Selasa, 30 April 2013

Beberapa Penyebab Motor Terasa Bergetar

Toleransi RPM Aman Tiap Motor Berbeda - Seringkali motor kesayangan kita rewel. Entah rewel karena keausan komponen atau juga karena kesalahan pemasangan. Salah satu yang menggangu kita saat berkendara adalah rasa getar atau suara akibat getaran motor. Berikut beberapa penyebab motor terasa bergetar.

1. Periksa seluruh kekencangan mur baut
Baut dan mur yang kurang kencang membuat getar karena bagian yang tidak di-baut kuat masih dapat bergerak. Kencang kan kembali atau bila perlu ganti baru agar kekencangan mur baut lebih optimal. Biasanya terletak di footstep, knalpot, dan baut mesin (engine mounting).
baut, sekrup
2. Leher knalpot patah
Kejadian ini pernah saya alami. Walaupun baut sudah kencang betul, getaran di putaran atas sangat terasa. Hal ini terjadi karena adanya pulsa gas buang yang mendorong leher hingga timbul bunyi-bunyian dan menimbulkan getaran.
knalpot patah penyebab getaran
3. Velg dan jari-jari
Velg yang jari jarinya bengkok menyebabkan roda tidak lurus saat berputar.Semakin parah kondisi bengkok nya jari jari, maka semakin keras getaran-nya. Cara mengetahuinya sangat mudah, putar roda dan lihat lurus dari depan atau belakang.Jika ban terlihat berputar oleng/tidak lurus berarti jari jari sudah bengkok, bawa dan setel velg ke tukang agar normal kembali.
setel velg
4. Bantalan crankshaft aus
Bantalan poros engkol (crankshaft) yang aus adalah penyebab motor terasa bergetar keras saat dikendarai. Poros engkol adalah sparepart mesin yang bobotnya lebih berat dan dilengkapi dengan balans. Karena bantalan yang aus akan membuat putaran poros engkol menjadi tidak seimbang dan tidak stabil.Jika bantalan poros engkol ini sudah aus akan ditandai oleh getaran mesin tinggi, apalagi saat putaran mesin semakin tinggi. Untuk kasus ini penanganan-nya tergolong berat, karena harus membongkar mesin keseluruhan (turun mesin). Namun harga bantalan crankshaft tidaklah terlalu mahal, dan sebaiknya diganti dengan yang orisinal pabrik.

Jika motor Anda mengalami getaran lebih keras dari biasanya sebaiknya segera ditangani. Karena selain membuat tidak nyaman dikendarai, pada poin nomor dua bisa menyebabkan kerusakan merembet ke part yang lain.

5. Laher roda
Laher roda yang rusak membuat setir bergerak dan bergetar. Pengetesan laher oblak, cuci dulu laher dengan bensin. Lantas ditekan-tekan, bila goyang berarti oblak. Bila yang oblak cuma satu, cukup ganti satu saja. Sebelum memasang bearing baru, bersihkan rumah laher dengan bensin. Lalu olesi dengan gemuk secukupnya, termasuk as rodanya. Cara pasangnya lahernya, yang ada angka kodenya di bagian luar. Memasukkan laher kerumahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar