Minggu, 05 Mei 2013

Tips Sederhana Merawat Knalpot Agar Awet

Tips Sederhana Merawat Knalpot Agar Awet - Agar knalpot tidak terserang korosi, ada baiknya kita melakukan sedikit perawatan. Berikut tips sederhana dalam merawat knalpot.
1. Olesi Leher Knalpot dengan Oli 
Bagian dari knalpot yang paling sering dan gampang keropos adalah bagian leher. Maklum, pipa leher merupakan bagian yang paling pertama terkena semburan hawa panas dari gas buang yang dihasilkan mesin. 

Bila cairan yang telah menempel atau guyuran air dengan tingkat kandungan garam dan keasaman yang tinggi menempel di bagian itu mengering karena suhu panas, maka berpotensi menimbulkan karat. Timbunan karat itulah yang akan menggerogoti leher knalpot tersebut dan akhirnya bocor. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan perawatan leher knalpot tersebut secara rutin. Caranya cukup gampang, cuci bersih motor dengan menggunakan air yang bersih. Kemudian, olesi pipa leher tersebut dengan oli mesin atau cairan silikon yang banyak tersedia di toko dan biarkan merata. Setelah itu panasi mesin selama dua hingga tiga menit.

2. Bersihkan Pipa Bagian Dalam dan Mulut Knalpot 
Pipa bagian dalam di badan knalpot memang jarang sekali bermasalah sebab lokasinya yang berada di dalam dan terlindung menyebabkan bagian ini relatif lebih aman. Namun, tidak menutup kemungkinan embun dan debu masuk ke bagian tersebut. Maka, potensi keropos atau rusak pun ada. 

Seperti halnya perawatan leher knalpot, perawatan badan dan ujung knalpot juga relatif mudah. Cukup mengolesi dengan oli atau menyemprotkan cairan silikon melalui lubang mulut knalpot. Setelah itu panasi mesin motor dan lakukan perawatan ini sepekan sekali. 

3. Sikat Leher Knalpot Bila Telah Berkerak 
Bila kotoran di bagian leher tersebut telah membentuk kerak, maka lakukan penggerusan. Caranya, gunakan sikat dari kawat dan jangan menggunakan kikir untuk membersihkan kotoran tersebut. 

Sebelum olesan tersebut kering sebaiknya melakukan pemanasan mesin. Lakukan cara ini antara dua hingga tiga menit hingga cairan yang berada di pipa leher benar-benar kering. Lakukan perawatan seperti ini seminggu sekali agar knalpot awet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar