

Berikut tips mencegah sekaligus mengatasi kebocoran listrik pada kabel koil:
1. Pasang Selang
Selang plastik seukuran dengan luas penampang kabel dapat menutupi retakan kabel koil. Selang tersebut bisa didapatkan dari selang pelindung kabel gas/choke atau dari selang air biasa. Caranya hanya menyelubungkan selang tersebut sepanjang kabel koil.



2. Isolasi Kabel Tersebut
Selain selang, isolasi juga dapat digunakan sebagai pelapis kabel. Caranya bersihkan kabel dari debu agar isolasi merekat dengan kuat. Lalu isolasi kertas dilekatkan dengan kabel lalu dilapisi dengan isolasi hitam/isolasi bakar.

3. Sealer
Penggunan sealer lebih efektif digunakan di sambungan kabel menuju cop busi atau sambungan kabel ke koil. Kurang efisien jika mengoleskan sealer ke seluruh permukaan kabel busi.

4. Pentingnya Ground
Dudukan koil berfungsi sekaligus dengan proses grounding. Kalau koil hanya dipasang pada satu dudukan ground saja, arus yang masuk ke koil kurang maksimal dan output tegangan akan turun. Performa motor pun bakal merosot dan kejadian ini terasa saat putaran mesin sudah tinggi. Mesin akan terasa meledak ledak karena busi kurang mampu meloncatkan bunga api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar