Home » » 7 Bunyi Aneh pada Mesin

7 Bunyi Aneh pada Mesin

Written By Novanda S.T. on Wednesday, March 20, 2013 | 6:40 PM

7 Bunyi Aneh pada Mesin - Bunyi aneh pada mesin motor 4-tak bisa menjadi pertanda kerusakan. Namun, tidak semua 'noise' berarti kerusakan. Ada motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan maksimum, sehingga berisik. Berikut bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin.

1. Klep
Suara 'tik-tik' atau 'tuk-tuk' ringan saat mesin stasioner menandakan setelan katup renggang, sehingga rocker arm memukul kepala katup. Bunyi kian keras saat putaran gas ditinggikan. Selain itu, per katup yang lemah, menimbulkan bunyi yang sama.

2. Rantai Kamprat
Suara seperti 'tok-tok' mungkin akibat rantai yang sudah kendor sehingga terdapat bagian yang kendor. Rantai keteng yang terlalu kencang juga menimbulkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara 'sek-sek' terus menerus, biasanya gear atau rantai keteng minta diganti.

3. Piston
Di sektor ruang bakar, bunyi sangat minim. Gejala piston atau ring piston oblak, hampir tidak terdengar. Mudah diketahui bila tenaga motor berkurang dan keluar asap putih dari knalpot. Jika suara ketukan agak berat mulai terdengar, pertanda piston minta diganti.

4. Stang Seher
Terkadang muncul suara gemeretak di putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang di putaran atas. Suara ini muncul dari kaki/stang piston yang menampar dinding silinder saat titik mati bawah. Waspadai bunyi ini dengan memeriksa kondisi mesin.

5. Pin Piston
Bagaimana kalau bunyi dengung muncul saat motor dihidupkan? Bisa berarti setang piston mulai oblak karena pin piston tidak menempel pas di rumahnya. Bila kondisi setang piston sudah parah, bunyinya semakin keras.

6. Bearing Piston
Kondisi sama akan muncul saat bearing metal duduk dan metal jalan di kruk as aus. Biasanya diiringi suara 'ker-ker' dan ketukan berat yang keras. Tak lupa vibrasi mesin meningkat di footstep dan setang. Mencegah kruk as berbunyi, ganti setang piston berikut bearing metal duduk dan jalannya.

7. Kopling
Rumah kopling bermasalah ikut menyumbang suara tidak enak didengar. Bunyi 'srek-srek' secara berkesinambungan atau 'duk' saat motor direm mendadak bisa diakibatkan kopling aus atau sistem otomatisnya mulai merenggang.

275 komentar:

«Oldest   ‹Older   201 – 275 of 275   Newer›   Newest»
Satria Pribadi said...

Wah terima kasih banyak kak infonya sangat membantu :D
#salamplintirgas 😄

lukman022 said...

Gan motor saya scorpio z 09, baru ganti spul+pulser orisinil..semua ok tokcer,tapi ada suara tik tik mirip loncatan api dari busi ke body dari dalam blok magnetnya..frekwensi suaranya ikutin putaran mesin..kira2 knp tuh gan...

Novanda S.T. said...

@lukman
nggk ada salahnya ngecek blok kop juga.
hehe

@Jaka indra
mgkn minta oversize dengan benar.. kondisi blok harus dicek sungguh
rantai timing juga dicek, biasa nya gmpg kendor kalau pasang nya ga bner

@teguh winata
habis bnyak ya, kurang akurat bengkel e.
kuat nggk kuat e performa bisa jadi ada part yg salah alias tidak menjadi standar motor (kondisi standar kan?)
bs dari spuyer karbu, jarumnya, setelan noken as, klep

Anonymous said...

Selamat malam mas novanda saya punya masalah nih di motor byson, terdengar suara mendengung di mesin pada saat motor di gas (keadaan motor dalam kondisi netral). Kejadiannya setelah pecah mesin sehabis ganti bearing kanan dan kiri di bandul laher. Mohon petunjuknya

Novanda S.T. said...

suara dengung selalu identik dengan sesuatu part yg dipasang terlalu kencang.
overhoule nya di bengkel resmi tidak?
kalau tidak ya keluar biaya tmbhan dr bengkel biasa.. yah namanya orang kerja hehe

dengung sendiri diagnosa bisa dari sbb:
1. rantai timing terlalu kencang
2. kontak gir terlalu banyak, gesekan banyak. misal dr gearbox bs jd ada ring yg tertinggal. tp kalau yamaha jarang sih gearbox cz ga lepas model nya
3. kopling ga bener pemasangannya
4. as kruk sendiri ga center pasang nya

ronnie syahroni said...

Bang kenapa kalo ganti noken as eacing di mesinya suka bunyi tik tik tik kalo di bawa putaran atas

Novanda S.T. said...

setel celah klep lg..
terkadang ada memang noken merk tertentu yg bersuara

Eko Aciel said...

Ms bro mau nanya vixi saya tahun 2008 kayak ada bunyi tek tek tapi gak ilang timbul ms sa'at langsam tpi hilang sa'at jalan ms
Kira" apanya ya ms

Novanda S.T. said...

mungkin sudah minta cek rantai kamprat dan stang piston nya

Dennis said...

mau nanya gan, motor saya jupiter z1 2014, motor kalau baru dinyalakan terus masuk gigi 1 lalu di gas pelan akan terdengar suara panjang seperti suara engsel pintu. Tapi ketika dibawa jalan setelah 10 menit tidak akan ada bunyi lagi, bunyi akan keluar jika saya berenti dan saya bergerak lagi dari 0, mohon solusi nya gan.

Novanda S.T. said...

mungkin nih.. setelan kopling nya terlalu rapat.. jadi berat dan bunyi2

satria piningit said...

om/mas maaf mau numpang tanya saya punya ninja r150 keluaran 2014 baru pemakaian satu tahun dari saya beli baru skrg kok bagian blok kanan/blok kopling bunyi kasar itu kenapa ya? tollong bantuan saranya mas/om makasih.

Osal Sal said...

gan tumpang tanya,tolong bantuannya..
motor saya jupiter z hbs bongkar mesin..
semua normal, tapi saat motor di matikan masih ada yg berputar terus berhenti seperti ada hentukan bunyi tuk..
kalo saat jalan, lumbar gas habis kecepatan 10-20 km, terasa los ?
tolong pencerahannya.

Novanda S.T. said...

pemasangan kopling sentrifugal/ganda nya nggk bener..
biasa nya pelor2 cage nya itu..

Novanda S.T. said...

coba dicek admper kopling ninja R nya

vivit riyanto said...

Gan bantu infonya motor mio j sya stlh khbsan oli msin kog ada bnyi nginggg ngingg di dlm msin apa kndlanya gan mhon bntu infonya

Novanda S.T. said...

ya ada yg aus tp nggk tahu apa..
biasa nya piston tp tek tek gitu

beni saputra said...

Numpang tanya bos
Motor saya klo di gigi 5 dan saat masuk gigi 5 ada suara srek-srek-srek
Terus sesekali ada bunyi srreeeeekkkkkkkk makin di gas suara nya makin kuat
Kira2 penyebab nya apa ya???

Novanda S.T. said...

kalau sudah gigi 5 artinya beban mesin berat.
bisa jadi antara rantai roda sudah mempunyai tanda2 aus
atau damper kopling sudah tidak bagus..
waktu stationer ada srek srek

Mamul Gobel said...

Gan motor ane beat fi beli taun 2013, bulan 10,, service teratur sesuai kilometer,,telat gnti oli sekali doank,sekrang bunyi klotok klotok,keras bgt saat pelan tpi klo dbawa gas 60 km suara hilang tpi dikit,,tarikan masih mntep,,tpi bunyi klotok klotok.a yg bikin pusingg,,,panya y gan itu,,,?

Rio said...

gan ,,maaf mau tanya lagi..klo beat fi ane tarikannya lambat , berat, boros, kenapa ya ? top speed sekitar 40 km/j . klo dipaksa ngegas lg smpe 50 km/j, jd berasa banget getaran di cvt. cvt-nya kayak muter aja kenceng dan bergetar banget, tp gak ngasih dorongan tenaga biar lbh kenceng.
ane udah sevis di ahass..ganti : belt, kampas kopling ,3 rubber/karet yg kecil2, roler, filter, klaher bak cvt, busi. masih berat aja. malah getar klo dijalanin di bawah 20 km/j,jln macet dan pas tarikan gas awal. ane udah nanya ke montirnya tp gak jelas masalahnya dimana..?
mungkin agan bisa memberikan saran..trima kasih
*note : masalah bunyi yg sebelumnya udah beres.*

Novanda S.T. said...

seharusnya kalau top speed cuma segitu rpm nya rendah?
1. top noken as
2. kebocoran klep
3. timing injeksi (susah2 gmpg ngeceknya. patokan MIL dan keahlian mekanik)

Rio said...

jadi masalahnya ada di sektor mesin depan ya yg harus di periksa, bukan di area cvt ? nyari bengkel yg montirnya bener sulit gan . ane ke ahass asal main ganti parts doang. dibengkel biasa ngeri cara servisnya .. main ketok aja klo mau bongkar komponen , sama takut partsnya kw. kalo agan tau bengkel yg rekcomended buat matic tlg infonya ya..saya di jagakarsa , jakarta selatan

Novanda S.T. said...

saya bukan orang jakarta nih..
juga nggk ada channel hihihi

aku pernah kejadian lari motor mentok 80 dan nyandet2.. ternyata klep agar bocor dan ring piston aus. itu Beat karbu

Arya said...

Vega zr suara ngeletek seperti klep longgar.sdh ganti payung klep,as klep,piano klep sampe piston dan tensioner ranteklep tp tetep aja bunyi seperti katupklep meski stelannya sdh pas

Novanda S.T. said...

waduh habis bnyak tuh..
mungkin kesalahan pemasangan piston?
atau bukan dari mesin?

Anam Doankzz said...

Gan. Mau tanya nih...jupiter z1 ada suara nembaknya...biar gk bunyi nembak gimana gan ???

Novanda S.T. said...

bawa ke bengkel kalau setting CO nya blm tepat. biar disetting ulang.
untuk AIS yg bermslah bisa dengan mematikan fungsi nya. caranya tinggal tutup aja selang yg dr box ke AIS pakai plastik atau kepala baut

Hafid Suryansyah said...

Mas novan saya mau tanya , saya punya motor matic fino karbu tahun 2013 , bunyi kletek2 di bagian cvt tp tidak tahu oersis dr mana asalnya , kalu lg di gas semakin kencang semakin brisik , padahal saya sudah ganti roller,vbelt,pulley(laki-cewe),kmpas ganda&rumahnya juga , tp tetap saja suaranya tidak mau hilang , apa mungkin itu gejala stang seher aus ? Soalnya drnkenalpot bau sangit tp tidak mengeluarkan asap mas .. tolong bantuannya mas , trimakasih sebelumnya mas ..

Novanda S.T. said...

jangan lupa dari pulley depan, antara bosh yg tengah itu ada ring nya. kalau lupa bisa kletek2..
mgkn ada yg lupa tuh

Unknown said...

Bang byson saya klo habis dingin trus di buat jalan sekitar 100 meteran kq bunyi klik2 gituu yaa .. tapi klo mesin udah panas bunyinya ilang truus mesiin suaranya kasaar kayaa adaa suaraa jangkriknya.. padahal udah ganti rantai kampra dan tensionernya jg.. solusinya gmn ya baang.. apaa harus ganti isi kopsilindernya yaa??
Mohon penceraahannya..
Trimakasih..

Novanda S.T. said...

wah ga paham bunyi yg dimaksud.
mungkin hanya dari setelan karbu dan noken as yg kurang tepat.

Spc S5 said...

gan, saya mau tanyak.
motor saya honda vario teqno 125 tahun 2013. saat saya gas atau saya kendarai ketika turun gas, ada bunyi suara dengung..
itu penyebab ya apa ya gan..
mohon bantuan ya

Novanda S.T. said...

sepertinya kurang pelumas/grease.
kondisi pulley dlm sedang kering.

Syamsul Hamedy said...

Gan mau tanya nih,, crtnya motor ane mio baru di bore up 54,, berkendala di bunyi kletek kletek di mesin nya,, smkin di gas mkin keras,, ane dngarin suarany ada di headnya ,, apaan ya gan itu,, klep di bkin renggang biar ga ngejim katanya.. Apa gra" klep di stel renggang bsa kya gtu ..

Novanda S.T. said...

dikendorin seberapa?
malah panas mesin'e, ga ada larine, malah macet ntar
IN 0.08 dan ex 0.10 mm
rekomendasi noken as std. ga berisik

Dani Prayogya said...

Tanya dong, motor saya jupi z burhan 2009 (kalo ga salah). Kalau kondisi mesin dingin, ada suara cricit2 gitu di bagian mesin/cylinder head, tapi knalpot ga keluar asapnya. kalau mesin panas, suaranya pelan tapi masih ada. Suara makin keras seiring putaran mesin. mohon bantuannya suhu -/\-

indri handayani said...

Ka Novandaa, mau Tanya dooong. Kalo motor dibagian belakang kiri ada suara terengtek tek tek kalo pas dijalanin apalai kalo lagi di polisi tidur atau jalanan berbatu, kedengeran bgttt. Kira-kira itu kenapa ya? Udh dari 2 bulan lalu. Pas saya service bulanan juga udh saya sampaikan sama montirnya tapi gadigubris. Bilangnya ga kenapa-kenapa. Terus pas kemarin ternyata switchrem nya harus di service. Sesudah diservice ya switch remnya berfungsi tapi ko besoknya pas motor dipake ada suara dug dug dug dar bagian bawah motor ya, ka? Suaranya muncul pas dorong motor(mesin belum nyala), pas lepas gas, pas ngerem, Jalan berbatu.
Jadinya sekarang suara dari bagian bawa motor ada 2, satu dug dug dug dari bawah tengah, dan tereng tek tek dari belakang kiri.
Bales ya ka:") Makasihhhh

Novanda S.T. said...

@Dani
motor km mungkin bilah tensioner nya aus. jadi rantai nya beradu sama besinya

@Indri
mgkn memang ada yg kendor tp ga ketemu, bisa jadi juga as swing arm tengah itu bermasalah.
atau laher pada roda belakang aus.
intinya penyakit motor km dari kaki" dan seperangkatnya

cristian ronaldo said...

Gan motor ane new cb150r yang baru, motor ane kalau mesinnya hidup di pake jalan jalan tidak ada bunyi apa apa tapi pas motor dimatikan ada suara tok tok tapi kalau udah lama ilang dengan sendirinya. Apa tidak apa apanya

Novanda S.T. said...

semoga tidak apa2.. seharusnya halus2 aja

ADE YR said...

Gan sya mau tanya sya kan abis beli motor bekas jupiter mx king 150cc 2015 akhir motor bru jln 7blnan km udah 10000..masalh nya ni motor klo di pakae jaln putarn menengah sampe atas di bagian depan tengah klo gas di betot kya bunyi terrrrrrr tpi klo misalkan pda posisi netral meski gas di betot suara terrrr gk ada...itu masalah ada dimananya ya apa bawaan dri orok nya...udah di bawa ke beres seting klep tetep aja sma...

novan saputro said...

Kalau sudah ganti roller skydrive n per cvt pcx gas bwh agak berat dan ada bunyi kletak dari sekitar blok cvt itu kira2 apa ya ?

Novanda S.T. said...

@Ade
mungkin suara normal mx king.. bukan tipe mesin untuk hi-rpm.
setahu aku vixion pun sama

@novan
motor apa tuh?
kalau bukan dimensi sama jangan dipakai.
semisal modif, roller berat = tarikan berat tp nafas panjang
per keras = tarikan ringan tp nafas pendek

keduanya saling berlawanan dan yg penting hitungan rasionya

Mokhamad Fahrudin said...

Bos nova,motor saya suzuki smash 2010,kalau mesin lagi dingin saya hidupkan ada bunyi duk-duk di bagian kanan mesin,tApi kalau sudah panas hilang,apanya itu bos ?

Kalau pindah gigi 1 satu ke gigi 2 sering selip bahkan bunyi kletuk / jedak,kalau dari gigi ke 2 ke 3 & 4 masih smooth,kira kira apanya bos ?
Padahal oli asli dan masih baru

Misalkan sepeda saya pakai oli semi sintetik / full sintetik cocok pa gak bos,soalnya ada yang kasih saran lebih bagus oli mineral aj

Terima kasih bos

Novanda S.T. said...

oli terbaik ya full sintetik bro daripada mineral..
cobain aja yamalube super sport 70rb/1 liter. pake nya 800 ml aja ya

mungkin timbul suara dari kopling nih.
1. kampas kopling tidak tepat/aus
2. damper per di dlm rumah kopling dah lemes/lemah
3. pemasangan komponen tidak tepat

adi said...

mas
aq tanya jupiter z aku bunyi stak stak.
ane bwah kebengkel katax stang. piston. katax turun mesin.
waktu bongkar stang kit di ganti semua. piston komplit juga di ganti. bearing askruk kanan kiri di ganti. rantai kamrat juga. tapi kok pada bagian mesin tengah masih bunyi stak stak waktu snapping rendah. waktu posisi masuk gigi 1 mau jalan juga bunyi stak stak .

Novanda S.T. said...

itu benernya bukan stang.. terlanjur salah itu bengkel nya..
rumah kopling perlu dicek dan center as kruk

agen korset munafie said...

thanks bos arahannya

ari rocker said...

Bro mau tanya dong, ane d'rumah punya metic vario 2010 knpa y lw abis d'pake jln muter" ko d'bagian cvt ad suara aneh kletok...kletok cpt bgt, v lw mesin d'ngin halus panas doang kasar jg ap'y y, broo???

Novanda S.T. said...

antara v belt aus atau kurang grease pada pulley nya

Jody titotilarsa said...

Jupiter z ane kalo jalan ngebut normal, tp saat motor sudah hidup bunyi ser ser ser, kata temen ane sih it oleh bearing cage ny, tp saat ane bawa k bengkel kata mekanik ny it kalo gak piston ya stang seher, kira" ap y penyebab ny , mohon bantuan ny 😊

Novanda S.T. said...

kalau bearing cage aus, tentu motor km tidak bisa di starter kaki sama sekali alias ngelos.
kalau piston bukan lg ser ser, tp tek tek tek. bahkan oli ikut masuk ke ruang bakar.
kalau stang bunyi hanya waktu di bleyer dan seusai gas rpm tinggi bunyi ctok 1x.

ser ser biasanya dr rantai kamprat/tensioner nya

Dikjawir Jawir said...

Gan numpang tanya nih....motor ane cb 150 r thn 2014''''
Klo dlm ke adaan laju ane tarik kopling sama gas saya lepas kaya ada bunyi gemertak pada gir depannya...dan klo lagi jalan macet pada gigi satu serasa ndut ndutan mohon pencerahannya gan...

Novanda S.T. said...

motor honda laki mulai dulu kalau girset aus sedikit sudah gemertak gitu.
ndut ndut'an.
setelan rantai dicari yg agak mendingan

Motor Racing said...

https://youtu.be/WUepT7F6iJg

Kalo pas mesin panas berisik knp ya om? Cek disini buat suaranya

Novanda S.T. said...

bisa jadi dari piston dan rocker arm+noken.. hehee

Habi Putra said...

agan" ane nau nanya, motor ane hsx125 kenapa ya kalo naik/turunin gigi kasar trus bunyi cletok kenceng, kalo lagi jalan bunyi krek" trus geternya kerasa di footstep sama stang, mohon pencerahannya, masih belajar motor 😂

Deri Maulana said...

Bang mau tanya, motor ane tiger revo, kalo lagi jalan, terus rem ngedadak, suka ada suara paralak di mesin, kira2 apa tuh

Novanda S.T. said...

mungkin setelan kopling dan klep tidak tepat..

Frandyhadisetyono Frandy said...

Mas mau tanya motor ane cs1 klo stasioner mesin agak halus... Tp setelah jalan rpm tinggi kasar bgt.. Kira kira apany y

Aprizal Ganteng said...

Gan mau tanya...ane punya mio soul lama...stang sm klahar sdh ganti baru,trus blok sama piston ganti baru std...tetapi kok masih ada bunyi di bagian seher sm blok...mohon prnjelasannya gan..spare part asli ygp.

agus limann said...

Permisi Sam mau nanya sepeda moto ku itu saat masuk perseneleng 4 ada suara srek srek tpi saat masuk 1/2/3 itu suara gak ada ...mohon jawaban nya sam

Anonymous said...

Numpang tanya gan bunyi berisik di bagian blok mesin
Saat melaju terdengar bunyi gruk gruk gruk tapi saat tuas kopling ditarik bunyi nya hilang
Kenapa ya
Padahal karet dan kampas kopling sudah di ganti
Terimakasih motornya yamaha r15

Sintong Situmeng said...

Misi gan.. Mau nanyak..
Motor saya supra x 125
Kemarin masuk bengkel karena keluar asap putih tipis..
Trus boring oversize 25, ganti seher, rantai temeng, tensioner sama kanvas ganda..

Setelah itu keluar suara kletek.. Kletek keras Pas langsam.. Pas digas hilang... Terus ketika mesin sudah panas suara kletek2nya berkurang tetapi masih tetap bunyi..
Itu gmana ya ga...
Mohon bantuan nya...

Novanda S.T. said...

@Sintong
ada kemungkinan masang gir ganda nya ga benar.. belum diputar

Luthfi said...

Kang, saya punya Old CB 150R 2014. Kalau udah dibejek sampe rpm di 6000 ke atas, terutama di gigi 3 ke atas tuh. Keluar suara yg cukup ganggu dari depan, suaranya kaya 'cekit' gitulah da. Terutama semisal dah dibejek di rpm 10rb-an terus lepas gas, makin parah suaranya. Sampai saat ini saya belum tau tepatnya dari mesin atau roda depan, cuma untuk diagnosa kira-kira karena apa ya ada suara begitu? Hatur nuhun.

Unknown said...

Mas, mau nanya. Vega saya ko suka bunyi kasar ya dari blok koplingnya??? Apa karena stang seher oblak???

Novanda S.T. said...

mungkin ganda nya ga center atau rmh kopling nya aus dampernya
stang oblak ga kasar, cm suara muncul waktu gas turun aja

zulkhaidir f dagang said...

Gan saya idil mau tnya mtor ane supra x 125r thun 2009 sudh d,psang kalter kopling , mtor ane suara mesinnya spertu tuk tuk kta org stang pistonnya udh haus trs udh d,gnti tp suaranya gak ilang suaranya kuat apbila msinnya d,hdupkn pgi" saat dngin,aplgi saat jlan mtor ane suara msinnya lbih kuat tp gan klaw udh pnas sx msin suaranya hlang dkit gan trus kta tman saya pistonnya dgn plat kopling udh haus trus sya udh gnti jga gan tp gak ilang juga, msin ane udh d,over size 50 kalau bleh mnta tips apnya yg prlu d,gnti gan ?

Novanda S.T. said...

hasil oversize nya jelek..
oversize lg atau ganti blok dan piston baru yg std

Unknown said...

Bro,motor Ane Jupiter z 2011 , kalo masuk gigi 3,4 buat jalan pelan kaya ada bunyi kresek kresek di mesin bagian depan, terus ada lagi bunyi dengung pas buat jalan pelan, keadaan matipun kalo di puter roda belakang juga bunyi dengung, mohon pencerahannya

Unknown said...

Gan mau tanya nih, Motor ane Scoopy fi, dia klo lgi ngelangsam bunyinya Glek Glek .... Gitu, tapi pas di gas Ilang .. terus Abe cba tutup lubang nalpotnya sambil di Gas Suara mesin adem tpi ad bunyi Glek Glek jga .. motor matik ko jadi Kaya pesona

Mohon solusinya

Novanda S.T. said...

kurang tinggi setelan stationernya.. sekitar 1700 rpm

Medi Aryanto said...

Gan mau nanya,, saya punya shogun sp thn 2011,, ketika di lepas kopling/ stengah kopling bersuara dari mesin krhert di iringi bergetar di mesin,, itu penyebab nya apa ia..????

«Oldest ‹Older   201 – 275 of 275   Newer› Newest»
Custom Search