Jumat, 07 Desember 2012

Tips Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan

Tips Membuat Karbu Vakum Jadi Kontan - Karburator vakum (CV) tidak sereponsif karburator konvesional. Masalahnya karburator tipe CV kerjanya berdasarkan kevakuman di ruang bakar sehingga irit bahan bakar. Tetapi, gara-garanya lagi karburator vakum banyak diaplikasikan ke motor keluaran terbaru. Inilah yang menjadi kendala bagi yang memiliki idola kebut-kebutan dijalanan.

Opsi terakhir biasanya orang akan mengganti karbu CV dengan karbu konvesional agar bisa mendapat akselerasi yang di inginkan, contohnya Suzuki Satria FU mengadopsi karburator Keihin PE28 kepunyaan Honda NSR-SP. Namun imbalannya berefek pada konsumsi BBM. Tetapi jangan khawatir, masih ada alternative lain dibanding harus mengganti karburator yaitu dengan memaksimalkan kinerja karburator CV. Caranya cukup dengan membesarkan lubang main air jet yang ada di corong depan, dijamin cara tersebut dapat merespon mesin lebih bagus.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Perbesar Lubang Main Air JetMain air jet itu mirip spuyer. Lubangnya punya ukuran tertentu, tempatnya berada di corong depan. Akan tetapi main air jet ini tak bisa dilepas seperti main jet ataupun pilot jet. Karena itu jalan satu satunya untuk membesarkan adalah dengan mengebor. Pengeboran cukup menggunakan mata bor 1 mm. Perlu diperhatikan untuk melakukan pekerjaan ini nosel alias needle jet harus dilepas lebih dulu. Lantas, Lakukan pengeboran hingga tembus ke ruang nosel tadi.(Coba perhatikan skema 1)
    bagian lubang air jet
    Memperbesar lubang main air jet perlu sekali untuk dilakukan, karena lubang main air jet berfungsi sebagai pengontrol udara pada pencampuran bahan bakar + udara baik di putaran menengah dan tinggi. Dengan membesarkan lubang main air jet maka suplai udara ke needle jet alias nosel lebih lancar. Proses pencampuran udara dan bahan bakar dari main jet bisa berlangsung lebih sempurna. Sehingga respon mesin tidak dirasa lelet karena tidak terlambatnya skep piston naik lantaran suplai udara sudah besar. (Coba perhatikan skema 2)
    cara kerja karburator vakum
  2. Seting SpuyerSetelah lubang main air jet diperbesar, secara tidak langsung lubang main air jet tersebut sudah tak standart maka takaran campuran udara dan bahan bakar wajib dirubah. Ukuran spuyer harus direvisi. Ukuran pilot jet dipastikan turun Sementara main jet naik. Perkiraannya Pilot jet turun satu step. Jadi jika sebelumnya 15, turunkan jadi 12,5. Sedang Main Jet bisa naik banyak, semisal dari 120, naik kan hingga sekitar 150, Untuk kenaikan Main Jet ini paling sip cek kondisi Elektrode busi. Naik kan hingga warna busi muncul kecokelatan.

13 komentar:

  1. mas,motor sy vega r 2004,dan dah bore up pake daleman mesin jupi z. masalahnya,mesin motor sy cepat panas bngt,dan begitu panas,motor ngelitik. contohnya,kalo seumpama ada tanjakan dikit,kecepatan 30 km/pj,begitu putar gas agak dalem agar kecepatan naik,langsung ngelitik parah,dan mesti sy trn gigi 1. kadang gigi satu pun kalo buat akselerasi nglitik jg.
    sy dah coba turunin kompresi,pake pertamax, dan borosin bbm nya serta dah cek klep plus keteng. hasilnya tetep nihil. sy dah frustasi bngt neh. mohon jalan kluarnya dong,... tengkyu masbro.....
    nb. knalpot std dan smua part ori dan stdmas,motor sy vega r 2004,dan dah bore up pake daleman mesin jupi z. masalahnya,mesin motor sy cepat panas bngt,dan begitu panas,motor ngelitik. contohnya,kalo seumpama ada tanjakan dikit,kecepatan 30 km/pj,begitu putar gas agak dalem agar kecepatan naik,langsung ngelitik parah,dan mesti sy trn gigi 1. kadang gigi satu pun kalo buat akselerasi nglitik jg.
    sy dah coba turunin kompresi,pake pertamax, dan borosin bbm nya serta dah cek klep plus keteng. hasilnya tetep nihil. sy dah frustasi bngt neh. mohon jalan kluarnya dong,... tengkyu masbro.....
    nb. knalpot std dan smua part ori dan std

    BalasHapus
  2. mas,motor sy vega r 2004,dan dah bore up pake daleman mesin jupi z. masalahnya,mesin motor sy cepat panas bngt,dan begitu panas,motor ngelitik. contohnya,kalo seumpama ada tanjakan dikit,kecepatan 30 km/pj,begitu putar gas agak dalem agar kecepatan naik,langsung ngelitik parah,dan mesti sy trn gigi 1. kadang gigi satu pun kalo buat akselerasi nglitik jg.
    sy dah coba turunin kompresi,pake pertamax, dan borosin bbm nya serta dah cek klep plus keteng. hasilnya tetep nihil. sy dah frustasi bngt neh. mohon jalan kluarnya dong,... tengkyu masbro.....
    nb. knalpot std dan smua part ori dan std

    BalasHapus
  3. oli sudah ganti mas bro?
    jupiter z oz 0? diameter seher 51mm, asal dome nya ga lebih dari 2mm kompresi g gede amat..
    udah pernah hitung rasio kompresi?

    mungkin timing pengapian motor anda terlalu maju sehingga ngelitik walau sudah turun kompresi, diborosin, n pakek pertamax..
    cek top magnet dan top noken nya harus lurus ke arah depan
    untuk gambar yang noken klik di sini http://adf.ly/Fz6pP di nomer ke-10. kebetulan gambar punya jupiter jadi mirip lah
    untuk magnet itu ada sepi (spi) yang buat ganjel magnet di batang kruk as juga harus lurus ke arah top noken.
    cara nya buka magnet pakek tracker magnet vega

    klo top udah di cek ganti ke celah klep. coba 0.07mm in 0.10mm out
    servis sendiri atau bengkel? coba dealer resmi cz gw kejadian gitu karena
    1. pengapian terlalu advance/maju
    2. kompresi bocor, minta ganti pack nya

    BalasHapus
  4. tengkyu atas masukannya. motor yg ngerjain bengkel. dan udah di ulang 3kali tp blm beres jg. oke deh,coba sy ke dealer aja. tengkyu masbro....
    eh,maaf skalian nanya,sy br 2 bulan pake mio j,kalo di ajak lari,tenaganya kaya nahan trus ngelos,nahan ngelos,gitu dah. sy dah cek busi sama filter bgs. kira kira apanya ya mas bro,

    BalasHapus
  5. MIO-J
    karakter kuat di RPM bawah
    kaya akan torsi di putaran bawah!!
    haha memang seperti nyangkut2 lari nya >80kpj
    itu motor jangan di geber2 dlu bawa 60kpj aja biar awet kan bru 2 bulan..
    biar komponen yang bergesekan adaptasi dulu
    nanti klo da 1 tahun siap kebut dah bro..
    tetap ikuti petunjuk servis nya ya?

    BalasHapus
  6. Bang gua punya jupiter mx kalau buat karburator P28 tenaganya / kecepatan tambah atau kontannya bertambah ...
    Tolong simpulkan .....!!!

    BalasHapus
  7. akselerasi baik cz karakter pe28 gt bro..
    cuma butuh perubahan pada cdi, karena sensor TPS jd tdk berfungsi

    BalasHapus
  8. Perbedaan luar biasa stelah saya bor, thks mas bro

    BalasHapus
  9. Mas motor saya yamaha nouvo kalo setiap turun gas pasti meledak meladak katanya pengaruh dari karbunya harus ada yang di sumpel apakah benar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan karbu nya tapi AIS nya minta di matikan. bisa sih di bersihkan dan di setel membran AIS nya. tp nggk lama meledak2 lg.
      cara mematikannya bisa dr selang knalpot disumpal kepala baut besar.

      Hapus
  10. Bang..motor sy honda beat 2011,sy hbis ganti karbu,trus kLo penutup saringan udarax d'pasang ngadat2 gitu..tp klo penutup sringan udarax dibuka malah bagus larix..knpa gitu yah?

    BalasHapus
  11. mas motor saya nouvo z karbu standar pilot jet 12.5 main jet 105,tarikan tengah mau ke atas ngeprepek kaya telat bensin, tapi pas sampe atas normal, kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kondisi CVT gimana? Beban mesin pengaruh ke setting karbu..

      Hapus