Sabtu, 05 Januari 2013

Aplikasi Paha Rem RX-King di Jupiter Z

Aplikasi Paha Rem RX-King di Jupiter Z - Di usia pakai yang sudah cukup lama, biasanya kinerja rem sudah mulai berkurang. Baik itu rem depan maupun rem belakang. Berikut sedikit tips biar kinerja rem makin maksimal. Terkadang kita harus ngerem dengan membejak pedal lebih dalam, khususnya untuk motor lawas. Masalahnya ada di tuas atau biasa disebut paha rem.
paha rem yamaha
Umumnya para bikers mengganti paha rem motornya dengan paha rem milik Yamaha RX-King. Karena secara ukuran lebih panjang dari paha rem bawaan Jupiter Z. Tapi rem belakang fungsinya tak terlalu besar, umumnya digunakan Cuma 30%-40% saja, selebihnya mayoritas yang digunakan adalah rem depan.


Nah, penggantian paha rem ini dimaksudkan untuk menghasilkan tekanan lebih baik pada rem tromol belakang, sehingga kaki tak perlu menekan tuas rem lebih dalam. Dan ingat, pahami dulu cara pengereman yang baik. Karena penggunaan rem belakang yang berlebihan saat laju motor kencang juga bisa membahayakan. Makanya, umumnya digunakan bersamaan dengan porsi tekanan 70-30 atau 60-40.

Jika diukur, panjang tuas Jupiter Z hanya 9 cm, sedangkan tuas rem RX-King adalah 12 cm. Logikanya dengan tuas yang panjang, kita tidak memerlukan energi yang besar untuk menginjak pedal rem, beda hal nya jika tuas rem berukuran pendek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar