Kamis, 02 Mei 2013

Korek Harian Honda CBR 150 Standar

1. Copot bagian karet di moncong filter udara.
Caranya bos semua harus lepas tangki CBR-nya, terus agar memudahkan mencopot moncong karet-nya lebih baik boks filter dilepas dulu. Setelah itu baru deh lepas karetnya. Memang rada susah, tapi bisa dilakukan  Caranya satu tangan menarik dan tangan yang lain mendorong dari arah sebaliknya. Dengan melepas moncong karet ini supply udara dapat ditingkatkan. Kalau sudah berhasil dicopot, silahkan pasang lagi box filter tersebut lengkap dengan filternya ke tempat semula.

2. Menaikkan pilot jet pakai ukuran 42, dan setting ulang udaranya.
Untuk mengimbangi jumlah debit udara yang meningkat karena moncong filter udara dah dilepas maka silahkan menaikkan ukuran pilot jet ke angka 42. Sebagai informasi, CBR lama ukuran pj standar-nya adalah 38 kalau yang baru (kalau tidak salah mulai 2007) ukuran pjnya dah 40. Harga pj kalau merek Extreme 30rb. Kalau misalnya pakai Kitaco (25rbuan) beberapa bilang ukurannya lebih kecil dari yg ori.

3. Potong kabel koil sepanjang 3 cm.
Dengan langkah nomor 1 dan 2 diatas berarti sudah menaikkan jumlah campuran bahan bakar dan udara. Sekarang langkah untuk menaikkan percikan api busi. Caranya dengan memotong kabel busi. Dengan memotong kabel busi sekitar 3 ampe 4 cm berarti mengurangi nilai resistansi kabel busi sekitar 25%.

4. Bikin ground strap di kabel busi.
Ground strap adalah semacam lilitan di kabel busi yang berfungsi untuk menangkap frekuensi liar yang terbentuk di sekeliling kabel karena voltase dan arus yang tinggi yang disalurkan dari koil ke busi. Dengan adanya ground strap ini maka arus ke busi akan fokus dan dapat menciptakan percikan api yang maksimal. Koil kompetisi yang dah memakai teknologi ini antara lain Nology (siapakan dana ampir 2 juta klo mo beli) ada juga Protec (sipakan dana hampir 400 rbu klo mo tebus). Nah kalau Anda kreatif cukup bikin sendiri ground strap tersebut dengan modal 7 ribu perak.

5. Atur ulang celah busi jadi 1 mm (pastikan kondisi busi masih baik).
Agar percikan api maksimal maka busi harus dipastikan sehat. Atur ulang celahnya sebesar 1 mm. Silahkan gunakan alat yang presisi. Pinjam ke bengkel kalau tidak punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar