Minggu, 09 Juni 2013

Memperpanjang Usia Pakai Double Starter

Memperpanjang Usia Pakai Double Starter - Fitur ini menjadi pelengkap setiap motor, ditujukan untuk memudahkan penggunaan agar nyaman. Dan idealnya pemakaian double starter maksimal berada di hitungan 3 detik. Pertama ditujukan, agar suplai dari aki tak terlalu banyak terforsir.
komponen karburator
turut berperan dalam kemudahan starter
Dan kedua, secara tak langsung hal ini menjadi pola perawatan swadaya pemilik motor, untuk memperpanjang umur kumparan spul motor starter, brush serta konektor agar tak mudah terbakar. 

Tapi untuk mendapat mekanis double starter yang bagus, agar tak terlalu lama memencet switch double starter harus ditunjang dengan beberapa aspek komponen lain. Apa saja yang harus diperhatikan?

1. Tinggi pelampung & kebersihan karbu 
Buat motor yang masih mengusung pelampung jenis bejana, perhatikan tinggi pelampungnya. Jangan sampai terjadi banjir, sebab kualitas pembakaran jadi lebih pekat dan sulit untuk menghidupkan mesin saat mengoperasikan double starter. Konteks demikian ini yang menyebabkan durasi memencet double starter dilakukan lebih lama. 

Rutinitas membersihkan daleman karbu, perawatan ini juga cukup kompleks, efeknya terhadap mekanis double starter. Sebab, ketika pilot jet yang berpeluang ditimbuni kerak, sering kali menjadi pemicunya. Pasalnya, hal ini menyebabkan terjainya campuran gas segar lebih pekat dan menyebabkan proses memencet double starter jadi lebih lama. 

2. Perhatikan elastisitas karet vakum 
Khusus untuk motor atau skutik yang menggunakan karbu jenis vakum, perhatikan tingkat kekenyalan karet vakum. Sebab, kalau profil berubah keras respon terangkatnya jarum skep jadi lebih lambat. Secara mekanis karbu, campuran gas segar yang dihasilkan jadi lebih miskin atau kering. 

3. Bersihkan otomatis double starter 
Untuk jenis skutik, otomatis double starter yang terangkai dengan tuas rem depan belakang harus mendapat perawatan yang cukup bagus. Terutama, bersih-bersih kerak dan bekas pelumas di bagian ini. Agar konektor otomatis double starter dapat responsif meneruskan memutus dan menghubungkan arus listrik dari kunci kontak. Untuk menunjang pemakaian double starter tetap lancar. 

Hal demikian juga berlaku buat motor jenis sport. Tapi, kalau di sport, otomatis double starter letaknya di tuas kopling bagian kiri. Pola perawatannya juga sama dengan otomatis double starter skutik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar