Sabtu, 09 November 2013

Menggosok Menggunakan Batu Ijo

Menggosok Menggunakan Batu Ijo - Pasti kalian ingin motor kalian memiliki penampilan yang bersih. Apalagi sekarang lagi marak-maraknya virus chrome. Perlu diketahui bahwa chrome hanya bertahan 2 tahun untuk tipe semprot, sedangkan tipe celup sangat jarang ditemukan. Jika dibandingkan dengan mengkilapkan menggunakan batu ijo, maka hasilnya akan sangat berbeda. Sekarang tinggal cara atau prosesnya saja agar hasil dapat mengkilap mengalahkan chrome semprot.
hasil bak magnet Jupiter
digosok menggunakan batu ijo
Bahan-bahan:
  • Batu ijo
  • Ampelas 400
  • Ampelas 1000
  • Minyak tanah
  • Kain jeans
  • Kain biasa
  • Paint remover
  • Kuas
  • Air
Caranya:
1. Hilangkan kotoran dan cat
Kotoran yang menempel terlebih dahulu disikat hingga mengelupas. Setelah itu keringkan dan beri paint remover (penghilang cat) menggunakan kuas. Hati-hati! Jangan sampai remover cat tersebut mengenai tubuh karena dapat dipastikan iritasi dan gatal - gatal. Diamkan beberapa saat hingga cat terkeluas bersih. Ulangi hingga cat terkelupas sempurna.
proses removing cat
2. Ampelas kasar hingga pori-pori hilang
Setelah cat terkelupas, mulai gosok menggunakan ampelas kasar (ukuran 400 atau 500). Usahakan semua pori-pori yang timbul dapat rata satu sama lain. Pastikan celah dan sudut-sudut sudah diampelas dengan baik.
3. Ampelas halus hingga rata
Setelah pori-pori hilang dan tidak ada bagian yang timbul, lanjut dengan mengampelas menggunakan ampelas halus (ukuran 1000). Haluskan dengan air hingga bekas ampelas kasar menghilang dan permukaan menjadi rata.
4. Gosok menggunakan batu ijo
Setelah rata, campur batu ijo dengan minyak tanah di dalam botol. Caranya dengan menggerus halus batu ijo dan dimasukkan ke dalam wadah yang sudah berisi minyak tanah. Ratakan larutan tersebut dan gosok menggunakan kain jeans atau kertas semen. Pastikan bunyi yang dihasilkan dari gosokan tersebut kian lama kian melembut. Jika sudah tidak berbunyi, coba cek apakah hasil gosokan tersebut sudah mengkilap. Kalau sudah, lanjutkan ke semua bagian yang akan dimengkilapkan.
5. Finishing menggunakan bedak bayi
Setelah mengkilap semua, finishing kan menggunakan kain bersih dan bedak bayi. Taburkan bedak secara merata dan gosok menggunakan kain hingga kotoran bekas batu ijo terangkat. Mengkilap sudah! Sekarang tinggal perawatannya agar hasilnya selalu mengkilap dan motor sedap dipandang mata setiap hari.
lebih mengkilap jika diberi finishing bedak
Lampiran gambar hasil lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar