Minggu, 01 September 2013

Korek Harian Yamaha Jupiter 115 cc

1. Piston Jupiter Z oversize 100 dengan diameter 52 mm
Piston asli Jupiter memiliki diameter 49 mm saja. Dengan piston ini, kapasitas mesin dapat terdongkrak 114.7 cc dan liner masih dalam batas aman. Dome piston harus dibentuk ulang dengan membubut tepi piston sebanyak 1,5 mm sejauh 7 mm. Derajat kemiringan dome piston 45°. Coak'an klep diperdalam 0.5 - 1 mm lagi di klep out agar tidak menabrak klep. Harga piston dan ring nya kira - kira 110 rb dan ongkos kolter dan bubut bisa 150 rb.
kiri piston standar 49 mm flat original
kanan piston Jupiter Z os 100 52 mm custom
2. Porting polish
Dengan bor tuner, porting blok dibuat ulang dengan pembesaran porting kira - kira 20 mm porting in dan 19 mm porting out. Bagian porting out knalpot dihaluskan hingga licin agar gas buang lebih cepat terbuang.
porting in Jupiter
3. Karburator Jupiter Z atau Shogun SP
Untuk karburator, kalau mengandalkan karburator standar sudah tidak mencukupi lagi pasokan udaranya. Langkah yang diambil bisa menggunakan karburator Jupiter Z atau Shogun SP beserta intake manifold nya. Bisa langsung pasang dan tinggal menyetel ulang air-screw karburator nya saja. Harga karburator Jupiter Z sekitar 510 rb dan setelan angin-angin nya sekitar 1 putaran.
karburator Jupiter Z

3 komentar:

  1. Semoga dibalas, mengingat sudah sebulan tidak upload tulisan baru, Hehe..

    Saya pembaca baru dan kebetulan akhir2 ini sedang merestorasi mandiri jupiter z burhan 2007. Spesifikasi motor saya itu sudah os 75, dan diporting polish oleh pemilik sebelumnya, serta karbu menggunakan arashi namun part lainnya standar. Dari ubahan karbu arashi itu pj mj 20 110. Tapi saya kurang nyaman untuk konsumsi bbm karena boros, jadi sebaiknya saya pakai pj mj ukuran brp supaya lebih irit dan tenaga tidak berkurang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alangkah baiknya pj mj dikembalikan ukuran standar karbu arashi nya

      Jarang pj mj naik itu
      Kalau ga salah arashi 12.5 dan 97.5

      Pasti boros dengan pj mj 20-110 dengan mesin standar

      Hapus
  2. Semoga sehat selalu

    BalasHapus