Jumat, 01 Februari 2013

12 Tips Membeli Motor Bekas

dealer motor bekas
12 Tips Membeli Motor Bekas - Sebelum membeli motor bekas sebagai kendaraan kita, ada baiknya disimak tips berikut ini.

  1. Cek harga pasaranHarga merupakan hal yang sangat penting dalam proses tawar menawar.
  2. Cek nomor rangka dan mesin motorUntuk masyarakat yang berada di jajaran Polda Metro Jaya silahkan cek nomor polisi melalui layanan SMS layanan Polisi. Contoh : Metro B8118HJ Kirim ke 1717 sedangkan untuk yang berada di wilayah Jajaran Polda Jawa Timur, silahkan ketik : JATIM L4444LY kirim ke 1717.
  3. Cek kondisi fisikPeriksa kondisi bodi, spion, baut, dan lain sebagainya, apakah semua parts masih orisinil atau tidak.
  4. Cek kondisi oli motorUsahakan buka dan ukur oli yang ada di dalam mesin. Pastikan ukuran oli tidak berlebihan, karena oli yang berlebih akan membuat suara mesin menjadi lebih halus, sehingga dapat menyembunyikan suara asli motor yang mungkin berbunyi kasar atau berisik.
  5. Cek speedometerPastikan agar tidak ada retak atau adanya bekas pembongkaran. Lihat berapa km yang telah ditempuh oleh motor tersebut. Jika diatas 20.000 km maka dapat dipastikan akan banyak sekali komponen mesin yang akan segera diganti.
  6. Hidupkan mesin motorCoba hidupkan mesin motor tersebut, apakah bisa stationer atau langsam. Karena kondisi pada mesin yang tidak bermasalah dapat langsam pada putaran kurang lebih 1500 rpm.
  7. Cek perpindahan gigiJalankan kendaraan dan perhatikan posisi perpindahan gigi apakah terasa sulit atau tidak. Apabila terasa sulit berarti menandakan kampas kopling motor tersebut akan segera habis. Kemudian jika terdengar suara mendesir pada saat motor berjalan, Kemungkinan besar gigi primer dari motor tersebut akan segera habis.
  8. Cek rangka atau sasis motorPerhatikan kelurusan roda motor depan dan belakang, dan pastikan bahwa rangka atau sasis motor tersebut tidak ada kebengkokkan. Jalankan sekitar 40 km/jam dan tekan rem sedikit mendadak untuk memastikan motor tidak sulit dikendalikan. Hal ini berguna untuk mendeteksi lurusnya sasis dan poros setang atau setir.
  9. Cek kebocoranUsahakan mencoba motor lebih lama, dan setelah motor dijalankan kurang lebih sekitar 500 meter. Perhatikan apakah terlihat adanya oli yang bocor melalui sela-sela mesin. Atau adanya air radiator bocor bagi motor yang menggunakan radiator.
  10. Cek kondisi kelistrikanPeriksa juga kelistrikan dan lampu-lampu, apabila semua berfungsi atau hidup, berarti tidak ada kerusakan pada komponen dan kondisi aki motor tidak ada permasalahan.
  11. Cek kondisi rodaLakukan pengecekan terhadap kondisi roda, kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok, motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada sasis.
  12. Kalau bisa cobalah test rideMintalah kepada si penjual agar bisa mencoba mengendarai motor tersebut dengan begitu kita bisa merasakan apakah motor tersebut ada kelainan atau tidak pada handling atau pada akselerasinya, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar