Home » » Tips Memperpanjang Pemakaian Kampas Kopling yang Tipis

Tips Memperpanjang Pemakaian Kampas Kopling yang Tipis

Written By Novanda S.T. on Tuesday, October 2, 2012 | 3:02 PM

Kampas kopling memiliki batas ketebalan minimal agar putaran mesin mampu diteruskan dengan baik. Hal ini dapat dirasakan mulai dari tarikan berat, bahan bakar boros, dan gejala selip kopling. Sebaiknya ganti kampas kopling tersebut jika sudah melewati batas minimal standarnya.

Namun, bagi orang yang berkantong pas-pas an jangan berkecil hati. Ada cara untuk memperpanjang pemakaian kampas kopling yang sudah tipis (kelewat batas minimal nya), yaitu:

1. Merendamnya di dalam bensin selama kurang lebih satu jam
Proses perendaman ini bertujuan agar kampas kopling menebal kembali. Dengan melakukan cara ini, pemakaian kampas kopling dapat bertambah kurang lebih 6.000km. Hanya saja kampas kopling sudah lebih keras dibandingkan dengan kondisi baru. Cara ini masih menimbulkan gejala slip kopling.

2. Menganjal per kopling dengan ring setebal 2mm.
Sebenarnya ini merupakan cara lama di sekitar tahun 2000 an. Cara ini bertujuan agar per kopling mampu menekan kampas kopling ke plat gesek. Alhasil, kampas kopling yang sudah tipis ini akan memberikan performa yang baik karena ia mampu menyalurkan putaran mesin ke plat gesek tersebut. Hanya saja kenyamanan perpindahan gigi akan berkurang karena semakin kerasnya per kopling menekan kampas. Berikut cara memasangnya, klik di sini.

0 comments:

Post a Comment

Label

karburator (104) kelistrikan (54) komponen (237) kopling (55) pelumasan (28) pengapian (38) perawatan (204) produk (170) rem (24) rumus (25) timing (46)