Kamis, 01 November 2012

Jedek Kopling Manual Smash Bikinan Jimmy Hamdani

Jedek Kopling Manual Smash Bikinan Jimmy Hamdani - Pasang kopling manual di Suzuki Smash atau Shogun 125, kopling sentrifugal perlu direhab. Caranya dimodifikasi dengan mematikan fungsinya. Sehingga putaran kruk-as yang menggerakan susunan gigi rasio lewat bantuan kopling manual lebih cepat tersalurkan alias responsif. 
bentuk jedek modifikasi sendiri
Namun untuk mematikan fungsi kopling sentrifugal kebanyakan mekanik mengakali lewat cara mengelas sepatu kampas sama rumah kopling sentrifugal. Atau membuat bos baru dari pipa sok digabung gir depan sebagai spacer gir primer (gbr. 1). Tapi, begitu mau balik ke standar, biasanya bikin cacat. 
jedek buatan
Nah, kalau enggak mau merusak mending manfaatkan bos jedek bikinan Jimmy Hamdani (gbr. 2). Selain bebannya lebih ringan tidak mengurangi torsi kruk-as, lubang bos jedek mirip as bandul dan produk bermaterial vero carbon (VCn) ini didukung dudukan pegangan kunci ring 22. Saat memasang atau ingin mengencangkan mur pengikat bos jedek pakai kunci 19, tidak perlu ganjal gir primer-sekunder pakai obeng min berlapis kain tebal alias aman. 

Kalau memang berminat, komponen yang dibandrol seharga Rp 125 ribu ini juga mudah dipasang. Sedang satu set peranti asli kopling sentrifugal bisa simpan di tempat aman tanpa harus dibuat cacat. Tapi, bak kopling lebih dulu dibuka. Caranya, melepas 8 buat dan kick-starter-nya. 

Setelah bak kopling terbuka, lanjut mur sepatu kampas kopling sentrifugal dikendurkan pakai kunci ring 19. Kemudian seperangkat kopling otomatis ini dikeluarkan untuk diganti bos jedek. Tentunya setelah tuas pengungkit di setang dan di rumah kopling juga sudah diterapkan kopling sistem manual. 
jedek presisi
Baru deh bos jedek ditancapkan ke poros kruk-as, lewat lubang bos yang bentuknya juga dirancang seperti poros kruk-as (gbr. 3). Lalu biar tidak copot akibat putaran tinggi, mur 19 dipasang dan sebagai mur kontranya bisa manfaatkan mur 22 bos jedek.

Jedek Yamaha Force-1


6 komentar:

  1. dimana dijualnya?
    ap ad nomor yg saya bisa hubungi?

    BalasHapus
  2. wah maaf bro..untuk nomer kagak tau
    untuk alamat ada di Jl. Gedong Panjang, No. 48, Jakarta Utara.

    BalasHapus
  3. Itu kalo di pasang ngga getar yaa bro..? Kan berat'y jadi lebih ringan dibanding sama kopling sentrifugal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. getar sih nggk. yg pengaruh getar itu center nggk nya balancer
      cm kalau dibuat ringan begini d gigi 3 dan 4 kyk nggk kuat naik rpm mesin nya.
      torsi nya hilang.

      Hapus
  4. Kalo mau jadiin standart bisa gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal pasang kopling sentrifugal aslinya beres

      Hapus