Sabtu, 01 Desember 2012

Bikin Saklar Engine CutOff Sendiri

Bikin Saklar Engine CutOff Sendiri - Cara pasang engine stop, kabel yang diputus dari mana ya? Lihat diagram di bawah. Pasang engine stop kalau di motor balap digunakan ketika darurat. Begitu motor jatuh, supaya singkat dan mesin langsung mati, segera tekan engine stop. Kalau di motor harian, engine stop bisa dipakai sebagai kunci rahasia. Disimpan di bawah jok supaya motor aman dari incaran maling.
diagram engine cutoff bikinan sendiri
Cara pemasanganya mudah dan bisa dilakukan di rumah. Cukup memotong kabel CDI yang nyambung ke massa bodi. Tetapi, perhatikan warna kabel. Warna kabel massa tiap motor itu beda. Di Honda warna kabel massanya hijau, di Yamaha hitam dan Suzuki hitam bergaris putih. Jadi, jangan sampai salah potong.
kabel massa CDI Yamaha berwarna hitam
Setelah potong kabel massa CDI, ujungnya disambungkan ke dua kabel. Satu kabel disambung yang dari CDI dan satu kabel lagi disambung dengan kabel massa bodi yang dipotong itu. Supaya aman langsung diisolasi. Nah, dari ujung dua kabel itu kemudian dipasang sakelar. Supaya rapi, gunakan solder dan timah untuk merekatkannya. Kelar disambungkan, simpan sakelar di tempat yang paling aman.

9 komentar:

  1. kalo supra 125 dan vario warna kbelny pa sama hiju bos..??

    BalasHapus
  2. iya, untuk Honda kabel massa berwarna hijau polos..

    BalasHapus
  3. Salam kenal bos. Langsung ªĴª ya bos, kemarin pas aku coba seperti yg bos terangkan diatas Engine Off hasilnya mantap. Tapi td aku bawa tu motor kira2 10 km perjlanan, berhnti diwarung sbntar, lalu aku starter lagi msh nyala dan jaln kira2 100 mter dari warung td tiba2 motor ku berhenti mendadak, ku starter lg gak mau hidup starter nya bos padahal Skalar Engine sudh ON dan klakson pun tak mau hidup terpaksa pakai kick starter, tpi lama2 kok tenaga mesin motor mkin drop bos.
    Permasalahannya kenapa tu bos?/ apanya yg rusak tu bos? Oya motor ku suzuki New Shogun 110. Terima kasih sebelumnya bos.

    BalasHapus
  4. aki soak nggk tuh?
    kalau saklar yg dibuat bnern nggk yah? hehe

    BalasHapus
  5. Aki nya udah 2 taon pake bos, tapi sebelumnya lancar2 aja smpe kjadian td. Aki nya aku tukar dgn aki kering yg sbelumnya standar aki basah. Saklar menurut perkiraan udah benar, karena diambil dri kabel masa cdi kan bos yg warna hitam bergaris putih ukuran smbungan kabelnya mmng agak besar dari ukuran kabel cdi nya dan saklarnya aku comot dri saklar dispenser penghangat air. Apa ada gngguan dari pengisian batre nya gak bos? Gimana cara men ceknya bos?

    BalasHapus
  6. cek dlu aki nya pakai voltmeter..
    sekring terbakar nggk jg di cek..
    untuk pengisian, jg pakai voltmeter..
    voltmeter psang ke aki, lalu nyalakan mesin hingga 5rb rpm.. kalau terbaca voltase 13 - 15v brarti normal..
    kalau krg atau lbih brarti gangguan..
    kalau aki saja tnpa motor menyala harus terbaca 12 - 12.8 volt

    BalasHapus
  7. Izin tanya gan.
    Motor karisma saya di buat jalan aman aman aja. Terus tiba tiba mati kayak ilang listrik. Kemudian saya matikan kontak terus kontak saya hidupkan lagi kemudian saya stater hidup lagi tu motor gan. Terus jarak nggak nentu mati lagi terus saya ulangin matikan kontak dan hidupkan kemudian saya stater lagi hidup mesin nya. Itu penyebabnya apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu Saklarnya ngk kuat nahan beban arus cdi,
      Makanya pake saklar yg kualitas bahannya bagus cuk

      Hapus
  8. itu antara koil atau busi yg mati

    BalasHapus