Minggu, 09 Juni 2013

Trik Menjaga CVT Motor Matik Tidak Berdecit

Trik Menjaga CVT Motor Matik Tidak Berdecit - Pada motor-motor bertransmisi otomatis, CVT merupakan hal yang penting karena bekerja sebagi penerus daya dari mesin ke roda. Maka dari itu jangan menyepelekan hal ini. Banyak yang beranggapan enteng pada CVT. Akibatnya pergerakan belt pada motor matiknya terasa tidak enak atau terasa tersendat-sendat dan mengakibatkan suara decitan.
komponen CVT matik
Ada beberapa cara mudah untuk merawat CVT pada motor matik, diantaranya:
1. Lakukan pengecekan V-belt
Caranya dengan membuka baut cover CVT, lepas selang udara dengan obeng plus (laki-laki), buka mur crankshaft untuk melepas belt penggerak atau istilah mekaniknya drive belt. Setelah semuanya terlepas, maka periksa semua part yang ada di dalamnya. Pertama cek lebar belt, usahakan tidak kurang dari 20mm, cek belt sudah retak atau tidak. Kalau lebar belt kurang dari 20mm berarti harus diganti. Lalu kalau sudah retak juga harus diganti karena nantinya kerja belt tersebut tidak akan normal.

2. Cek Roller.
Pastikan roller dalam keadaan normal tidak rusak atau permukaannya tidak rata. Karena jika rusak atau tidak rata permukaanya motor Anda akan berjalan tersendat-sendat secara halus. Setelah itu, Anda cek ketebalan roller pastikan tidak kurang dari 17,5 mm. Kalau memang harus diganti harus 1 set. Karena kalau tidak nantinya kinerja roller itu tidak akan merata.

3. Oli girbox dan V-belt
Usahakan setiap menempuh jarak 8.000 km Anda mengganti oli girbok dan dianjurkan untuk mengganti V-Belt jika sudah mencapai 24.000 km. 

4. Filter udara pada CVT
Bagian ini harus sering dibersihkan, minimal 3 bulan sekali atau Anda bersihkan jika melakukan servis berkala.

Nah yang paling penting, ketika musim hujan tiba seperti sekarang ini, usahakan jangan melewati genangan air yang melebihi rumah CVT. Karena, jika airnya masuk maka akan mengendap di belt atau roller. Nantinya komponen itu akan cepat rusak ter-kikis. Ini yang biasanya sering terjadi. Rumah CVT kemasukan air dibarengi dengan adanya debu. Kalau keadaan ini sudah fatal maka motor Anda akan sering mengeluarkan suara decit.

Ada baiknya setiap melakukan servis berkala, Anda meminta kepada mekanik nya untuk memeriksa CVT. Perawatan atau pengecekan rutin dapat meminimalkan terjadinya kerusakan pada CVT terutama terjadinya suara decitan.

2 komentar:

  1. gan saya mau nanya neh..
    saya habis servis motor vario cbs di bengkel resmi,trus yg pingin saya tanyakan pemasangan paking di cvtnya ngga rata pada permukaannya,pengaruh nya apa ya gan..terimakasi atas jawabannya....

    BalasHapus
  2. sewaktu pemasangan ga rata ya?
    tapi setelah blok CVT terpasang berikut bautnya pasti tertekan itu paking.. akhirnya rata di dalam kok hehe..

    yang pasti kencangin bautnya harus menyilang supaya rata, ahass pasti sudah tau kok bro

    sudah tepat pilihan bengkel di resmi nya.. kalau ada apa2 klaim aja hehe

    BalasHapus