Siap Menerima Order Anda

Siap Menerima Order Anda
Jasa modif noken as motor. Domisili di Jember, Jawa Timur.
Home » » Rekomendasi Saat Pasang Klep Lebar

Rekomendasi Saat Pasang Klep Lebar

Written By Novanda S.T. on Monday, November 5, 2012 | 10:54 PM

Rekomendasi Saat Pasang Klep Lebar - Ada beberapa hal yang direkomendasikan mekanik saat kita akan mengaplikasi klep lebar. Apa saja rekomendasi tersebut? Berikut beberapa poin saran saat akan memasang klep lebar.
head yamaha YZ450F

  1. Klep OptimalKlep optimal menurut Graham Bell yaitu klep IN sekitar 45-55% diameternya dari diameter piston yang digunakan. Untuk Klep EX sekitar 85% diameternya dari diameter klep IN. Ukuran klep yang sesuai kan memberikan nafas motor yang panjang karena suplai udara dan bahan bakar lebih lancar.
  2. Ruang Bakar Fleksibel
    Ciri lain yang disukai mekanik yaitu dari bentuk ruang bakarnya dibikin fleksibel. Artinya volume ruang bakar bisa diatur ulang sesuai dengan rasio kompresi yang diinginkan. Kalau kompresi kepengin lebih rendah, silakan ruang bakar dikikis. Agar volume jadi membengkak. Biar presisi ukur meggunakan buret ketika head dipasang.
  3. Sisi Keteng Diperlebar
    Sisi keteng diperlebar agar bisa dipasang piston besar. 
    Sebab kalau menggunakan head standar pabrik, terkadang perlu ditambal las argon aluminium. Kalau tidak ditambal, kompresi sering bocor ke ruang keteng. Coba perhatikan permukaan sisi yang menghadap ke rantai keteng.
  4. Drat Busi PanjangDrat busi juga kerap jadi kendala kala kita melakukan bore up besar. Itu karena kita memperlebar dan memperbesar ruang bakar. Akibat pemapasan ruang bakar yang ektsrem, drat busi jadi korban. Ulirnya jadi tinggal sedikit. Riskan alias gampang selek. Akibatnya kompresi mudah bocor atau bahkan busi lepas.  Makanya mekanik kerap mengelas mati lubang busi dengan aluminium lebih tebal. Kemudian dilubangi ulang dan diberi lubang serta ulir yang panjang. Nah, head yang bagus lubang ulirnya sudah dibuat panjang. Untuk businya bisa meggunakan milik Honda Karisma, Jupiter MX atau Suzuki Satria F-150.
  5. Potong KlepAksi potong klep kerap dilakukan apabila kita pasang katup lebar. Disesuaikan dengan hasil akhir pengerjaan tukang bubut. Dalam menentukan ukuran pemotongan batang klep disesuaikan dengan pegas yang digunakan. Bekas pemotongan batang klep kudu dihardener.
  6. Korek Lubang IN/EXSehabis bikin head klep gede biasanya kita korek lubang isap dan buang. Besar lubang isap bisa 80-95% dari diameter klep. Sementara lubang buang 65-75% dari diameter lubang isap.
  7. Tanpa SekirPengerjaan sekir klep sederhana tapi bikin bete. Kalau menggunakan proses pemesinan yang canggih, biasanya tidak bocor. Seperti head buatan BRT dan Kawahara ini langsung pakai. Kalau dimasuki bensin dari sisi klep tidak bocor.
    sisi rantai timing perlu dicostum
    lubang drat busi diperkuat
    ubah sudut perlu finishing yang rapi

0 komentar:

Post a Comment

Custom Search