Selasa, 28 Mei 2013

Cara Pemasangan HCS di Kendaraan

ilustrasi
Pemasangan HCS sangat sederhana karena hanya perlu 3 titik penempatan untuk perangkatnya, yaitu :
1. Memasang tabung
Tabung diletakkan sedemikian rupa agar dapat berfungsi dan tidak mengganggu kerja sepeda motor. Bisa diletakkan di dalam bagasi yang luas atau membuat adaptor di luar cover sepeda motor. Bisa dengan memasang box.

2. Memasang katalis
Katalis ditempatkan di sekitar mesin yang mempunyai panas yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Tempat-tempat yang memadai untuk katalis adalah langsung menempel di knalpot, di atas cover knalpot, di jalur air yang terbuat dari besi, atau di blok mesin.

3. Menghubungkan ke jalur masuk
Carilah jalur masuk yang ada disekitar intake manifold. Biasanya ada dibawah karburator atau sesudah throttle body. Jika tidak ada ya bawa ke tukang dan minta dibuatkan jalur masuknya. Biasanya ialah motor Honda Grand, Astrea dsb. Cara lain adalah membeli intake baru variasi karena sudah ada langsung. Jangan gunakan jalur yang terhubung dengan vacuum kran bensin.

Setelah sudah terpasang rapi langkah selanjutnya ialah setting. Bagaimana cara settingnya?
Nyalakan mesin dan tunggu 3-5 menit agar mesin dalam kondisi normal dan suhu knalpot lebih panas agar katalis berfungsi secara optimal. Lalu besarkan stelan gas agar rpm naik lebih kurang 1000rpm. Buka kran tabung sampai keluar gelembung dan rpm menurun lebih kurang 500rpm. Buka kran airmix sampai rpm naik kembali mendekati posisi semula. Kecilkan stelan gas sampai ke idle yang diinginkan.

Setelah beres lakukan uji jalan. Rasakan apakah ada perubahan tenaga di kendaraan anda. Bila sudah muncul berarti pemasangan HCS secara keseluruhan sudah selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar