Minggu, 17 Februari 2013

Teknologi Klep (Valve)

Teknologi Klep (Valve) - Berikut merupakan cara insinyur mendesain klep yang lebih menunjang performa mesin.
1. Hard Chrome Plating Valve
Klep dengan teknologi ini biasanya di gunakan untuk mesin dengan kinerja tinggi karena memiliki batang katup dengan koefisien gesek yang rendah, permukaan yang keras dan tahan aus. Hard chrome menawarkan pilihan terbaik untuk aplikasi mesin ekstrim dengan memberikan ruang pelumasan yang lebih tinggi dan perpindahan panas yang lebih baik dari batang klep. 
terdapat lapisan metal
2. Sodium Filled-Hollow Stem Valves
Klep yang memiliki rongga ini berfungsi untuk mentransfer suhu panas dari daun klep menuju seluruh bagian klep dengan menggunakan natrium sebagai perantara yang diletakan di dalam rongga tersebut. Karena bentuknya yang berongga sehingga dapat mengurangi bobotnya sampai 20%. Namun natrium yang berada di dalam rongga akan berubah menjadi gas yang berbahaya jika terkena suhu di atas 1650ºC.
batang klep berisi sodium
3. Bimetallic Forged Valves
Katup bimetal salah satu klep canggih untuk aplikasi katup ekstrim yang biasa bekerja pada temperatur suhu yang tinggi. Katup bimetal pada dasarnya dibuat dari dua batang baja paduan bahan yang berbeda yang digabungkan bersama dengan pengelasan dua buah ke dalam satu komponen. Metode manufaktur katup adalah metode yang hanya direkomendasikan untuk aplikasi katup pesawat terbang. 
beda bahan
4. Titanium Valve
Bahannya yang sangat ringan dan kuat. Fluktuasi suhu antara asupan udara dan gas buang menjadi lebih rendah. Biasanya untuk mesin yang memiliki karakter Rpm tinggi.
klep berbahan titanium
5. Coating Valve
Coatings klep dapat meningkatkan kekerasan permukaan komponen pada daun klep hingga 30 sampai 40 persen. Keuntungan terbesarnya dalam memakai Coating Valve, Pelapis termalnya dapat membantu dengan mengurangi suhu 100 sampai 200 derajat.
klep dengan coating

Tidak ada komentar:

Posting Komentar