Selasa, 01 Januari 2013

Alternatif Per kopling Menggunakan Per Payung Bekas

Alternatif Per kopling Menggunakan Per Payung Bekas - Ternyata ada cara murah, bahkan gratis, untuk menyiasati penggatian per kopling tipe racing. Biasanya kita mencari merek aftermarket yang sudah kita sering jumpai di speedshop manapun. Harganya pun bisa sampai 100rb untuk satu set per kopling racing tersebut. Untuk itu, kita dapat mengakali nya dengan menggunakan per payung bekas yang sudah tidak terpakai. Namun, kelemahan cara ini adalah hanya untuk maksimal 3x running balap. Untuk harian masih ditoleransi 3-6 bulan.
per kopling dari per payung
Untuk kekerasan, per payung bekas ini tidak kalah dibanding per aftermarket tersebut. Ketebalan per juga lebih tebal dibanding per standar nya. Cara membuatnya mudah kok. Cari 2 buah per payung bekas yang masih bagus dan potong masing-masingnya menjadi 2 (dengan jumlah lilitan sebanyak 7) sehingga jumlah per yang kita dapat ada 4. Sama kan dengan jumlah per standar kita? Kalau jumlah per kita lebih banyak, ya tinggal tambah lagi dengan per payung yang lain.


Setelah terpotong, gunakanlah gerinda duduk untuk meratakan tepi per nya. Beri sedikit jarak agar ada tekanan balik dari per setelah kita melepas presneling.
Beri jarak ujung per saat akan diratakan
Hal ini berfungsi agar ada tendangan balik dari per
Beda panjang per std dengan per custom
Untuk memasangnya siapkan alat yang dibutuhkan oleh sepeda motor anda, seperti kunci T8, kunci 10, kunci 12, kunci 17, dsb. Berikut cara memasangnya:
1. Lepas kickstarter terlebih dahulu
Karena kita akan membuka bak kopling, terlebih dulu kita lepas knalpot dengan kunci 10 dan 17, footstep dengan kunci 12, dan kick starter tadi dengan kunci 10.

2. Buka baut bak kopling dengan kunci T8 tetapi jangan dilepas dahulu
Jika langsung kita buka, oli akan keluar duluan karena kita belum mengeluarkan oli dari mesin (nge-tab).

3. Siapkan wadah dibawah bak kopling
Wadah ini akan menjadi tempat oli yang akan kita keluarkan. Lepas baut kopling dan tarik perlahan, yang penting oli sudah bisa keluar.

4. Buka bak koplingnya
Setelah oli sudah keluar semua baru kita tarik bak koplingnya. Saat membuka jangan kasar! Tangan kiri sambil menekan poros kickstarter dan tangan kanan menarik bak kopling. Jika kickstarter lepas kita nanti harus memasangnya kembali pada dudukannya dan ini menambah pekerjaan kita.

5. Buka 4 baut per nya
Buka 4 baut pernya dengan kunci 8.

6. Ganti per kopling standar dengan per payung custom tadi
Untuk pemasangan per payung ini sangat dibutuhkan tenaga untuk memasang. Hati-hati sepeda motor anda terguling karena kita harus mendorong baut agar masuk ke drat bautnya. Sangat berbeda jika kita menggunakan per kopling std atau aftermarket.

7. Pasang semua yang kita lepas dengan membalik prosedur di atas
Untuk menutup bak kopling, tutup bak dulu dengan memasang baut yang dikencangkan dengan tangan. Setelah semua baut sudah terpasang, kencangkan dengan menyilang! Jadi pojok dulu secara menyilang, bergantian atas ke bawah lalu kanan ke kiri dan rapatkan semua baut.

8. Masukkan oli kembali dan tes motormu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar