Senin, 01 Juli 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter 125 cc

1. Piston TDR dengan diameter 52 mm
Piston dome untuk mengejar kompresi. Rasio kompresi hanya 10.5 : 1 agar mesin awet. Ada baiknya bahan bakar menggunakan Pertamax dan sejenisnya. Bagian pantat piston diperkecil 1 mm. Blok mesin ada baiknya menggunakan milik New Jupiter Z dengan bubut mulut crankcase agar blok dapat masuk. Di-padu langkah 57.9 mm, hasil bersih motor adalah 123.01 cc.
piston 52 mm TDR
ring piston Jupiter Z os 100
2. Kruk as Jupiter Z1 dengan langkah 57.9 mm
Kruk as hanya butuh proses bubut pada bagian laher karena laher kruk as Jupiter lama tipe kecil dan kruk as Jupiter Z1 menganut laher besar. Rantai kamprat dan gear noken menggunakan milik Jupiter Z.

3. Klep Jupiter Z1
Klep Jupiter Z1 standar dengan diameter 26 (in) dan 21 (out). Klep nya murah dan harus ubah sudut klep di tukang bubut. Porting dibentuk ulang dan diperbesar agar nafas putaran atas tetap terisi. Kalau tanpa ubah sudut klep, seating klep diperdalam dan diatur lagi head silinder nya.

4. Karburator standar Shogun SP
Karburator bawaan motor Shogun SP. Enaknya tinggal setting angin-angin karburator saja.
karburator Mikuni VM
5. Leher knalpot tipe lurus
Knalpot anti bobok alias standar, namun leher diperbesar dan menggunakan model lurus. Suara standar namun putaran atas semakin ganas.
leher knalpot tipe lurus
6. CDI dan Koil Mio
Menggunakan CDI Mio lawas 5TL dan koil Mio agar putaran mesin di limit di 12.500 rpm. Tujuan mesin awet dan semakin responsif karena api busi dan kurva pengapian Mio lama sangat kuat. Tak heran di arena drag banyak Jupiter menggunakan CDI Mio lama. CDI Fino Thailand juga lebih baik dari CDI Mio dengan kode 5VV. Bisa dijadikan alternatif.
CDI dan Koil Mio lawas + ground strap
7. Kopling Manual
Bak kopling menggunakan part OEM pabrikan yang sudah dicostum oleh pabrikan lain. Harga 300rb/set. Kualitas lumayan dan tinggal pasang.
kopling manual Jupiter
8. Per kopling Satria FU
Untuk per kopling tidak lagi menggunakan teknik ganjal ring. Per kopling menggunakan milik Satria FU original pabrik. Harganya murah, 4 biji hanya 10rb saja. Untuk ketahanan masih belum tahu. Yang pasti setelah menggunakan per kopling ini, tarikan motor sangat terasa.
per kopling FU
cirinya ada cat putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar