Selasa, 28 Mei 2013

Alasan HCS Membuat Irit BBM

Alasan HCS Membuat Irit BBM - HCS, atau Hidrokarbon Crank System, berfungsi untuk menambah bahan bakar berupa gas hidrogen. Tujuannya ialah untuk membuat irit konsumsi bahan bakar pada mesin. Bagaimana bisa membuat irit? Apakah alasannya? Berikut merupakan alasan pribadi dari saya.

1. Menambah bahan bakar
HCS sendiri mempunyai fungsi menambah bahan bakar berupa gas hidrogen yang dimasukkan ke dalam saluran intake. Hal ini mampu mengurangi pemakaian BBM ketika melakukan penyetelan ulang misal pada karburator. Hal ini dapat diamati saat keran airmix mulai dibuka. Mesin perlahan menunjukkan gejala mbrebet akibat pekatnya campuran bahan bakar.

2.  Kevakuman menurun
Ibarat terjadi kebocoran pada proses induksi, kevakuman akan menurun dan bensin yang terhisap pun menjadi lebih minim. Namun hal ini diimbangi dengan gas hidrogen yang sudah bercampur dengan udara dan molekul nya sudah berwujud gas. Berbeda dengan campuran uap bensin yang masih berwujud butiran cair.

3. Wujud gas hidrogen
Karena hidrogen berwujud gas dalam suhu kamar, maka lebih memudahkan pembakaran di dalam mesin. Selain itu, karena gas hidrogen mudah terbakar, maka gaya untuk mendorong piston menjadi lebih kuat. Ini terasa saat akselerasi dari putaran bawah hingga menengah.

4. Setelan langsam turun
Kalau keran airmix dibuka penuh, sampai skep turun penuh pun stationer masih tinggi. Sekitar 3000 rpm. Kalau mau ya harus jetting ulang karburatornya. Pilot jet dan Main jet biasanya minta turun step. Dengan setelan tetap sebelum memasang HCS, busi berwarna kehitaman dan lari tersendat karena pekat nya campuran bahan bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar