Sabtu, 26 Oktober 2013

Skema Umum Modifikasi Fullwave di Sepeda Motor

Skema Umum Modifikasi Fullwave di Sepeda Motor - Banyak sekali kendaraan roda dua, baik merek dan varian apapun, mengubah kelistrikannya menjadi fullwave alias gelombang penuh. Berikut cara umum modifikasi kelistrikan menjadi fullwave.

1. Syarat pertama modifikasi sistem kelistrikan fullwave:
Kawat kumparan stator (spul) pada alternator TIDAK BOLEH ada yang terhubung ke ground/massa. Jadi, semua ujung kawat kumparan (output) harus terpasang langsung ke Regulator sebagai “AC_INPUT”. Pada kebanyakan motor bebek/matik dengan sistem kelistrikan halfwave, salah satu output stator terhubung ke ground, baik secara langsung atau melalui kabel ground.


stator half-phase
simbol stator half-phase

Pada gambar di atas tampak bahwa salah satu output / ujung kawat kumparan stator masih terhubung ke ground/massa.

Diagnosa simpel nya:
Cabut soket kabel stator => set multimeter digital ke “continuity mode” => colok probe (pen tester) merah pada output “charging” dan probe hitam pada ground/rangka. Jika multimeter berbunyi, artinya kumparan stator masih terhubung dengan ground.

Sesuai syarat, ujung kawat yang terhubung ke ground harus dicabut/diangkat dari ground. Contohnya pada stator Honda Beat di bawah ini:
kawat spul dicabut dari ground
Ujung kawat yang telah dicabut tadi, kemudian disambung dengan kabel baru sebagai AC_INPUT menuju regulator (kiprok) fullwave. Sesuai panjang kabel agar bisa terpasang pada regulator.

Dan jika ada, output lampu juga dicabut (boleh dari tab stator, boleh dari soket stator), karena nggak dipakai. Dengan begitu seluruh kumparan bakal digunakan sebagai AC_INPUT menuju regulator fullwave.

Modifikasi stator half-phase
Jangan lupa, sambungan antara kawat kumparan dan kabel harus terisolasi dengan baik. Gunakan heat shrink tube atau selang bakar.

Secara skematik, modifikasi stator digambarkan seperti ini:
Modifikasi stator half-phase menjadi single-phase
Jika sudah, cek lagi dengan multimeter digital, set ke mode “continuity” => colok probe merah ke salah satu output stator dan probe hitam ke bodi stator => Multimeter harus tidak berbunyi menandakan kawat kumparan tidak lagi terhubung dengan ground.

2. Syarat kedua modifikasi sistem kelistrikan fullwave:
Menggunakan regulator yang emang didesain untuk mengkonversikan listrik AC ke DC secara fullwave. Regulator fullwave minim punya dua AC_INPUT (jika 1-phase) atau tiga AC_INPUT (jika 3-phase). Contoh di bawah adalah Regulator 1-phase milik Honda Tiger:
Regulator fullwave milik Honda Tiger
Regulator (kiprok) apapun bisa digunakan, selama diperuntukkan ke sistem kelistrikan fullwave. Jangan lupa, lengkapi dengan soket regulator yang sesuai.
Soket 6-kaki untuk kiprok Honda Tiger
Kencangkan jepitan skun (terminal) kabel dengan tang khusus (crimping kabel). Kalo perlu lapisi lagi dengan solder dan tutup dengan selang bakar. Ini untuk mencegah terjadinya “bad contact” yang bisa menimbulkan percikan listrik (fong) dan mengakibatkan soket / kabel terbakar.

Pada saat memasang regulator baru tersebut, usahakan bodi regulator menempel erat pada rangka motor agar panas yg dihasilkan regulator bisa tersebar baik.

Karena penggantian regulator, tentu harus ada sedikit rombakan pada jalur-jalur kabelnya. Contohnya bisa dilihat pada skema di bawah ini:
Instalasi stator, regulator dan jalur kabel
Seperti pada skema, pin#2 regulator harus terhubung ke jalur output kontak. Fungsinya untuk memonitor voltase drop dijalur tersebut dan mengatur besaran output stator. Tanpa itu, voltase output bisa berlebih dan aki beresiko overcharge.

————

Jadi, pada dasarnya, modifikasi sistem kelistrikan fullwave adalah sama untuk berbagai tipe sepeda motor. Bedanya paling banter cuma terletak pada desain stator dan warna kabel doang. Nah, yang punya niat tuk modifikasi sistem kelistrikan motornya, baca dan simak artikel ini baik-baik. Cetak ke kertas kalau perlu.

————

Apakah setelah modip harus ganti aki berkapasitas gede?
Tergantung kebutuhan. Fungsi aki nggak beda ama baterai cas (chargeable battery). Bisa menyimpan dan menyuplai listrik dalam durasi yang relatif lama. Yang jelas keberadaan aki adalah WAJIB meski kerjanya bisa dibilang nggak 100% kontinyu.

Pada saat putaran mesin rendah atau bahkan tidak menyala, voltase_output_regulator < voltase_output_aki. Pada kondisi ini aki menjadi suplier listrik ke beban-beban listrik seperti lampu, klakson, starter elektrik, dll. Namun ketika putaran mesin meningkat, hingga voltase_output_regulator > voltase_output_aki, maka aki “berhenti” menyuplai listrik, karena potensial listriknya lebih rendah daripada potensial listrik dari regulator — sama kayak air, listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah — sehingga pada kondisi ini listrik disuplai oleh alternator (setelah dikonversi ke DC & dilimit oleh regulator), sementara aki berfungsi sebagai buffer, beban (charged), dan referensi voltase bagi regulator.

Jadi, tergantung apakah motormu lebih sering dipakai nangkring atau jalan (dengan berbagai pernak-pernik listrik menyala).

Apakah setelah modip bisa pasang macam-macam aksesoris listrik?
Modifikasi sistem kelistrikan fullwave bukanlah cheat “godmode”, semua ada batasnya. Bukan berarti setelah itu motormu bisa suplai listrik tanpa batas. Jadi, pinter-pinterlah memilih & memasang pernak-pernik elektrik di motor. Sesuaikan fungsinya dan efisiensinya. Kalo ada yang lebih irit, kenapa pilih yang boros? Kalo lampu rem dengan LED bisa keliatan dari jarak 50-100m, ngapain musti pake bohlam yang boros energi? Kalo dengan headlamp 35W~55W bisa ngeliat jalanan dengan jelas ngapain pake lampu 100W? Kalo HID 35W intensitas cahayanya setara bohlam halogen 55W, ngapain pilih halogen 55W?

Apakah dengan aki standar berpotensi overcharge?
Yang ngatur charging itu REGULATOR Meski pake aki 30Ah sekalipun, kalo fungsi “monitoring” pada regulatornya error, potensi overcharge pasti ada. Jadi, selama komponen-komponen kelistrikan berfungsi normal (alternator, jalur kabel, regulator, aki, dkk) dan instalasinya benar, nggak ada masalah kalo masih pengen memakai aki standar.

Apakah modifikasi fullwave berefek menurunkan performa mesin?
Setahunya nggak ada. Hasil pantauan RPM monitor nggak ada perubahan / penurunan RPM (putaran mesin) yang berarti nggak ada penurunan kinerja mesin. Sekian user (yang melakukan modifikasi fullwave) malah berkomentar tarikan mesin jadi lebih enteng. Tapi kalau ingin lebih terbukti, silakan lakukan dyno-test untuk mengetahui ada nggaknya dampak negatif terhadap performa mesin.

86 komentar:

  1. Mas novan,bisa jelasin kabel mana yg hrs dilepas atau disambung pd spul honda supra x 2004..niat ingin ubah ke fullwave

    BalasHapus
  2. ini posting pakai gmbrnya supra kok bro..
    di spul, massa di lepas.. warna hijau kabel nya..
    kalau yamaha hitam..
    sambungkan kabel massa yg dilepas pakai kabel baru..

    beli kiprok fullwave dan tinggal ikuti soket kiprok nya hehe

    BalasHapus
  3. Stlah massa dilepas,trs smbungan kabel massa yg baru kemana tuch...klau seandainy pakai kiprok tiger merk fukuyama gmn tuch,mas novan.

    BalasHapus
  4. disambung ke kabel baru alias beli lg..
    skema sudah ada pada gambar di atas..
    yang bawah kiri kanan adalah dr kabel pengisian bro..

    kiprok imitasi pastinya kurang stabil.. hehe

    BalasHapus
  5. mw nanya mas, mas sendiri punya rangkaian regulator fullwave nya g?biar sekalian gtu merangkainya.

    BalasHapus
  6. regulator nya ga punya..
    prinsip nya diode bridge hehe

    pakai kiprok fullwave aja mudahnya bro hehe
    bisa punya Tiger, dsb

    BalasHapus
  7. kmrin sya buka stator mtor supra sya,niatnya mw merubah jdi fullwave kya gmbar diatas!tp pas sya buka,ternyata ad 4 warna kbel dri dtator sya mas.kuning,putih,biru,dan merah hitam.untuk yg warna kuning dan putih emang larinya ke kiprok mas,tp yg merah hitam dan biru larinya ke CDI!dstu sya jd bingung mas,mhon pencerahanya mklum bru punya mtor tp hobi ngoprek listrik tanks....

    BalasHapus
  8. ya udah bner itu
    Kuning → lampu utama
    Putih → pengisian aki

    itu aja bro hehe
    yg dimodifikasi itu massa spul dilepas dan diberi kabel lg, kalau bisa warna Kuning hehe
    biar sama n ga salah

    untuk Biru itu pulser cdi
    untuk merah hitam sih ingetku ke kontak untuk lanjut ke input CDI

    kan cdi AC bro hehe

    BalasHapus
  9. mas bener sekali ya mungkin saya yg bingung krna bru belajar!nanya lg nih mas,sya udah rubah stator mtor sya seperti ptunjuk mas di ats,tp krna lg bokek jd sya g pkai kiprok tiger yg,sya bkin sendri mas niru2 dri net!pertnyanya ialah ko kw kbel tmbahan yg tdinya ground spul g sya sambungkan ke bodi,arusnya g keluar ya mas?ap g ap2 tuh sya sambungkan kbel tambhan tdi ke regulator dan ke ground bodi?

    BalasHapus
  10. ya kalau ground spul dihubungkan ke ground bodi nah sama aja..
    ga ada perbedaan malahan haha

    intinya masih standar dong? walau udah ada perubahan hehe

    BalasHapus
  11. Mas saya mau fullwave fu saya tp ada bagian" yg saya ga ngerti..
    Bisa bantu share ga mas?
    Boleh minta pin bb/ no hpnya?
    Trims

    BalasHapus
  12. lewat FB bro.. hehe
    Novanda Sukiatmono

    BalasHapus
  13. Mas njmx sy dahpake full wave smua dah sesuai skema, tp klo sat pake stater lampu indiktor berkedip.klo lampu sein nyala lampu utama jg berkedip ikutan sein. Kadang2 stater jg ga mau... pa yg salah ya mas? Mohon solusinya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aki udah mulai drop bro hehe
      aplg lampu utama nyala tmbh kedip nya terasa haha

      saat starter elektrik memang terjadi pengurangan cahaya lampu karena arus tersedot dinamo..
      tp setelah menyala seharusnya normal apabila aki sehat

      Hapus
    2. Aki dah sy cek 13v, tu tanpa beban. Sy pake lampu led yg flip flop dg sein, +led sy ambil dr +lampu kota dan -led ke +sein.tu ngaruh ga mas?

      Hapus
    3. saat di starter drop ke brapa volt? kalau masih 8 - 10 bisa bro.. tp kalau drop ke 0 - 5 volt susah dah..
      untuk pemasangan variasi lampu mah terserah aja..
      kalau lampu flip flop gabung ma sein ya pasti berkedip bareng selama gabung ma flasher hehe

      Hapus
  14. Mas kabel ground Fu warna apa ya??heee

    BalasHapus
  15. Mas mau nanya nih, saya punya motor supra X125 helm in, saya lihat kabel yg berasal dr spull ada 3, Putih charging, Hijau masa, lalu Biru kabelnya mengarah ke belakang bodi (arah box/tangki), itu kabel biru buat apa ya mas.

    BalasHapus
  16. Apakah modifikasi revo absolute jadi fullwave pake kiprok tiger harus upgrade gulungan spul?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gulungan nya standar bisa, tinggal cabut massa disambung kabel ke kiprok Tiger.. jadi output kabel ada 2 dari masing-masing ujung spul

      Hapus
  17. mas novan saya mau bertanya hehe... msh diseputaran kelistrikan nih.. mtrnya vario techno 110 karbu. pengapian brebet jika pengisian terkonek.. klo cuma pake aki pengapian normal.. Pake kiprok std ori bgtu awalnya, terus saya rubah ke fullwave, ternyata penyakitnya msh ada.. Intinya jika komponen spull kiprok di losss,, mtr normal, dan sebaliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti ada yg short..
      Coba cek pasti ada yg nyentuh ke ground rangkaian nya

      Hapus
  18. Bang setelah melepas terminal kawat kuning dan kawat ground, di cek kabel putih dan ujung kawat ground kok tdk terkonek ya?? Mlahan ada 2 ujung dari spull lampu (kabel kuning) yg sudah di cabut yg terkonek dgn kabel putih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali.. kabel kuning memang dilanjutkan jadi kabel putih pada susunan standar nya..
      Mau ke fulwave justru putih & kuning tidak boleh terhubung ke ground..
      Bekas ground nya tinggal dikasih kabel, bisa pakai bekas kuning itu, disusun lagi ke kiprok fullwave nya.. jadi

      Hapus
  19. Mas mau tanya kalo kawat massa di di lepas trus di sambungkan ke kabel kuning bisa gx? Jdi gx usah tmbah kabel lgi yg dri kawat massa tadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok asal jurusan kabel kuning nya diubah yang d kabel body disesuaikan ke input kiprok fullwave saja

      Hapus
  20. nomor hp dong bang, biar bisa konsul motor klx lebih detail , soalnya sdh pake kiprok tiger ori, trus kabel putih sdh di tes gak konek ground, kabel kuning juga gak konek ground,,
    tapi kiprok malah panasnya over dan sketika motor mati, harus matiin kunci kontak dlu baru hidup lagi mass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usahakan lampu depan ON terus ketika mesin hidup agar kiprok tidak over panas karena aki sudah penuh.. ibarat ember, jika air sudah memenuhi ember maka air harus dibuang, yaitu ke ground kiprok.. agar tidak terlalu besar pengisian ya harus dioper ke lampu depan bro

      Hapus
  21. Apakah motor karisma bisa ...?
    Dan apasaja yg harus di ubah...master...?

    BalasHapus
  22. mau tanya nih suhu🙏 honda cs1 sya ngebrebed sperti kehabisan bensin dan nembak...konon kata bengkel bagian spul+pulser nya bermasalah...karna brebed terjadi saat mesin panas dan di RPM rendah...mohon pencerahan nya suhu🙏😊 trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi pulser nya atau koil nya.. kalau spul bermasalah ke pengisian aki

      Hapus
  23. Kang kalau kabel Massa di spull nya nggak dicopot kira2 bermasalah nggak?

    BalasHapus
  24. Keren gan skemanya fbnya apa gan biar bisa inbox atau bisa kasih no whatsappnya gan

    BalasHapus
  25. Bisa minta no whatsappnya gan atau inbox fb mau tanya 2 soal fullwave motor

    BalasHapus
  26. Luar biasa. Udah 7tahun masih dibls ya yg komen2.
    Mau nanya om, Jalur penerangan RX king saya udah DC, lampu utama led 35W, tp kl pas ngidupin sein lampu utama ikut kedip2. Banyak nyaranin jalur lampu utama dipasang relay, udh dicoba gk ngaruh. Ada yg saranin sein ganti led juga. Malah lebih aneh sein led gk mau kedip & redup kl lampu utama nyala. Padahal flasher juga udah pake yg khusus led. Masa ngangkat lampu utama 35w aja kuat, ngangkat sein yg kecil malah gk kuat (redup & gk kedip). Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe semoga konsisten.. viewer ya turun jauh, sekarang beralih ke YouTube semua

      Relay hanya sebagai saklar/shortcut.. ga pengaruh..

      Untuk kasus sein sendiri flasher nya harus yg cocok Watt nya.. sering tuh motor honda pakai flasher yamaha ga bisa kedip karena hitungan watt nya beda

      Untuk kasus ikut kedip dikarenakan arus tidak stabil, mungkin dioda bisa membantu menstabilkan sein.. coba saja dioda dipasang sebelum flasher.. dioda 2 ampere minimal

      Hapus
  27. Bang untuk Honda Revo FI apakah skema nya sama kayak di atas? Warna kabel nya apakah juga sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk revo FI modifikasi kiprok Tiger kurang lebih di bagian spul hingga kiprok sama.. nanti penyesuaian dari kiprok ke kabel body nya menyesuaikan jalur revo FI

      Hapus
  28. Bang apa ada alat untuk memproteksi aki biar gak over charging.kayak di hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mobil dari jaman jadul sudah ada, karena dinamo ampere (istilah bengkel) prinsip nya menggunakan medan magnet buatan.. bisa diatur output keluar ke aki..

      Untuk motor saat ini murni sistem nya overcharge menerus, kecuali sistem kiprok fullwave dan 3 phase..

      Hapus
  29. Bang motor saya RX king,mau dibikin fullwave,.cuma gak pake kiprok Tiger,soalnya cuma ada kiprok Vixion yg tiga phase..yg saya tanyakan merubah jalur dari spull sama kioroknya gmana?,soalnya saya coba pasang malah gak ngisi ke aki..lampu juga tgl ngikutin puteran mesin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kiprok vixion 3 phase, dah jelas ga bisa dipakai di RX King..

      Kecuali spul dan magnet pakai 3 phase sekaligus..

      Hapus
  30. Tau ga om, standardnya berapa jumlah lilitan yang dipakai di fullwave? Trus rekomended nya pake kiprok apa selain megapro atao tiger?
    Note: motor yang mau diupgrade new shogun sp125 fl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pakai kiprok NMAX untuk fullwave daya rendah.. peruntukan lampu depan watt standar.. lilitan sampai penuh saja tergantung kern spul motor apa..

      Shogun 125 bukan fullwave lagi, sudah 3 fase.. 3x lebih cepat pengisian daripada fullwave..

      Hapus
  31. Kalo modifikasi Honda gl max ke fullwave apa aja yg harus dirubah om terus kiprok selain Tiger/MP kiprok punya Mio bisa ga bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling mudah dan praktis memang MP/Tiger + magnet + spul.. 1 jenis mesin yg sama tinggal tukar..

      Untuk kiprok mio bukan fullwave

      Hapus
  32. Honda shadow 400 tu fullwave ato 3 phase om. Kabel dr spull ada 3 n kuning semua, sering panas dan terbakar/putus, salahnya di kiprok ato bukan om. Ada rekomendasi selain kiprok standart om. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 phase untuk moge..
      Sepertinya over suplai dari spul, bisa jadi kiprok nya error.. kiprok tidak mampu lagi mengatur ground spul..

      Untuk kiprok moge sepertinya ga bisa substitusi motor kecil.. nanti cepat mati lagi kontrol ground nya..

      mau ga mau cari barang nya..

      Hapus
  33. Ada skema kelistrikn tuk honda shadow ace 400 om. Tq

    BalasHapus
  34. Sy dah ganti kiprok after market utk moge, di pacu terasa ribgan, aki ngecar n lampu terang, tp starter awal kerasa berat, lama/panjang br bs hidup. Ada solusinom. Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu mah bisa jadi dari busi atau pengkabutan bahan bakar yg kurang baik

      Hapus
  35. Bang kalau Astrea legenda saya mau fullwafe pakek kiprok Tiger imitasi apa kekurangannya, sama apa harus gulung ulang spull? Terimakasih bang moga berkah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang imitasi pasti ga awet dan potensi overcas.. aki ikut over jadi kering dan koit

      Untuk astrea dibuat fullwave sebaiknya gulung ulang total tanpa menempel grounding..

      Kalau mau simpel ya cabut solderan ground dan kabel kuning.. kabel kuning tadi disambung ke spul bekas ground..

      Hapus
  36. Mau tanya bang .. kalo beat street apakah pengapian nya HW/FW BANG🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok pengapian? Pengapian nya mah DC dengan ECU..

      Untuk pengisian mungkin yg dimaksud.. motor dengan starter halus sudah menggunakan pengisian 3 fasa yg jauh lebih cepat dibandingkan HW dan FW..

      Hapus
  37. Bang kalo spull rx king yg kabel ground d lepas terus masih pakek kiprok standr kira² pengisian ke aki nya gimna ya. Ni motor sya udh tak rubah dc tpi cuman main di kabel aja, lampu depanny udah tak ubah daymaker mini yg 20watt, tpi pengisianny gak maksml.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud nya ground dilepas gimana? Kan malah mati ga ada pengisian kalau hanya dilepas?

      Gulung ulang dong sekaligus modif fullwave

      Hapus
    2. Klo gulung ulang spull king kawat yg d pakai brp mili ya, d tempat sy para tukang dinamo bilng spull king gak kuat klo di bikin fullwave.

      Hapus
    3. 1mm gan, atau ga ya 1,8mm itu udh lumayan kuat kok

      Hapus
  38. permisi gan, mau tanya soal motor saya, vario 110 karbu, kelistrikan saya modif fullwave seperti petunjuk agan, kemarin sempet pakek kiprok megapro tapi setrum mencapai 20volt lebih, saya paksa jalan sampai mogok, trs skrng saya ganti kiprok ori nmax tpi strum di koil tidak keluar, apakah cdi atw koil saya yang rusak ya.?
    dan apakah kalau spul di modif fullwave seperti di atas harus ganti cdi untuk DC.?
    minta tlng kasih jawaban agan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, sudah tau 20 volt itu overcharging, kok masih dilanjutkan?

      Coba cek sekring atau lainnya, berharap itu aja yg rusak.. kalau over voltase bisa merusak CDI, lampu, dan alat listrik lainnya..

      Vario 110 itu sudah CDI DC, mungkin relay d dalam CDI rusak terimbas overcharging

      Hapus
  39. Setelah modif fullwave apabila aki tekor, sepeda motor apa langsung mati mesinnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengapian DC membutuhkan suplai listrik yg stabil.. jika aki mati, tentu mau halfwave atau fullwave akan terganggu ke pengapian.. sebaiknya pakai aki walau setengah hidup

      Hapus
  40. om ,, kalo kymco easy rubah FW perlu ganti kiprok gak ya ?? dan untuk sepulnya apa dirubah juga yah ?? masih bingung ,, ada bengkel yg bilang kiprok kymco katanya sudah FW

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya belum pernah bongkar kymco
      Kalau memang fullwave, ingin upgrade, ya gulung ulang dengan kawat lebih besar dan banyak lantas pakai kiprok tiger ori..

      Hapus
  41. Mohon maaf mas saya baru ubah ke fullwave, motor jadi sering mogok itu kira2 kenapa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti salah caranya.. kalau dicek avometer tiada pengisian ke aki.. aki tekor ya pengapian hilang

      Hapus
  42. Tanya bang vega 2000 dri spul lmpu out ac nya kok cuma 2 ya bang warna kuning dan putih, kira kira grounnya kbel warna apa ya.trimakasih semoga masih kebales

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nempel d besi spul dibaut ke mesin juga bisa jadi grounding

      Hapus
  43. Mas. Ada cara FW spt ini:
    1. kawat ground di cabut dan dipasang ke ground kawat lampu yg juga dicabut.
    2. kawat lampu dicabut dan disambung satu;sama laon.
    ...
    Apa cara ini sama?

    INPUT SAKLAR LAMPU UTAMA itu mesti disambung ke output kunci kontak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor apa? Yamaha umumnya ada 3 kawat output, 1 ground, 2 lampu, 3 pengisian aki

      1 itu terus menerus menyambung dengan 2 hingga 3

      Apabila cabut 1 ground, maka 2 wajib dimatikan tidak terhubung manapun, sehingga output spul hanya ada 2 yaitu 1 ground (tidak boleh menyentuh crankcase/besi spul) dan 3 output pengisian aki

      Kedua output tadi dipasang ke kiprok fullwave

      Lampu utama wajib ikut kontak tanpa terhubung spul lagi

      Hapus
  44. TANYA Kang..
    ada cara lain dalam membuat FW:
    - Cabut kawat 1 (ground)
    - cabut kawat 2 (kabel kuning)
    - kawat 1 disolder ke bekas dudukan kawat 2
    - kawat 2 disolder satu sama lain.
    PERTANYAN:
    1.Apakah cara ini sama saja ?
    2.Bagaimana Cara praktis memilih kawat ground (kawat 1 kan ada dua)?
    3. Kenapa INPUT saklar lampu utama harus di sambung ke OUTPUT kunci kontak? Kalo TIDAK disambung apa kah bisa?
    4. Terima kasih. .kutunggu jawabannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motor apa dulu? Penjelasan sama seperti di atas 🙏

      Hapus
  45. halo om mau tanya, motor saya ninja R sudah rubah fullwave kiprok nmax, tp pada saat idle lampu masih ngikutin putaran mesin (lampu biled 45W)..
    sama kalo lg idle langsam normal, ketika lampu nyala langsam berubah (jd tidak langsam dan motor mati)
    solusi nya gimana ya ?
    saya sudah dm di facebook "novanda sukiatmono tanujaya"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee lanjut di chat
      Secara umum itu namanya tekor, besar pemakaian daripada pendapatan

      Hapus
  46. Mantap om dari 2013 sampai akhir 2023 masih dibalas👍👍

    BalasHapus
  47. Motor saya supraX pakai kiprok tiger , sama bengkelnya ground sepul cuma dilepas lalu disolasi saja, kabel lampu & pengisian masuk kiprok dan berfungsi dengan baik. Apakah aman kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fungsi tp ga maksimal.. dari 5 gulungan, hanya 4 yg digunakan.. 1 gulungan tidak terpakai.. biasanya idle nya kurang pengisian stroom..

      Hapus
    2. Ow begitu, terima kasih banyak kang.

      Hapus
  48. Om mau tanya motor saya sudah fullwave kiprok N Max, tapi lampu kok masih mengikuti langsam mesin?
    Terus apa benar kalo sudah fullwave lampu masih bisa menyala tanpa aki, soalnya saya coba tanpa aki lampu masih menyala. Terimakasih semoga di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan kiprok nmax memang seperti itu. Perlu ada aki supaya tidak kedip". Jika sudah menggunakan aki masih kedip, artinya tekor ketika idle! Wajib cek nilai voltase nya sudah sesuai/belum

      Hapus
    2. Oke om terimakasih, satu lagi apa benar kiprok tiger ori sudah tidak ada? Waktu di bengkel katanya sudah tidak ada yang jual ori

      Hapus