Sabtu, 02 Februari 2013

Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih & Awet

Merawat Rantai Motor Agar Tetap Bersih & Awet - Musim hujan sudah di depan mata, mungkin di sejumlah wilayah intensitas turunnya hujan sudah sering terjadi. Musuh utama bagi para bikers yakni genangan air (banjir) yang mengakibatkan motor terutama rantai motor jadi mudah kotor.
merawat rantai
Permasalahan yang paling serius yakni rantai roda (drive chain) jadi kotor akibat kondisi jalan yang becek. Itu membuat rantai motor jadi mudah kendur dan gampang putus atau copot serta rantai juga jadi sering muncul bunyai berisik. Ada cara mudah merawat rantai motor agar tetap bersih dan awet. Ada beberapa tips bagi para bikers yang setiap harinya selalu berurusan dengan motor untuk melakukan aktivitasnya.

  1. Atur ketegangan dan kebersihan rantaiUsahakan setelannya tidak sekedar kencang tapi juga Anda harus mengecek pin sambungan serta membersihkannya dari kotoran dan debu. Biasanya rantai motor itu kotor akibat oli atau pelumas yang sering kita gunakan. Ada baiknya Anda memeriksa rantai setiap 1.000 km.
  2. Cek pin rantaiPastikan pemasangannya sudah benar karena pin merupakan sambungan sekaligus pengunci sambungan rantai. Posisi pin itu cepat berubah. Terutama saat motor melaju kencang dan menerjang lubang. Otomatis tekanan rantai untuk mendorong motor jadi lebih besar. Itu biasanya yang membuat rantai cepat kendur.
  3. Bersihkan rantaiKotoran atau debu jangan sampai ada yang menempel. Bila tidak dibersihkan rantai akan cepat rusak dan mudah kering, berkarat dan cepat haus kakrena getas. Usahakan bersihkan rantai dari debu dan yang lainnya 1 bulan sekali. Beres dibersihkan lalu lakukan pemberian pelumas. Usahakan jangan pakai oli bekas tapi pake pelumas yang khusus rantai motor.
  4. Gunakan cairan yang telah dianjurkan secara merata.Saat melakukan pulumasan rantai usahakan motor di standar 2 lalu nyalakan mesin untuk mempermudah perputaran rantai saat dilumuri pelumas. Berikan pelumas secara merata karena kalau tidak nantinya bagian yang tidak kena pelumas akan mudah berkarat atau pin-nya kendur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar