Minggu, 09 Juni 2013

HHO Untuk Pengirit Konsumsi BBM Motor

HHO Untuk Pengirit Konsumsi BBM Motor  Pengirit BBM ada banyak macamnya. Pada artikel sebelumnya pun sudah saya bahas tentang HCS berikut cara pembuatan nya. HHO sendiri mirip dengan HCS, hanya saja HHO membutuhkan listrik dan HCS membutuhkan kalor panas. HHO dan HCS sama - sama bertujuan untuk membentuk molekul Hidrogen sebagai tambahan bahan bakar. Namun, HHO ini sedikit lebih kecil tingkat efisiensi nya dibanding HCS karena membutuhkan tegangan listrik dan arus yang besar untuk produksi gas hidrogen yang setara dengan HCS.


skema pemasangan HHO
Tingkat efisiensi HHO sekitar 53% asal arus yang menyuplai cukup besar. Cara membuatnya pun sama sederhana nya dengan HCS. Bahan yang dibutuhkan ialah:
1. Plat anode - katode stainless steel (mis: sendok/garpu stainless)
2. Wadah tahan panas yang dimodifikasi
3. Kabel
4. Lampu 12V sebagai indikator
5. Selang
6. Intake manifold modif
7. Air murni (aquades atau air aki)

Cara pembuatan secara sederhana nya:
1. Modif wadah
Wadah diberi lubang pada bagian atas wadah dan bawah. Bagian atas diberi lubang untuk pipa seperti gambar di atas. Pada bagian bawah diberi plat stainless yang akan menjadi anode katode. Rapatkan dengan lem besi atau lem silikon tembak agar rapat.

2. Merangkai kabel
Kabel dirangkai seperti gambar di atas. Kabel sebaiknya memiliki 2 warna yang berbeda. Untuk positif sebaiknya beri warna merah dan hubungkan ke kiprok motor +. Kabel negatif sebaiknya berwarna hitam seperti kabel massa dan dihubungkan ke kiprok -. Pada kabel merah beri lampu indikator sebesar 12V karena tegangan kiprok sekitar 12-15V untuk pengisian aki.

3. Intake modif
Intake manifold dimodif dengan diberi saluran tambahan untuk saluran input HHO. Sambungkan selang tahan panas agar hidrogen tidak bocor. Untuk pengaman beri one way valve sebelum masuk ke intake manifold. Untuk mengatur gas hidrogen yang masuk, beri kran sebelum one way valve.

4. Tes kerja HHO
Pastikan tutup wadah telah rapat. Isi dengan aquades. Nyalakan motor. Kalau bergelembung, HHO Anda telah berhasil. Setel ulang karburator setelah gas hidrogen sudah terbentuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar