Jumat, 07 Desember 2012

Membuat Tabung Skep/Piston Valve Sendiri

Membuat Tabung Skep/Piston Valve Sendiri - Mencari part karburator untuk yang aftermarket itu gampang-gampang susah, terutama skepnya yang kebanyakan sering mengalami oversize atau oblak. Kenapa sering terjadi demikian? Wajar saja jika mengunakan karbu selalu open filter / tidak menggunakan boks filter, jadi debu / pasir dengan mudah terhisap dan menempel di tabung skep sehingga tabung mudah baret. Kalau sudah begini biasanya karbu sudah tidak berfungsi maksimal seperti setting nya berubah, mbrebet seperti kebanyakan bensin, susah langsam, dsb.
skep handmade
Sebenarnya, part-kit nya sudah banyak beredar, tetapi umumnya kita harus beli satu paket part-kit dan harganya pun sama dengan harga 1 buah karbu yang Kw Series. Untuk itu, cobalah beberapa solusi berikut yang mungkin saja sudah umum bagi sebagian orang.


Kali ini kita akan coba membuat tabung Skep Carburator PE Series untuk Venturi 28. Bahan yang di butuhkan adalah :

  • As Sock Bekas Rx king diameter 30mm ( sesuai dengan Diameter Standar Tabung Skep Carbu 28 Pe Series) dan
  • Albronce

As Shock Depan RX-King dan Albronce
Keuntungan menggunakan Bahan dari As shock ini karena material-nya yang kuat terhadap gesekan jadi tidak mudah termakan / oblak dan bobotnya yang berat membantu menutup gas jadi lebih cepat. Lebih baik lagi jika menggunakan barang bekas pakai yang bisa cari di tukang loak atau onderdil bekas jika ingin lebih murah meriah.

Langkah Pengerjaannya:
1. Memotong Sock As depan Sesuaikan dengan Tinggi Tabung Skep yang asli.
memotong as shock
as shock telah terpotong
2. Membuat koin dengan tebal kira-kira 5mm dari albronce.
Sesuaikan diameternya dengan diameter tengah As shock. Untuk mengerjakan pembuatan koin ini memang kita harus membutuhkan bantuan tukang bubut. Namun, untuk yang lainnya, kita bisa mengerjakan sendiri secara manual.
albronze diubah seperti koin
3. Memasukan koin ke dalam Potongan As Shock.
Posisikan tinggi rendahnya posisi koin sesuai dengan Tabung Skep standar. Lalu bor bagian tengah sesuai dengan diameter jarum skep. Agar jarum skepnya tidak lepas dari dudukan nya, bisa di buatkan pengancing atau di lem besi, seperti gambar di bawah.
koin terpasang di tengah as shock
untuk mengunci jarum skep dapat dipaten menggunakan lem
4. Membuat Dudukan Tali Gas.
Bor pada bagian sampingnya untuk dudukan tali gas sesuaikan dengan gambar dari lubang besar menjadi kecil agar tali gas dapat mengunci.contoh gambar di bawah
lubang tempat kabel gas
5. Membuat Jalur Tabung Skep.
Jalur tabung skep berfungsi agar tabung skep tidak bergerak/berputar.Cara membuatnya bisa dengan menggunakan gergaji besi dari atas kebawah. Kedalaman dan lebarnya di sesuaikan kebutuhan.
alur agar skep tidak berputar
6. Membuat Setelan Gas.
Potong dengan menggunakan Gerinda usahakan berpatokan pada ukuran tabung skep yang asli agar tidak terlalu jauh melenceng dari pakemnya.

sudut kemiringan untuk setelan gas
7. Membuat Cutaway.
Untuk cutaway, papas bagian Pantat dengan menggunakan Gerinda dengan berpatokan pada ukuran tabung skep yang asli.
cut away skep
Cara di atas bisa di terapkan juga untuk karbu Reamer, tinggal sesuaikan diameter tabung sesuai dengan yang diinginkan.. Jika ingin mendapatkan diameter tabung yang lebih besar, gunakan as shock lain yang diameternya lebih besar dari RX-King seperti As Shock Tiger diameter 31mm atau Scorpio 33mm. Namun hal ini hanya di rekomendasikan untuk karbu yang telah mengalami reamer dengan dameter venturi yang lebih besar dari standarnya.

1 komentar: