Sabtu, 01 Desember 2012

Alasan Suspensi Depan Yamaha Jupiter Lebih Stabil


Alasan Suspensi Depan Yamaha Jupiter Lebih Stabil - Tipe sama, tapi pegangan sokbreker depan punya perbedaan. Ini terjadi di generasi Yamaha Jupiter dan Jupiter-Z burung hantu. Sok depan Jupiter dan Jupiter-Z generasi pertama tahun 2004 sampai 2006 akhir, berbeda dengan Jupiter-Z keluaran 2007-2009. Sokbreker merupakan suspensi penerima beban akselerasi dan deselerasi saat motor digas. Kalau begitu, apa cuma rasa dari tiap pengendara saja yang bikin berbeda.
beda pegangan suspensi teleskopik
Jupiter (kiri), Jupiter Z burung hantu (kanan)
Masalahnya bukan gampang order 1 set sokbreker depan dengan segitiga nya  Pastinya cuma beberapa pemilik motor pabrikan Yamaha yang bisa pesan khusus seandainya mau ganti sokbreker depan dan segitiga Jupiter-Z burhan dengan versi Jupiter-Z 2004-2006. Ayo cek di mana perbedaannya peredam kejut Jupiter-Z 2004-2006 dengan versi 2007-2009 alias Jupiter-Z burung hantu atau disingkat jadi Jupiter-Z burhan. Disebut Jupiter-Z burhan karena kedok lampu mirip tampang depan burung hantu.

Konstruksinya sama dan diameter tabung dan as-nya sama. Ternyata, bedanya ada pada tinggi dan pegangan as yang berbeda. Jika dilihat dari foto, perbedaannya Jupiter-Z 2004-2006 dengan Jupiter-Z burhan ialah foto di bagian atas, segitiga sokbreker Jupiter-Z 2004-2006 dan foto di bagian bawah, segitiga Jupiter-Z burhan memiliki perbedaan, yaitu di baut pegangan as sokbreker di kedua foto segitiga Jupiter-Z itu. Versi lama satu baut, versi 2007-2009 sudah pakai dua baut.

Perbedaan tinggi as sokbreker jelas kelihatan kalau kedua motor ditelanjangi.  Selongsong Jupiter-Z 2004-2006 lebih pendek dibanding Jupiter-Z burhan. Per dalamnya juga begitu. Panjang pernya lebih panjang yang versi Jupiter-Z burhan. Tapi, suling sok keduanya sama.

Karena itu, ada cara yang mengakalinya. Pastinya tahanan as sok di segitiga versi burhan harus dirancang ulang. Caranya nat penahan as sok harus dipapas dan dibikin rata. Setelah itu tinggal dinaikkan as sokbreker sesuai keinginan. Setelah lubang pegangan as dipapas rata, biasanya tinggal baut bawah atasnya yang dipasang. Baut bawahnya enggak perlu. Malah, ada yang lebih ekstrem lagi di anak-anak balap liar. Bagian baut atasnya di papas. Tinggal satu baut bawah yang dipakai. Setelah itu tinggal disesuaikan volume oli soknya.

6 komentar:

  1. pantes jupiter Z 5tp 2003 ane lebih menggigit ditikungan ketimbang JupiterZ burhan 2007 milik ibu ane

    BalasHapus
  2. Saya pun baru sadar setelah lihat segitiga motor gw haha

    BalasHapus
  3. stangnya juga beda bro. jupiter Z 5tp pake stang jepit ternyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, kalau buat balap lebih bagus pakai punya jupiter z. Seperti mx king 150, rata2 pakai segitiga jupiter z1

      Hapus
  4. Saya mau tanya ini min untuk motor mx 2008 bisa pake shock jupiter apa yak selain mx apa bisa pake jupiter burhan atau jupiter robot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa hanya saja lebih pendek.. sebaiknya gunakan ori MX saja

      Hapus