Kamis, 14 November 2013

Korek Harian Yamaha F1ZR 120 cc

1. Piston NPP F1ZR oversize 200 dengan diameter 54 mm
Piston menggunakan diameter 54 mm agar kapasitas mesin dapat melonjak menjadi 120 cc. Agar mudah, piston sengaja dipilih dari NPP standar oversize 200 yang tinggal kolter dan pasang saja.
piston standar oversize 200
2. Silinder Kop costum
Kubah dibuat sebesar 9 cc dengan squish 7 mm dan nat 0.4 mm. Sudut dapat menggunakan besar 14º. Rasio kompresi pasti akan naik karena volume kubah yang sempit.
kubah costum
3. Porting polish
Porting exhaust dibuat 28 mm dengan lebar 38 mm. Porting intake atau lubang bilas tetap standar dengan bagian dalam sedikit diperbesar.
blok costum
4. Reed valve
Stopper membran dibuat 11 mm jaraknya agar pemasukkan bahan bakar lebih optimal. Reed valve sendiri menggunakan standar.
stopper dibuat jauh sedikit
5. Karburator standar jetting ulang
Kira-kira spuyer menggunakan PJ ukuran 20 dengan MJ ukuran 115.
letak spuyer karburator F1ZR
6. Knalpot standar costum
Knalpot pakai standard F1ZR dengan meluruskan stinger ke silencer (diameter stinger 20mm).
knalpot costum F1ZR

54 komentar:

  1. Itu 6 jenis jenis yang buat naikin CC jadi 120 kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar 120 cc cukup piston diameter 54 mm saja
      Yang lain penunjang performa ga ada hubungannya dengan cc mesin

      Hapus
    2. 120 cc kalkulasi hasil hitungnya, kalo banternya kembali lagi ke kualitas produk dan material produk yang digunakan mendorong performa mesin
      pasti tiap beda ahli juga beda beda tehnik penyesuainya👍

      Hapus
  2. 54,25 tarikan kaya rx king tinggi 29lebar 34

    BalasHapus
  3. Model kubah yg benar model mangkok atau model parabola

    BalasHapus
  4. Pnya saya OS 300 kop masih standar..
    Kira2 enak nya di apain om kop nya biyar lebih enak lagi larinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bubut head menyesuaikan diameter piston.. squish jangan lebar, kecil saja..

      Hapus
  5. Om punya saya os 200 klo ngebut elektroda busi leleh mulu knapa ya pakai busi apa yang bagus ya mas, mj/pj , 110/40 squish kira kira masih std itu cdi indopart karbu ngembun mulu

    BalasHapus
  6. Punya ane Fiz
    Pake Piston OS 150 kop STD
    Dibawa lari Gigi 1 dan 2 kurang ngeplong kira² kurang apa ya

    BalasHapus
  7. Punya saya baru naik os 225,,squis 9 karburator pakai rk king , karburatornya ngembun parah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu keborosan, porting turun jauh akibat os besar..

      Porting dimodif dinaikkan lagi, karbu setting pj mj.. membran wajib rapat

      Hapus
  8. Bang mau tanya agar bikin tenaga atasnya nusuk ukuran head pakek berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg penting lubang porting nya dulu, head menyesuaikan

      Hapus
  9. Balasan
    1. OS 200 masih sanggup.. lebih dari itu bubut squish

      Hapus
  10. Punya saya rxs 0 kop nya ukuran berapa ya kak?? Semisal Kalau pake kop rxs ov 100 bisa gak yaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. RXS 0 itu piston 54 mm kalau ga salah
      Os 100 ya 55 mm

      Hapus
  11. Om om ku, ni punya saya masih std enaknya di kasih berapa untuk harian ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Piston standar saja..
      Main lubang porting dikorek naik dikit dan bubut head untuk kejar kompresi yg drop.. membran yg sehat.. pengapian full ori.. jamin enak 130 kpj enteng

      Hapus
  12. Kalo f1zr OS 225 harian porting itu ukuran squis nya barapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diameter mengikuti piston, lebar squish g jauh dari standar.. yg penting porting nya

      Hapus
  13. Kalau OS 125 pj MJ berapa enaknya gan

    BalasHapus
  14. punyaku os 50 rxs belum sok blm porting pengapian ori enak nya di apain mas🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh sudah 54.5 aja hahaha
      Porting pasti turun jauh dari standar.. motor cuma bertenaga di rpm tengah ya?

      Paling tidak jarak lubang porting dinaikkan ke posisi standar ukuran asli, atau sekalian semi race biar joss.. nanti membran dan knalpot diperbaiki lagi..

      Hapus
    2. mas punyaku os50 rxs porting harian karbu std reamer pengapian ori kenalpot bobok belum full enak nya gearnya ukuran berapa dan enak nya di apain lagi

      Hapus
    3. Waduh rxs os 50 itu diameter 54.5 mm.. porting pasti turun jauh.. rpm tinggi nya ilang..

      Udah porting polish belum nih?
      Ga bakal enak kalau belum.. mau pakai gear apa aja..

      Hapus
    4. mas cuma portinganya cuma hilangkan kulit jeruk doang

      Hapus
    5. Yg paling penting jarak lubang ke TMA/bibir blok atas.. bukan kulit jeruk nya..

      Hapus
  15. Mas cara porting Fi r yng benar agar rpm bawah sampek atas dapet gimana ya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Powerband mesin hanya dalam rentang tertentu..
      Kalau bawahnya enak, atasnya ampas..
      Kalau atasnya enak, bawahnya harus dikorbankan..

      Agar nyaman harian maka porting fizr dapat dibuat di rentang rpm 5rb-8rb rpm mengikuti hitungan durasi rx king standar

      Hapus
  16. Mas fiz r saya OS 50 kira2 ukuran head nya dbikin gmna biar enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Standar aja gpp loh
      Kalau mau ubahan nanti minum Pertamax hihihi

      Hapus
  17. Punya saya Piston fiz r os 200 apakah ujuran kop di atas udah enak buat harian dan berapa drajat kemiringan kubahnya klo squish di buat 14° dg lebar 7mm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg lebih penting porting diangkat dulu supaya tenaga ga nahan di rpm rendah..

      Setelah porting dapat ukuran baru, baru bisa ngukur head mau dibuat berapa

      Hapus
  18. Punya saya OS 200 kop standar pengapian yz 125 karbu 24 kira" Bagus untuk harian atau bagai mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau kompetisi, mau harian, sama aja.. yg penting setting pas aja dah joss..
      Pengapian dicek timing nya berapa derajat, jetting karbu juga harus pas.. PJ MJ jarum skep..

      Paling penting kalau sudah os 200 itu lubang porting perlu dinaikkan ke ukuran standar

      atau sekalian porting semi race + hubut head untuk menaikkan kompresi yg hilang

      Hapus
  19. Om fiz ovrses 150. Kop stradrt apa masih mampu ya om.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai os 200 aman aja tanpa ubahan.. PR nya di porting aja turun daripada ukuran saat os 0

      Hapus
  20. OS 150 , kop head ny biar pas di buat gimana ?? nuhun kang .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai os 200 juga head std gpp.. yg penting lubang porting yg anjlok perlu diangkat ke ukuran standar atau sekalian modif semi

      Hapus
  21. om kalo os 200 pake karbu 26 enak ga? terus kalo enak pj mj berapaa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga porting semi ga enak pakai karburator besar gitu

      Hapus
  22. Om mau tanya fizr kalau piston 57mm portingan yang enak bagaimana sama head harus bagaimana? Karbu pwk 26 MJ PJ ukuran berapa ya om? sama rencana mau pakai ratio 14/31,18/28,20/24,22/23

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasio close bisa bermain Rpm tinggi tanpa khawatir drop saat oper gigi

      Durasi porting ex boleh dihajar 190° dan head dibubut mengejar rasio kompresi yg diinginkan
      Tentunya memperhatikan squish dan diameter menyesuaikan piston

      Untuk pj mj menyesuaikan permintaan mesin setelah selesai porting dan modif knalpot

      Hapus
  23. Punya saya f1zrnya udh os rxs 75 enaknya di bikin lebar squish berapa ya mas sama berapa derajat untuk bagian kubah ruang bakarnya, baru naik os soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling penting ini lubang porting daripada mikirin squish..
      Squish sendiri diameter minimal sama dengan diameter piston

      Hapus
  24. Maaf mas mau tanya, saya baru naik os 200fizr kira penyesuaian nya apa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup pada lubang porting dinaikkan ke ukuran standar.. atau sekalian korek harian supaya tenaga mesin ga tertahan di rpm rendah

      Hapus
  25. 0m kalau piston f1z r ukuran Oz 225 terus porting exhaust knalpot tinggi 25mm biar larinya ngacir ukuran PJ & MJ berapa kira² om

    BalasHapus
  26. mas fiz r saya piston rxs os 00,head menyesuai kan piston,blok porting semi,karbu std reamer kira” pj/mj nya ukuran brp yg cocok?,posisi klip di jarum brp?,dan pake jarum apa yg cocok mas?

    terimakasih

    BalasHapus