Jumat, 01 Februari 2013

Blok Mesin Tegak & Blok Mesin Tidur

Blok Mesin Tegak & Blok Mesin Tidur - Di dunia permotoran, kita kenal dengan yang namanya "MESIN TIDUR" dan "MESIN TEGAK". MESIN TIDUR, atau mesin selonjor, yup, dinamai kayak gitu karena emang posisi blok slinder sejajar (horizontal) terhadap tanah, walaupun gag bener2 datar 180 derajat seeh, masih rada naik 5-10 derajat ke atas. Biasanya mesin model gini diterapkan di motor bebek.
mesin tidur
bebek bermesin tidur
Tapi ada juga lho motorsport yang mesinnya juga selonjor kayak gini, contohnya Honda Win atau Honda S90
mesin datar Honda Win
MESIN TEGAK, disebut gitu karena emang posisi blok silinder tegak lurus (vertical) terhadap tanah, walaupun gag bener-bener tegak sih, tapi rada miring dikit 10-15 derajat ke depan. Motor yang pake mesin model gini itu biasanya motor LAKI.
mesin tegak
motor bermesin tegak
Tapi, ternyata ada juga lho serigala berbulu ayam, alias motor bebek tapi mesinnya tegak, contohnya motor ini neh :

Satria 120 R
bebek bermesin tegak
Satria FU 150
mesin tegak Satria 150F
Honda CS-1 125
mesin tegak CS1
Jupiter MX 135
mesin tegak Jupiter MX
BLOK MESIN SELONJOR
Posisinya mendatar terhadap tanah (horizontal), walaupun gag 180 derajat datar seeh, tapi masih sedikit naik 5-10 derajat. Posisi ini punya keuntungan, yakni :
1. Pelumas merata di seluruh bagian kerja mesin yang bergesekan.
Posisi blok yang selonjor membuat oli di girbox mudah meluncur ke area kepala silinder. Jadinya piston, katup, rocker arm dan kawan-kawannya lebih cepat terlumasi.
2. Kerja pompa oli lebih ringan.
Ya itu tadi karena posisi yang selonjor itu yang membuat oli jadi mudah mengalir. Dan karena posisi selonjor ini, kerja pompa oli nggak terpengaruh gravitasi bumi. Pada mesin silinder tegak, oli harus dipompa naik ke kepala silinder yang letaknya lebih tinggi dari girbox, karena lebih tinggi itulah pompa oli pada motor silinder tegak terkena pengaruh gravitasi bumi, lebih berat jadinya.
3. Mudah melepas dan memasang silinder.
Karena posisinya selonjor, melepas silinder tinggal tarik saja, tidak perlu sampai mentok rangka atas seperti di motor silinder tegak.

4. Handling lebih ringan.
Itu karena posisi blok dan head yang selonjor membuat titik pusat gravitasi motor lebih rendah, sehingga motor gampang dibelokkan.

BLOK MESIN TEGAK
Posisinya tegak lurus terhadap tanah (vertical), walaupun gag bener-bener 90 derajat tegak menjulang seeh, tapi masih sedikit miring 8-25 derajat. Posisi ini punya keuntungan, yakni : 
1. Torsi badak.
Dikatakan begitu karena posisi piston yang tegak lurus dengan tanah, membuat gerak naik turun piston lebih enteng karena dibantu gravitasi bumi, jadinya lebih nendang torsinya. 2 ekor buah motor SOHC 4 klep 125 cc berpendingin udara, yang satu silindernya selonjor, yang satu silindernya tegak, walaupun torsinya sama-sama 13,2 N.m, tapi yang mesinnya tegak torsi itu dicapai di rpm yang lebih rendah daripada yang silindernya selonjor, karena dibantu gravitasi itu.
2. Bensin lebih irit.
Secara teori sih gitu, karena gerak naik turun piston dibantu gravitasi, jadinya putaran mesin lebih enteng, gag perlu pelintir gas dalam-dalam. Irit deh bensinya.

3. Pelepasan panas lebih maksimal.
Mesin 4 tak, 2 tak ataupun diesel terdiri 2 bagian, yakni girbox dan silinder (termasuk head dan bloknya). 2 bagian ini adalah bagian yang panas dan butuh didinginkan. Pada mesin silinder tegak, pendinginan lebih maksimal karena girbox tidak terhalang silinder, sehingga lebih sejuk.

4. Belok lebih stabil.
Tahu nggak kenapa motor laki itu lebih stabil daripada motor bebek? Banyak orang menjawab karena pake tangki, atau karena lebih berat. Itu nggak salah, tapi ada satu lagi, yaitu karena silindernya tegak. Ketika motorsport belok, maka silindernya akan ikut menekan suspensi tapi tekanannya lembut, peristiwa ini membuat efek gaya sentrifugal, sehingga cengkeraman roda meningkat, dan hasilnya motor stabil. Jadi motorsport itu ketika belok dibantu oleh gaya sentrifugal dari silindernya. Motor yang stabil itu emang enak, karena bebas ngepot, bebas oleng.

KEKURANGAN BLOK MESIN SELONJOR DAN TEGAK
BLOK MESIN SELONJOR
1. Gesekan pada liner lebih tinggi. Pada silinder selonjor, gerakan piston bukan naik-turun, tapi maju-mundur. Karena posisi dinding piston sejajar dengan tanah, sehingga ketika piston bergerak maju - mundur, gesekan liner bagian bawah dengan piston turut ditambah dengan tekanan gravitasi bumi, sehingga gaya geseknya tinggi.

2. Torsi kurang nendang. Itu karena posisi piston yang mendatar, gaya gravitasi tidak membantu gerakan piston tapi malah menambah gaya gesek piston dengan liner, sehingga gerakannya nggak selicin mesin tegak.

BLOK MESIN TEGAK
1. Ribet membongkar-pasang. Itu kalo dibandingkan dengan mesin selonjor. Karena tegak, head silinder sering mentok ke rangka atas, jadi musti lebih hati-hati pas ngelepasnya. Untuk motor yang rangkanya jenis diamond, seringkali sampe harus nyopot girbox juga. Di samping itu juga baut atau komponen kecil gampang nyemplung ke lubang crankase. Jadi butuh perhatian ekstra.

2. Rada berat pas diajak nikung. Karena silindernya tegak, jadi tulang tengah posisinya lebih tinggi dibanding tulang tengah pada motor bebek yang silindernya selonjor. Posisi ini mengakibatkan titik pusat gravitasi motor jadi lebih tinggi, sehingga efeknya motor rada berat kalo diajak nikung.

7 komentar:

  1. Terimakasih infonya sangat bermanfaat 🙏

    BalasHapus
  2. Apa kelebihan dan kekurangan jika mesin tidur/rebah dipasang tegak? Pada modif motor (mirip) lawas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aslinya tidur dipaksa tegak, level oli akan berbeda.. untuk 4 tak ada namanya pompa oli yg titik hisap nya sudah ditentukan.. itu yg harus diperhatikan

      Hapus
  3. Mantap ...om ... Sip. Detaills

    BalasHapus
  4. Om kalo mesin satria Fu agak sedikit di tegakkan ke atas efeknya apa om?

    BalasHapus
  5. Akibat rubah mesin satria fu lebih sedikit lurus ke atas ,,,efeknya bahaya ngga om????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bebas aja sih, penting volume oli masih dapat dihisap pompa oli

      Hapus