Senin, 12 Agustus 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter Z 135cc

1. Piston Kawasaki Blitz Joy dengan diameter 56mm
Untuk pasang Piston Blitz Joy tadi tidak perlu duit banyak. Cukup Rp 500 rebuan. Itupun sudah termasuk piston (NPP) berikut ongkos pasang dan jasa tukang bubut. Diameter pin piston sama-sama 13 mm. Bukan hanya itu keuntungannya. Piston ini juga dikenal bandel. Jika disumpel pada sumur silinder Vega atau Jupiter Z yang punya spek standar 51mm x 54mm (bore X stroke) kapasitasnya jadi 132,9 cc.

Namun tetap perlu penyesuaian. Paling tidak, dibawa ke tukang bubut buat ganti liner yang lebih besar. Lebih mudahnya beli liner milik Blitz Joy yang pas dengan piston. Puncak sehernya dibuatkan alur klep baru.  Meski pantat piston Joy terlihat lebih panjang dari satandar Jupiter atau Vega, tetap aman bila langsung dipasang.

2. Setting ulang karburator standar
Untuk spuyer pilot jet coba ukuran 22.5 dan main jet 115. Kalau ingin mendapat performa lebih, silahkan reamer hingga 23mm dan jetting ulang spuyer nya sesuai permintaan mesin. Jangan lupa porting polish saluran in dan ex mesin agar pemasukan dan pembuangan berjalan lancar.

1 komentar:

  1. Crypton saya udah bore up 135cc spek piston blitz joy, klep shogun, cdi+koil mio 5tl, noken masih std, sama karbu pe24 tp setting Pj/Mj blm ktemu.
    Kira2 Pj/Mj yg cocok ukuran brapa mas? Skrang msih pke 38/108+jarum gl klip tengah. Makasih

    BalasHapus