Senin, 25 November 2013

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik

Mengakali Rantai Keteng/Kamprat Honda Grand/Supra/Legenda Yang Berisik - Model setelan rantai kamprat generasi Honda C-series masih menganut model konvensional. Model ini hanya tahan hingga 8000 rpm dan cepat minta ganti rantai. Bila rantai keteng/kamprat Anda sudah minta ganti ada solusi hemat disaat dompet tipis. Yaitu dengan mengurangi tuas tensioner yang berdekatan dengan crankcase.
bagian yg dipapas
Caranya:
1. Buka Tuas Presneling, dan Bak Magnet
Untuk langkah ini membutuhkan Kunci 10 untuk tuas presneling, kunci T8 untuk membuka keempat baut pengikat bak magnet. Tidak perlu khawatir oli tumpah, karena daerah ini termasuk daerah kering tanpa adanya oli.

2. Lepas Magnet
Melepas magnet membutuhkan treker magnet khusus. Buka terlebih dahulu baut pengikatnya menggunakan kunci 14. Lepas magnet menggunakan treker.

3. Lepas Sistem Starter
Buka baut pengunci, lidah penahan rantai, gear starter, dan rantai starter.

4. Operasi dimulai
Buka tuas penonjok/tuas tensioner menggunakan kunci 17. Untuk melepas part ini, per tensioner harus dilepas terlebih dahulu. Caranya dengan menggunakan kunci 14, baut pada bagian bawah dibuka. Hati - hati per meloncat. Setelah terlepas, silahkan kikir tuas tersebut atau menggunakan gerinda. Tidak perlu banyak - banyak, hanya sampai tuas tidak menempel pada crankcase atau ada jarak bebas 1 - 2 mm. Pasang kembali tuas, masukkan per dan pasang. Setel ketegangan rantai keteng dan kencangkan.

5. Pasang kembali semua part.
Caranya dengan kebalikan proses di atas. Setelah beres, nyalakan mesin dan cek.

6 komentar:

  1. agar bs lbh dr 8 rb rpm caranya?

    BalasHapus
  2. pakai motor lain yg pakai tensioner stut haha
    ga bisa bro.. karakter motornya memang bukan untuk RPM tinggi..

    BalasHapus
  3. Kalau berkenan pakai gambar dong, biar nangkep, soalnya masih sangat awam dengan perbengkelan motor

    BalasHapus
  4. Astrea prima sy sdh ganti stang seker sama laker asnya trs noken as roket arm rantai keteng dan klep smua baru asli semua tp kok masih gemricik suaranya?gmn slusinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciri khas mesin astrea 😅 kalau mau dimodif pakai tensioner model lidah

      Hapus