Selasa, 06 November 2012

Rekondisi Yamaha Alfa '88

Rekondisi Yamaha Alfa '88 - Sosoknya masih banyak beredar di metropolis. Konsumen setia lebih suka memakainya di dalam kota, sebagai sarana commuter bike. Di jalanan macet, Alfa bisa dibanggakan sebab, akselerasinya yang ringan serta postur bodi mungil, jadi tetap diminati kaum hawa saat membelah kemacetan.
yamaha Alfa 100 cc
Bagaimana cara merekondisi Alfa saat berusia hampir 23 tahun meramaikan dunia roda dua Indonesia?
1. Benahi double starter
Sesuai dengan segmen yang memakai rata-rata kaum hawa, maka perangkat starter wajib dimaksimalkan. Untuk memudahkan dalam pemakaian. Kunci utamanya cuman di rotor spul, bushing, arang brush dan kabel double starter. Problem yang paling sering terjadi, rotor mulai ditumpuki kerak kehitaman, arang brush aus dan kabel mulai nge-vong.

Untuk problem arang brush aus dan kabel ngevong, bisa diatasi dengan penggantian. Kalau rotor kumparan spul cukup dibersihkan. Oh ya, periksa juga bushing sebagai dudukan rotor kumparan, kadang juga mengalami aus. Kalau aus, mesti dibawah ke service dynamo starter, dimana bahan bushing nya banyak terdapat disana. 

2. Sil perlengkapan mesin
Di Alfa terdapat sil poros pedal starter, sil poros persneling, sil magnet dan sil poros gir belakang. Paling fatal sil magnet, sebab di Alfa sil ini bertugas sebagai penjamin kepadatan kompresi saat gas segar dibilas. Letaknya di sisi kiri, dibalik rotor magnet. Mudah untuk pemeriksaan fisiknya, sebab kalau sudah aus di sekeliling as kruk timbul kehitaman basah macam busi yang keborosan bensin. Kalau sampai terjadi hal seperti itu, secepatnya dilakukan penggantian. 

Begitu juga dengan sil pedal persneling, efek spindle yang mulai aus pada titik-titik engselnya, putaran poros pedal persneling tak lagi bisa berputar di satu titik. Tapi cenderung terpuntir dan terjadi gerusan pada sil poros persneling. 

Kalau sampai terjadi hal ini, jangan hanya dilakukan penggantian sil poros persneling saja, lebih baik lakukan semi overhaul untuk membongkar kalter bagian kanan (kopling) dan lakukan pemeriksaan pada spindle, penerus gerakan poros persneling ke drum shift penggerak gigi transmisi. Berikutnya, kalau sil poros gir belakang dan sil poros pedal starter aus, itu cuman efek terlalu lamanya sil dan cukup dilakukan penggantian sil yang orsi. 

3. Silinder tromol belakang
Rata-rata di bagian ini, kampas rem sudah ditambah dengan plat pengganjal, efek diameter dalam silinder tromol yang makin besar. Dengan maksud, kampas rem berada pada kondisi stand by siap membuka atau mendekati silinder tromol agar pijakan pedal rem lebih efektif.

Kalau keterusan main ganjal, bidang pad kampas rem makan silinder tromol jadi nggak rata, cenderung yang terkikis di bagian yang diganjal saja. Maka lebih bijak kalau dilakukan penggantian tromol. Tak perlu pakai orsi Alfa, bisa dikanibal dari Jupiter-Z. Sebab, diameter silindernya sebanding dengan Jupiter-Z. Dipastikan pengereman belakang jadi makin pakem. Dan untuk pemakaian bearing dan as roda amputasi sekalian milik Jupiter-Z. 

4. Usung sok depan F1Z-R 
Memang susah ketika rem masih menganut model tromol, jadi timbul ketergantungan dengan rem belakang. Kalau ditakar dengan perkembangan motor saat ini, jelas ketinggalan. Pilihan tepat kalau sok depan diganti milik F1Z-R yang sudah dilengkapi dengan lubang dudukan adaptor kaliper. Sipnya, diameter inner tube sama dengan lubang pengikat pada segitiga. Lanjutkan mengganti tromol depan milik F1Z-R, komplit dengan cakram, kaliper dan master. Dijamin pasti lebih modis dan safety. 

5. Membran ganti bertulang karbon
Saat deselerasi, raungan mesinnya tak bisa bersih, masih saja timbul pembakaran susulan. Sehingga dalam pemakaian macam gas mbandang, tapi sebenarnya tidak. Problem ini biasa terjadi efek dari daun membran yang mulai memble, atau tak bisa menutup rapat. 

Maka untuk mengatasi hal ini, bisa mengikuti gaya tuner road race yang menangani bebek 2 tak. Yakni lewat pemakaian membran bertulang karbon yang tahan suhu tinggi. Jadi lebih akurat dalam mengontrol suplai gas segar ke lubang bilas. Cara ini secara tak langsung juga bisa menghemat dalam pemakaian BBM. 

6. Power mesin lebih liar 
Kalau kebetulan yang menunggang masih remaja, power mesin bisa dibesarkan lagi. Dari spek standar stroke (50 mm) dan bore (52 mm), cukup dibesarkan diameter silinder. Cukup kanibal piston Yamaha RX-S over size 100 (54 mm), lumayan kapasitas mesin bisa dikatrol hingga 114, 45 cc. 

Asumsinya, porting dalam liner silinder mesti diseting ulang, sesuai dengan posisi piston saat berada di TMA dan TMB. Agar jalur lubang transfer dan lubang buang tak terhalangi posisi piston, saat gas segar dan gas buang bersirkulasi. Kalau sudah diporting, maka dalam penggantian subtitusi nya pertahankan pakai piston RX-S, agar power bisa sebanding dengan motor yang lebih muda. 

7. Kaca head lamp buram 
Bukan kesalahan pemilik, sebab spare head lamp yang orsi susah dilacak meskipun di bengkel resmi tingkat 1 sekelas main dealer. Tak ada cara lain terkecuali membesarkan rumah head lamp dan merapikannya pakai fiber, untuk mengganti head lamp milik F1Z-R.

54 komentar:

  1. Bianyanya bisa untuk beli motor 4 tak om, legenda nya honda.. irit

    BalasHapus
  2. ini kita bicara tentang rekondisi bro..
    kan hak orang mau gimana? hehe
    legenda asyik, irit! wkwk

    BalasHapus
  3. kangen dengan raungan 2tak, akhirnya ane beli ALFA 94 buat obat kangen.. saat ini lagi ane rekondisi.. rencana mau ane pake in velg ring 16" biar lebih gesit n lincah buat zig-zag diantara kemacetan... hehehe, tahan siksa ni motor

    BalasHapus
  4. bener banget bro..
    enak buat lari wkwk

    BalasHapus
  5. Ane punya alfa 94.warisan dr nyokap.:-).msh standart semua,tp lumayan bisa nglalap mio" ama supra.:-)

    BalasHapus
  6. memang 2 tak kuat larinya..
    punya saya yamaha v80 oversize100, kompresi bocor bisa ngebalap new honda revo absolute wkwkwk

    BalasHapus
  7. Untuk blok kopling bs d pasang punya f1zr?

    BalasHapus
  8. bisa masbro..sekalian aja buat kopling tangan..hehe
    tinggal beli perlengkapannya aja (stut kopling, kabel kopling, handle lever di setir)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kira kira abis berapa om? Blok poswan + stut kopling + kabel kopling + handle lever di setir?

      Hapus
    2. nyari nya susah sekarang hehe
      kira" aja nih, bak kopling f1zr 1 set sama tuas 350 rb
      kabel mah kw 10 rb, ori 25 rb mgkn
      handle yg biasa bisa 30 rb, yg ori lebih

      Hapus
  9. Gan, ane punya alfa IIR '95, masalahnya ada pada dobel starter padahal aki gress, dipencet start cuma bunyi ctek.. ctek.. . & kalo pas kelamaan di geber , mesinnya suka mati sendiri. Gimana gan solusinya ??
    Masalah lain : totok depan & reflektor lampu susah carinya... (Setya,Malang)

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. brush atau tembaga di dalam dinamo starter minta ganti.. sama dengan kepunyaan FIZR
      2. suka mati sendiri nya sperti apa? kalau tiap kira" 2 km mogok silahkan ganti koil.. kalau overheat cek pnyebabnya
      3. untuk stok barang yg susah saya ga bisa kasih solusi :D
      memang langka part motor tua -_-

      Hapus
  10. gan, magnet yamaha alfa ane rusak, pas coba magnet f1zr api ny gk ktemu kata mekanik ane, penjelasan ny g mna tu y gan?, yg cocok ganti magnet apa?, soal d tmpat ane spare part alfa susah di cari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja kok magnet nya.
      mgkn kabel2 ada yg ga bener.

      Hapus
  11. Om mau tanya. Ane baru beli yamaha alfa tahun pembuatan nya di stnk sih 2000 tapi di google ane liat tahun 92 om. Ane beli kemaren malem eh pas ga lama ane pake motornya mati om. Di sela sela ga mau. Di underbone baru mau om, kira kira kenapa? Terus karbunya juga bunyi ngok ngok kalo di gas awal. Ga bisa di lepas gas nya om, ane pake karbu pe24 punya poswan (kata orangnya) mohon dibalas ya om. Kayanya oli sama busi ngaruh ga om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru OL lagi hehe
      punya f1zr vm22
      hehe
      ada kemungkinan setting ga pas atau blok udah dikorek alias ga standar.

      Hapus
  12. Spul pengapian alfa bisa kanibal mtor apa om

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas nih..
      spul nya yg model 2 ya?
      kalau iya brarti masih cocok dengan saudara V series, RX King, dsb.

      Hapus
  13. Laher shift cam alfa sy rontok, nyarinya susah bgt. Kanibalnya pake ap ya.. Sama punya f1 bsa ga ya..
    Ukuran diameter luar 38, dalam 32, tebal 11. klo ad tlg sms kesini 085759225830. satu set sama shift cam nya jg gpp. dah ke cikapundung,SKF,etc bga ad

    BalasHapus
  14. Om ane punya champ 92 oli pda rembes dr silk kruk as sama silk presneling luar dalem kra2 silk2y t sama punya fizr ga?

    BalasHapus
  15. km lihat nomer nya
    setahu aku sama saja hehe

    BalasHapus
  16. Om mau tanya nih kalo kiprok dan kabel gas tanpa cabang pompa olsam alfa tahun 89 bisa kanibal dari motor apa mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  17. kiproknya sendiri sama dengan semua bebek yamaha.
    mulai jupiter lama, jupiter z, jupiter robot, mio lawas atau baru, scorpio, mx. hihihi

    kabel nya sendiri agak susah kalau pnp, harus modif lg.
    biasanya cari yg panjang trus dipotong seperti bawaan shogun seingatku.
    saran sih bawa kabel gas std, beli yg lbh panjang dengan model di holder yg sama

    BalasHapus
  18. om ane bru mungut alfa nie, bekas lelangan pemda setempat.. masalahnya pas ane perhatiin nie motor klo abis jalan pasti ada netes oli dbawahnya.. ane raba ane cium baunya kyk oli sampingnya, kebetulan ane pke castrol. kra2 knp ya itu om?? solusinya gmne?

    BalasHapus
  19. mungkin seal oli di area pompa oli samping aus.. kan ada 3 sil itu, kecil 2 besar 1

    BalasHapus
  20. Mau tanya suhu,, untuk alfa bisa ga manifold plus membran plus karbunya di cangkok punya nya fizr?? Mohon pencerahan nya suhu..

    BalasHapus
  21. Bisa cangkok punya fiz ke alfa cuma ya penyesuaian sedikit dong.. yamaha V80 saya saja pakai fiz

    BalasHapus
  22. Kalian sangat membantu dari segala pertanya an yang saya mau tanyakan tadinya. Thank bro.. Jadi mrasa ada solusi.

    BalasHapus
  23. Mas saya punya Yamaha sigma.apakah bisa di ganti bak kanan F1Zr sekalian kopling manualnya.trima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok.. lebih enak kalau dapat sepaket mesin full clutch

      Hapus
  24. Tromol jupiter apakah bisa dipasang ke alfa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok.. Jupiter lama vega kecil masih sama.. kalau Jupiter z kampas dan tutup nya lebih besar, bisa asal 1 set

      Hapus
  25. Om blok poswan/fizr bisa dimasukin ke alfa ga? Tanpa rubah tusuk mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba beli paking nya fizr saja dan dipasangkan ke alfa.. kalau bisa terpasang pasti bisa blok head fizr ke alfa

      Hapus
  26. Mau tanya bang, alfa sy piston udh os 200 ,,kira2 pake piston fizr bisa ngga y.. Os 200 diameter nya 52 dan klo diameter std fizr 52..jdi mau di pasang piston fizr os 0.25

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. jangan lupa lubang" nya dikikis dikembalikan ke ukuran standar agar performa nyaman seperti sedia kala

      Hapus
  27. Om mau tanya kurang jelas dibagian manifold sama boring
    Untuk manifold dan membran sama ga ya dudukannya?
    Terus boring apa sama dudukannya sama boring alfa
    Maaf orang awam om🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manifold membran bisa aplikasi fizr beserta karburator..

      Untuk boring alfa dengan fizr beda diameter piston saja.. standar juga gpp

      Hapus
  28. Sekalian mau tanya Sama suhu suhu kalo boring isi Yamaha alfa bisa pake boring isi F1Zr atau force 1 ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yamaha alfa bisa pakai fizr karena sama.. beda hanya di diameter piston lebih kecil alfa, lainnya sama

      Hapus
  29. Gan mau tanya.alfa saya ganti piston f1zr os25 squish had gak di bubut cuman lubang kenalpot di poring dikit . . Kok ngejim terus. Biar gak ngejim terus harus di gimanin ya mohon solusi . Makasih .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngejim bisa dari karburator.. pj mj tidak disetting sesuai bore up yg dilakukan.. walau hanya sekitar 2 mm, d 2 tak sangat pengaruh ke kebutuhan pj mj

      Olsam boros pasti ngejim kalau pj pj standar

      Hapus
  30. Gan ane punya alfa IIR 95 masalahnya ada pada doble stater klo dotombol doble staternya hanya bunyi kekekee trus tpi kayak gak nyantol padahal cdi baru pulser baru dan gak bisa lansam bunyinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek pelor one way di belakang magnet maupun cage di dalam kampas kopling sentrifugal/ganda

      Hapus
  31. Om, mesin alfa di ganti sama boring fiz r pnp gk omm?

    BalasHapus
  32. Bang"mau tanya, magnet alfa IIR sama magnet fizr beda nggak

    BalasHapus
  33. Pg bg..sy punya champ 91 engkel mau tukar mesin sm alfa 96 yg dobel..kira kira bisa g klau bloknya ttp pake champ soalnya biar ga ilang no mesinya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dobel nya di crankcase kiri kan? Nyatu sama nomor mesin di kiri? 😅

      Mending segelondong naik ke rangka, crankcase asli disimpan saja

      Hapus
  34. Numpang tanya mas boring alfa original pake piston 53 kuat gak mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa.. tp harus porting polish ulang agar tidak terlalu turun lubang akibat piston besar

      Hapus
  35. Mesin alfa pnp rangka fis r ngga min??

    BalasHapus