Minggu, 03 Februari 2013

Kelebihan Mesin dengan Kemiringan Silinder 42º

Kelebihan Mesin dengan Kemiringan Silinder 42º - Mesin yang memiliki kemiringan silinder 42º, atau mendekati 45º memiliki semua kelebihan dari silinder tegak maupun tidur. Kekurangannya pun lebih minim dibandingkan tipe mesin yang lain. Silinder seperti ini mirip dengan perosotan di Taman Kanak-Kanak atau seperti roller coaster.
kemiringan mesin berpengaruh ke performa
Coba perhatikan anak-anak TK yang lagi main perosotan! Semakin anak itu meluncur ke bawah, semakin cepat pula meluncurnya. Itu karena posisi 45-an derajat, merupakan perpaduan antara gesekan ringan dan tarikan gravitasi yang kuat (sentrifugal effect). Pada posisi ini, terjadi gaya sentripetal.

Gaya sentripetal adalah gaya yang “berusaha” menarik objek mengarah ke titik pusat (sumbu). Ketika roller coaster bergerak melalui lintasan memutar, gaya sentripental “mempertahankan” roller coaster agar tetap bergerak memutar. Jadi kesimpulannya, gerak naik-turun piston pada motor silinder 45º an, itu selain gesekkannya minim dan dibantu gravitasi bumi, dibantu pula oleh gaya sentripetal dan efek sentrifugal, sehingga POWER LOSS nya lebih kecil daripada motor yang silindernya tegak, apalagi yang selonjor.

Untuk kekurangannya, mungkin hanya bongkar-pasang yang sama ribetnya dengan silinder tegak, selebihnya hampir nggak ada.

Untuk kelebihannya, adalah gabungan dari kelebihan silinder tegak dan silinder selonjor Selain itu, keuntungan dari blok mesin 42 derajat yang belum disebutkan pada ialah hisapan nya yang kuat. Maksudnya, posisi head yang miring 42 derajat, membuat lubang isap menjadi lurus, sehingga porting model ginian bikin sedotan campuran bensin-udara ke dalam ruang bakar sangat kuat, karena minim lekukan. Di samping itu, posisi ujung lubang masuk yang mangap ke atas, membuat sedotan campuran bensin-udara ke ruang bakar dibantu oleh gravitasi bumi, sehingga kecepatan aliran bensin-udara (flow) menjadi sangat tinggi. Efeknya bikin tenaga dan torsi meningkat signifikan.

Disamping itu, masih ada lagi keuntungan dari silinder 42 derajat, yakni dapat menerapkan model porting Downdraft. Yakni porting yang lurus nyaris tanpa belokan. Sehingga flow gas bakar sangat minim hambatan. Membuat efisiensi volumetrik meningkat.
Porting hampir Downdraft

Tidak ada komentar:

Posting Komentar