Rabu, 16 Januari 2013

Ciri Intake Manifold atau Leher Angsa yang Bagus

Ciri Intake Manifold atau Leher Angsa yang Bagus - Intake manifold atau leher angsa sudah banyak variasi nya di speedshop terdekat. Ada yang modelnya mirip standar nya, ada yang bagus berbentuk ¼ lingkaran. Perbedaannya bisa juga dari arah moncong karburator menghadap kemana, atau tingkat kehalusan dinding dalamnya.
intake putar variasi
Ciri intake manifold yang bagus ialah sebagai berikut:
1. Dinding bagian dalam halus
Agar CFM maksimal, intake manifold haruslah dibuat halus (jika perlu di chrome). Seperti merek KOSO ataupun KTC, dll., kualitas barangnya memang sudah baik dari segi bahan maupun performa. Untuk mengakali intake standar, kita harus memaksimalkan intake dengan cara modifikasi. Gunakan ampelas halus untuk menghilangkan kulit jeruknya dan ubah tekukan intake dengan lem besi.

2. Arah intake tidak membuat karburator menabrak
Biasanya, intake manifold KW-Series hanya memendekkan intake manifoldnya dan mengubah arah-nya kurang lebih 90ยบ sehingga akan membentur body. Saat ini sudah ada pilihan rotary intake seperti gambar paling atas yang sudut putarnya bebas kita tentukan.

3. Dapat dipasang adapter seperti rubber manifold
Pasti bingung ketika intake standar punya 2 lubang baut akan dipasang karburator tipe lingkaran (ex: Keihin PE, PWK, PWM, Mikuni TM series). Intake yang baik dapat dengan mudah dipasang kan adapter sebagai media penyambung karbu dengan intake nya.
intake dengan karbu non standar
4. Punya lubang venturi yang sama dengan karburatornya
Ketika lubang intake lebih kecil dari venturi karburatornya, akan banyak terjadi tabrakan molekul udara. Jangan kaget ketika bensin mendadak boros dan ada embun air di sekitar body karburator. Lebih baik jika lubang intake sama dengan karbu atau aman jika lebih besar ketimbang lebih kecil.
venturi tidak berbeda jauh

29 komentar:

  1. Mas motor saya jupiter z, saya hendak modif kembali dengan konsep rapi, nah masalahnya adalah karburator mikuni tm 24 saya pasangi intake manifold Hadap samping, maka sayap body terpaksa di coak. Agar sayap body dapat terpasang rapi, solusinya saya pakai intake manifold apa ya mas agar karburator hadap depan?? Terimakasih

    BalasHapus
  2. pakai intake rotary bro..
    tetap ke depan masangnya hehe

    punya beat atau mio juga bisa..

    BalasHapus
  3. Terima kasih mas, kpn kpn kalo ke jogja kabari via comment ini okeyyy... Besok besok saya akan tanya setting pj mj bila otak atik saya sudah mentok, skali lh terima ksh.

    BalasHapus
  4. Mas maaf lahir batin yaa.., terimakasih buat semua posting Dan konsultasinya.

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. intake buat supra pakai karbu rx king intake apa ya mas ?

      Hapus
    2. variasi ada kok bro.. pakai manifold putar mrip di gambar atas jg bs hehe
      yg penting karet nya cocok pnya king..

      Hapus
  6. mas saya sudah memakai Intake Mio+Rubber tetapi belum bisa hadap depan ( pasti notok pada mesin / Tedeng body ). Lalu saya membeli intake putar / rotary merk SND, sama juga masih notok tedeng. alhasil saya kembalikan dulu ke standard karburator sementara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau nabrak ma body samping ya dilubangi pastinya bro.. kalau ke depan agak serong

      Hapus
  7. Mas, punya foto pemasangan karburator hadap depan mas? Saya tadi coba lagi pasang karbu TM namun tetap nabrak sayap body, padahal sudah hadap depan serong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga pnya bro, tp sya pernah pasang PWK28 ke arah depan bisa kok..
      agak mendongak ke atas..

      Hapus
  8. Mas Nova, boleh kah chat via YM atau facebook, utk bisa share gambar/foto...pemasangan hadap depan. Terimakasih mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau FB saya Novanda Sukiatmono Tanujaya
      untuk foto saya ga punya, tp setidaknya pernah coba

      Hapus
  9. Assalamu'alaikum Mas. Karet intake suzuki hayate saya sudah koyak. Mau diganti ditempat saya gak ada Mas. Jangankan yang ori yang KW aja gak ada. Gimana solusinya? Mohon pencerahannya soalnya sudah 3 bulan si motor gak pernah lagi diajak jalan-jalan Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkah dalem..
      memang orisinil dijual 1 paket sama intake seharga 205 ribu. inden pun susah sekarang cz suzuki bnyak bermasalah.
      coba hubungi suzuki terdekat untuk inden barang tsb.

      kalau udah mentok ga ada barang terpaksa modifikasi manifold nya bro.
      pakai selang air radiator mobil yg seukuran lalu di klem kedua nya.
      cari ukuran yg pas.

      Hapus
  10. Met mlm gan , sorry ganggu nich....ane mau nanya gan karburator tipe apa saja yg cocok toek skywave 125 selain karburator bawa'an asli ny....tentunya yg bagus ,yg bs d geber tarikan ny enteng sa'at gas d performa rendah atau full tentunya plus irit gan.....ane ucapkan trima kasih atas tanggapan nya.....!!!

    BalasHapus
  11. yo lek pengen performa besar bisa karbu Satria F. tentu bahan bakar lebih boros ketika dipakai ngebut.
    kalau mau irit ya jangan dipakai ngebut :D
    hehehe

    BalasHapus
  12. yang repot jika model modifikasi, punya saya GL 100 pakai megapro jadi ruangnya serasa sesak dan saat ada troble ckp lama bukanya

    BalasHapus
  13. Mas mau konsultasi sedikit, saya pakai mio terus udah ganti karbu baru, tapi setiap di nyalain dalam keadan mesin dingin bawaannya brebet terus, tolong kasi tau cara mengatasinya mas, terima kasih sebelum nya :-)

    BalasHapus
  14. karbu nya karbu apa?
    coba angin2 karbu dibuka lebih banyak.. hati2 lepas setelannnya..

    atau pilot jet diganti dengan ukuran yg lebih kecil
    misal PE28 pj 42, ganti ke 38

    BalasHapus
  15. Bos , mau tnya vega new cocok pakai karbu ap , dr plhan.y supra125 kph atau gl pro , piston vega pakai vario 125 , mhon info.y dikarenakan kondisi karbu bawa.n sdh mulai kurng kerja.y ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kalau udah bore up segitu karbu standar ga sanggup bro.. ga mau teriak mesinnya hahaha

      Knalpot juga perlu yang lebih loss, saran sih karbu pakai smash titan/shogun sp/arashi supaya manifold dudukan ga berubah
      Tinggal akali bagian tutup skep atasnya saja

      Hapus
  16. Klo pakai supra 125 bnyk rubahnya po mas , klo pakai karbu gl kegedan po mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supra 125 modif kabel saja.. manifold bebas sesuai kreasi

      Karbu kalau kebesaran spek standar cuma boros bbm saja nih

      Hapus
  17. Saya sudah ganti piston vario vario untuk di motor vega new , maslhnya busi jd basah , saran pakai karbu jenis ap dan pakai manifold ap biar lbh enak dan pembakaran bgus , selain dr keluaraga zuzuki apakah ada rekomendasi karbu jenis lain , motor untk hari dan jarak jauh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok malah basah habis bore up? Basah bensin atau oli diyakinkan kembali

      Kalau spek segitu nyaman karbu suzuki atau hondashonda 125

      Hapus
  18. Sepedah saya vega r.. Mau ganti carbu megapro primus.. Manipol yg cocok apa bang

    BalasHapus
  19. Grand saya pakai manipol Mio sama karbu pe 28 tapi lubang manipol nya sama venturinya besar lubang venturinya jadinya nabrak lubang manipolnya apakah bisa menyebabkan boros?? ...tolong di jawab min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebab pertama ya ganti karbu besar itu jadi boros
      Sebab kedua belum jetting ulang, ciri nya busi hitam..
      Sebab ketiga setelan angin" setelah jetting harus pas
      Sebab keempat bisa jadi manifold ga tersambung rata menyebabkan bensin jadi cair dan bikin banjir

      Hapus