Sabtu, 01 Juni 2013

Mur Bos Kopling Yamaha V80 Rawan Merusak Kampas Kopling

mur terdapat di tengah
Mur Bos Kopling Yamaha V80 Rawan Merusak Kampas Kopling - Mur bos kopling Yamaha V80 terdapat di tengah rumah kopling yang fungsinya sebagai pengunci rumah kopling agar tidak bergerak kemana - mana. Nama nya pengunci, jadi harus kencang mengunci. Namun, ketika di Yamaha V80, baut tidak boleh terlalu keras mengunci nya. Rawan membengkokkan dudukan kampas kopling. Kalau sampai terjadi, kopling tidak akan free / bebas saat posisi idle / langsam. Akibatnya, motor langsung mati ketika menginjak gigi 1. Ibaratnya pada motor kopling, kita tidak menarik tuas kopling dan langsung memindahkan ke gigi 1. Langsung mati kan mesin nya?
bagian yang berwarna hijau jadi melengkung
timbul bekas gesekan di sekeliling nya
Solusi nya ya ganti kampas kopling dengan yang baru. Atau kalau masih tersimpan kampas yang sudah aus masih bisa digunakan sementara.

Cara mengencangkan nya sendiri ada teknik nya. Caranya yaitu dengan memutarkan mur hingga bos kopling ikut berputar. Jadi hanya kunci yang digunakan untuk mengencangkan. Rumah kopling tidak usah diganjal maupun di tahan alat. Lalu dengan mengencangkan lagi ¼ putaran agar mur benar-benar kencang. Kita tidak perlu khawatir mur lepas karena terdapat sil bak kopling yang akan menahan nya agar tidak terlepas.
seal bak kopling beserta dudukannya
berfungsi menahan mur bos kopling pada tempatnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar