Selasa, 28 Mei 2013

Membuat HCS Sendiri Model I

Membuat HCS Sendiri Model I - Ini merupakan pengalaman pertama sekaligus percobaan membuat HCS sendiri. Berikut panduan membuat secara sederhana dan sedikit ngaco. Siapkan bahannya, antara lain:
1. Wadah toples atau jurigen yang keras dan sebisa mungkin ada tempat untuk melihat volume isinya. Volume bebas.
2. Selang rem mobil atau pipa tembaga/kuningan. Dibeli di toko mobil seharga kira - kira Rp. 10.000,-
3. Selang vakum kran atau selang bensin.
4. Kran gas
5. Nipple untuk wadah atau pipa rem mobil tersebut yang dipakai.

Langkah Membuat HCS:
1. Modifikasi wadah HCS
Wadah yang digunakan harus dimodifikasi terlebih dahulu. Salah satu pipa menjadi input udara dari luar wadah masuk hingga hampir menyentuh dasar wadah. Satu pipa menjadi output dibuat dari bagian atas wadah.

2. Lilitkan pipa rem mobil ke leher knalpot terdepan
Pipa rem mobil ini dililitkan ke leher knalpot untuk menerima panas setinggi mungkin. Fungsi panas ini memecah uap cairan di wadah agar molekulnya pecah. Dari proses tsb kita akan mendapatkan gas hidrogen sebagai suplemen bahan bakar.
selang rem mobil
pipa tembaga
3. Potong selang secukupnya
Selang bensin digunakan untuk menyambungkan wadah → katalis → kran → intake manifold. Selang plastik untuk jalur input karena tidak terdapat panas yang extreme. Berbeda dengan jalur output yang dekat knalpot dan terkena rambatan panas.

4. Beri keran sebagai airmix
Agar dapat diatur volume gas yang masuk, gunakanlah kran sebagai penyetelnya. Ibarat setelan air-fuel screw di karburator (angin-angin karburator). Membuka kran terlalu penuh membuat brebet dan mesin istilah nya mbandang (tidak mau turun).

5. Setting langsam karburator
Panaskan sepeda motor terlebih dahulu hingga knalpot menjadi panas. Buka kran perlahan. Kran ibarat setelan air-fuel screw di karburator. Setting langsam karburator akan naik. Setel ulang air-fuel screw karburator hingga RPM tertinggi. Setel lengsam kembali seperti semula.

6. Tes jalan
Setelah selesai dengan setting karburator, coba bawa jalan motor Anda. Tarikan terasa bertambah dan setting seperti basah karena terlalu pekatnya campuran. Cek wana busi, warna agak kecoklatan. Jika mau, setel juga angin-angin karburator hingga busi kembali berwarna merah bata. Cek juga apakah HCS ini menambah irit motor Anda.

Lampiran gambar:

2 komentar:

  1. Mau tanya mas, untuk selang plastik atw selang input, itu sumber angin.y darimana?

    BalasHapus
  2. saran sih gunakan yang model II aja..
    nih linknya : http://freecharz.blogspot.com/2013/06/membuat-hcs-sendiri-model-ii.html

    BalasHapus